naik kereta tegal bahari dari tegal ke jakarta, eh ketemu railone dan wijayakusuma

assalamu’alaikum wr. wb..

melanjutkan artikel bus sinar jaya menuju tegal kemaren.. setelah urusan di tegal berakhir, pilihan untuk balik ke jakarta pun muncul.. mau naik bus lagi atau naik kereta.. pertimbangannya kalo naik bus ya waktunya lebih lama, apalagi jika seatnya kurang nyaman.. nah pilihan kereta dari tegal menuju jakarta itu cukup banyak.. mau kelas eksekutif argo sindoro hingga ekonomi pso tawang jaya pun ada.. akhirnya diputuskan naik tegal bahari tapi yang ekonomi saja.. karena 125 ribu saja, sementara eksekutifnya 200 ribu.. hemat.. :mrgreen:

realistis saja.. naik tegal ekspress memang cuma 49 ribu, tapi selain butuh yang lega karena tegal ekspress 2-3 kursinya, nbsusanto juga sudah pernah naik.. pengen njajal yang lain.. argo muria dan argo sindoro termurah 255.. jayabaya ekonomi 210 ribu.. sembrani 375.. bangunkarta 285.. gumarang eksekutif 270, bisnis 190, ekonomi 135.. brantas 84 ribu tapi jamnya tengah malem.. matarmaja 109 rb dan kertajaya 120 ribu tapi kepagian.. menoreh 150 ribu.. majapahit 135 ribu dan udah pernah naik.. tawang jaya 120 ribu tapi 2-3.. jam tegal bahari juga realistis..

sudah dikira-kira masuknya sejam sebelum berangkat, eh lha kok pas sudah cek in baru terdengar pengumuman bahwa tegal bahari yang seharusnya diberangkatkan jam 14.50 belum tersedia karena rangkaian belum datang dari dinas jakarta gambir – tegal.. lhaaah.. berkali-kali diumumkan bahwa kereta datang telat.. awalnya masih sebelum jam 5.. setelahnya direvisi jam 5 lebih.. padahal di jam 5 ada pemberangkatan kereta tegal ekspress lagi.. yasudah tinggal ke toilet dulu saja daripada diampet toh masih lama.. :mrgreen: lha kok ujug-ujug dikirimi foto sama temen yang memaksa untuk segera meninggalkan toilet..

yup tak salah lagi, ada kelinci inspeksi yang mampir ke stasiun tegal.. yup di depan ada kais krd wijayakusuma.. wow kereta berstrobo.. baru kali ini melihat langsung.. kereta ini dinas dengan nomor klb sekian.. lha kok tiba-tiba area peron bersih nggak ada orang?

sempat mengabadikan dari luar saat pintunya terbuka.. wih kayak sofa gitu ya.. setelah tanya tanya ya masuk akal kalo mewah, lha wong yang dibawa adalah direktur utama pt kai yang sedang inspeksi jalur kereta lintas utara untuk persiapan arus mudik lebaran 2017.. tampak beberapa keamanan berjaga dan sempat melihat tajam pada nbsusanto.. cuek wae lhawong ra melanggar aturan.. :mrgreen:

jalan ke selatan untuk menuju ke temen-temen yang nunggu, baru liat kalo kereta ini dirangkaikan dengan krd railone.. ada strobonya juga.. ini juga baru pertama kali liat langsung, kalo fotonya sih udah sering.. sekalian ngobrol dengan keamanannya, bahwa saat itu lintas sedang padat dan mengalami antrian karena katanya ada kerusakan sinyal di sekitar lemahabang-tambun.. padahal bulan november 2016 lalu di petak lemahabang ke timur juga ada kerusakan sinyal yang menyebabkan banyak kereta terlambat, salah satunya jakatingkir yang telat 7 jam..

akhirnya jam 17.27 kereta tegal bahari ditarik cc206 masuk ke stasiun tegal dengan rangkaian ekonomi di depan, berarti kalo ke arah jakarta rangkaian eksekutif yang di depan.. jebul eksekutifnya campuran kaca panjang dan kaca pesawat meski entah dalemannya seperti eks gajayana yang sekarang dipakai purwojaya enggak.. penasaran sih tapi kalo 200 rb lumayan juga.. ekonominya sih pake k3-16.. jadi ya ekspektasinya nggak beda jauh dengan naik argo parahyangan dulu..

saat itu kebagian di kereta paling belakang.. tapi kan sudah petang menjelang malam.. gagal deh bikin video ngadep ke belakang trus diedit kebalikannya.. keretanya telat sih.. jajal nek ora.. 😐 tapi mau gimana lagi ya sudahlah.. dinikmati saja.. toh kereta baru datang, penumpang turun dan langsung dinaiki penumpang baru.. entah biasanya jeda berapa kalo normal.. :mrgreen: akhirnya sekitar 17.45 kereta tegal bahari meninggalkan stasiun tegal.. akselerasinya halus dan nggak terasa kalo sudah mulai jalan.. okupansi dari tegal terbilang masih banyak kosong..

kursi yang lumayan sempit bagi mereka yang berbadan besar.. kalo dengan postur nbsusanto sih masih cukup lumayan lah meski kalo di sisi dekat jendela mau ke kamar mandi tetep kudu ngrusuhi yang di sebelah.. herannya di k3-16 ini di led display ujung kereta malah tidak ditampilkan posisi kereta, setidaknya misalnya menuju stasiun tertentu, seperti di kereta ekonomi sebelumnya yang di beberapa kereta ada.. tv? boro-boro nyala.. cuma bedanya terdengar suara musik, awalnya nbsusanto kira itu dari speaker hp penumpang, ternyata memang dari keretanya.. selama naik kereta dan mudeng, baru kali ini sih dengar musik yang diputer KAI..

selama perjalanan terdengar bahwa suara dari luar masuk ke kereta, besi ketemu besi dan di suspensi.. goncangan pun masih terasa.. efek keretanya, akibat di posisi terakhir, atau memang karena di pantura kurang halus? mengingat saat naik kereta majapahit dulu juga terasa bergoncang.. tapi setidaknya bukan goncangan yang parah karena pedometer mi band 2 tidak bertambah angkanya..

pengumuman di kereta tegal bahari ini terdengar cukup jelas.. namun sayangnya pengereman kurang halus.. uniknya, kereta tegal bahari ini berhenti di stasiun cirebon prujakan dan cirebon.. baru kali ini juga naik kereta berhenti di keduanya.. padahal biasanya salah satunya saja.. nah disini banyak penumpang yang naik.. hanya saja pas di cirebon agak lama berhenti hingga disusul oleh argo muria..

selanjutnya berlangsung biasa-biasa saja.. kecuali sebelum masuk stasiun bekasi terlihat prama prami kereta membawa kardus.. jebul pembagian kompensasi ke penumpang akibat keterlambatan kereta tegal bahari ini.. dapatnya biskuit dan air mineral 600 ml.. lumayan lah dibagikannya di dalam kereta, bukan seperti tahun lalu saat sudah turun.. ya telatnya 3 jam lebih.. kalo laper kan di keretanya dan nggak bisa jajan banyak hal.. :mrgreen:

tegal bahari.. sebuah kereta kelas campuran yang melayani relasi jakarta gambir – tegal pp.. dengan harga tiket ekonomi 125 ribu jadi pilihan yang menarik karena jamnya juga masuk akal.. meski kalo mau cari yang bener-bener murah ya naik versi pso nya saja.. setidaknya kenyamanan masih okelah.. walau kalo mau yang nyaman beneran setidaknya kelas bisnis.. lha kalo eksekutif 200 ribu rada lumayan untuk perjalanan yang harusnya hanya 4 jam.. pokoke ngirit tapi ojo nyikso.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....