butuh tetap produktif dan kreatif saat jauh dari colokan? simak tips memilih notebook ini

assalamu’alaikum wr. wb..

tak bisa dipungkiri lagi, kini kebutuhan akan notebook yang benar-benar sesuai jargon portabelnya adalah hal yang tak terelakkan.. kebutuhan entah itu sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan maupun pengusaha tak jarang menuntut untuk dapat mengerjakan tugas dimanapun berada.. nah, syarat laptop agar bisa memenuhi kebutuhan tersebut apa saja? berikut coba nbsusanto jabarkan..

1. cukup bertenaga

kriteria notebook yang cukup bertenaga ini sebenarnya tidak muluk-muluk.. tidak harus menggunakan processor 8 core.. tidak harus menggunakan vga kelas atas.. tidak harus ram nya 8GB.. yang penting itu cukup setidaknya untuk aplikasi office, pengolah gambar sederhana, perangkat multimedia seperti pada umumnya, lancar untuk surfing di internet.. kalo mau yang benar-benar bertenaga ya mending membangun komputer dekstop saja bukan? rada mubazir sih spek terlalu tinggi di laptop harian bagi sebagian orang, toh resourcenya tak terpakai..

2. memiliki baterai yang hemat daya

yap salah satu syarat gadget jaman sekarang adalah hemat daya, entah itu smartphone, tablet maupun notebook.. mungkin saat berada di kantor, sekolah, kampus, cafe atau apapun yang dekat dengan colokan, aspek baterai sering terabaikan.. padahal berdasar pengalaman nbsusanto meskipun dekat dengan colokan seringkali harus bergantian.. kan nggak lucu baru selesai ngecas eh baterai sudah habis lagi padahal sedang dipakai orang lain? apalagi bagi para pekerja lapangan.. notebook yang hemat daya adalah sebuah keharusan..

3. ringkas dan ringan

meneruskan sisi portabilitas dari notebook, maka dimensi yang tidak terlalu besar dan bobot yang ringan adalah suatu hal yang cukup penting.. seperti beberapa waktu lalu saat kantor mau beli notebook untuk operasional, nbsusanto menyarankan untuk jangan mengambil yang terlalu besar karena akan makan tempat di meja dan tidak mudah dibawa dengan tas kecil.. kemudian kalo laptop berat, tentu saja membuat malas membawanya bukan?

4. tidak berisik tapi tidak mudah panas

laptop berisik dan tetap panas? ya nbsusanto pernah merasakannya di laptop pertama dulu.. sudah suaranya keras yang membuat kurang nyaman, eh ternyata panas juga masih nyangkut di laptop.. memang sih itu karena faktor sudah berumur dan dalamannya kotor, tapi kalo ada sistem pendinginan yang lebih baik kan pasti lebih menyenangkan.. teknologi fanless misalnya.. tidak ada debu tertarik yang kelak dapat menyumbat lubang udara dan akibatnya kipas kerjanya menjadi berat, tapi panas sudah terdistribusi keluar dengan baik..

5. keyboard berukuran pas

tak bisa dipungkiri keyboard adalah salah satu faktor yang membuat kenyamanan ber-notebook dapat dinilai.. keyboard yang nyaman itu adalah yang ukuran dan jarak antar tombolnya tidak terlalu besar maupun kecil serta cukup empuk.. kan jadi betah menggunakannya..

6. touchpad yang presisi

fungsi touchpad pada laptop memang dapat digantikan oleh mouse, termasuk nbsusanto yang lebih sering menggunakan mouse.. tapi bagaimanapun juga, touchpad banyak nbsusanto gunakan saat tidak berada di tempat yang mapan.. tingkat kepresisian dan sensitivitas adalah yang terpenting.. kan nggak lucu kalo sambil ngetik sedikit kesenggol malah menutup windows kerja.. juga saat mau klik di beberapa web, maksudnya buka suatu link malah klik link lain.. bisa membuat mood berubah lho..

7. desain dan build quality yang bagus

seberapa ringkih dan anteb dari laptop yang pernah nbsusanto gunakan turut menjadi penentu pilihan.. tentu beda bukan jika memegang laptop yang engselnya terkesan nggak kenceng? diketuk kopong yang berasal dari pemilihan bahan atau kontrol kualitas saat perakitan? atau kalo jika ternyata harus ada dalam kondisi ekstrim dan notebook masih dalam kondisi normal, yang artinya memang laptop didesain untuk pengguna yang cenderung kurang hati-hati?

8. konektivitas lengkap

adanya port usb, apalagi usb 3.0 yang menawarkan kecepatan lebih untuk transfer data adalah sebuah keuntungan.. jika ada usb tipe c, yang akhir-akhir ini digembar gemborkan, akan jadi kelebihan di masa mendatang jika sudah banyak gadget yang menggunakannya.. kehadiran wifi tentu saja menjadi keharusan.. bluetooth bagi nbsusanto juga merupakan sebuah kebutuhan.. kehadiran sd card reader merupakan sebuah tambahan..

9. harga terjangkau

tak bisa dipungkiri harga adalah penentu dari segalanya.. mungkin bagi orang berduit, dengan terpenuhinya poin 1-8 walau berharga mahal tidak akan jadi masalah.. namun bagi sebagian orang, poin 1-8 dengan harga yang terjangkau adalah hal yang menyenangkan.. misalnya saja dulu saat beli laptop pertama, budget dibatasi dengan minimal spek yang dibutuhkan.. ya asalkan telaten tentu saja bisa ketemu..

lalu notebook yang seperti itu ada atau tidak?

jawabannya tentu saja ada.. sampeyan  bisa memilih notebook terbaru dari merk terkemuka, yup tak salah lagi, Asus EeeBook E202.. memangnya apa saja kelebihannya bagi yang tetap ingin produktif dan kreatif di hampir semua tempat berada?

Asus EeeBook E202 hadir dengan processor Intel terbaru yang hemat daya, yaitu Celeron N3050 Dual Core 2,16 GHz, yang dilengkapi ram DDR3L 1600 MHz 2 GB.. kehadiran VGA integrated Intel HD yang sudah cukup untuk kebutuhan harian.. istimewanya, dengan spesifikasi baterai 3 cells 48 Wh polymer laptop ini kuat dipakai hingga 8 jam! jadi ibaratnya bagi pegawai kantoran sekali ngecharge di pagi hari sudah cukup untuk bekerja seharian.. apalagi  untuk konektivitas tentu saja sudah terdapat port USB 3.1 Type-C yang selain reversible alias bisa dicolok dengan arah terbalik-balik, juga  mampu melakukan transfer file hingga kecepatan 11x USB 2.0 sehingga menghemat waktu jika butuh memindah data berukuran besar..

dimensi yang ringkas.. berukuran lebih sempit dari kertas A4, yaitu 193 x 297 mm adalah sebuah jawaban bagi yang membutuhkan notebook yang mudah dibawa kemana-mana.. layar berukuran 11,6″ dengan resolusi 1366×768 piksel sudah cukup bekerja di dalam kereta bukan? apalagi Asus EeeBook E202 ini hadir dalam versi Windows 10 serta DOS yang dapat menjadi pilihan bagi pencari laptop.. selain itu, tersedia pilihan warna  Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge yang dapat disesuaikan dengan warna kesukaan sampeyan..

percayalah teknologi Asus SonicMaster yang disematkan pada Asus EeeBook E202 itu menyenangkan.. nbsusanto sudah membuktikan sendiri teknologi asus sonicmaster di laptop yang sekarang.. suara yang dihasilkan lebih manteb dibandingkan laptop pertama nbsusanto dulu.. nbsusanto awalnya kaget juga.. setelah ngobrol dengan seorang teman yang mempunyai laptop seri lain dengan teknologi yang sama memang dia juga mengakui hal yang nbsusanto utarakan..

semakin manteb lagi karena Asus EeeBook E202 ini menggunakan sistem pendinginan Fanless.. yap tanpa kipas.. pastinya tidak terdengar deru angin membuang panas dari laptop ini.. tentu saja tidak ada gangguan untuk menikmati suara yang dihasilkan oleh teknologi sonicmasternya.. tidak adanya kipas juga memungkinkan laptop ini didesain lebih tipis karena panas disalurkan oleh logam yang dapat dibuat tipis.. lalu beratnya gimana? tenang saja Asus EeeBook E202 ini hanya berbobot 1,21 kg saja.. tidak banyak menambah beban di tas..

dengan type Wifi 802.11ac yang lebih baru dibanding 802.11n, tentu saja kemampuan wifi notebook ini lebih dari para pendahulunya.. cocok buat pemburu wifi gratis! 😆 nah lalu berapa rupiah harga untuk menebus dari Asus EeeBook E202 yang mempunyai kapasitas harddisk 500 GB ini? dengan kurs dollar yang mencapai 13 ribu rupiah per dolar amerika pada saat ini, ternyata mulai dari Rp 3.099.000 sampeyan sudah dapat membawa pulang Asus EeeBook E202 ini lho!

jadi, bukankah Asus EeeBook E202 sudah memenuhi syarat untuk jadi laptop yang mencukupi kebutuhan harian sampeyan sekalian kan? 😀

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.

Advertisements

7 Komentar

monggo tanggapannya.....