Asus Zenbook UX390, kenapa layak untuk dipilih?

assalamu’alaikum wr. wb..

kalo diinget-inget beberapa tahun lalu, notebook yang bentuknya mungil, tipis dan ringkas biasanya lebih ke peruntukan kantoran saja, jika dipaksa untuk software yang berat pasti ngos-ngosan.. kalo mau notebook yang powerfull pasti ukurannya besar dan berat.. tapi itu dulu.. maklum saja notebook yang ringkas namun powerfull sudah menjadi kebutuhan untuk saat ini.. oleh karena itu, Asus sebagai perusahaan yang telah berpengalaman di dunia komputer pun meluncurkan Asus Zenbook UX390UA sebagai salah satu andalannya..

apa kelebihan Asus Zenbook UX390UA yang membuatnya layak untuk dipilih?

salah satunya adalah Asus Zenbook UX390UA merupakan bagian dari #zencreator.. jadi dapat diketahui kalo notebook ini mumpuni bahkan untuk para kreator digital di negeri ini kan? tentu saja mengingat notebook yang dipakai oleh para kreator yang produktif harus mempunyai spesifikasi hardware yang mumpuni, nyaman digunakan, hemat baterai, dan tentu saja mudah dibawa.. lha wong untuk produktif saja mampu, tentunya untuk penggunaan sehari-hari sudah mencukupi..

memang spesifikasi Asus Zenbook UX390UA seperti apa sih? berikut nbsusanto coba jabarkan mengapa Asus Zebook UX390UA layak untuk dipilih..

CPU Intel Core i7-7500U yang disandingkan dengan RAM DDR3 2133 MHz 16 GB.. ya processor 2 core 4 thread  terbaru dari Intel yang masuk dalam generasi Kabylake ini pada mode turbo dapat mencapai 3,1 GHz.. yup, meneruskan generasi sebelumnya, tentu dengan pengembangan sehingga lebih optimal di pabrikasi 14 nm, CPU keluaran Intel dengan seri berakhiran huruf U artinya Ultra Low Voltage yang bekerja dengan konsumsi daya rendah sehingga baterai menjadi lebih irit..  apalagi dengan ketahanan baterai 9 jam, yang merupakan hasil penyematan baterai polimer 40 Wh.. kemudian agar lebih memudahkan pengguna, Asus Zenbook UX390UA ini memiliki fitur fast charging, yang diklaim mampu mengisi baterai sebanyak 60% dalam 49 menit..

selanjutnya untuk kartu grafis, Asus Zenbook UX390UA ini mengandalkan VGA Integrated Intel HD Graphics 620.. tentu sudah mumpuni untuk menghandling output resolusi Full HD 1920 x 1080 pada layar LED berukuran 12,5” dengan 72% NTSC dan 178˚ wide viewing angle, yang bahkan sudah bezel-less! memang ya notebook sudah menjadi bagian dari fashion-style orang masa kini.. apalagi Asus Zenbook UX390UA ini tersedia dalam warna Rose Gold, Quartz Grey dan Royal Blue yang membuatnya semakin stylish.. tentu akan menarik perhatian dan penilaian dari orang lain bukan? selain itu, layar notebook ini sudah terlapisi oleh Corning Gorilla Glass 4 lho! tentu mengurangi resiko akan goresan pada layar yang selain dapat merusak, tentunya menyebalkan karena mengganggu penampilan notebook..

dalam body Asus Zenbook UX390UA yang berbahan Aerospace Grade Alumunium Alloy 6013, bobot hanya 910 gram, serta ketebalan sangat tipis, hanya 11,9 mm, tertanam sebuah media penyimpanan berupa Solid State Disc 512 GB pada.. inget ini SSD lho ya bukan lagi HDD!  masih ingat di masa lalu selalu ada kisah bottleneck dari sebuah sistem computer, dimana setiap kali ada pengukuran experience index, mau CPU, VGA serta RAM sebagus apapun, yang mempunyai nilai paling rendah pasti di media penyimpanannya nya.. sekarang tentu sudah tidak terjadi lagi.. apalagi SSD ini tertancap pada soket PCIe Gen 3 yang 3x kecepatan SATA3! wedyan..

Asus Zenbook UX390UA ini telah dilengkapi dengan keyboard dengan lampu latar  untuk kemudahan  dan kenyamanan saat mengoperasikan dalam kegelapan, serta kedalaman klik setiap tombol 0,8 mm.. dari segi tampilan, kesan bezel-less muncul akibat jarak terluar keyboard dengan sisi luar laptop hanya 2,1 mm.. kemudian tersedia touchpad yang diklaim presisi, teknologi palm-rejection, dilapisi kaca, mendukung smart gesture serta tulisan tangan.. pada sisi kanan atas touchpad terletak sebuah fingerprint sensor.. yup untuk login pada saat akses notebook ini cukup dengan menempelkan sidik jari.. tak perlu memasukkan password secara manual lagi..

seperti jajaran notebook terbaru Asus yang lain, Asus Zenbook UX390UA juga telah dibekali teknologi Asus Splendid untuk mengubah pengaturan warna.. secara umum terdapat 4 mode, yaitu Normal, Eye Care, Vivid dan Manual..

1. mode Normal
merupakan mode pengaturan warna yang telah dioptimalkan dari pabrik..
2. mode Eye Care
mode ini bertujuan untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan mata dengan mengurangi tingkat cahaya biru hingga 30% sehingga pada saat pemakaian dalam jangka waktu lama mata tidak cepat lelah, meski tiap 2 jam memang harus istirahat tak memandang layar laptop dan berganti mengamati yang ijo-ijo..
3. mode Vivid
mode ini merupakan mode dengan tingkat kontras dan ketajaman yang lebih tinggi daripada mode normal.. efeknya, tampilan foto maupun video menjadi lebih hidup dan nyata.. contoh mudah, coba bandingkan foto sunset.. 😀
4. mode Manual
pada mode ini pengguna dapat melakukan pengaturan kecerahan dan lain-lain ssesuai dengan yang diinginkan jika ketiga mode di atas kurang sesuai.. maklum warna itu memang selera yang masing-masing orang pun berbeda..

selain itu, Asus Zenbook UX390UA juga telah menganut teknologi Asus Tru2Life.. teknologi ini bekerja dengan mengoptimalkan video hingga ke tingkat piksel, dengan cara meningkatkan kontras.. hasilnya, video yang diputar dapat terlihat lebih tajam, akurat dan detail.. perbedaannya ya seperti gambar di atas.. warnanya lebih menarik..

untuk sistem entertainment, khususnya audio, Asus Zenbook UX390UA ini juga tidak tanggung-tanggung.. selain Asus SonicMaster Premium, yang seharusnya memang menghasilkan output suara lebih baik dibanding versi biasa, notebook ini juga dibekali speaker berkualitas dengan spesifikasi 4 buah speaker surround, dengan pembagian 2 buah untuk bass dan 2 buah untuk treble, terdiri dari 5 magnet dan ditenagai oleh 4-channel smart AMP, dengan merk Harman Kardon.. tentu saja kemampuan audionya menjadi lebih mantab dan bebas distorsi..

untuk konektivitas, Asus Zenbook UX390UA disenjatai dengan Wifi 802.11 AC, Bluetooth 4.1, 1 port audio combo serta 1 port USB 3.1 Type C.. sudah itu saja.. lalu bagaimana kalo mau mencolokkan berbagai perangkat yang pada umumnya menggunakan USB 2.0/3.0? tenang saja sudah tersedia dongle dari USB 3.1 Type C ke USB 3.0, HDMI,  VGA (D-sub), LAN RJ-45, SD Card Reader serta USB Type C kok.. dengan adanya dongle ini dapat diperoleh notebook yang tipis karena ringkas dari berbagai port yang biasanya memaksa notebook harus tebal, namun tetap dapat dengan mudah terhubung ke perangkat lain..

semua perangkat keras serta kelengkapan yang ada pada Asus Zenbook UX390UA tersebut di atas bekerja dalam sebuah sistem operasi Microsoft Windows 10 Home.. sebuah sistem operasi terbaru yang tentu saja merupakan pengembangan dari pendahulunya, dengan tampilan modern dan sistem keamanan yang sudah cukup baik.. apalagi dengan adanya update berkala untuk memastikan notebook selalu dalam keadaan yang optimal.. tentu saja sudah dapat langsung dipakai setelah dibuka dan langsung bisa gaspol.. tentu instal software yang dibutuhkan dulu ya! 😀

yup.. Asus Zenbook UX390UA ini memang pantas dijadikan pilihan untuk berbagai jenis keperluan.. siapkan saja dana 24,299 juta rupiah untuk versi tertingginya dan notebook ini bisa dibawa pulang.. melihat semua fitur dan kelengkapan yang ada pada notebook ini terlihat kok jika ada harga maka ada rupa.. apalagi jika dipakai untuk produktif, bukan tidak mungkin notebook ini dapat menghasilkan berkali-kali lipat bukan? 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

4 Komentar

monggo tanggapannya.....