dokumentasi yang tersisa dari giias 2017

assalamu’alaikum wr. wb..

pertengahan bulan agustus 2017 ini seperti pada umumnya di tahun-tahun sebelumnya, terselenggara sebuah pameran otomotif internasional bertajuk GIIAS yang merupakan singkatan dari Gaikindo Indonesia International Auto Show.. seperti biasanya, GIIAS diselenggarakan di ICE-BSD yang memang cukup luas meskipun jauh dari jakarta timur jika motoran.. tapi berhubung acara 17an sudah kelar maka nbsusanto pun gas kesana..

ternyata ada upacara bendera juga di GIIAS.. waah gayeng mesti.. lhawong pas mau masuk aja jalannya macet tenan.. yang bermobil sih yang cukup panjang.. kalo motor masih bisa nyelip-nyelip.. taun lalu nbsusanto kesini naik shuttle dari mall bekasi barat, tapi pas balik hampir saja kehabisan tiket, makanya mending motoran yang lebih fleksibel meskipun kalo malam rada lumayan..

tentu saja yang menarik perhatian nbsusanto di giias 2017 ini adalah honda civic type R.. dibangun dari body civic hatchback terbaru yang tentu saja sudah didandani dengan body kit dan spoiler, penempatan knalpot di tengah, velg 20″, serta tentu saja ada ubahan di mesin yang digunakan.. honda civic type r ini menggendong mesin 2000 cc vtec turbo earth dream yang diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 320 ps.. busyet.. tapi nggak tau kenapa bentuk hatchback di seri ini lebih keren dibanding sedannya..

selain itu, honda indonesia juga membawa mobil formula one yang digunakan oleh mc laren honda formula 1 team.. di masa kini jet darat hanya menggendong mesin 1600 cc 6 silinder sehingga suaranya tidak segarang di masa lalu..

berpindah ke booth toyota.. mobil terbaru yang dibawa adalah toyota chr hybrid yang entah bakal dijual bebas di harga berapa.. untuk mesin konvensional, chr sudah ditunggu oleh nissan juke, honda hrv dan mazda cx3..

mobil yang benar-benar menjadi pusat perhatian pada gelaran giias 2017 ini adalah mitsubishi expander.. sepintas di depan desainnya memang berbeda dari yang lain, mengingatkan pada nissan juke karena lampu utama terpisah dengan sein dan drl, malah seperti lampu kabut.. selera sih memang walau kalo menurut nbsusanto aneh.. :mrgreen:

sangat susah mendapatkan foto utuh mitsubishi expander kecuali unit di atas panggung karena semua diserbu oleh pengunjung yang penasaran akan dalemannya.. ya maklum saja sebuah mpv berkapasitas 7 orang yang menyasar kelas 200 jutaan dan akan bertarung langsung dengan toyota avanza, daihatsu xenia, suzuki ertiga, honda mobilio dan chevrolet spin tentu saja jadi favorit karena kebanyakan orang indonesia cari mobil keluarga..

berpindah ke booth suzuki, ada sebuah mobil dengan tampilan baru.. entah facelift ke berapa ya jadinya.. yup suzuki baleno yang saat ini keluar dalam bentuk hatchback.. padahal dulunya suzuki esteem sebagai pendahulu baleno dan gen 1 baleno itu lawannya honda civic dan toyota corolla.. kemudian di masa berikutnya baleno di kelas honda city dan toyota vios.. eh lha kok sekarang menyasar entah siapa lawannya ya?

malah justru suzuki ciaz ini yang sekarang menantang honda city dan toyota vios.. memang bentuk belakangnya cakep banget.. kalo tampilan depan sih standar saja.. sayangnya moil ini seakan kurang publikasi karena belum banyak beredar di jalanan..

tapi yang paling menarik perhatian di booth suzuki menurut nbsusanto adalah suzuki ignis.. harganya menyenggol lcgc yang kini berharga mahal.. bentuknya lebih menarik dan bisa dimodif lebih gagah.. build qualitynya? coba saja dipegang sendiri agar lebih percaya.. meski mungkin desain belakang tidak semua orang suka..

beralih ke booth mazda ada sebuah mobil baru bernama mazda cx3.. memang sudah cukup lama dinanti semenjak hrv keluar dan digadang-gadang untuk menjadi lawannya.. nah mazda cx3 ini keluar dengan mesin 2000 cc dan tentu saja teknologi skyactiv.. seperti biasa, mazda berani pasang harga lebih mahal karena kelengkapan fiturnya, dibanderol antara 388-435 juta, lebih tinggi dibanding mitsubishi outlander px.. tapi kalo lawan hrv 1800 cc nampaknya masih lebih pilih ini harganya 11-12 begitu.. :mrgreen:

selain itu mazda membawa roadster jagoannya, mazda mx-5 miata dengan teknologi skyactiv dengan mesin 2000 cc 4 silinder yang saat ini malah menghasilkan tenaga 155 dk, turun dari generasi sebelumnya yang mencapai 170 dk..

booth lain di giias 2017 yang cukup dipadati pengunjung adalah wuling, pabrikan asal cina yang mengeluarkan mpv 7 seater dengan nama confero.. memang di pameran ini wuling membawa cukup banyak unit dan setiap unit pasti bergantian orang masuk melihat-lihat dan diskusi maupun hingga melakukan spk.. kemarin nbsusanto sempat ngobrol dengan teknisi wuling bahwa per hari selama giias 2017 ada sekitar 50 spk masuk.. detail tentang wuling confero di artikel terpisah saja yak.. :mrgreen:

beralih ke booth mercedes benz.. yang ada sih mobilnya, entah kenapa nggak ada 0500R di booth ini.. πŸ˜† barisan mobil mewah yang nbsusanto sendiri nggak melihat detail ke setiap mobilnya karena kalo mau membahas pun kudu punya dasar yang kuat tidak asal nulis.. :mrgreen:

di gelaran GIIAS 2017 ini, mobil seharga LCGC yang menarik selanjutnya adalah renault kwid.. coba saja pegang bodynya dan bandingkan dengan mobil seharganya.. mungkin memang nama renault untuk selain kota besar masih jadi pertanyaan untuk after salesnya, meskipun sebenernya ini bawa aja ke bengkel resmi nissan.. oya mungkin hal lain yang berbeda dari kebanyakan mobil yang beredar di indonesia adalah jumlah baut velg yang hanya 3 saja..

pertamina juga ikut ambil bagian di gelaran giias 2017 dan membawa supercar, salahsatunya adalah lamborghini aventador berwarna kuning yang dibranding pertamax turbo.. ya sebuah bahan bakar terbaru pertamina yang dijual bebas di pasaran dengan ron 98, yang diklaim mencukupi kebutuhan teknologi mesin terbaru, di antaranya turbo..

beralih ke booth bmw, ada sebuah mobil imut namun berteknologi canggih.. yup, inilah mobil listrik yang ditenagai motor listrik 168 bhp, namun masih mempunyai tangki bensin yang pada keadaan darurat saat level listrik rendah akan memberi tenaga pada mesin mungil 25 kW 647 cc 2 silinder..

selanjutnya ada booth tata motor yang pada event giias 2017 ini membawa seri LP 713 yang dipasang pada body buatan rahayu santosa.. yup sasis dan mesin bertenaga 130 ps ini memang didesain untuk bus 3/4 dengan kapasitas penumpang 30..

lalu ada perusahaan yang di bawah naungan nama besar astra international, ya UD Trucks yang tadinya bernama nissan diesel.. pabrikan ini membawa beberapa line up kendaraan niaga di giias 2017 ini.. mungkin bagi sebagian orang yang tidak terlalu familiar dengan dunia alat berat, perubahan nama dari nissan ini masih kurang familiar..

lalu di booth isuzu ada sebuah bus milik PO Fajar Timur yang bermain di kelas pariwisata dengan body Adiputro New Setra dan dibekali sasis LT 134 dengan mesin yang menurut beberapa sumber kok output powernya berbeda-beda, ada yang bilang 230 ps, 250 ps serta 260 ps.. yang pasti, Isuzu LT 134 akan berhadapan langsung dengan sasis dari dua pabrikan besar, yaitu Hino RK8 R260 dan Mercedes Benz OH 1526 yang sama-sama mempunyai tenaga maksimum 260 hp yang banyak digunakan bus kelas patas, di antaranya adalah Eka dan Sugeng Rahayu Cepat..

lalu di booth Hino di gelaran giias 2017 ini cukup gayeng dengan hadirnya bus Legacy Sky SR2 Prime XHD milik PO Harapan Jaya yang dibangun pada sasis Hino RM 380 yang menggunakan mesin diesel dengan tenaga maksimum 380 hp.. kalo dilihat dari tenaganya, memang Hino RM 380 ini akan berhadapan dengan Scania K380, Scania K360 maupun Mercedes Benz O 500 R 1836 yang output powernya tak terpaut jauh.. well si louhan yang menggoda..

beralih ke booth adiputro.. di giias 2017, karoseri asal malang ini membawa body terbarunya, super double decker atap terbuka yang bakalan cocok untuk wisata memutari kota.. tentu bukan kecepatan yang diutamakan di bus ini, tapi tetap saja didukung oleh sasis Scania K420 IB yang diklaim mampu menghasilkan tenaga puncak 410 hp.. rada bingung sih ini sebenernya 420 atau 410 karena berbagai referensi ambigu dan saat itu sangat ramai oleh para pengunjung yang penasaran dengan daleman dan bagian atas bus ini.. sampe antre lumayan panjang lho.. πŸ˜€

lanjut jalan ke hall 10.. cukup sedikit booth pabrikan roda 2 yang tampil dan kesannya pun biasa saja.. tak ada booth mewah dari pabrikan besar.. di space sempit ini motor berbagi dengan berbagai booth aksesoris.. mungkin karena memang giias 2017 bukan jadi sasaran utama pabrikan untuk memamerkan produknya ya?

ya event giias 2017 ini memang didominasi oleh pabrikan roda 4 dengan pabrikan alat berat yang juga cukup menarik perhatian dan tentu saja beberapa booth aksesoris.. kalau tidak salah, transaksi yang terjadi selama gelaran ini cukup besar.. banyak spk yang terbit.. jalanan semakin padat ya? lha dp rendah dan kredit dimudahkan.. ada yang berdalih pemutar ekonomi, namun hantu kemacetan siap menyertai meskipun banyak jalan baru yang dibangun.. πŸ™‚

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....