hutan mangrove pantai jembatan api-api, ketika bambu di tangan orang kreatif

assalamu’alaikum wr. wb..

kawasan pesisir kini semakin menggeliat.. warga sekitar membentuk kelompok sadar wisata untuk mengelola potensi alamnya, apalagi jika lokasi tersebut memiliki hal yang jarang dijumpai di tempat lain.. termasuk warga kulon progo untuk mengembangkan sebuah kawasan yang diberi nama pantai jembatan api-api..

nilai plus kawasan ini karena adanya mangrove yang ditanam di dekat perbatasan provinsi daerah istimewa yogyakarta dengan provinsi jawa tengah ini.. oya sedikit cerita saat menuju pantai jembatan api-api ini nbsusanto sempat bingung.. katanya mangrove di kulonprogo, tapi kok dari timur harus melalui jembatan sungai bogowonto dulu.. tapi ternyata setelah keluar dari jalan lintas selatan terjawab karena kembali masuk wilayah diy.. 😂

ternyata bercabang ada pantai jembatan api-api serta pantai pasir kadilangu.. baiklah dibahas satu persatu.. ke jembatan api-api dulu.. parkir di kawasan ini adalah 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.. harga tiket masuk biaya perawatan pantai jembatan api-api ini adalah 4 ribu rupiah per orang, dimana saat itu nbsusanto mengajak seorang keponakan usia di bawah 10 tahun tidak dikenakan tiket masuk.. lumayan.. kertas tiket yang diberikan juga sesuai kok.. jogja pancen istimewa.. 😀

saat itu masih sepi banget.. ya maklum selain pas ramadhan juga bukan hari libur kantor.. begitu masuk disambut jembatan api-api yang disebut tol japin atas.. di kawasan ini pengunjung melintasi kolam tambak udang yang memang cukup banyak ditemukan di pesisir selatan kawasan bantul dan kulon progo, meskipun kemarin sempat bermasalah statusnya.. entahlah..

langsung disambut dengan kawasan mangrove yang dengan khasnya berada di sekitar perairan sehingga bisa dikatakan jalan yang dilalui berasal dari pepohonan, yaitu kombinasi bambu dan kayu.. tentu saja kenapa kawasan ini bisa terkenal adalah spot fotonya yang terletak di beberapa titik..

kebetulan pagi itu hujan rintik-rintik.. tapi tidak masalah bagi kami karena di hutan mangrove pantai jembatan api-api ini ada beberapa spot yang terdapat kursi serta atap untuk berteduh.. melihat tetes hujan sambil ngobrol dan mbebedo bocah.. kalo selain bulan puasa, mungkin bawa kacang kulit lebih syahdu.. 😆

ada spot yang bernama gembok cinta mangrove jembatan api-api dimana ada sebuah sepeda dan semacam rak tempat menggantung gembok, mungkin terinspirasi di berbagai tempat yang banyak dijadikan tempat menggantung kunci cinta para remaja.. halah mbuh lah.. tapi di gambar di atas masih terlihat kosong ya? :mrgreen:

rasanya kurang kalo kami hanya di sekitar jalan berbambu.. karena namanya pantai ya pengen di dekat air laut lah.. ada jalan ke selatan kami pun langsung berbelok.. lha kok nemu spot yang lumayan apik.. lagi-lagi permainan bambu dan tali yang menghias lokasi ini..

eeee karang yo bocaaaaah.. ndelok ngenean kesenengen.. sakkarepmu le.. ra mbendino iso dolan ro aku.. 😆

lalu kami melihat gardu pandang.. nggak pake lama langsung menuju lokasi itu.. sekali lagi momen kawasan wisata saat tidak ramai memang menyenangkan.. praktis kami hanya antri 1 keluarga saja.. 😆

tapi kayaknya lebih syahdu kalo yang motoin dari bawah deh sementara yang di atas yang difotoin.. atau pake lensa zoom kalo mau dapet gambar syahdu.. tapi kalo nbsusanto yang disuruh turun motoin ya wegah.. mending jalan lagi.. 😆

salah satu obyek yang menarik untuk difoto kalo menurut nbsusanto.. ya meskipun keadaan layar kapal sudah sobek-sobek.. tapi dengan begitu malah keliatan bagaimana beratnya perjalanan kapal ini hingga akhirnya bersandar di mangrove jembatan api-api kan ya? #mbahmuuuu 😆

di beberapa bagian di jembatan api-api nampak beberapa orang masih memegang perkakas serta bambu.. memang masih terus dikembangkan dengan berbagai model jembatan serta spot yang menarik untuk dijadikan pilihan para pengunjung.. selain itu bersandar pula beberapa perahu bermesin di kawasan hutan mangrove pantai jembatan api-api..

butuh lebih dari sekadar nggleleng untuk mencapi beberapa spot di kawasan hutan mangrove jembatan api-api ini.. buktinya si bocah memilih bareng dengan kakaknya untuk melewati jembatan kayu bertali yang di bawahnya juga diikatkan beberapa batang besi memanjang.. sensasinya ya khas jembatan gantung.. bergerak-gerak gitu.. 😆

ada pula spot berbentuk godong waru yang tentu saja digemari oleh remaja dan pasangannya untuk foto disini.. foto sih diambil dari ketinggian.. mau selfie bahkan pake tongsis yo ra ketok ndes.. tetep minta tolong difotoin orang lain.. 😆

berikut galeri foto kawasan wisata hutan mangrove pantai jembatan api-api kulonprogo yang sempat terabadikan :

kawasan wisata hutan mangrove pantai jembatan api-api kulonprogo merapakan salah satu pilihan obyek wisata di kulonprogo yang layak untuk dikunjungi.. selain dimanjakan dengan berbagai spot foto, dengan berjalan menyusuri jembatan bambu ini mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.. kalo mau lebih lengkap dan nyentuh air laut ya tinggal berjalan ke selatan saja.. semua itu cukup ditebus dengan htm 4 ribu rupiah per orang.. kalo dilihat bagaimana pengelola membangun dan harus menjaga kawasan tersebut, menurut nbsusanto kok worth it..

masih kurang? insyaallah akan nbsusanto bahas mengenai kawasan wisata di sebelahnya di artikel mendatang.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

2 Komentar

monggo tanggapannya.....