kesampaian naik batik air jakarta halim – jogja

assalamu’alaikum wr. wb..

sudah setahun lebih sejak arus balik lebaran 2016 nbsusanto tidak naik pesawat.. apalagi menjamah jeroan bandara adisucipto, malah 1,5 tahun.. alhamdulillah di libur akhir tahun 2016 maupun lebaran 2017 dapat tiket kereta sehingga lumayan hemat.. tapi nbsusanto luput di idul adha 2017, nggak punya tiket kereta tapi kudu pulang.. antara ngebis atau terbang.. karena mau ikut sholat idul adha yasudah pilih naik pesawat saja..

cari di beberapa web penjualan tiket untuk keberangkatan di malam takbiran.. nbsusanto prefer ke halim, karena jarak lebih dekat.. memang biasanya tiket dari soetta lebih murah, tapi kalo beda 100 ribuan saja ya pilih halim.. pertimbangannya karena transportasi ke soetta kalo naik bus pun 40 ribu.. apalagi kalo naik taksi.. entah kalo dengan aplikasi online kena berapa.. belum dari sisi waktu yang harus berangkat beberapa jam sebelum jadwal karena jauh dan rawan macet, maklum kejadian final call saat naik garuda dulu bikin senyum kecut.. apalagi kalo denger orang ketinggalan pesawat karena terjebak macet.. lha kalo long weekend.. berangkat jam berapa lha wong H-1 masih masuk kerja..

saat diskusi dengan orang rumah, sempat muncul tiket batik air dari halim ke jogja dengan jadwal jam 22.05 landing jam 23.10.. tapi belum dipesan, ceritanya masih iseng ngecek tiket lain.. lha kok pas dicek lagi ilang.. refresh berkali-kali sudah nggak muncul.. wadoooh.. habis? sempat terpikir untuk turun di solo tapi ternyata sepupu pulang ke mertuanya.. kalo mau lanjut gojek + prameks, apa iya tiket masih.. kalo mau lanjut bis jawatimuran kudu ke terminal, dan padat nggak.. dihitung waktunya kok malah tanggung waktu takbiran.. karuan yang jemput, maklum jauh dari bandara.. kalo pesawat yang turun jam 11 malem kan ideal setelah takbiran cuss bandara.. mbuhlah ditinggal tidur dulu.. kalo rejeki nggak kemana..

pagi hari terbangun, iseng iseng cek lagi.. lha kok batik air nya muncul lagi.. langsung deh klik booking.. tapi nggak langsung dibayar, masih iseng ngecek aja.. lha kok udah ilang lagi.. langsung deh dibayar daripada batal.. kok ya kebetulan, dari dulu penasaran dengan batik air dan ini available.. maklum pilihan lain di halim kan citilink, dan itu sudah pernah.. 😂

pulang kerja sore itu kantor sudah sepi.. mampir mess sekadar ganti tas dan masukkan kamera, kok ya jam 5 sudah datang temen yang kebetulan malem itu mau pulang ke surabaya naik citilink dari halim jam 8.. yasudah nebeng saja lhawong mess juga sudah sepi.. mau ngapain lagi nyengoh.. 😂 buka google maps untuk cari jalan paling enak ke halim, mau lewat tol pondok gede-halim atau lewat jalan kalimalang saja.. jebul merah.. orang-orang pun mudik.. pilih arteri saja lah walau kena macet juga.. untungnya dari kalimalang sisi barat hingga halim sudah lancar.. tepat adzan maghrib masuk di area bandara halim perdana kusuma..

langsung masuk deh meski nbsusanto sudah web cek in untuk mengamankan posisi dekat jendela.. biar bisa liat luar.. 😂 tinggal cetak boarding pass.. di pemeriksaan pun lancar banget karena semua gadget dan dompet sudah nbsusanto masukkan tas.. pakaian tinggal kaos dan celana training.. memang dipersiapkan begitu agar nggak usah susah nglepas sabuk.. 😂 jebul bandara halim rame banget.. guyonnya sampe kayak terminal bus.. bisa dipahami sih momen long weekend apalagi idul adha pasti banyak yang menyempatkan pulang.. tapi semakin malam sudah semakin berkurang karena sudah pada mulai terbang..

boarding jam 9.35 dan sesuai jadwal, meskipun sebelumnya pesawat ini mengalami keterlambatan saat penerbangan dari jogja ke halim.. untungnya sih jeda waktu lama sehingga tidak berpengaruh.. tunjukkanlah boarding pass dan berjalan menuju pesawat batik air.. tak ada garbarata, tapi nggak masalah.. malah syahdu kok.. :mrgreen:

airbus a320, seperti penerbangan setahun lalu.. tersedia layar di masing-masing kursi.. tampilan yang akhirnya selalu diperhatikan sepanjang perjalanan, tentu selain sesekali melongok keluar.. meskipun begitu, untuk peragaan keadaan darurat masih dilakukan oleh pramugari yang bertugas, tidak pada display.. oya, proses masuk cukup cepat karena nbsusanto hanya naruh 1 tas di bagasi atas dan membawa ke kursi tas kamera.. :mrgreen:

sebelum jadwal terbang jam 22.05, pesawat sudah berjalan mundur, menuju taxiway dan menunggu antrian runway yang sedang digunakan pesawat lain, kalo tidak salah citilink menuju surabaya yang ditumpangi temen nbsusanto yang ternyata sempat mengalami trouble.. begitu kosong, batik air langsung menuju runway dan lepas landas.. yang membuat kurang nyaman adalah saat masih di darat kok terasa berguncang ya, entah faktor suspensi, roda pesawat, atau aspal bandara?

sesaat setelah terbang, mulai tampak lampu kota jakarta yang menggoda untuk mengeluarkan kamera.. tenang sudah di mode terbang kok.. jadi lebih enak saat mengabadikan pemandangan yang terlihat.. kalo tidak salah gambar di atas adalah tol jakarta cikampek yang cukup padat.. ngfoto malam begini memang butuh berbagai penyesuaian, pilihannya untuk menaikkan iso atau shutter speed dibuat pelan.. selain itu, momen paling apik adalah saat lampu kabin redup karena tidak ada pantulan di kaca.. jadi ya sesaat setelah take off dan sesaat sebelum landing.. cukup lah toh nggak banyak kota besar dilalui batik air ini di jalur jakarta-jogja.. 😁

kapten cukup ramah saat memperkenalkan diri beserta kru dan memberikan pengumuman bahwa pesawat akan berada di ketinggian 27000 kaki.. nah tak lama setelah lampu kabin menyala terang dan pesawat sudah mulai stabil, pramugari batik air pun membagikan snack pada penumpang.. ada sebotol kecil air mineral serta roti yang sudah termasuk dalam harga penerbangan yang dibayar.. kebetulan laper karena belum sempat makan.. lumayaaaaan.. 😁😁😁

iseng deh nyalain layar.. ada berbagai menu hiburan, entah seperti lagu sudah disediakan atau harus pake flashdisk karena ada colokan headset dan usb.. tapi lebih menarik menu yang menampilkan kondisi terkini pesawat.. lokasi, ketinggian, kecepatan, suhu udara luar, persentase perjalanan dan estimasi sampai.. sedikit demi sedikit batik air naik hingga 27000 kaki yang setara 8200 mdpl pada kecepatan 800 km/jam dan suhu luar -21 derajat.. wedyan uanyepeeee.. nbsusanto nggak moto moto lagi lhawong sisi kanan keliatan apa sih.. mulai terlihat ya pelabuhan cilacap dimana saat itu kapten juga menginformasikan berada di atas kota cilacap dan ketinggian jelajah mulai turun.. weleeeh..

sempat terasa guncangan saat di udara, mungkin menembus gumpalan awan ya, rasanya hampir sama seperti saat di darat tadi sih.. karena sudah mengabadikan kondisi maksimum, nbsusanto pun beralih ke menu lain.. ada game nya di layar sentuh ini.. biar nggak banyak mikir main solitaire aja.. 😁 sesekali saat pengumuman memang layar menginfokan tak bisa diakses agar penumpang memperhatikan.. nggak masalah sih.. tapi sayangnya pas mulai asyik lagi, belum kelar main sudah muncul form survey dan nggak bisa balik ke game nya.. teloooo.. 😑

tak lama kemudian lampu kabin batik air diredupkan.. saat yang tepat untuk nyalakan kamera lagi.. terlihatlah lampu jogja yang tak segemerlap jakarta.. rapopo lah dan jangan sampai seperti jakarta, agar masih bisa menikmati kehidupan.. seperti terasa syahdu banget saat berada di utara kawasan alun-alun yogya..

lalu pesawat batik air semakin turun hingga melintasi ringroad timur.. persiapan mendarat.. masih terasa nyaman hingga sesaat setelah menyentuh daratan rasanya pesawat direm agak kuat yang mengurangi kenyamanan karena seperti dalam fisika, tubuh mempertahankan arah sehingga sedikit terdorong ke depan.. maklum sih runway adisucipto memang terbatas.. salah satu alasan akan dibangun bandara baru jogja..

akhirnya jam 23.00, 10 menit lebih cepat dari jadwal, batik air sudah sampai di jogja.. kota dengan bandara unik yang menyampaikan pengumuman salah satunya dengan bahasa jawa.. asli ngangeni, meskipun kalo liat harga tiket pesawat nggak jadi kangen.. 😂

batik air.. maskapai penerbangan yang tergabung di lion group namun bukan di kelas lcc walau bukan di full service juga.. harga tiketnya tak jauh dari lcc maskapai sebelah, yang murah kala weekday dan terasa lumayan kala liburan.. dari sisi pelayanan cukup oke.. hiburan sayangnya tak sempat mencoba semua walau info navigasi dan game cukup menyenangkan.. apalagi ya? mungkin sudah itu saja barangkali kalo ada yang kelewatan disisipkan, atau ada yang mau menambahkan?

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

5 Komentar

    • betul.. air pun langsung menjadi es.. nggak bisa bayangin gimana di luar pesawat.. materialnya harus tahan beku dan tekanan..

      naah kalo di gunung adem e enak mas.. kecuali pas badai.. :mrgreen:

  1. pengalamanku pertama kali naik pesawat baru awal bulan kemarin mas, alhamdulillah bisa merasakan naik pesawat dan sudah nggak penasaran lagi bagaimana rasanya. Waktu itu dari solo ke halim naik citilink, gak ada layarnya dan juga gak ada snack gratis. kalau pulangnya lumayan enak dari soetta ke jogja naik garuda indonesia dapat snack gratis dan juga depan tempat duduk ada layarnya.

    • iyo mas citilink nggak ada layar.. tapi paling wenak dr tempatku sekarang ya ke halim mas makanya opsi batik atau citilink aja.. nek garuda selain harus ke soetta, uadoh dari duren sawit, juga biasane hargane rodo lumayan mas.. hahaha..

monggo tanggapannya.....