hutan mangrove pantai pasir kadilangu, opsi wisata di ujung kulon jogja

assalamu’alaikum wr. wb..

membicarakan tempat wisata kulon progo seakan tak ada habisnya.. mulai dari kawasan puncak suroloyo, waduk sermo, pantai glagah hingga hutan mangrove.. ternyata hutan mangrove pun tak hanya di pantai jembatan api-api, namun juga ada lokasi di sebelahnya.. namanya pantai pasir kadilangu.. sekalian sudah di kawasan itu ya nbsusanto masuk saja..

daripada harus ribet parkir, jalan kaki saja.. toh selain deket, bocah-bocah juga masih belum capek kok walau masih puasa.. :mrgreen: menuju pintu masuk kawasan pantai pasir kadilangu dan ditarik HTM 5000 rupiah, lagi-lagi si bocah 10 tahun lagi-lagi nggak dihitung.. mungkin memang kesepakatan untuk anak-anak dibebaskan atau gimana? atau di hari non libur kah?

masuk ke area wisata pantai pasir kadilangu, terlihat saat itu ada pekerjaan pembangunan jembatan dari bambu, mungkin saat artikel ini terbit sudah jadi ya.. memang kawasan ini terus berkembang dengan berbagai inovasi bentuk jembatan maupun asesoris sebagai media foto-foto yang merupakan andalan dari hutan mangrove..

pengelola kawasan pun memberi nama-nama unik pada spot-spot foto di pantai pasir kadilangu ini untuk menarik perhatian para pengunjung.. berhubung sebagian sasarannya adalah pemuda pemudi, ada cinta-cintanya.. πŸ™„

disini juga ada tatanan papan berbentuk hati dengan bendera merah putih di atas tiang bambu di tengahnya.. spot yang cukup menarik karena tanda cinta bukan cuma pada pasangan, misalnya cinta tanah air indonesia.. πŸ˜€

nah disinilah replika menara eiffel dari bambu itu berada.. memang kalo mau menampakkan full menara bambu ini kudu diambil dari jauh.. itupun nanti wajah manusianya jadi nggak keliatan, kalo mau keliatan tetep aja di crop.. kecuali punya lensa ultra wide.. makanya nbsusanto ngambil secara landscape meski angle nya miring.. πŸ™„

di mangrove pantai pasir kadilangu ini juga terdapat jembatan untuk melintasi air yang didesain sedemikian rupa dengan bentuk unik yang menarik untuk dijadikan obyek foto.. entah ide dari mana bentuknya, konsepnya digambar dulu seperti apa, lalu perkiraan jumlah itemnya.. yang jelas mereka menggunakan bambu sepenuhnya..

salah satu spot yang menarik bagi nbsusanto adalah karakter doraemon dengan tatanan bambu segilima menuju ke arahnya yang menambah kesan unik.. tentu saja selain karena doraemon memang salah satu sahabat generasi 90an.. robot kucing yang bisa nduruti apa saja kemauan nobita.. makanya jadi sosok yang diinginkan anak anak.. πŸ˜†

di pantai pasir kadilangu ini juga ada jalanan berupa lorong di antara pepohonan mangrove.. memang bagian ini jadi salah satu spot favorit untuk berfoto karena memang apik, apalagi jika cuaca mendukung dengan langit berwarna biru cerah dan daun yang menghijau..

di bagian menara eiffel versi bambu bernama “kadilangu van java” ini itu nbsusanto coba mengabadikan secara portrait dari bawah sampe ke atas dengan lensa apsc 16 mm, tetep saja kecrop.. mungkin kalo 16 nya full frame lebih enak ya? :mrgreen: jadi di menara ini pengunjung bisa naik sampai seperti foto di atas dan difoto dari bawah..

berikut galeri foto-foto di area hutan mangrove pantai pasir kadilangu kulon progo yang nbsusanto abadikan :

pantai pasir kadilangu.. dengan htm yang cukup terjangkau dan spot yang berbagai macam, bersama pantai jembatan api-api, merupakan salah satu pilihan obyek wisata di pesisir barat provinsi daerah istimewa yogyakarta.. cocok jika dimasukkan dalam wisata kulon progo dari gunung saat sunrise hingga laut saat sunset.. tinggal bagaimana pengelola, tentu bersama pengunjung, dapat menjaga keindahan dan kebersihan lokasi ini.. yang pasti dengan semakin banyaknya pemilik kamera, minimal hape, serta promosi gratis medsos melalui pengunjung, wisata menjadi semakin diminati..

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

 

Advertisements

2 Komentar

monggo tanggapannya.....