fotografi fenomena supermoon desember 2017

supermoon jam 04.11

assalamu’alaikum wr. wb..

pada tanggal 3 desember lalu terjadi fenomena supermoon menghiasi langit indonesia.. memang pada saat itu bertepatan dengan malam bulan purnama di 15 rabi’ul awwal dalam kalender hijriyah.. kebetulan pas weekend jadi di mess dari sekitaran isya.. eh nggak ding, pas keluar cari makan liat ke atas kok bulane guedhi..

balik-balik ambil kamera dari wadahnya.. kalo masang lensa wide nggak bisa nangkep gedhenya bulan.. pasang lensa tele 55-210 saja lah.. mungkin autofokus sudah cukup tapi kalau mau detail ya manualan.. toh adanya viewfinder di sony a6000 cukup memudahkan.. sekitar jam 7.10 keluar lagi dari mess bawa kamera..

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

ada 5 foto, klik panah next atau prrv saja.. semua dengan settingan yang sama, ss 1/1000″, f/6.3, iso 100, white balance cloudy, setting cenderung vivid, resolusi 24 megapiksel, focal lenght 210 (setara 315 di full frame) lalu crop hingga sisa sekitar 600 piksel saja.. hasilnya di awal dan di akhir malam supermoon bulan cenderung berwarna kemerahan, tapi aslinya memang begitu sih.. meski nggak halus banget, detail yang dibutuhkan sudah cukup lah.. bahkan karena sinar yang lebih terang beberapa persen dibandingkan dengan cahaya bulan biasanya cukup pakai ISO terendah dan shutter speed cukup cepat pun tak terlihat gelap..

bulat sempurna.. syahdu tenan rek.. terlihat bahwa bulan berputar berlawanan jarum jam.. memang sih nggak bikin timelapse, selain karena kamera bawaannya nggak bisa timelapse tanpa aplikasi berbayar juga belum punya tripod dan lokasi yang cukup bersih.. padahal di sekitar mess selain ada pepohonan juga ada rumah sehingga kurang leluasa.. o ya, putaran dari foto 4 ke 5 terlihat bedanya rada jauh ya dibanding foto 1-4.. memang harusnya ada foto sekitar jam 02.20.. tapi piye meneh.. wis merem.. bangun jam 4 kurang dikit.. ๐Ÿ˜†

hari berikutnya, 4 desember 2017, nbsusanto iseng-iseng arahkan lagi kamera ke bulan.. masih dengan setting yang sama persis.. terlihat bahwa di bagian kiri atas sedikit menghitam, berkurang dari bulan penuh menuju sabit.. tapi permukaan bulan lebih terlihat ya.. sedikit coakan-coakan seperti gunung atau kawah begitu.. atau efek karena sudah tidak seterang saat supermoon sehingga detail permukaan kembali terekspos? dengan arti lain setting kamera nbsusanto sehari sebelumnya terlalu terang.. mungkin begitu sih..

yaaah cukup laaah untuk dokumentasi pribadi.. meski kalau mau lebih bagus hasilnya kalau pakai lensa lebih panjang sehingga tak perlu crop maksimal.. sony 100-400 GM misalnya.. apalagi sekalian pakai lensa full frame.. sony A7R mark II.. hahahaha.. ini juga masih perlu banyak belajar mengoptimalkan sony a6000 + 16-50 dan 55-210 dulu.. barangkali nanti ada rejeki untuk nambah pengalaman.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

1 Komentar

monggo tanggapannya.....