pertama kali ikut event lari 10k superball run becakayu, masih perlu banyak belajar

assalamu’alaikum wr. wb..

rutinitas harian di ibukota memang cukup padat.. namun tentu saja tak boleh meninggalkan olahraga.. selain untuk menjaga kesehatan juga sebagai refreshing biar nggak stress.. salah satu olahraga yang cukup murah, bahkan bisa gratis, meskipun ada juga yang bayar mahal demi alat lebih nyaman, adalah lari.. bisa gratis kalo cekeran, bisa murah kalo sepatu terjangkau, bisa mahal kalo sepatu jutaan dan sering ikut event lomba lari.. kebetulan di tempat gawe kemarin ditawarin untuk ikut lomba lari superball run di tol becakayu.. rame-rame pun daftar..

jadi ceritanya superball run 2017 itu ada jarak 5K, 10K dan 21K.. realistis, nbsusanto dan kawan-kawan merencanakan untuk ikut yang 5K saja.. kami bukan pelari.. mentok olahraga futsal, badminton, gowes atau jogging saja.. pun kalo jogging nbsusanto biasanya di kisaran 3-5 km tergantung kondisi dengan pace masih mepet 7 menit kalo menurut catatan aplikasi nike+ run club.. e lha kok ternyata kuota yang tersisa tinggal 10K.. wadoh.. diskusi dengan temen-temen, akhirnya tetep ikut karena semua starter tentu saja dapat jersey, semua finisher pasti dapat medali, dan karena kebetulan gratis.. yo wis rapopo.. sampe ada yang beli sepatu baru.. kalo nbsusanto masih pake running shoes diadora andria yang telah ikut 200an kilometer dari awal tahun.. :mrgreen:

sampai di cipinang indah mall sudah jam 5.15.. memang masih gelap tapi yang 21K memang sudah start dan cukup ramai.. menuju parkiran taruh motor lalu menuju ke area start.. ternyata sudah banyak yang berdiri di gerbang start.. nbsusanto mencari minuman dulu, eh nggak liat air putih, adanya isotonik, meski katanya ada air putih mungkin nggak teliti.. weleh.. yo wis lah daripada kehausan, meski bersama teman kemudian sadar, sebelum start memang sebaiknya air putih saja daripada mules.. selesai minum tentu pada foto-foto dan menunggu detik-detik start.. tentu saja nbsusanto mengaktifkan dulu nike+ run club dan dimasukkan ke dalam celana training yang sudah menemani ke beberapa gunung.. memang nggak pakai celana pendek biar bisa ngantongi soalnya nggak bawa tas.. :mrgreen:

jam 5.30 tanda start dibunyikan dan para pelari meninggalkan garis start.. disini nbsusanto baru menyadari ternyata posisi start sangat menentukan karena rasanya nggak di belakang tapi pas sudah di jalan ternyata banyak banget ya di depan.. selain itu ada godaan yang muncul, yaitu untuk berlari lebih cepat karena ada beberapa pelari yang menyusul dari belakang dan pelari di depan yang temponya lebih rendah terasa menghalangi.. tapi untungnya masih bisa menahan diri karena inget lebih baik pace konstan dan stamina terjaga daripada kenceng di awal tapi belum sampe target, setidaknya lari setengah jarak baru boleh jalan kaki, kan ra gayeng.. :mrgreen:

foto official superball run becakayu 2017

pagi itu lalu lintas di jalan akses saluran kalimalang dialihkan sebagian, jadi mulai perempatan jatiwaringin hingga pertigaan menjelang cipinang mall hanya ke arah barat karena memang lajur arah timur digunakan oleh pelari.. pun begitu lampu merah diatur oleh polisi sehingga pelari yang sedang melaju cepat di depan maupun rombongan besar tidak terhalang oleh lalu lintas kendaraan.. nbsusanto sih masih berada di rombongan besar banget karena memang dari belakang ada yang nyusul meskipun nbsusanto sudah coba nyelip.. lalu kami masuk ke tol becakayu melalui ramp on jatiwaringin di sisi utara kalimalang yang nantinya akan dioperasikan untuk arah bekasi.. begitu sampai di main toll becakayu..

oya mentari pagi membuat langit nampak menguning saat mulai menampakkan diri.. apik banget pancen hingga beberapa pelari berhenti atau menjadi jalan kaki sekadar untuk foto-foto.. pengen sih moto, tapi tetep harus fokus lanjutkan lari.. lalu nampak pembawa tulisan 2 kilometer dan ada pos minum yang menyediakan air mineral serta isotonik.. beberapa pelari memilih berhenti dan minum.. ya memang kalo terasa haus segera minum agar tidak fatal mengingat bakalan berkeringat banyak dan masih belum separo jalan.. selain itu ada pula spanduk menyarankan minum bagi yang membutuhkan agar tidak cedera dan berakibat lebih fatal.. nbsusanto tak berhenti dan tetap mencoba berlari dengan kecepatan konsisten, walau tentu saja kalah dengan mereka pelari cepat..

foto official superball run becakayu 2017

terus berlari ke arah timur, untuk 5 kilometer sudah ada tanda putar balik.. tapi 10 km masih lanjut.. terlihat pula ada mobil toilet portabel yang telah disediakan panitia, cukup membantu bagi yang kebelet saat berlari.. para pelari 21k baris depan terlihat sudah mulai berjalan ke timur dengan dibukakan jalan oleh para pengawal bersepeda.. ya selain start yang memutar sedikit lebih jauh dulu, pelari 21k saat menuju timur tidak langsung turun di ramp on jatiwaringin, melainkan meneruskan perjalanan dulu hingga hampir ramp on cipinang baru putar balik dan baru turun.. uadoheeee.. :mrgreen: disini terlihat beberapa fotografer mengabadikan para pelari, entah itu dengan diam saja ataupun dengan kendaraan ala medan golf itu..

langkah demi langkah dilalui.. masih banyak yang diselip dan menyelip.. pos istirahat di km 4 terlalui dan setelah melalui samping ramp on pondok kelapa, namun 10k tidak turun, terlihat tanda berputar serta ada pembagian tali, tanda bahwa pelari memang melalui jalur yang benar dan tidak melalui shortcut.. oke 5 km sudah terlewati.. perlahan rasa capek mulai terasa hingga sebelum water station berikutnya nbsusanto memilih untuk berjalan kaki daripada malah memaksakan nggak baik.. yang menyelip biarlah saja.. hingga sampai water station nbsusanto langsung menerima 1 gelas air putih dan 1 gelas isotonik yang telah disodorkan oleh para penunggunya.. sambil jalan kaki, yang itungannya kalo di mi band 2 masih jalan cepat, nbsusanto minum satu per satu.. ketemu temen yang masih menuju arah timur dan dia minta tasnya nbsusanto bawakan.. yo wis laaah rapopo itung-itung bawa sampah.. :mrgreen:

meter-meter selanjutnya nbsusanto habiskan dengan kombinasi kadang lari kadang jalan kaki.. eman-eman kalo sampai kaki cedera dan untuk naik tangga aja sakit banget malah mengganggu aktivitas.. kiranya mampu ya lari, terasa cukup ya jalan kaki.. begitu hingga turun ke arteri kalimalang dan meneruskan langkah.. tapi mulai dari pertigaan di timur CI itu nbsusanto putuskan untuk lari dengan langkah panjang, karuan sekalian finish, sudah kalah dengan mbak-mbak, ibuk-ibuk dan bapak-bapak, biar nggak banyak banget kalahnya.. oya bener bawa tas memang nggak enak, kudu dipegangin.. padahal ayunan tangan ngaruh ke bagaimana larinya lho..

akhirnya menyentuh garis finish.. kalo di jamnya sih jam 7 kurang sedikit, jadi lari sekitar 80an menit.. langsung pegang hp dan cek aplikasi nike+ run club klik stop.. jangkreeeeeek malah aplikasine error.. ngehang.. not responding.. ada pilihan untuk force close.. nbsusanto biarkan dulu, mosok record e ilang.. sambil menuju pembagian minuman dan medali untuk para finisher.. nbsusanto memilih mengambil pisang, susu serta air mineral kemudian dikalungi medali finisher.. lumayaaaan duwen duwen.. sambil berjalan mengecek aplikasi, alhamdulillah masih bisa normal dan tercatat.. yesss.. :mrgreen: berikut catatan waktunya :

jadi kecatat 10,3 km karena ada trouble untuk stop di akhir.. lalu terlihat pace saat lari bisa terjaga di sekitar 7-8 menit per kilometer, meskipun di beberapa kilometer terakhir terjun bebas karena nbsusanto lebih banyak jalan kaki dan hanya lari di beberapa ratus meter terakhir.. kalo catatan di mi band 2 yang juga nbsusanto pakai sebagai berikut..

tampak waktu yang tercatat juga sekitar 80 menit karena catatatn start 5.31 dan finish 6.48, saat 6.48 sudah jalan setelah finish.. terlihat lari total setengah waktu perjalanan saja.. oya catatan kilometer di mi band 2 adalah perkiraan dari jarak setiap langkah karena tidak ada gps.. bahkan di akhir masih tercatat sebagai fast walking karena lari langkah panjang memang langkahnya tak sebanyak lari biasa, dengan tenaga tersisa.. di grafik nike+ run club juga pace dari belasan menit karena jalan kaki tiba-tiba melonjak di kecepatan parsial 6 menit per kilometer.. :mrgreen:

well.. ternyata ikut event lomba lari menyenangkan ya.. terbukti setelah event ini temen-temen seringkali share event lomba lari.. tapi memang realistis di 5 km saja karena di event ini mencoba full lari di atas 5 km dengan persiapan seadanya ya hasilnya sudah paling optimal.. lain kali kudu konsisten lari seminggu 3x dan kalau bisa di kisaran 4-5 km agar sewaktu-waktu pengen lari atau gowes tidak kaget.. lalu persiapan jelang start tidak bisa diabaikan.. harus datang pagi selain untuk penyesuaian kondisi, pemanasan sebentar juga dapat posisi start yang enak.. kemudian jangan bawa tas slempang, kalo memang kudu bawa tas ya lebih baik model yang dikaitkan di sekitar perut itu agar tidak mengganggu kenyamanan lari dan tetap bisa bawa barang berharga seperti dompet dan hp meskipun sebenernya disediakan box penitipan barang.. yang terakhir sebaiknya hindari minum minuman aneh-aneh sebelum start, akan lebih baik kalo air mineral saja karena bisa-bisa sakit perut dan malah mengganggu enaknya lari.. selanjutnya? ayo gerak, ayo olahraga, ayo hidup sehat! 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

1 Komentar

monggo tanggapannya.....