hunting aktivitas kereta ketel di stasiun dan depo pertamina rewulu

assalamu’alaikum wr. wb..

suatu pagi di jogja, kebetulan tanggungan sudah kelar dan ada motor.. cangking tas kamera dan keluar rumah.. kabut cukup tebal.. awalnya mau menuntaskan njepret di kalimenur.. dipikir-pikir kalo nggak cerah sama aja gunung merapi merbabu nggak keliatan.. lalu inget kalo ada spot menarik lain di daop 6 deket sentolo.. yup kawasan stasiun dan depo pertamina rewulu..

nbsusanto penasaran dengan rangkaian kereta tangki bbm yang mengantarjemputkan bbm dari dan menuju depo pertamina rewulu yang mendistribusikan bbm ke diy dan sekitarnya.. kereta yang lebih dikenal dengan argo ketel itu di foto-foto yang beredar melaju di pinggir persawahan.. okelah ikuti saja gugel maps dengan tujuan stasiun rewulu.. sekalian cek jadwal kereta.. kok ndilalah cocok meski harus menunggu sebentar.. lumayan bisa buat cari tempat yang pewe dulu.. 😂

jadi seperti di foto pertama, di stasiun rewulu ini ada percabangan satu jalur ke arah selatan menuju depo pertamina.. nah berhubung belum lewat, nbsusanto mengamati dulu, ada apa saja di stasiun rewulu ini.. ternyata selain cc 201 + 1 buah kereta ketel, ada rangkaian kotak.. entah muatan normalnya seperti apa karena bak nya cukup tinggi.. kricak mungkin ya? yang biasanya kalo tidak salah seringnya berdinas dari stasiun wates..

jadi sambil menunggu kereta ketel yang dari cilacap dijadwalkan masuk ke depo pertamina rewulu jam 9.03, yang kemudian diketahui ternyata rangkaian tangki tanpa lokonya sudah terparkir di barat stasiun rewulu, ada beberapa kereta yang melintas.. di antaranya adalah rangkaian kereta barang dari barat menuju timur yang terdiri dari kereta semen holcim yang ditambah rangkaian entah membawa apa di belakang, yang sayangnya malah nggak kefoto full cuma sebagian.. lalu ada pula rangkaian kereta eksekutif taksaka pagi berangkat dari yogyakarta menuju jakarta..

sekitar 8.17 lokomotif cc 201 dan 1 buah kereta ketel pun mulai bergerak maju kemudian mundur untuk selanjutnya dipasangkan dengan rangkaian ketel di belakang.. dalam prosesi ini tentu saja ada seorang petugas di bagian belakang yang kemudian menjadi di depan untuk memastikan kecepatan kereta dan dapat segera disambungkan dengan rangkaian.. kalau terlalu cepat tentu bisa berbahaya menyundul rangkaian berisi bahan-bakar, bukan..

setelah tersambung, rangkaian kereta ketel itu pun berjalan maju ke arah timur hingga rangkaian paling belakangnya sudah melewati wesel percabangan menuju depo pertamina rewulu.. setelah wesel sudah dipindah, kereta ketel ini pun berjalan ke arah selatan..

ya kereta ketel ini berjalan mundur menuju depo pertamina rewulu! tentu saja dengan dikawal oleh petugas yang pada saat itu berjumlah 4 orang dan berada di bagian paling depan.. selain memberi kode pada masinis, petugas ini juga memberikan peringatan dengan peluit bagi orang di sekitar situ mengingat sekelilingnya sawah dan ada perlintasan sebidang sederhana agar berhati-hati dan tidak berada terlalu dekat dengan rel..

ini adalah salah satu sudut terindah dari jalur percabangan stasiun rewulu – depo pertamina rewulu.. terlihat rangkaian kereta ketel berlatar belakang pohon kelapa dan di bagian lain ada pak tani menggarap sawahnya.. behh.. mungkin kalau sambil divideokan lebih apik ya.. sayangnya sony a6000 nggak support foto saat merekam video.. makanya nbsusanto lebih suka ngfoto saja.. :mrgreen:

ternyata rangkaian kereta ketel dari stasiun rewulu itu tidak langsung masuk ke gerbang depo pertamina, namun berhenti dulu.. memang belum jam 9 sih pagi itu.. wesel pun diatur.. nbsusanto mikir, apa cukup rangkaian sepanjang ini masuk ke depo.. ternyata setelah ngobrol dengan orang yang hunting foto disitu, rangkaian akan dipecah.. oya, aktivitas warga disitu lumayan padat namun belum terhenti karena perlintasan memang belum ditutup..

karena gerbang belum juga terbuka dan kereta belum bisa melintas, aktivitas petugas yang sedang maintenance rel pun tak terhenti.. di situ nampak bahwa 1 rel akhirnya terpisah menjadi beberapa jalur memasuki depo pertamina.. terlihat juga ada rangkaian kereta ketel yang masih berada di dalam depo pertamina rewulu..

setelah memasuki waktunya, pintu gerbang depo pertamina rewulu pun terbuka dan kereta ketel dapat memasuki area terbatas tersebut.. berjalan mundur dengan diberi aba-aba oleh petugas.. saat momen ini berlangsung, otomatis para warga kudu menunggu.. namun karena jam 9 kurang sedikit dan warga pun sudah hafal maka tak ada masalah..

ternyata bener.. panjang depo pertamina rewulu memang tak bisa menampung rangkaian ketel dalam 1 jalur.. setelah beberapa kereta tangki berada dalam bagian teratapi, rangkaian pun diputus.. cc 201 kembali menarik maju kereta tangki yang tersisa hingga melewati wesel dan kembali mundur ke jalur lain..

hanya sekitar 6 menit dari mulai mundur, rangkaian kereta ketel yang dipecah 2 jalur sudah masuk seluruhnya ke depo pertamina rewulu.. tak jauh beda dengan lama menutupnya perlintasan kereta api di jalan besar.. hanya sebentar dan masyarakat dapat kembali melintas.. nampak juga ada orang yang mengajak anak kecil kesitu.. memang apik sih sambil jalan-jalan.. itu anak kalo gedhe jadi penggemar kereta nggak ya? :mrgreen:

setelah menyelesaikan tugasnya, cc 201 bersama 1 kereta ketel pun beranjak meninggalkan depo pertamina rewulu menuju stasiun rewulu.. petugas yang nongkrong pun berpindah ke lokomotif di depan.. pintu gerbang depo ditutup dan selesai.. waktunya nbsusanto juga untuk balik.. yang pasti aktivitas di sekitar stasiun rewulu dan depo pertamina rewelu ini menarik untuk dinikmati.. akhirnya kesampaian juga kesini.. next time boleh juga untuk cari spot asyik di sekitar rel kereta api lagi.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Kalo denger nama Rewulu itu jadi inget kejadian pas SMA dulu, ceritanya beberapa temen SMA ngebolang dari Purwokerto ke Jogja, pulangnya ingin ikut kereta ketel, lalu ikut kereta yang tangkinya ada tulisan RWL, sama temen-temen dipikir RWL itu Rawalo, makanya pada naik, pas sampai Rewulu pada turun terus jalan kaki ke jalan nyegat bus ke Purwokerto

  2. Itu daerah Sedayu ya mas?

    Masih asri banget, beda banget sama Jogja kota yang sekarang udah bikin pusing. Tapi mau di desa mau di kota, ternyata tetep aja ada anak-anak kecil yang diajak nongrong di pinggir rel buat nonton ya hehehe 😀

    • iya betul, daerah sedayu..

      hahaha memang lumayan kontras pemandangan di kota jogja dengan luar ring road terutama selatan, barat dan timur.

      kalo yang suka kereta memang banyak kok. saya aja dari kecil paling suka nongkrong di rel kalau lagi main ke rumah saudara ataupun dolan ke yang deket rel kereta. maklum rumahnya jauh dari kereta. hahaha