kereta priority, fasilitas kelas eksekutif nomor wahid untuk umum

assalamu’alaikum wr. wb..

mencari tiket jogja-jakarta maupun sebaliknya kala long weekend itu tidaklah mudah.. kereta reguler hampir pasti selalu ludes.. naik bus waktunya yang nggak pas.. pesawat ada 2 opsi.. halim lebih dekat tapi agak lebih mahal dan seringkali jam-jam yang enak sudah habis.. kalau cengkareng sedikit lebih murah tapi jauh yang ujungnya bisa lebih mahal.. harapan muncul kala ada kereta tambahan, meskipun kalau tidak cekatan juga cepet ludes, bahkan untuk harga termahal, kereta priority, juga laris.. susah kalau tak terencana.. seperti di momen pergantian tahun lalu..

dari awal memang pengennya pulang, tapi mau gimana lagi tempat gawe keputusannya liburnya nggak seminggu.. sering sih mantau ketersediaan kursi hingga akhirnya di hari kamis siang dapet lampu ijo kalo jumat boleh mulai off, langsung deh cek untuk tiket balik ke jakarta.. tadinya ada kereta eksekutif pagi tambahan 2 seat dari jogja serta 30 kursi eksekutif kereta priority tambahan malam, tapi bertahan sebentar karena hingga pas mau book tinggal kursi terakhir! guendeng tenan.. alhamdulillah masih dapat sih.. sempat nimbang ikut kereta 900 ribu atau terbang sejuta turun soetta malem-malem.. pilih kereta saja lah.. itung-itung nyoba.. yaaa gimana lagi demi ketemu keluarga.. :mrgreen:

jadi malam itu kereta priority yang nbsusanto naiki itu dirangkaikan pada kereta argo dwipangga fakultatif.. seperti biasa, argo dwipangga fakultatif merupakan kereta terakhir berangkat ke jakarta pada hari tersebut dari stasiun tugu.. berhubung nggak banyak waktu berhenti nbsusanto pun segera masuk ke dalam kereta yang saat itu dirangkaian paling belakang dan berjumlah 2 kereta.. wuih interior dindingnya berupa kayu dan lantainya dilapisi karpet.. desain kaca pun kombinasi kotak dan lonjong.. lalu bagasi di atas mempunyai penutup seperti di pesawat.. kursi berukuran besar dengan layar untuk setiap nomor kursinya.. waks..

layar yang tersedia di setiap kursi ini isinya beragam, ada musik dalam negeri, luar negeri dan beberapa koleksi film.. tinggal colokin headset dan sudah bisa menikmati hiburan di kereta kelas priority ini.. sayangnya koleksi lagunya terbatas walau beberapa masih cukup terbaru.. nggak ada mbak via dan mbak nella juga.. πŸ˜† tapi hal yang paling menjengkelkan adalah beberapa kali saat menggunakan fitur entertainment ini mengalami restart.. bukan hanya di layar nbsusanto saja, nampaknya semua restart berbarengan.. masalah listrik atau apanya ya? akhirnya mutung lepas headset dan sudahlah menikmati hal yang lain.. 😐

disambut dengan minuman selamat datang, kalo tidak salah sirup mangga.. selain itu sudah tersedia air mineral 2 botol kecil di meja untuk 2 penumpang.. tak lama kemudian dari prami menanyakan akan makan malam jam berapa karena dapat servis makan untuk semua penumpang.. nbsusanto pilih langsung saja biar trus bisa tidur.. kemudian datanglah satu porsi ayam kremes pringsewu.. tertulis bahwa kadaluarsa besok pagi.. ya sudah trus dimakan saja.. lalu bagaimana rasanya? nasi putih + ayam kremes + orek tempe ini enak rasanya.. meski tadinya sudah makan tapi tetep habis saja.. :mrgreen:

kalo ngantuk tinggal tarik selimut dan merem.. santai saja lampu dimatikan hanya lampu dekat kaca yang nyala.. kalau mau sambil baca tinggal nyalain lampu baca.. kursi pun sedikit direbahkan.. sambil peluk bantal.. wenak rek..Β  suhunya juga nggak terlalu dingin.. footrest pun lebar seperti kelas argo pada umumnya, bukan satwa atau k1-16.. apalagi saat mulai jalan maupun berhenti kereta ini halus tidak menghentak serta peredam goncangan berfungsi sebagaimana mestinya sehingga tetep nyaman..

bangun dari tidur kalau haus atau pengen yang anget anget di malam hari tinggal ke minibar di dalam rangkaian kereta priority.. tersedia air mineral botolan, kopi serta teh.. untuk kopi ada beberapa pilihan.. wah manteb.. cocok lah bikin teh buat dibawa ke kursi lagi dan ambil air mineral untuk stok.. :mrgreen:

kebelet.. yasudah ke kamar mandi dulu saja.. busyet lah interior jayu selain di dinding juga ada di pintu ke belakang.. setelah bar sendiri ada ruang operator yang memang khusus kereta priority kemudian toilet.. untuk membuat semua interior ini saja biayanya berapa ya? pantesan keretanya mahal.. :mrgreen:

masuk ke kamar mandi.. wuih guedheee tenan ya.. lengkap ada kloset duduk serta wastafel dan kaca besar.. ada colokan pula.. wis koyo kamar mandi hotel rek.. memang kereta priority berbeda ya.. kalau masalah luasnya kamar mandi, di rangkaian terbaru juga cukup luas.. tapi nggak selengkap ini.. πŸ™„

saat mengamati kaca terdapat sebuah logo yang cukup familiar namun sudah jarang terlihat.. yup tak salah lagi, logo lawasnya pt kereta api indonesia.. masa-masa sebelum livery kereta menjadi kesepakatan airlines alias selendang pecut.. omong-omong kereta buatan 1981 ini jadi divisi pariwisata dan mempunyai nama kereta priority dari kapan ya? dulunya sebelum dirombak biasa digunakan rangkaian kereta api apa ya? dari kereta bisnis kah?

kembali ngantuk dan nbsusanto pun balik ke kursi hingga akhirnya terlelap.. bangun sekadar untuk subuh lalu merem lagi.. pas sudah terang terbangun lagi, harusnya jadwalnya sudah masuk jakarta tapi kok masih di tengah sawah.. weh telat.. untungnya ada hidangan pagi pengganjal perut berupa kue brownies, puding serta jeruk dan diberi pilihan minum kopi atau teh.. nbsusanto sih pilih teh saja..

sekitar jam setengah delapan pagi kereta masuk stasiun jatinegara.. waduh keretanya telat 1,5 jam.. yasudah turun sini saja.. akhirnya berakhir perjalanan dengan rangkaian eksekutif kereta priority.. pengalaman yang cukup untuk dituliskan.. kalo ditanya worth it atau nggak, nbsusanto cuma bisa jawab kereta priority ini ditujukan bagi yang kondisi kepepet dan suka naik kereta karena pilihannya ada pesawat.. memang fasilitasnya lengkap kelas wahid, namun perbedaan harga 300 ribu dengan eksekutif biasa yang berada dalam 1 rangkaian itu belum bisa diterima oleh kebanyakan orang.. selain alasan kepepet, bagi yang suka menikmati perjalanan dengan kereta api, kereta priority ini patut untuk dicoba.. setidaknya untuk pengalaman.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

4 Komentar

monggo tanggapannya.....