cukup 15 menit perpanjang pajak kendaraan di samsat pembantu

assalamu’alaikum wr. wb..

pajak tahunan adalah suatu kewajiban bagi para pemilik kendaraan bermotor di indonesia.. itu bagi yang taat aturan ya.. meskipun dilaksanakan hanya setahun sekali, kadangkala menjadi masalah tatkala pemilik kendaraan merantau ataupun ditugaskan oleh tempat gawenya untuk ke luar kota.. apalagi jika jam kantor standar dan tidak mudah mendapatkan ijin kerja untuk melakukan pembayaran pajak..

hal tersebut tidak jarang menjadi alasan telat mbayar pajak, meskipun entah beneran telat atau nggak niat bayar.. sudah rumahnya jauh, ada batas waktu akhirnya, dibayar beberapa waktu di depan tidak bisa, sempet pulang hanya akhir pekan dengan agenda di rumah sudah menunggu.. lengkap sudah.. memang beberapa daerah sudah menerapkan pajak online dimana bisa dibayarkan di beberapa kota yang mungkin jadi tujuan merantau.. namun, durasi waktu pengurusan dari persiapan berkas, antri, pembayaran hingga selesai masih menjadi momok bagi sebagian orang.. padahal sebenernya tidak semenyeramkan itu..

tentu saja persiapkan semua berkas selengkap mungkin agar tidak bolak-balik.. kalau di samsat online pembantu bantul yang berada di kompleks bank bpd diy cabang srandakan, tertulis bahwa persyaratan pengesahan pembayaran perpanjangan pajak kendaraan bermotor adalah ktp/kk, stnk serta bpkb, semua asli beserta fotokopinya dan bukti pelunasan pajak terakhir.. lalu mengisi blangko sptpd.. pembayarannya sendiri di loket yang berada di ruang tersebut.. tentu nbsusanto siapkan berkasnya terlebih dahulu dah diletakkan di kotak pendaftaran.. eh ternyata dari petugas mensyaratkan ktp serta stnk asli saja.. baiklah semua fotokopian serta bpkb kembali masuk tas dan menunggu antrian.. kebetulan nbsusanto datang sekitar jam 7.55 dan sudah ada beberapa orang yang datang..

tak lama berselang nbsusanto dipanggil oleh petugas untuk melakukan pembayaran pajak.. cs1 2012 di tahun 2018 masih kena pajak 264 ribu.. efek adanya biaya admin stnk 25 ribu.. wkwkwk tujumono uangnya cukup yang dibawa.. kemudian diterima lalu kembali duduk.. kemudian tak sampai 15 menit dari menaruh berkas di pendaftaran, nbsusanto sudah dipanggil lagi untuk menerima stnk yang telah diberikan pengesahan pembayaran pajak tahunan serta blangko bukti pajak serta disediakan plastik wadah stnk.. well.. cepet tenan.. :mrgreen:

overall nbsusanto cukup puas dengan proses penunaian kewajiban membayar pajak yang cepat serta tidak berbelit-belit.. masih sempat merem untuk agenda berikutnya di sabtu pagi itu.. lumayaan.. memang sih kalau sudah full online bahkan tak perlu pulang kampung, di jakarta pun bisa dilakukan pembayaran.. tapi memang lebih afdol untuk mencari infonya apakah dapat dibayar dari lain daerah atau harus di samsat daerah asal karena setiap daerah tidak sama.. jadi memilih bayar pajak kendaraan atau harus ketilang karena administrasi nggak lengkap? :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....