mengantar matahari pulang di pantai barat pangandaran

assalamu’alaikum wr. wb..

pantai pangandaran.. lokasi wisata yang terletak di sebuah semenanjung di jawa barat bagian timur yang memang sudah terkenal sejak jaman dulu kala.. tidak heran kalau menjadi tujuan di hari libur.. pun begitu dengan nbsusanto dan kawan-kawan.. sampai disana lepas tengah malam setelah lebih dari 300 km dari jakarta.. pagi nggak sempet sunrise an, masih capek dan orientasi arah, ditambah agenda body rafting di green canyon sampai sore.. langit cerah dan memunculkan harapan untuk bisa sunsetan..

lha kok tenan.. langitnya kekuningan dengan matahari yang masih belum terbenam.. atau memang menunggu? hahaha.. tapi memang kebetulan juga lokasi menginap malam itu di pantai barat pangandaran sehingga tinggal jalan keluar nyebrang jalan dan lapak sudah bisa menikmati suguhan pemandangan itu.. tentu tak lupa bawa lensa kit dan tele.. tapi tripodnya nggak bawa.. lha belum punya.. :mrgreen:

berbagai aktivitas pengunjung dari sekadar duduk menikmati menu warung, foto-foto, main pasir maupun naik kuda.. entah ada berapa total warung di pantai barat pangandaran.. satu hal yang pasti, roda perekonomian berputar.. ekonomi mikro dan makro berdampingan maju.. nampaknya seperti itu..

mentari telah terbenam di peraduannya.. di momen seperti ini tak jarang orang-orang yang entah sekadar menikmati pemandangan maupun yang suka ngfoto mengemasi barangnya dan meninggalkan lokasi.. tapi tidak bagi nbsusanto.. toh belum adzan maghrib juga.. masih ada perahu nelayan di kejauhan.. yup ganti ke lensa karena ada obyek yang menarik di kejauhan.. bukan cuma untuk membuatnya nampak lebih dekat, tapi warnanya lensa tele itu khas, itulah kenapa mau landscape an pun nbsusanto hampir selalu membawanya.. :mrgreen:

gonta-ganti setting kamera sambil menanti ada momen unik apa yang bisa diabadikan.. salah satunya foto di atas yang seperti menunjukkan anak kecil belum mau diajak pulang oleh orang tuanya.. di kondisi ini nbsusanto seringkali memilih white balance cloudy atau shade untuk efek kekuningan, kalau pengen kebiruan tinggal ganti daylight.. memang sih bisa saja pake apapun tinggal diperbaiki dengan lightroom, tapi berhubung kadang males ngedit ya kalo bisa pengennya yang udah pas meski tetep punya raw nya.. thanks to efek vividnya sony.. ๐Ÿ˜€

ada perahu yang sedang mentas, dinaikkan ke atas roda lalu ditarik dan diangkut oleh beberapa nelayan.. momen apik di kala senja sedang cantik-cantiknya pada penghujung 2017 lalu.. kuncinya satu, sabar dulu tunggu hingga beberapa menit setelah matahari terbenam sempurna.. kalau orang menyebutnya blue hour ya? tapi masih tersisa warna-warna keemasan..

akhirnya perahu yang dibawa secara gotong royong itu benar-benar mentas dari air laut dan berada di dekat warung-warung.. lampu-lampu sudah menyala namun orang-orang masih banyak yang belum beranjak dari pantai barat pangandaran.. kalau nbsusanto sih kemudian segera beranjak karena sudah waktu maghrib..

berikut galeri foto sunset pantai pangandaran :

pantai barat pangandaran.. dengan lokasi pantai yang menghadap ke arah matahari terbenam, bisa dikatakan obyek wisata ini menawarkan pemandangan senja yang benar-benar mempesona.. bukan hanya tentang benda matinya, momen orang-orang beraktivitas disini pun menggoda untuk diabadikan.. hmm, kalau sunrise keesokan paginya bagaimana ya? insya Allah di artikel selanjutnya.. ๐Ÿ˜€

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....