race review : metroTV heritage run 2018, akhirnya nutug lari 10 km

assalamu’alaikum wr. wb..

heritage run.. sebuah event lari gelaran metro tv dengan rute sekitar kota tua jakarta, melalui bangunan-bangunan bersejarah di sekitarnya.. jarak yang ditawarkan ada 10 km, 5 km serta khusus difabel ada jarak 2 km.. awalnya nimbang-nimbang mau daftar atau nggak.. temen-temen kantor ngajak yang 10 km saja sekalian.. dipikir pikir HTM 5K di 250 ribu dan 10K di 300 ribu.. last minute daftar 10K bersama temen-temen.. ndilalah dapat potongan 50 ribu..

padahal, pada saat itu, nbsusanto baru pernah ikut event lari 10k, nggak full lari sih, di superball becakayu run 2017.. sudah 5 bulan lebih.. setelahnya nggak pernah sejauh itu.. rata-rata 5 km saja, sesekali sedikit lebih di kala weekend.. mentok sebelum daftar pernah iseng lari endurance sejam, itupun dapet 8,7 an km dan memutuskan berhenti karena memang niatnya segitu.. berdasar dari itu, nbsusanto target waktu 70 menit untuk event heritage run.. tentu karena sudah daftar, jangan sampai rugi sendiri.. akhirnya nyoba lagi memulai lari 10 km di cfd sudirman – thamrin seminggu sebelum event.. itu juga setelah 6 km sudah nggak kuat full lari dan diselingi jalan kaki beberapa saat tiap kilometernya.. menginjak 10 km waktu menunjukkan 72 menit.. tapi target tetep 70 menit dan full lari! hahaha 😆

sekalian dari cfd an untuk mengambil racepack.. dapat jersey league berbahan polyester.. pas dicoba ukuran XL tentu kegedean.. gimana lagi sisanya itu.. akhirnya diresize.. nbsusanto sudah menduga ini kaos bakalan enak.. lalu untuk membawa barang-barang nbsusanto memakai tas punggung kecil yang memang sering digunakan oleh pelari jarak jauh ataupun goweser.. yang penting sih dompet dan hp bisa masuk meski nbsusanto memiliki waterbladder juga tapi saat itu nggak dibawa.. toh kalau haus ada hidrasi meski targetnya nggak berhenti.. :mrgreen:

raceday metro tv heritage run pun tiba.. berangkat dari sekitar JORR bekasi sudah jam 5 lebih.. nbsusanto memilih menggunakan sepatu league ghost runner tanpa kaos kaki dan mengenakan celana pendek yang masih sedengkul.. khawatir telat sih tapi gimana lagi, secara matematis masih nyampai kalo lancar.. langsung full lewat tol JORR dan turun di ancol kemudian cari parkiran.. sudah jam 6 kurang dan terlihat beberapa peserta juga baru berdatangan.. parkir mobil dan menuju garis start yang berada di utara stasiun jakartakota.. ah masih 5.55, cukup untuk jalan sambil pemanasan.. eh lha kok belum sampai garis start, sudah terdengar hitungan mundur.. jangkrik! 10K di start sebelum jam 6! tegkeeeee.. langsung nyalakan gps dan menyela di antara peserta 5K yang mulai menuju garis start.. bahkan di tracking gadget yang nbsusanto pakai masih menunjukkan jam 5.58, belum jam 6 tepat, dan kami menginjak garis start metro tv herigate run telat sudah hampir 2 menit.. uopo ikiiii.. lha wong di depan sudah lengang padahal suasana start itu selalu padat.. nguawur.. 👿

start itu cukup menentukan.. kudu bisa menyesuaikan kecepatan, tak boleh terlalu cepat agar kuat sampai akhir, tapi jangan terlalu lambat agar tak terlalu jauh mengejar pacer 7 menit/km yang pada rencana awal akan nbsusanto buntuti.. lalu lintas dijaga oleh panitia serta petugas kepolisian dan dishub.. jalur lari mengambil sisi kanan karena akan ada putar balik.. lhah pelari terdepan sudah di arah berlawanan.. wehjyan.. ben lah.. menengok gadget dan pace nbsusanto berada di angka 6 menit lebih mendekati 7.. nbsusanto pertimbangkan mau jaga segini atau dilambatkan, tapi kok temponya sudah enak.. ya sudah main di 6:30-6:40 saja hingga mulai terlihat balon di antara pelari.. lha kae pacer.. nbsusanto dekati, jebul pacer 8.. weh.. telate akeh tenan to.. 😆

terus berlari dengan tempo yang cukup enak, sudah mulai masuk keluar rombongan lari.. nyelip dan diselip.. begitulah adanya.. masuk tanda 2 km dan terlihatlah balon lagi.. lha iki pacer 7.. perlahan mendekatinya dan jejer.. hmm.. sambil melirik pace di antara 6 besar dan 7 lebih dikit.. sambil mikir, tinggal saja atau tetep di dekatnya.. coba deh ditinggal dulu tapi dengan catatan kudu bisa stabil.. baiklah.. hingga akhirnya terlihat water station pertama, katanya ada WS per 2,5 tapi saat melirik jarak tempuh sudah 2,7 an.. nggak masalah toh nbsusanto nggak berhenti.. sayangnya di WS pertama itu yang disodorkan adalah air mineral dalam botol sekitar 600 ml.. lah kegedean kalo di awal.. terbukti banyak pelari yang meninggalkan botol bersisa air entah di WS ataupun track.. mending botol 300 ml atau gelas saja kalau di awal.. mungkin kalo di KM 5 atau KM 7,5 lebih masuk akal karena orang minum dan sisanya untuk mengguyur badan agar tidak kepanasan.. di km 3 pace di angka 6:45..

jalur lomba metro tv heritage run memang berada di jalan raya dan para petugas bertugas dengan baik.. ya meskipun njengkelke bagi pengguna jalan.. wekekeke.. untuk menyiasati agar tidak terlalu merugikan orang banyak, setiap ketemu simpang biasanya nbsusanto mengejar rombongan jadi sekalian di stop nya.. mulai melewati samping berbagai museum serta bangunan bersejarah, jalur tergabung dengan yang 5K hingga terpisah dmenuju pelabuhan sunda kelapa.. hingga kilometer 5 lebih, nbsusanto masih bisa mempertahankan pace 6:xx menit.. well.. papan penunjuk cukup jelas.. nah di WS yang menurut gadget sudah lebih dari 5 km, air disediakan dalam gelas.. lakyo kuwalik.. tapi nbsusanto tetap melaju hingga mulai merasa ada yang ganjil di papan penunjuk kilometer.. hingga menit 49, papan penunjuk 7 km belum terlewati.. menurut gadget sudah lebih.. ini yang salah dimana? gps kah? tapi kok pacer 7 masih di belakang.. atau papan penunjuknya? embuhlah..

memasuki kawasan pelabuhan sunda kelapa yang cukup berdebu.. rombongan depan tentu sudah meninggalkan kawasan tersebut.. berdebu.. memang nggak mungkin membuatnya clean sih.. nbsusanto sih tetep fokus menjaga kecepatan saja, nggak terlalu peduli papan petunjuk ada fotografer yang terafiliasi aplikasi Pic2Go.. kalo sempet berekspresi ya tunjukkan, kalo nggak yasudah.. nampak pula ada yang meliput.. ben e wae.. gadget sudah bergetar menunjuk 8 km tapi papan 8 km belum terlewati.. bahkan sudah 8,3 atau berapa baru terlihat.. weh harus manajemen tenaga ini dan siap-siap kalau ternyata lebih dari 10 km atau estimasi gadget salah..

pasca menyeberang meninggalkan pelabuhan dan suara panitia yang menyemangati peserta, tak lama kemudian terlihat papan penunjuk kilometer 9.. melirik gadget dan terlihat jarak 9,1 dengan waktu hampir sejam.. mulai hampir sama.. mikir ini kilometer terakhir, bisa lah ditambah kecepatan dan tetep lari sampai finish.. memang sudah tidak se clear seperti di awal kondisi lalu lintasnya tapi masih bisa diantisipasi.. masih bisa nyelip beberapa peserta meskipun diselip juga.. hingga terlihat seperti tanda finish tapi kok beda dengan start, jebul untuk event gowes.. ya sudah masih 2 tikungan terakhir.. agak ramai karena sudah satu jalur dengan yang 5K.. kayaknya seru ini manuver di antara peserta lain dengan tenaga tersisa dan finish dalam posisi sprint.. tikungan terakhir lalu lurusan lari kencang..

finally strong finish! penunjuk waktu digital metro tv heritage run menunjukkan 1 jam 7 menit 2 detik, lalu menengok ke gadget tepat menunjukkan 10 km dengan waktu tempuh 1 jam 5 menit 13,3 detik.. sesuai target, pecah rekor 10k di bawah 70 menit dan bisa full lari.. meski banyak yang lebih cepet, suenenge rek.. mau liat statistik tapi tahan dulu.. mending ambil sebuah pisang dan 2 botol air serta medali sambil menuju booth yang tersedia.. ah sayangnya medali terlihat bukan barang mahal dan kurang bagus.. beda dengan sebelum-sebelumnya.. padahal cukup mahal.. atau terpakai untuk jersey yang memang enak tidak terasa basah banget saat berlari seperti klaim quick dry nya?

statistik pun terlihat bahwa detak jantung rerata 168 bpm dengan maksimal 182, tinggi sih.. cadence rerata hanya 158 dengan maksimum 170 saat sprint, yang entah kenapa pake ghost runner tidak setinggi sepatu lain meski ini lebih cepat larinya.. di kilometer terakhir pace tembus 5:44, dengan pace per kilometer paling lambat 6:45 di km ke 3.. bahkan katanya pace sesaat menjelang finish sempat berada di 3:16, mbuh tenan ra yo.. rasane? puas tenan rek! bahagia tenan.. bener kata adhani, saat event kita bisa lebih cepat.. akeh kancane soale.. wkwkwk..

metro tv heritage run 2018.. sebuah gelaran yang rute nya cukup menyenangkan dan jersey yang nyaman.. hanya saja ada beberapa catatan seperti tertulis di atas.. mungkin ke depannya bisa sebagai masukan untuk metro tv maupun imroadrunner serta event-event lain.. beberapa hal utamanya misalnya medali karena bagaimanapun itu salah satu penyemangatnya.. apalagi ini lumayan terasa di dompet.. lalu waktu start.. memang salah sih datangnya mepet, tapi bagaimanapun start sebelum jamnya itu ra wangun karena umumnya para peserta menyiapkan waktu untuk pemanasan dan lain-lain.. lebih baik tepat waktu kan? kemudian posisi finish yang berdekatan dengan tikungan, bagi nbsusanto rasanya kalo dikasih lurusan lebih panjang mesti seru banyak adegan sprint yang menarik.. lanjutnya apa ya? sudah tertulis di atas sih.. sampai jumpa di event berikutnya.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

2 Komentar

    • makasih om.. 🙂
      memang sebaiknya begitu semakin kenceng di belakang.. kemarin target saya lebih ke stabil sih om, mungkin ke depannya latian untuk semakin bertambah kilometer tetep strong.. :mrgreen:

monggo tanggapannya.....