jumpa merapi-merbabu di kali progo dan wajah baru bundaran srandakan

assalamu’alaikum wr. wb..

menyisihkan uang dan sedikit waktu untuk pulang adalah dambaan para perantau.. begitu pun nbsusanto.. kala beban pekerjaan tidak menumpuk dan masih dapat tiket kereta maka pulang adalah hal yang menarik, meskipun terkadang hanya berangkat jumat, sampai sabtu pagi, kembali ahad, sampai senin pagi, dan langsung kerja.. ada sedikit waktu lebih tentunya patut disyukuri.. bisa untuk family time serta sedikit muter-muter.. termasuk pagi-pagi menyambangi kawasan jembatan srandakan yang melintang kali progo..

hadeh fotone miring.. wkwkwkwk.. jadi ceritanya awalnya nbsusanto dapat gambar di grup fb kampung halaman bahwa sekarang di pintu masuk kabupaten bantul, tepatnya yang biasa dikenal sebagai bundaran srandakan, ada sebuah landmark.. karena penasaran, pas pulang akhir taun lalu nbsusanto kesana.. sekalian lari pagi karena jaraknya cuma 3 km dari rumah.. :mrgreen: dan bener ternyata selain ada beberapa tanaman di pulau serta bundaran, ada semacam bangunan seperti wujud gunungan dalam pewayangan yang kalau dari timur bertuliskan salah satu bank di jogja..

sementara kalau bundaran srandakan dilihat dari barat, dari jembatan srandakan menuju arah bantul, terdapat tulisan “Bantul” yang cukup untuk menandakan bahwa sudah masuk di kawasan kabupaten bantul.. pada saat hari masih terang, memang tulisan tersebut tidak terlalu nampak secara jelas, namun kalau malam hari ada lampunya.. cukup terlihat meski nbsusanto tak sempat mengabadikan di kala malam hari..

asik sih foto street disini.. bawa lensa fix mesti joss tenan.. berhubung belum punya, yasudah manfaatkan lensa yang ada saja.. kadang pake kit dan fl di set ke 35 atau pake tele di 55.. ya hampir setara 50 dan 85 kalau di full frame yang memang menunjukkan pasnya pandangan mata dan close up.. lumayan buat latihan meningkatkan skill..

lanjut menuju jembatan srandakan.. ternyata banyak juga pencari keringat disini.. entah itu lari maupun gowes.. kondisi jembatan di bagian tengah yang mengalami penurunan itu membuat akses untuk roda 4 ditutup sehingga maksimal juga motor yang bisa masuk.. lumayan setidaknya lebih aman meski tetep kudu ati-ati di bagian yang mengalami kerusakan..

kok ya kebetulan langit cukup cerah sehingga apa yang ada di sisi utara sana terlihat dari jembatan srandakan ini.. yup tak salah lagi, sepasang gunung yang termasyhur.. gunung merapi dan merbabu, dengan foreground kali progo serta berbagai tetumbuhan di sekitarnya.. oya, kalo hujan deras debit air di kali progo cukup besar.. wajar daerah aliran sungai yang memang sudah mendekati muara..

tampaknya menarik kalo mengabadikan jembatan srandakan lama berlatar gunung merapi.. untuk mendapatkannya tentu caranya pindah ke jembatan srandakan baru.. terlihat di pilar-pilar banyak sampah yang nyangkut.. kalo sampah alami ya mau gimana lagi mengingat apa saja yang dilintasi kali progo.. yang penting tidak ada gerusan saja yang bisa mengakibatkan pilar mengalami penurunan..

terasa ada yang kurang, iseng saja masuk ke mode panorama di kamera dan jadilah foto landscape jembatan srandakan lama berlatar gunung merapi, merbabu dan bonusnya di sisi barat daya terlihat 1 gunung lagi, kalau tidak salah gunung sindoro di dekat dieng sana.. sayang ada sedikit bagian jembatan baru yang terlihat, susah banget ngepaske agar tanpa ada gangguan dengan tetap mendapatkan foto memanjang full.. :mrgreen:

sudah siang.. pulang.. waktu di rumah tak banyak.. pas artikel terbit juga udah lebih dari 2 bulan nggak pulang.. salah satu rekor terlama untuk jeda nggak pulang.. kangen ik.. semoga bisa selo lalu bisa balik.. ๐Ÿ™„

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....