mlayu 5k di mandiri jogja marathon 2018, event pertama di jogja sejak seneng lari

assalamu’alaikum wr. wb..

jogja marathon 2018.. sebuah event lari yang diselenggarakan di sekitar candi prambanan dan jaraknya lengkap.. 5 km, 10 km, half marathon dan full marathon.. membaca berita tentang event tahun lalu, nbsusanto pun tertarik untuk ikut.. pengennya yang 5 km saja karena nggak yakin bisa latian 10 km, meskipun kompor selalu menyala.. baiklah seringkali membuka web yang belum juga update.. sekalinya update untuk flashsale 50% langsung ludes.. yasudah ikut lagi di promo 30% yang sudah seperti rebutan tiket kereta lebaran.. :mrgreen:

saat itu, pendaftaran jogja marathon 2018 hanya melayani pembayaran dengan mandiri debit, kredit, ecash, clickpay.. saat itu daftar dititipin beberapa temen koboys.. dengan debit lancar meski kena charge tambahan yang cukup lumayan.. sementara pendaftaran dengan metode pembayaran clickpay bermasalah.. dicoba gagal terus.. nelpon ke customer service juga selalu sibuk.. waduh.. hingga menjelang batas pembayaran akhirnya bisa menghubungi CS dan diberikan opsi pembayaran transfer mandiri.. lah, ini sponsornya bank mandiri tapi kok bermasalah di pembayarannya.. memang, tidak dihandle langsung oleh mandiri karena tertulis mesarace dan doku.. tapi kan tetep saja.. ke depannya sebaiknya sistem pembayaran diperbaiki dengan koordinasi antar bagian..

oya, nggak semua yang titip bisa kedaftar saat promo karena kuota sudah habis tanpa tau kuotanya berapa.. pun begitu saat dengan harga normal, tidak tau yang disediakan berapa slot.. yang FM cepet banget ludes.. bahkan tak sampai 1 hari, di semua kategori tertulis kuota telah habis.. untungnya sih temen-temen akhirnya pada dapet di harga normal.. anehnya, beberapa kali nbsusanto cek peserta bertambah terus.. nahlho, pendaftaran dari mana? atau ada slot untuk komunitas, instansi yang bekerjasama, maupun offline yang tidak dipublikasikan di website?  sosial media jogja marathon 2018 pun kurang uptodate.. ya sudahlah yang pentig partisipasi..

race pack collection day.. nbsusanto sendiri racepacknya nitip diambilin.. maklum baru berangkat dari ibukota jumat malam, sabtu juga ada acara, khawatirnya malah serba kesusu.. dengan berwadah tas seperti di event lari lain, bedanya di motif batiknya, dengan isinya berupa kaos mandiri jogja marathon berwarna putih buatan Trijee, BIB, brosur lomba, air kelapa dalam kemasan, koyo, balsem serta beberapa lembar info promo sponsor.. trus yang dibawa pas lari apa? kalo nbsusanto memilih memakai kaos tersebut, BIB serta bawa koyo dan balsem untuk jaga-jaga saja.. lalu nbsusanto menggunakan sepatu League Ghost Runner tanpa aos kaki seperti biasa.. :mrgreen:

raceday pun tiba.. nbsusanto dan teman-teman merencanakan untuk sampai di sekitar Candi Prambanan jam 5.30, agar kalaupun harus mencari parkiran, mampir toilet serta menuju garis start jogja marathon 2018 masih ada waktu.. rencananya kami akan parkir di sebelah barat yang dekat dengan area start.. kebetulan kami yang bermotor bisa ke area tersebut yang masih sangat lengang untuk motor maupun mobil.. tapi menurut teman-teman yang bawa mobil, entah kenapa tidak diperbolehkan masuk dan diarahkan di parkir timur.. weh.. kami pun menuju dekat garis start tapi antre dulu di toilet.. belum terlalu kebelet, tapi lebih baik dibuang dulu daripada pas mau start atau di tengah jalan kebelet.. antrine duowo sisan.. wkwkwk.. sampai akhirnya 10K start dan 5K diperbolehkan menuju area start.. pace rencana kami berbeda-beda, namun kami memilih untuk start berdekatan saja toh di depan sudah penuh dan kami menyelinap cuma sampai di tengah.. :mrgreen:

sambil menunggu tanda start kami ngobrol ngalor ngidul dan mempersiapkan gadget untuk tracking bagaimana lari kami.. beberapa dari kami tidak membawa gadget sehingga kosongan, ada yang memakai armband, sementara nbsusanto memilih memakai tas untuk membawa hp maupun dompet dan kunci seperti di event-event sebelumnya.. tak lama kemudian aba-aba start pun terdengar tepat jam 6.30 dimulai.. karena rame banget tentu baru bisa jalan kaki.. gps sengaja belum dihidupkan.. begitu sampai di garis start nbsusanto langsung nyalakan gps dan lari mengambil jalur tanah di pinggir aspal karena cukup padat bahkan sebagian masih jalan kaki.. yang menarik, nbsusanto melihat ibu-ibu mendorong stroller yang membuat fotografer berlari ke depan untuk mendapatkan angle terbaik.. kayanya asyik ya? :mrgreen:

entah berapa kali zigzag di sisi kiri maupun di kanan dan kadang di aspal kalau sedikit lengang untuk mencari jalan.. maklum nbsusanto punya target finish dengan waktu 30 menit atau pace 6.. nggak masalah sih kalo memang para pelari itu lari pelan, cuma kalo jalan jejer menuhin sambil ngobrol kan yo ra wangun.. apalagi berhenti foto-foto.. boleh saja asal tidak menutup jalan orang.. ya mungkin salah posisi start sih.. wis mbuh lah.. untungnya permukaan tanah berumput tidak ada yang jackpot lubang sehingga nbsusanto dan beberapa pelari lain bisa menggunakannya untuk memisahkan diri dari rombongan besar.. terurai ketika terlihat tanjakan di depan mata.. wkwkwk.. menu di jakarta minim tanjakan, paling juga jembatan layang, itupun baru akhir-akhir ini.. ya sudah lah tetep hajar saja..

sebenarnya, separo jalur di awal isinya tanjakan.. cuma memang ada beberapa spot yang terlihat lebih terjal.. disini nbsusanto sudah selalu menapak di aspal.. manajemen tenaga agar tidak habis sebelum waktunya pun diperlukan, apalagi effort di kilometer pertama yang menghasilkan pace 6:11 lumayan terasa.. tapi tetep, semangat untuk mengejar target masih dong.. kilometer kedua dan ketiga pace bisa nyangkut di 6:00.. lalu belok ke arah timur.. ya ketemunya sinar mentari pagi dan mulai terasa panas.. antara kilometer 2-3 ini terdapat shower di pinggir aspal yang dapat dilewati untuk mendinginkan pelari yang merasa panas, lalu water station serta sensor cek poin.. untungnya bahan kaos cukup enak sehingga keringetan nggak mengganggu meskipun jahitannya ada bagian yang kurang rapi..

setelah melewati WS, terdapat simpang untuk pelari 10K lurus dan pelari 5K belok ke kanan.. marshall dan panitia jogja marathon 2018 masih menyemangati.. kalau dilihat dari data tracking jalannya mulai menurun.. dengan tenaga yang tersisa dan semangat nggak mau kalah dari pelari-pelari lain, utamanya yang berbadan lebih besar dari nbsusanto maupun para mbak-mbak, nbsusanto bisa mencatatkan waktu 5:42 di kilometer 4.. lalu memasuki kembali area candi prambanan, jalur yang tadinya aspal pun berganti ke paving blok, meskipun selanjutnya balik aspal lagi.. lumayan variasi.. di lurusan terakhir nbsusanto mencoba melaju lebih cepat, memang tidak sekencang sprint menjelang finish seperti di metro heritage run kemarin, tapi itungannya lebih panjang di pace sesaat 5:00 hingga tercatat pace 5:45 di km 5..

di nike run club tercatat waktu 30:02 dengan jarak 5,08 km dan pace 5:55.. lho kok jarake lebih dan waktunya 30 menit lebih? nggak memenuhi target dong? siksik..  selain faktor zigzag yang berpengaruh di jarak, ada satu hal koplak setelah menyentuh garis finish.. seperti di caption instagram itu, mbuh kok ya kudu angkat tangan sampe lupa matiin gps.. pas inget dan liat sesaat setelah finish menunjuk 30:01 dan setelah dipencet stop tercatat 30:02.. yakin sih maksimal 30 menit karena beberapa puluh meter sebelum finish sempat melirik di 29:44 untuk menuju ke finish line 5K.. koplak tenan.. tapi rapopo sik penting finish bahagia.. lha wong strava malah menunjukkan ini personal best 5K dengan catatan waktu 29:26.. 😆

setelah finish semua yang ditawarkan panitia pun nbsusanto sikat semua.. ada air mineral, isotonik, air kelapa serta pisang.. sambil menunggu teman-teman yang lain.. oya katanya guntime sekitar 32:11.. ketahannya 2 menit sendiri dong ya dari result gps? weh.. by the way, setelah ngintip official result, chip time nbsusanto di 29:59.. nangkring di urutan 86 untuk kategori pelari laki-laki dan 103 untuk kategori campuran.. alhamdulillah.. akhirnya mileage-mileage 2 bulan menuju jogja marathon 2018 terbayar dengan cukup indah dengan sub 30′ meski mepet.. 😆

sayangnya, hasil yang pertama kali nbsusanto dapatkan berupa pdf namun berantakan, entah kenapa dibuat portrait padahal harusnya landscape.. kan jadinya kepotong dan harus ngukur-ngukur lagi.. nambah satu deh catatan kekurangan jogmar yang semoga diperbaiki di penyelenggaraan selanjutnya,  kalau di 5K sih masih lumayan lah.. medalinya juga apik kalo menurut nbsusanto..

overall, mandiri jogja marathon 2018 terlaksana dengan peminat ribuan orang serta terselesaikan untuk semua kelas dan rute meski ada beberapa catatan, apalagi testimoni dari beberapa kenalan pelari jarak lebih jauh.. kalau di 5K sih masih lumayan lah.. medalinya juga apik kalo menurut nbsusanto.. yang paling krusial sendiri menurut nbsusanto adalah tentang pendaftarannya terkait slot maupun cara pembayaran.. hal lain yang perlu diperbaiki sih seperti yang tertulis di artikel ini.. mungkin ada yang mau menambahkan? monggo.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....