hunting foto kereta kala senja di stasiun jatinegara

assalamu’alaikum wr. wb..

refreshing itu salahsatunya dengan mencari spot apik untuk foto kereta di jakarta.. kebetulan kok ya temen kerja ada yang suka dengan kereta juga.. makanya dulu dibela-belain sampai jembatan cikubang dan terowongan sasaksaat cuma buat foto foto.. lalu pengen cari spot yang deket, pilihannya ada beberapa yaitu JPO Jatinegara, daerah cipinang dan PJL 81 Bekasi sampai dengan jembatan kembarnya.. eh baru kesampaian di jatinegara.. 😂

jadi sore itu nbsusanto mau balik ke jogja, keretanya ba’da maghrib, tapi sempet-sempetnya temen yang nganterin melewati gang kecil dan memberhentikan motor di dipo lokomotif jatinegara.. ya sudah nbsusanto ikuti saja alurnya, lha wong sudah terpampang JPO di depan mata.. tanggung kan sekalian naik..

tak lama dari barat terdengar suara kereta.. ternyata yang lewat rangkaian jendela pesawat kereta argo jati yang ditarik cc 206 dan ditumpangi oleh cokelat mahal alias kereta wisata imperial.. wakss.. sik nyewo sopo yo? dijadikan seperti aling-aling di depan begitu..

momen paling menarik adalah saat langsir otomotif menuju turntable dan lokomotif pun diputar.. dari menghadap timur jadi ke barat bagian shorthood nya.. mau dinesan kereta apa ya? kalo dari bentuknya sih kalo nggak CC201 ya CC204.. btw muter di turntable itu pake tenaga manusia ya? :mrgreen:

sudah kesorean.. nbsusanto lanjut ke stasiun keburu ketinggalan kereta majapahit.. namun tentu saja karena terlalu singkat nbsusanto ulangi di lain hari.. yang lebih santai sehingga tidak diburu waktu..

ketemu momen cukup menarik yang terjadi hampir setiap pagi dan sore di stasiun krl.. penumpang buanyak banget yang naik turun.. apalagi kalo pas ketemu gini menunggu nyebrang sampe di bagian rel.. memang kuat tenan para penglaju kota satelit yang kerja di jakarta.. berdesakan, macet-macetan, demi mencari rejeki yang berkah..

dari arah barat muncul sesosok cc206 menarik rangkaian k1-16.. yup, mantan kereta termewah se indonesia, kereta bima, melaju meninggalkan jakarta menuju malang melalui yogyakarta.. sejak gapeka 2017 diberlakukan, bima berangkat lebih awal.. kurang cocok sih bagi pekerja kantoran kalo mau ke arah timur, tapi kalo ke arah jakarta masih lumayan enak jamnya..

tak berapa lama dari arah barat muncul suatu kereta yang menarik.. jebul plasser and theurer.. kereta yang tidak semua orang mengetahui namun jasanya sangat besar dalam merawat dan menangani rinja.. entah dari mana dan akan kemana kereta ini sore itu.. oya, sebenernya nbsusanto sore itu menunggu kereta nomer 1 se indonesia raya.. tidak salah lagi, argo bromo anggrek..

akhirnya datang juga.. momen asyik yang sebenernya telat sedikit sih.. 4 jalur stasiun jatinegara terisi.. 1 cc 201 kosongan, 1 cc 206 kosongan, 1 cc 206 argo bromo anggrek serta 1 krl tujuan bekasi.. nampak aktivitas naik turun penumpang di jalur 1 dan 2, dimana penumpang argo bromo anggrek yang mau keluar dari stasiun jatinegara masih tertahan keberadaan krl..

cukup 2 menit berhenti, semboyan pemberangkatan kereta pun dibunyikan dan cc 206 bersama argo bromo anggrek mulai goyang wesel menuju rel sisi selatan yang merupakan percabangan jalur menuju stasiun gambir, dimana sisi utara menuju stasiun pasar senen..

bener ya, rangkaian k1-97 milik argo bromo anggrek memang terlihat lebih gendut dibandingkan k1-16 nya argo dwipangga dan kawan-kawan.. selera sih, tapi kesannya lebih keren gimana gitu.. sepintas jendela yang nyambung pun berbeda jika diamati dengan jelas.. di momen ini bertemu dengan cc 201 sruntulan..

jam-jam segini itu mau ngfoto apapun lagi apik-apiknya.. menghadap ke barat dapat warna kuning, menghadap ke timur dapat warna cahaya alami.. tampak cc 201 menarik rangkaian kereta kalo tidak salah ekonomi beranjak meninggalkan stasiun jatinegara yang sedang direnovasi seperti stasiun-stasiun lain di jakarta..

matahari pun terus bergerak turun dan hampir tertutup gedung-gedung di sisi barat stasiun jatinegara.. dibarengi dengan kereta argo jati yang melaju dari gambir menuju cirebon dan berjalan langsung stasiun jatinegara.. saatnya kemas-kemas kamera dan masukkan ke dalam tas.. mari pulang.. besok selanjutnya hunting kereta atau sunset kemana lagi ya? :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....