Tut Tut Tut, Yuk Mudik Naik Kereta Api Nanti Lebaran!

assalamu’alaikum wr. wb..

menyambut libur lebaran tahun 2018, kalender telah dilingkari belum? pengumumannya sudah ditandatangi oleh para menteri lho.. biasanya rencana kumpul keluarga dan sederet rencana reuni dengan teman lama yang biasanya sudah mulai tersusun.. begitulah yang menjadi tradisi lebaran anak muda kekinian.. nah, kalau jadwal sudah diisi, bagaimana dengan tiket kereta mudik lebaran, apa sudah dibeli dan disimpan kode bookingnya? jangan sampai ketinggalan info, apalagi kehabisan tiket lho ya, karena lebaran akan jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018, maka pembelian tiket lebaran sudah dimulai sejak Maret 2018.

nah, sekarang sebaiknya persiapkan diri untuk perjalanan yang lebih aman dengan naik kereta lebaran. Lalu bagaimana tips triknya? monggo disimak yuk!

Pasang Reminder Seminggu Sebelum Berangkat

untuk mengatasi tiba-tiba amnesia karena terlalu banyak tugas menumpuk menjelang libur hari raya, segera setelah tiket di tangan pasang reminder seminggu sebelum tanggal keberangkatan.. ya namanya juga manusia, apalagi kadangkala terkadang cukup sibuk mengingat jadwal meeting maupun dikejar-kejar klien, dibandingkan rencana pulang, sayang banget kalau tiket kereta lebaran melayang karena lupa, padahal sudah susah-susah nyarinya..

Packing dan Siapkan All The Things

via pexels

setelah diingatkan dengan reminder, jangan lupa menyusun daftar barang-barang yang akan dibawa pulang, oleh-oleh untuk keluarga, dan seragam yang mau dipakai untuk reunian.. atur dengan rapi di koper beroda atau ransel agar lebih praktis, kalo nbsusanto sih biasanya pilih dengan tas semi carrier.. kurangi printilan barang bawaan yang mungkin sering dipakai selama perjalanan di luar tas utama, salah satu caranya dengan siapkan saja tas kecil untuk membawa uang tunai sekadarnya, kartu identitas dan smartphone serta charger dan headsetnya.. tidak usah membawa motor di dalam tas, pinjam saja kendaraan pada orangtua di rumah nanti untuk berkeliling kampung halaman, apalagi calon juga dibawa nginep padahal belum halal, bisa-bisa digantung.. 😆

Tidak Usah Heboh Saat Naik Kereta

via photo.sindonews

persiapkan boarding pass untuk masuk ke dalam ruang tunggu stasiun kereta api.. kini ada cara yang lebih mudah yaitu cukup dengan mengunduh aplikasi e-boarding pass bernama KAI Access di smartphone, tidak perlu lagi antri untuk mencetak boarding pass.. tidak khawatir ketinggalan kereta, juga tidak bikin heboh stasiun karena terburu-buru di antara ratusan penumpang kereta lebaran lainnya, sama-sama mau pulang kok.. oya, jika sudah menerbitkan e-boarding pass melalui KAI Access,  boarding pass tidak dapat dicetak di mesin cetak lho ya..

Tambahkan Stok Kesabaran

via infopublik

selain diri sendiri, pasangan dan keluarga, bakal ada ribuan orang lain yang akan mudik dengan kereta lebaran di saat yang sama.. posisinya juga sama-sama capek kok.. jadi, amarah jangan mudah tersulut.. lanjutkan saja amalan ibadah di bulan puasa dengan menambahkan stok kesabaran mulai berangkat dari rumah dan sepanjang perjalanan.. jika nanti di rangkaian kereta lebaran ada bayi yang menangis, cukup pasang saja headset dan dengarkan musik favorit.. jika tersenggol kardus oleh-oleh penumpang lain, cukup bergeser satu langkah dan berikan dia jalan yang lebih longgar, inget sama sama capek, kalau berantem banyak mudharatnya selain semakin lelah juga membuang waktu..

dengan demikian, kita juga secara tidak langsung mengajarkan pada orang lain untuk menambah kesabarannya selama perjalanan.. satu orang, dua orang, naik kereta lebaran bakal jadi lebih aman, tenang dan nyaman, kan?

sekian dan terima kasih.. semoga bermanfaat.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....