nike run club, aplikasi pengumpul kilometer lari menuju sehat

assalamu’alaikum wr. wb..

sudah beberapa kali menerbitkan artikel tentang lari, entah itu review sepatu maupun review event lari.. disitu sering pula disinggung mengenai nike run club.. nbsusanto kira pernah membahasnya, pas dicek di arsip artikel jebul belum.. wkwkwk.. ya sudah mumpung inget nbsusanto tuliskan.. pada intinya, nbsusanto mengenal nike run club pada awal 2017 lalu, setelah beli sepatu diadora andria.. fungsinya sebagai catatan lari yang juga sebagai motivasi..

sebenernya nbsusanto memulai lari di akhir 2016 setelah sekian lama nggak pernah rutin olahraga, meskipun pernah sih beberapa kali lari beberapa kilometer yang salah satunya berujung cedera seperti yang pernah nbsusanto ceritakan di masa recovery kemarin.. tapi ya itu embuh cuma berapa kali lari dengan sepatu badminton serta jarak 2,5 km saja 1 sesi.. entah dulu apa yang mendasari download aplikasi tersebut dibanding aplikasi lain..

pertama kali nbsusanto download dan gunakan tentu saja membuat akun.. lanjut untuk berlari.. nbsusanto perhatikan setelah gps mengunci langsung bisa lari.. well.. awalnya hp nbsusanto masukkan di saku belakang celana training, yang kebetulan ada kancingnya.. jadi tinggal lari saja.. langkah demi langkah muterin perkampungan hingga menempuh jarak 1,8 mil.. belum dikonversi ternyata.. wkwkwk..

tapi saat itu nbsusanto nggak paham kalo menghentikan sesi lari dan menyimpannya adalah tekan dan tahan tombol stop sampe muter.. taunya cukup tekan singkat.. lha kok nggak langsung bisa.. waduh.. nbsusanto cek di rutenya juga, screenshot untuk disimpen untuk jaga-jaga kalo larinya nggak terecord.. bingung dan pas ditekan tombol kembali ada opsi discard lari pagi itu.. waduh.. piye iki.. tapi karena nggak nemu juga, dengan terpaksa menyetujui.. hal koplak yang setelah nbsusanto pelajari cuma kurang nahan aja.. hal yang nggak baik nih memakai sesuatu tanpa memahami lebih dulu.. akhirnya input manual data jarak dan waktu.. di lari kedua sudah bisa beroperasi sebagaimana mestinya.. πŸ˜†

lari per lari.. kilometer per kilometer.. jadi selain jarak, waktu,Β data ketinggian, dan rute, nike run club mampu untuk menyimpan data detak jantung.. namun fitur ini baru bisa dipakai jika mempunyai heart rate monitor entah di dada maupun gelang.. nah nbsusanto menggunakan xiaomi mi band 2 yang mempunyai heart rate monitor dan bisa disambungkan dengan nike run club menggunakan bluetooth.. sayangnya sih cuma berhasil beberapa kali percobaan hingga akhirnya nbsusanto tidak aktifkan lagi.. kalau mau enak mah pake smartwatch seperti garmin misalnya, tinggal impor data sudah kecatet semua di nike run club.. :mrgreen:

hal yang menarik dari nike run club adalah adanya level warna setelah mencapai jarak tertentu, pencatat personal best untuk berbagai jarak, serta beberapa achievement jika memenuhi challenge atau lari di hari tertentu.. selain itu ada pula segmen club untuk membandingkan jarak yang sudah ditempuh dengan teman-teman pada waktu seminggu atau sebulan.. ndilalah kok ya beberapa temen koboys pada tertarik untuk pertemanan sehat, yaitu ikut-ikutan lari.. kompornya sih termasuk adhanihoree yang larinya kenceng dan dipanggil sebagai coach.. πŸ˜†

saat ini, sudah 16 bulanan memakai nike run club dan sudah 500 km yang ditempuh.. tadinya yang hp ditaruh di saku, lalu dipegang dengan tangan, hingga dimasukkan ke tas punggung yang memang ditujukan untuk lari.. jika dirata-rata harian, tentu saja kecil dibandingkan para pelari hobi yang memang lebih tekun, apalagi dibandingkan para atlet.. cuma taun ini punya impian tembus 1000 km, yang artinya perlu 740 di tahun ini karena akhir taun 2016 lalu baru 260 km.. mungkinkah? embuh.. asalkan bisa rata-rata 2 km per hari.. ujiannya adalah tentang konsistensi dan besok di bulan ramadhan.. dari record awal tahun yang bisa 60-80 km, bukan hal yang mustahil sih sebenernya.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

    • endomondo bagus sih, ada catatan record utk beberapa jarak.. saya sekarang pake endo dan strava juga mas, hanya memang nrc nggak bisa ditinggal karena statistik dari dulu ada disitu..

    • wehehehe buat njaga kesehatan mas.. kok ndilalah lari seakan virus yang menyebar ke temen-temen.. jadilah pertemanan sehat.. ayo mas nggo seneng seneng.. πŸ˜€