mampir sebentar ke gunung galunggung

assalamu’alaikum wr. wb..

gunung galunggung merupakan gunung berapi di jawa barat, tepatnya di tasikmalaya, yang pernah menjadi perhatian tatkala meletus pada tahun 1982.. material pasir yang keluar dari perut gunung galunggung sangatlah banyak hingga tentu saja kegiatan eksploitasi berjaya.. bahkan sampai dibuatkan jalur kereta api untuk mengangkut pasir gunung galunggung..

di penghujung 2017 lalu nbsusanto berkesempatan mampir sebentar ke kawasan kawah gunung galunggung dalam perjalanan balik dari pantai pangandaran menuju ibukota di sekitar waktu ashar hingga menjelang maghrib.. gunung galunggung ini tidak ada di rencana awal perjalanan, hanya karena sekalian transit di tasikmalaya, tanggung lah.. wkwkwk.. maklum memang wong wong butuh piknik.. untungnya sih masih ada baterai dan space di memory kamera.. :mrgreen:

jadi kendaraan dapat diparkir di suatu wilayah yang berhadapan langsung dengan tangga menuju kawah gunung galunggung, sehingga tidak memerlukan berbagai perlengkapan pendakian.. meskipun begitu, fisik tetap perlu disiapkan agar tidak sering-sering istirahat dan ngos-ngosan di tengah jalan.. maklum meskipun sudah berupa tangga beton dengan pegangan tangan di samping kanan kiri, namanya tanjakan tetep saja begitu rasanya.. :mrgreen:

hati-hati dengan barang bawaan karena ada beberapa ekor monyet bergelantungan.. khawatirnya jadi rayahan malah tarik-tarikan sama monyet.. kan malah jadi dagelan yang nggak lucu.. posisi sudah capek, lengah.. wkwkwk.. mending juga jangan membawa sesuatu yang menyolok dan menarik perhatian..

tapi tenang saja.. pemandangannya khas dataran tinggi lah.. syahdu.. dengan udara yang tentu saja masih segar.. cocoknya kesini di pagi atau sore hari kala langit cerah.. sambil meneguk minuman atau nyomot bekal cemilan sembari beristirahat.. sayangnya sore itu langit warnanya bukan pada mode paling asyik..

akhirnya sampai juga di puncak tangga dan nampak salah satu sudut kawah gunung galunggung.. tampak menghijau karena memang di musim penghujan.. juga ada genangan air berwarna keruh di dalamnya.. sementara itu di atasnya terdapat kabut yang menyelimuti.. sebenernya menarik juga berjalan ke bawah bagian pasir kawah gunung galunggung itu.. kalau lebih panjang waktunya dan orang-orangnya lebih tidak formal mungkin bisa sampai bawah itu.. :mrgreen:

menengok ke kiri terdapat sebuah punggungan yang menuju jalan ke bawah.. tidak, kami tidak turun.. hanya menuju ke salah satu spot gardu pandang yang memang tujuannya untuk dapat berfoto-foto.. memang paling asyik kalau bawa lensa prime berbukaan besar kalo moto model.. kalo nbsusanto sih cukup pake tele zoom saja.. :mrgreen:

tapi memang beberapa kali ganti lensa sih disini.. melihat ada kenampakan alam dengan sungai di bawah tentu lebih asyik pakai lensa normal zoom alias kit kan ya.. entah yang begini lebih menarik daripada ngfoto model, kalaupun ada model lebih seneng candid.. mbuh ngopo nggak terlalu suka dengan pose yang dibuat-buat meski sesekali nggak papa lah.. ๐Ÿ˜†

berbalik arah dan menuju warung.. ya, tak usah khawatir kalau bekal habis ataupun nggak bawa bekal makanan dan minuman sama sekali karena banyak pedagang disana.. entah itu air mineral, minuman hangat maupun mi siap saji tersedia disana.. ya tentu saja kudu bawa duit cash, nggak bisa bayar pakai kartu kredit.. ๐Ÿ˜†

sudah gelap.. mari pulang.. jakarta masih jauh.. apalagi besoknya kudu masuk kerja meskipun terhimpit libur.. wahahahaa.. yang pasti sedikit waktu di kawasan kawah gunung galunggung ini melengkapi perjalanan yang sebelumnya dari pantai pangandaran.. laut dapet, gunung dapet.. cukup fresh untuk menghadapi kolom kolom dan baris di layar komputer lagi.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

1 Komentar

monggo tanggapannya.....