pagi hari di perbatasan bantul-gunungkidul

assalamu’alaikum wr. wb.. sedikit cerita kemaren sabtu pagi..menjelajah perbatasan bantul-gunungkidul via imogiri-panggang-paliyan-playen-piyungan..salah satu jalur favorit menuju gunungkidul mengingat jalan yogya-wonosari yang kian padat.. yap, bisa dikatakan melalui panggang adalah satu dari beberapa jalur alternatif menuju wonosari gunungkidul dari yogyakarta.. start jam 5.45 dari srandakan, solo-riding tanpa gps maupun navigator.. DSC05480

^ sebelum mencapai tanjakan-tanjakan..masih di daerah bantul..suasana paginya mantep..oiya, kalo nggak salah, ini jalur yang dilalui test ride honda cb150r streetfire kemaren..

DSC05482

^ setelah melewati beberapa tikungan dan jalanan mulai menantang, tampak dataran tinggi di gunungkidul semakin dekat.. 😀

DSC05485

^ memasuki daerah gunungkidul..inikah jalur selatan jawa?terlihat jalanan yang belum selesai dibangun..

DSC05486

^ kontur perbukitan kapur yang sampai dikikis untuk pembangunan jalan ini..

DSC05488

^ jalanan lawas sebelum dibangunnya jalan baru..

DSC05489

^ gelapnya aspal berpadu dengan putihnya batu kapur di samping jalan, ditambah dengan persawahan sekitar jalan..aseeek.. 😀

DSC05490

^ si alien ceswan berpose di pinggir jalan..oiya, jalan-jalan ini juga untuk mengetes kemampuan menanjak dari si cross over 125cc sekaligus menguji sistem pendinginan si ceswan saat melewati jalanan yang tidak datar..dan hasilnya memang di sekitaran gunungkidul indikator masih berada di kisaran 2-3 bar..

DSC05495

^ setelah puas melewati jalur imogiri-panggang, nbsusanto belok melewati jalan paliyan-playen, menuju ke jalan wonosari-yogya..pemandangan sawah di kanan kiri dan di sebelah barat laut nampak gunung merapi..

DSC05496

^ berhenti lagi..kali ini yang menyebabkan berhenti bukan karena keindahan alam yang diabadikan, lebih karena hal yang diampet.. *kebelet gan :mrgreen:

DSC05499

^ setelah masuk jalan wonosari dan melewati berbagai tikungan dan kontur jalan yang bukan trek harian si ceswan, mampir lagi..kali ini di bukit bintang..walau bukan saat senja, pemandangan bukit bintang tetaplah enak dipandang sekitar jam 7.30..

DSC05503

^ di pagi yang cerah ini nampak di kejauhan gunung merapi..apik.. 😀

DSC05506

^ tampak juga aktivitas pengguna jalan wonosari-yogya yang belum terlalu ramai, walau tidak bisa dikatakan sepi juga.. sebenernya masih banyak banget keindahan selama di perjalanan yang tidak sempat terabadikan..maklum nggak bisa sering berhenti karena ngejar acara di kampus juga..tapi nggak mungkin juga riding sambil foto-foto..pas di tanjakan awal dan tikungan yang cukup ekstrim karena pagar pengahalang samping pun rusak tak sempat terdokumentasi..belum kalo ditambah indahnya pemandangan jurang di pinggir jalan serta pegunungan di kejauhan yang menambah sejuk mata memandang.. mungkin jalan wonosari-panggang ini memang bisa dijadikan alternatif bagi yang ingin ke pantai di gunungkidul lewat jalan yang nggak mainstream..seperti nbsusanto saat ke pantai ngobaran-nguyahan beberapa waktu lalu.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

11 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*