hati-hati, screenshot yang biasanya sebagai bukti, sekarang bisa diedit

assalamu’alaikum wr. wb..

screenshot..cara itu cukup populer digunakan sebagai bukti bahwa seseorang pernah membuat statemen tertentu, umumnya di media sosial, seperti facebook maupun twitter misalnya..seringkali ada twit/status kontroversial yang dihapus agar orang lain nggak tau, ndilalah ada orang lain pernah melakukan screenshot sebagai bukti..namun saat ini screenshot bisa diedit tanpa butuh imaging tools untuk editing..

screenshot facebook 2

nah..sebagai contoh pake akun fb nbsusanto sendiri aja..itu ada contoh status yang akan diedit..

1 ki

jelas sekali tertulis status “iki lho ming njajal”..

2 ki

akan diedit menjadi “iki diedit broo” untuk screenshot dan dapat digunakan untuk memancing kontroversi..

nah..saat status asli dihapus maka akan muncul tampilan seperti ini :

screenshot facebook

bahkan jika link menuju status tersebut diedit sebelum di screenshot..sehingga seolah-olah memang status tersebut sudah hilang, padahal tak pernah ada karena nbsusanto nggak pernah update status tersebut..

nah kan..kalo isi status maupun twitnya kontroversial, tentu akan memancing keributan bukan?

apalagi caranya cukup mudah seperti berikut :

intinya, screenshot memang salah satu bukti untuk menunjukkan sesuatu yang mungkin dihapus..namun bukan berarti screenshot selalu merupakan fakta..oleh karena itu jangan percaya 100% terhadap sesuatu yang memang memancing kontroversi maupun perdebatan..monggo dinilai secara arif dan bijaksana..apalagi di musim kampanye sekarang..jaman kampanye legislatif aja poster kampanye keselamatan berkendara diedit oleh oknum capres tertentu..apalagi yang seperti ini.. 😉

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

12 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*