info jalur alternatif mudik di jawa barat menuju jawa tengah via jalur selatan

assalamu’alaikum wr. wb..

senin ini H-6 idul fitri 1435 H, jalur pantura masih mengalami kemacetan karena amblesnya jembatan comal..untuk itu banyak direkomendasikan untuk melalui jalur selatan..pilihannya ada 2, belok ke selatan di brebes atau ke selatan dari barat melewati bandung..nah, kebetulan tadi buka grup motuba, ada sebuah info baru..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (113)

info tersebut berasal dari sedulur yang bernama om nuno dejavu 1001 nickname, yang merupakan salah satu bagian dari BTN (komentator blog otomotif angkatan lawas).. beliau bermukim di kawasan jawa barat sehingga tentu mengetahui seluk beluk sekitar bandung-ciamis yang merupakan jalur mudik..

berikut beberapa saran rute dari om nuno serta tambahan dari sedulur lain di postingan grup motuba :

– Alternatif 1: Langsung Ciamis.

SPBU pertama setelah Gentong (+/-2km) –> Pamoyanan ambil kiri –> arah ponpes Suryalaya –> Warudoyong –> Panjalu –>Kawali –> Haurgrulis –> tembus langsung kota Ciamis.
Jalan relatif bagus cuma hati2 setelah Panjalu – Lumbung – Kawali karena jalan sangat kecil pas 2 mobil dan banyak blind spot.

– Alternatif 2: via Cihaurbeuti.
Pas SPBU ke 3 setelah turunan Gentong ambil kiri –> perempatan pertama setelah pasar ambil kiri –> ikuti jalur satu –> Panumbangan belok kanan ikuti penunjuk jalan arah Tasikmalaya –> ikuti jalur satu –> sampai perempatan Rajapolah tepat yg ada SPBU.
Bagi yg mau ke Jawa Tengah ambil kiri via Cihaurbeuti lurus sampai Ciamis. Bagi yg mau ke Tasikmalaya ambil lurus via Rajapolah.

– Kalau keluar dari tol Cileunyi sudah macet, bisa keluar di Buah Batu –> ambil kanan menuju Majalaya –> sebelum alun-alun Majalaya, ambil kanan ke arah Ibun –> terus ikuti jalan menuju Kamojang hingga tembus Samarang Garut –> lanjut ke Singaparna Tasik.
Hati-hati jalan menuju Kamojang jalan berlubang dan tanjakan curam…

Jalur lingkar Gentong

– Tambahan, ada jalur untuk menghindari Gentong, tapi jalan nggak beraspal dan naik turun. Tapi jalur ini tidak direkomendasikan untuk sedan dan yang belum berpengalaman karena masuk jalan kampung dan ditakutkan nyasar. Jalur tersebut kalo hujan mirip arena offroad kelas 1. berikut jalurnya :
Pos Polisi pertama (sebelah kanan dr arah bandung, +/- 1 km setelah gapura perbatasan Garut – Tasikmalaya) ambil kanan via Cibahayu –> Wage –> Cipancar –> Pasir huni –> Ciawi (keluar alun-alun Ciawi).

– kabar Senin siang 21 Juli 2014, Malangbong – Gentong – Ciawi macet total. Alternatif bagi yg mau ke Jawa Tengah bisa via garut dengan jalur : Nagreg – Garut – Singaparna – Tasik..

jogja - jakarta via jalur selatan - bandung (78)

itulah beberapa jalur alternatif di sekitar Jawa Barat referensi dari sedulur motuba untuk jalur mudik 2014 ini.. selamat mudik dan semoga selamat dalam perjalanan.. utamakan keselamatan dan jika mulai lelah lebih baik cari tempat istitahat.. semoga bermanfaat.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.