review kombinasi ban irc exato dan fdr xr evo di supra x 125

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah lebih dari 25 ribu kilometer mengabdi, akhirnya ban yang menjadi sepatu tricolore dipensiunkan.. yap, walau tidak bersamaan, akhirnya kombinasi fdr noigen dan federal ft306 pun sudah sangat tipis alurnya.. kali ini pilihan dipersempit.. harus tubeless depan belakang!

pantai kesirat gunung kidul (14)

noh apalagi fdr noigen di belakang, alur bagian tengah sudah hilang cukup lama.. bentuk bulatnya pun terkikis dan agak mengkotak.. memang waktunya pensiun.. akhirnya browsing dan pilihan pun mulai mengerucut.. dapat masukan dari adhanihoree untuk ban yang lumayan enak.. akhirnya berburu irc exato nr88 ukuran 90/80 dan 80/80, walau di website irc tidak ada ukuran 90/80, tapi jupiternya adhanihoree pake itu.. ndilalah dapat 90/80 di pugeran motor dengan harga di bawah 250 ribu termasuk pentil tubeless dan pasang di roda belakang.. tanya-tanya, ternyata malah ukuran 80/80 yang nggak ada.. yo wis lah.. keinget kalo fdr xr evo ada ukuran 80/80.. beberapa hari kemudian pun diputuskan pasang fdr xr evo untuk ban depan tricolore dengan mahar di bawah 200 ribu rupiah..

review nya gimana? baiklah, setelah menggelinding lebih dari 3000 kilometer dan melewati berbagai macam jalan dan kondisi cuaca, rasanya sudah cukup untuk memberikan testimoni..

embung kleco kulonprogo (2)

dari segi penampilan.. dengan mata telanjang, irc exato terlihat tidak selebar dan semembulat fdr noigen dulu padahal ukurannya sama persis.. nampaknya benar testimoni beberapa orang kalo dengan ukuran yang sama, ban fdr memang nampak lebih lebar.. kalo ban depan, jangan dibandingkan dengan yang lawas, maklum saja ban lawas ukurannya 70/90, yang ini jelas lebih lebar dan terlihat cenderung mendonat.. memang sih untuk selera nbsusanto, tampilan kaki tricolore sekarang lebih enak dipandang.. 🙂

dari segi handling.. jalan aspal mulus, aspal biasa saja, aspal berlubang, beton, tanah berbatu dan berlumpur sudah dilalui dengan kombinasi ban ini saat kondisi hujan.. rasanya kalo untuk harian memang tidak terlalu wah, namanya juga handling harian.. tapi dengan profil ban yang lebih lebar, untuk menikung tentu tersedia grip yang lebar, tapi ya itu di jalanan kering.. untuk jalanan aspal basah, ban ini masih cukup menggigit.. namun tentu tidak untuk manuver dengan kecepatan tinggi.. nah untuk jalanan yang terdapat lumpurnya, tidak bisa dipungkiri harus lebih awas dalam bermanuver, tipikal ban ini bisa dikatakan agak licin, sehingga nbsusanto menghindari rem mendadak dan zigzag saat jalanan basah..

IMG_20150101_112719

selanjutnya dari sisi tarikan, top speed dan konsumsi BBM.. untuk tarikan dan konsumsi bbm relatif tidak berubah.. maklum sebelumnya juga 90/80, tapi untuk jalanan ala pegunungan menoreh maupun pegunungan sewu sudah cukup mumpuni.. kalo top speed memang nbsusanto belum mencobanya, sekarang males terlalu ngebut, paling jalan di bawah 100 kpj saja, maklum khawatir dengan rem depan yang walau cukup untuk harian nampaknya perlu diservis jika kerja berat, abaikan rem belakang, jarang dipakai karena takut ngesot.. 🙄

overall, dengan harga total nggak sampe 450 ribu, fdr xr evo 80/80 dan irc exato nr 88 90/80 merupakan kombinasi yang cukup nyaman dipakai di motor bebek untuk harian maupun sedikit ekstrim sesekali.. apalagi sudah tubeless yang setidaknya membuat agak lebih tenang, walau kepikiran untuk ngisi cairan penambal ban tubeless agar lebih tenang.. 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

13 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*