jakarta ke tasikmalaya bersama bus PO primajasa

assalamu’alaikum wr. wb..

long weekend.. ketika para perantau memanfaatkan sedikit waktu untuk pulang.. efeknya adalah tiket kereta selalu sudah ludes semua.. tiket pesawat menjadi mahal.. pilihan terakhir adalah bus.. masalahnya, bus langsung dari Jakarta ke Yogyakarta yang berangkat setelah jam 6 itu sudah sangat jarang, kadang ada sih bus ala kadarnya dengan tarif gila-gilaan seperti yang nbsusanto naiki tahun lalu.. 😈 karena tak mau terulang maka nbsusanto pun mencoba saran adit untuk naik bis jakarta-tasik baru dilanjut tasik-jogja.. nah, biar enak naik bus Primajasa dari Cililitan..

PO Primajasa Jakarta - Tasik AC Ekonomi tarif 60 ribu rupiah (2)

jalan 2 kilometer lah dari kantor.. sampai pool terlihat selalu ada 3 bus berjejer untuk diberangkatkan setelah penuh.. masing-masing jurusan jakarta-bandung yang hanya tersedia kelas ac bisnis, jakarta-garut dan jakarta-tasik yang kebetulan sore itu tersedianya ac ekonomi saja.. memang setiap bus stand by tak menunggu waktu lama sudah penuh dan berangkat.. pada pengumuman via pengeras suara, penumpang yang mau turun di cileunyi bisa naik bus tasik ataupun garut, tergantung yang mana dulu yang akan berangkat.. ya lumayan sekitar 2 jam nungguin si adit, jam 8 pas ada bus jurusan tasik langsung naik..

PO Primajasa Jakarta - Tasik AC Ekonomi tarif 60 ribu rupiah (4)

konfigurasi kursi 2-3.. saat itu nyari tuas reclining seat nggak ketemu, entah ada atau tidak.. yang pasti bangku sempit dan jarak depan belakang juga terbatas, cuma muat diisi ransel saja, kaki pun nbsusanto julurkan keluar berhubung nbsusanto yang duduk di dekat lorong.. oya, kondisi saat itu penuh bahkan ada beberapa penumpang yang berdiri.. untunglah dapat bus karena saat itu untuk jurusan lain ada yang sampe perlu mengambil nomor antrean karena bus belum masuk pool.. mau libur jadi banyak yang mau pulkam mungkin jadinya macet..

PO Primajasa Jakarta - Tasik AC Ekonomi tarif 60 ribu rupiah (8)

foto di atas menunjukkan besaran tarif bus primajasa, untuk sampai tasik di kelas ac ekonomi cukup 60 ribu rupiah saja.. jika turun di lokasi lain ya menyesuaikan..

bus melaju membelah kemacetan di sekitar cililitan.. cukup lama hingga akhirnya bisa masuk tol jakarta-cikampek di cawang.. memang jalanan padat ya nggak bisa ngebut.. nikmati saja perjalanannya.. di jalan sih ngomongin macem-macem, ya dinamika apa saja yang ada serta terkadang komentar kalo liat bus lain, pake body apa, pake mesin apa.. ya nbsusanto cuma dengerin saja.. :mrgreen: dan di rest area KM……. *lupa* bus primajasa isi solar dan berhenti untuk mempersilakan penumpang yang mau ke toilet..

meninggalkan rest area bus pun melaju, tentu saja kemudian berbelok menuju tol cipularang.. seperti bus pada umumnya, goyang kanan maupun kiri adalah hal yang biasa.. yang pasti primajasa ini tak terasa kekurangan tenaga.. nah, begitu sekitaran bandung bus beberapa kali berhenti di tol untuk menurunkan penumpang.. oo jadi begini rasanya toh, soalnya memang pernah baca kalo primajasa sering menurunkan penumpang di tol.. πŸ™„

PO Primajasa Jakarta - Tasik AC Ekonomi tarif 60 ribu rupiah (7)

sampe di cileunyi, tak jauh setelah keluar dari gerbang tol bus ini berhenti lagi untuk naik turun penumpang.. waktu itu sampe keluar cileunyi butuh waktu 4 jam.. bener saja kata adit, begitu sampe cileunyi penumpang berkurang banyak.. lumayan bisa selonjoran di lorong.. :mrgreen:

menuruni jalanan bandung-tasik.. ngantuk pun tak tertahan, beberapa kali merem di jalan.. adit bilang untuk kondisi normal dari bandung butuh waktu 2 jam.. okelah lumayan.. beberapa kali goyang kanan dan ngeblong sesama primajasa.. memang berhubung bukan keadaan normal, nbsusanto sih memaklumi saja jika bakal lebih dari 2 jam.. toh kecepetan nyampe nanti jadi bingung nunggu bus menuju jogja paling juga masih lama.. :mrgreen:

sekitar jam 3 pagi bus pun sudah berada di kawasan tasik.. adit mengajak untuk turun di pool budiman saja, nanti bisa ngopi sembari menanti bus ke jogja.. baiklah ngikut saja.. eh malah setelan lagu dengan lirik yang bikin melek.. jangkrek.. πŸ™„Β lagu kelar pas sampai pool budiman dan turun.. ternyata sudah ditunggu mang fery, sayangnya sih warungnya mang asep tutup jadi nggak sempet kopdar dengan beliau.. πŸ™„

7 jam perjalanan ke tasik dari jakarta.. cukup lama? ya lumayan, walau disini nbsusanto berprinsip asal nyampe di tasik sebelum bus pertama ke jogja berangkat.. memang kalo ditanya kenyamanan duduk, ruangnya bisa dibilang kurang.. meski begitu, dengan 60 ribu bisa menghemat pengeluaran kalo mau pulang dengan cara transit menuju jogja, soalnya kalo berhenti di bandung malah busnya 75 ribu dan bus dari bandung ke jogja lebih mahal.. ya dapat pengalaman naik bus via trayek ini.. mengenai bus ke arah jogja, insya Allah di artikel mendatang.. πŸ˜€

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto -Β https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

27 Komentar

  1. Rosin super exc gur mesin hino rk karo mercy 1525 jalur jkt -semin kang…di anak tiri in rosin jlr bis selatan ..nak super exc pantura wis hino rn karo mercy 1618…hihihi

    • wah iki.. langganane sampeyan balik kang?
      rk8 jan e lumayan.. tapi nek trayek liyo wis rn285 yo dadi kroso, weh, ngono.. hahaha
      wingi kancaku jare jog-jkt ming 10 jam ik edyan..

  2. Ora jajal lewat pantura ae to mas bud? Aku dikandani nek jakarta semarang numpak nusantara kisaran 125 po yo, pokomen kurang teko 200. terus disambung semarang jogja 40. Total paling 165, jakarta semarang travel time e 12 jam an lah, jogja semarang 3 jam. Total 15 jam lah.

    • opsi awal salah sijine yo meh oper semarang nov.. lanjut seko semarang ramayana.. cuma aku kan rung reti bis semarang budal jam piro, jarene biasane yo sore ngarepe maghrib nek sekelas nusantara bejeu ngono.. aku wegah gambling ndakne ming oleh bis omprengan wkwkwk..
      tapi mosok nusantara 125k tok? kelas opo iku? wis oleh patas po?
      nek travel time raiso ditebak long weekend ki, wingi long weekend keri dewe kancaku numpak bis luwih seko 12 jam, garudamas po yo kae bis e.. tapi penake iso budal wengi sih.. nek hari normal ngono aku dikandani sopire kapro wingi jam 2 awan budal seko bekasi, subuh wis tekan bungurasih surabaya.. edyaaan..

      • Nah kui mas, aku rodo lali regane piro, sak ilingku kurang teko 200 lah, sing terngiang ngiang di kepala regane 125, ora bedo adoh karo kereta ekonomi jakarta semarang lah intine. Rego sak mono kui wes oleh patas kok, nek sing ekonomi kisaran 85 jare tukang ojek sing tak tumpaki. Ohya 12 jam kui kondisi normal wkwk dudu long weekend. Busyeeeet, pekok tenan le nyupiri ratau keno lampu abang atake wkwk. Awakmu jek stay jakarta po mas? Durung dilempar lempar?

        • nek patas biasane paling ra 150 sih.. nek eko di bawah 100 biasane ra ac, sik ac yo 100 an.. tp mbuh ding rung pernah.. hahaha
          makane nek long weekend liwat ndi ndi padet kecuali full njupuk jalur kidul pinggir pantai hahaha..
          makane.. aku yo heran tp jarene pak e cen biasane ngono.. edyan ancene..
          iki ojt aku ning proyek kawasan jkt je.. :mrgreen:

    • best in class nya 110k ya mbak? kemaren rencana awal mau ke budiman juga dr jakarta tp karena khawatir kehabisan seat akhirnya lari ke primajasa, saya sih manut temen yg udah terbiasa.. :mrgreen:
      tp penasaran juga sih yg dimaksud BiC, mungkin setara super exe gitu ya mbak?

      • Iya mas sekitar segitu. Haha saya lupa, tp seinget saya bic ada d rambutan juga deh kyny dan jalan jam 8 kayanya. Bic itu lebih dari super exe. Budiman juga ada yang super exe. Bic itu duduknya 2-1 mas seinget saya. Lebih dari super exe intinya haha. Tapi saya belom pernah naik bus lagi. Terakhir tahun 2000 awal -_-”
        Kalo mau touring bus, mas mending ke semarang aja terus dr semarang ke jogja. Bus muriaan lebih kereen dan banyak pilihannya. Coba aja roslin, nusantara, haryanto, bejeu hahaha. Asik-asik kayanya kl liat bus muriaan.

        • edyan padahal super exe 2-1 menurut saya udah mewah banget padahal belum pernah naik.. kemaren temen pada pulang ngabarin kalo super exe rosin arah jogja 250k, pikir-pikir je.. apalagi jam 4 terakhir berangkat.. :mrgreen:
          emang sih penasaran trayek semarang pake nusantara atau bejeu, atau arah solo naek raya.. nah lanjut jogja naek sugeng rahayu golden star atau eka.. :mrgreen:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*