balik ke jakarta bersama kereta jaka tingkir solo purwosari – jakarta pasarsenen

assalamu’alaikum wr. wb..

ah memang setaun belakangan jadi akrab banget dengan kendaraan umum.. apalagi semenjak merantau ke jakarta otomatis sering pake angkutan umum kalo nggak ya nebeng, lha mau ngirim alien cs1 juga belum terlaksana.. apalagi kalo pengen pulang ke jogja, otomatis naik moda transportasi massal.. seperti di akhir bulan itu, kangen jogja dan diputuskan pulang walau tak sampai 36 jam berada di rumah karena minggu malem sudah harus balik.. biar menghemat waktu dan tentu biaya ya dipilihlah kereta api yang bisa naik di wates, stasiun terdekat dari rumah..

kereta api joko tingkir solo purwosari - jakarta pasar senen (4)

untuk perjalanan menuju wates dari senen naik bogowonto, rasanya hampir sama dengan sebelumnya.. nah, tentu saja demi waktu lebih lama di rumah dan sampai di jakarta nggak kepagian haruslah kereta terakhir, dan jawabannya adalah kereta jaka tingkir dengan relasi stasiun solo purwosari – jakarta pasarsenen PP.. menurut jadwalnya kereta akan sampai di stasiun wates untuk menaikkan penumpang pada pukul 19.37 dan berangkat jam 19.41.. nbsusanto sih buat jaga-jaga berangkat dari rumah ba’da maghrib dan mampir di kandang juragan dohc untuk minta diantarkan oleh adhani sekitar 19.15 agar bisa sedikit menikmati syahdunya malam di jogja sebelum balik lagi di momen mudik lebaran..

jebul keretane telat walau tak lama.. jaka tingkir dengan livery ombak biru ini berhenti di jalur 3 stasiun wates dan nbsusanto pun segera menuju ke kereta nomor 4.. alasan pilih kereta 4 sih simpel, di beberapa kereta salah satunya jaka tingkir ini, untuk kereta 4 dan 5 nomornya hanya sampai 16, jadi kursi nomor 1 dan 16 katanya lega.. nbsusanto pun penasaran dan mencoba membuktikan, kebetulan masih sisa 1 kursi 16C.. mumpung pesen pake aplikasi KAI access dan di deket atm langsung bayar deh walau 230 ribu awalnya terasa mahal.. :mrgreen:

oke yang terlihat begitu masuk kereta adalah bersih dan kayaknya baru ini.. apalagi sempet mampir ke toiletnya, ukurannya cukup besar dibandingkan kereta ekonomi pada umumnya.. pintunya pun mudah dibuka, tidak seperti kereta bogowonto saat menuju jogja yang susah dibuka hingga sempet kekunci di luar pas ke toilet, jigur tenan og, untung bawa hp ke toilet bisa minta tolong yuda bukain walau kesusahan juga.. 😆 eh iya, pas mulai jalan kereta jaka tingkir ini rasanya lebih halus dibanding bogowonto yang terasa kasar.. jadi ya lebih nyaman.. 😀

kereta api joko tingkir solo purwosari - jakarta pasar senen (2)

inilah ruang di depan nbsusanto.. ndilalah kalo 16 c-d tepat di depan pintu walau lega.. kalo mau yang lega banget ya 16 a-b dengan bagian kosong di depan, lha bisa untuk tidur dan naruh barang jal.. kayaknya yang pesen disitu udah berpengalaman.. berhubung masih ada ruang jalan ya nbsusanto tetep selonjoran dan tidak terlalu mengganggu lalu lalang orang melalui pintu.. :mrgreen: oiya di kursi 1 dan 16 jumlah colokan tetep sama 2 buah per sisi, cuma bedanya tempat menaruh botol hanya ada 1 saja..

kereta api joko tingkir solo purwosari - jakarta pasar senen (3)

satu hal yang menarik adalah papan informasi digital di kereta jaka tingkir ini selalu diupdate, jadi pada saat kereta berjalan tulisannya himbauan untuk menjaga barang bawaan, pada saat memasuki stasiun tertentu pun tertulis bahwa kereta memasuki stasiun tersebut, saat berhenti tulisan berganti hanya nama stasiun, kemudian saat mulai berjalan tulisannya berubah menjadi meninggalkan stasiun persinggahan tadi.. apik meskipun jika ada jam digitalnya bakalan lebih informatif.. hanya saja sayangnya nbsusanto tidak mendengar informasi dengan speaker di dalam kereta bahwa kereta akan masuk stasiun, atau nbsusanto yang kurang memperhatikan saja ya? soalnya seingetnya cuma denger pengumuman dari stasiun persinggahan.. ya namanya kereta ekonomi pasti berkali-kali singgah lah.. :mrgreen:

perjalanan waktu itu memang susah untuk tidur nyaman seperti kereta ekonomi pada umumnya karena kursinya yang tegak dan datar saja tanpa ada bagian menonjol untuk sandaran.. solusinya ya nbsusanto peluk tas sekaligus untuk tumpuan kepala.. syukurnya saat itu rasanya tenang karena ponakan yang ditinggal nampak sumringah setelah 24 jam penuh bersama nbsusanto.. hehehe.. maklum saja kepulangan sebelumnya pas balik ke jakarta ada yang ngganjel, dan bener saja beberapa hari kemudian orang rumah ngabari kalo ponakan mangkel ditinggal.. jadi tau rasanya jadi perantau yang meninggalkan keluarga demi tugas dan kadang anak kecil nemplek saja tidak ikhlas melepas kepergian.. urip ki wang sinawang kok, tergantung rasa syukurnya.. 😀

bangun-bangun sudah sekitar jam 3.. mau tidur lagi juga tanggung.. stasiun jatinegara sudah dekat.. yasudah melek saja.. benar saja meski telat tapi tidak sampai 20 menit, sebelum jam 4 pagi sudah sampai stasiun jatinegara.. ambil barang-barang dan turun.. lumayan tak terlalu lama menunggu pagi untuk menuju halte transjakarta.. :mrgreen:

kereta api joko tingkir solo purwosari - jakarta pasar senen (1)

overall, dengan segala keterbatasan sebagai kereta ekonomi, nbsusanto bilang jaka tingkir masih lumayan lah dengan armada barunya, tentu kalo di kereta 4 dan 5, kalo di kereta lain entahlah.. dan memang sih kalo mau pesen tiket meninggalkan jakarta jumat malem dan menuju jakarta minggu malem lebih baik dari jauh hari.. lha ini di awal bulan yang sama masih tersisa banyak, lha kok ternyata cepet le ludes.. memang kaum PJKA (pulang jumat kembali ahad) itu banyak ya.. lumayan lah pernah bergabung bersama mereka.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

6 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*