mangiran fair 2016 yang masih meriah tanpa menutup jalan srandakan

assalamu’alaikum wr. wb..

mangiran fair.. suatu tradisi keramaian pasar malam yang diadakan setiap tahun pada masa lebaran, pada umumnya selama 3 hari.. entah sudah dimulai dari tahun berapa, yang pasti selalu ada dan hingga 2015 lalu diadakan dengan menutup jalan srandakan di kawasan pasar mangiran.. namun ada yang sedikit berubah di tahun 2016 atau tahun 1437 hijriyah ini..

mangiran fair 2016 (2)

lapak menghadap ke dalam? yap.. memang begitu.. tak ada lagi lapak di tengah jalan.. semua terkonsentrasi di lapangan mangiran depan grha budaya dan jalan kecil arah bendo.. hal ini mengikuti surat berikut..

larangan menutup jalan srandakan di lebaran idul fitri mangiran fair 2016

yap surat dari lurah desa trimurti yang berisi larangan menutup jalan srandakan dan lapak harus berjarak 2 meter dari jalan raya.. hal ini akibat dari peningkatan status jalan srandakan dari jalan provinsi menjadi jalan nasional.. selain itu sempat berhembus pula bahwa mangiran fair tidak mendapat ijin penyelenggaraan, namun pada akhirnya toh mangiran fair tetap terlaksana, maklum saja sempet geger di grup dari berbagai kalangan yang menghendaki adanya event tahunan mangiran fair..

mangiran fair 2016

bertumpuk kendaraan begini.. efeknya padat merayap dan memang pengunjung harus hati-hati.. bagi yang sudah biasa melintas ada yang memilih untuk tetap lewat jalan kecil alternatif sebelum tahun sebelumnya, namun yang lain mengikuti jalan srandakan meski pelan-pelan dan hati-hati..

mangiran fair 2016 (22)

yang jelas rame di dekat grha budaya.. salah satu wahana yang selalu jadi favorit adalah ombak banyu.. simpel, tradisional dan bersensasi.. seperti yang selalu diungkapkan oleh pengelola wahana, berteriaklah semampunya.. :mrgreen:

mangiran fair 2016 (37)

wahana yang selalu ramai oleh anak sudah tentu tak jauh juga dari model mobil, motor atau hewan dan berjalan memutar.. yap tak salah lagi komedi putar.. bejubel dan anak-anak selalu tersenyum bahagia saat sudah menaikinya.. 😀

mangiran fair 2016 (24)

kebetulan kemaren sama anaknya sodara sepupu yang masih kecil.. kok ya wahana mancing dengan magnet ini jadi favorit mereka.. sampe saingan dan tentu saja nggak ada yang mau kalah.. tapi bener-bener anteng kalo diliat.. padahal sebenere ribut bersaing.. :mrgreen:

mangiran fair 2016 (25)

wahana lain yang padat dikerumuni adalah permainan perosotan dengan menggunakan balon udara.. entah apa namanya.. dengan berbagai macam karakter kartun seperti minion, doraemon dan lain-lain.. apalagi pemilihan warna balon yang mencolok tentu saja menarik perhatian anak-anak..

mangiran fair 2016 (39)

kalo rumah hantu memang selalu ramai ya, apalagi kalo dibumbui suara-suara menyeramkan yang membuat penasaran.. ya meskipun karakternya tentu bukan hantu yang sebenernya.. dulu sih pernah masuk bareng-bareng.. tapi kemaren nggak masuk, lha nanti anak-anak kecil yang ikut pada ketakutan.. 😆

mangiran fair 2016 (32)

yang tentu saja nbsusanto jadikan obyek incaran foto ya bianglala ini.. penasaran dulu pernah bikin slow speed seadanya dengan sony w570, kemaren nyoba berkali-kali gagal akhirnya mentok seperti gambar di atas.. berhubung tak ada pengaturan shutter speed, akhirnya pake mode kembang api yang punya kecepatan 2 detik.. :mrgreen:

mangiran fair 2016 (8)

mangiran fair dan kembang api.. bagaimana dengan tahun 2017 nanti? apa ada yang berbeda lagi? kita tunggu saja.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Juli 17, 2016, in Event and tagged , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. tahun ini kelewat lagi..ga sempet tengok 😦

    Suka

  2. semacam pasar malam ya … rekreasi menarik bagi warga sekitar area .. asyik untuk bawa jalan2 anak dan ponakan 🙂

    Suka

  3. wah enak banget tempatnya hiburan malam bagi keluarga

    Suka

  4. Aku baru tau yg namanya Mangiran fair, selama ini taunya Jakarta Fair doang hahahah.. tapi itu foto bianglalanya bagus banget, aku kirain itu foto atraksi tong setan karena cahayanya melingkar gitu..

    Suka

    • wahahaha jangan bandingin sama jakarta fair mbak.. kejauhan.. ini acara level pasar malem.. 😆
      bejo sih mbak bisa njepret bianglala gitu.. hehehe.. tong setan sayangnya nggak ada di kesempatan taun ini.. kalo dulu biasanya ada..

      Suka

  5. rame tenan ini, aku kemaren lewat hehehe

    Suka

  6. pantesan wingi sepi… tak kiro malah wes raono…
    ra seru nek ra neng dalan ah…

    Suka

  7. Mantap…. nggak kayak tahun lalu yang sampe jalannya lumpuh seperti tahun-tahun sebelumnya yang bikin males pas pergi ke jogja lewat bantul… ya semoga tahun depan paling nggak yo begini aja…

    Suka

    • kalo lumpuh kok kayaknya nggak deh, lha memang disengaja ditutup dan dialihkan kok..

      ada banyak pro kontra.. yang biasa lewat kayaknya malah nggak protes kecuali karena adanya pungli.. malah ada beberapa yang tau dibuka pun milih lewat alternatif karena tetep terhambat dan dengan tanpa batasan antara pejalan kaki dan pengguna jalan jadi kudu ekstra hati-hati.. mungkin tahun depan untuk perbaikan dibuat pagar dan penyeberangan diatur di titik tertentu..

      kalo bagi masyarakat sekitar beda lagi lho penilaiannya..

      Suka

  1. Ping-balik: dari jogja ke jakarta naik damri, nggak pake ribet | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: