test ride honda cb500f, big bike yang ramah bagi pemula

assalamu’alaikum wr. wb..

mesin multisilinder.. kalo tidak salah nbsusanto terakhir membawa motor seperti itu sudah lebih dari 1 tahun.. ya, mungkin yamaha r25 dulu ya.. setelah itu praktis mainannya hanya motor 1 silinder saja.. bahkan sudah 3 bulan nbsusanto tak memegang motor berkopling.. namanya juga kesempatan datang, setelah berkenalan dengan sisi visual, nbsusanto pun mencoba mengendarai honda cb500f.. kapan meneh.. :mrgreen:

honda new cb500f (34)

area pengetesan motor ini di komplek perumahan.. jadi impresi yang bisa disebutkan ya untuk kondisi tidak ngebut dan tidak miring-miring di tikungan ya.. sedikit gambaran mengenai gimana motor ini kalo dipakai harian mungkin bisa ya..

pertama kali tentu saja gimana mau naik motor ini.. memang tak bisa dipungkiri kalo memindahkan motor di tempat parkir cukup berat.. beratnya saja mencapai 192 kg dan bagian yang menapak alas pun cukup luas.. mungkin di beberapa parkiran bakalan ditolak.. 😆

honda new cb500f (36)

mengenai posisi duduk gimana? nbsusanto dengan postur 169/57 duduk di jok dengan kaki sedikit jinjit kalo cekeran.. kalo pake sepatu nampaknya pas menapak sempurna bagi postur 170 cm..sementara itu posisi tangan ya seperti naked bike pada umumnya.. melebar..

nyalakan mesin, suaranya seperti di artikel sebelumnya.. suaranya halus dan baru terdengar swingnya saat digas.. di awal nbsusanto kikuk saat mulai jalan, lha biasanya bawa bebek atau metik ini bawa kebo gedhe.. namun perlahan tapi pasti penyesuaian terjadi.. tarikan pertama terasa sangat smooth untuk ukuran mesin 471cc dengan klaim tenaga puncak 35 kW pada 8500 rpm dan torsi maksimum 43 Nm pada 7000 rpm ini.. bahkan untuk nbsusanto yang lama nggak bawa 2 silinder, motor ini sangat bersahabat.. nah selanjutnya digas lebih dalam, gear 1 pindah gear 2 di sekitar 44 kilometer per jam, masih bisa naik tapi di perumahan itu sudah cukup, tak lama kemudian di 60 kpj pindah gear 3 demi mempertahankan keantengan.. sedikit bermain memacu adrenalin setelah tertahan lebih dari 3 bulan.. 🙄

sayangnya sih tak sempat membawa untuk lebih kencang karena keterbatasan jalan, dan mungkin nyali juga sih, pastinya nbsusanto nggak berani bawa ngebut.. namun nampaknya dari spesifikasinya motor ini memang tidak berkarakter buas ya lha tenaganya cukup kecil begitu sih..

mengenai rem.. rem depan pakem dan ABS bekerja dengan baik.. rem belakang? oke kali ini jujur nbsusanto sempat memakai rem belakang.. di awal karena untuk menyesuaikan, selanjutnya untuk iseng.. ya iseng.. penasaran seberapa pakem.. dan ternyata memang nggak pakem.. rasanya masih ngeloyor saja.. mungkin karena peranan rem belakang memang minim jadi tak perlu terlalu pakem? entahlah.. nbsusanto sih kalo sudah penyesuaian berani saja nggak pake rem belakang.. atau memang biasanya begitu? maklum saja pengalaman nbsusanto naik moge masih minim.. :mrgreen:

honda new cb500f (37)

membahas handling.. kalo dibawa di dalam gang seperti pas mindahin di parkiran.. cb500f ini terasa beratnya.. namun di kecepatan sedang di komplek perumahan beratnya tidak terasa.. mungkin karena desain distribusi bebannya ya? entahlah.. yang pasti tidak sempat mencoba untuk cornering lho ya.. suspensi belakang untuk jalan sendiri nbsusanto bilang nyaman dan halus, tidak terasa bantingan kasar menghajar polisi tidur.. kalo suspensi depan memang masih terasa ya kalo melibas polisi tidur.. mungkin akan lebih baik lagi meredam guncangan kalo suspensi depan upside down.. tapi mau dipasang harga berapa nanti? 😆

overall, menurut nbsusanto honda cb500f ini sebuah big bike yang ditujukan untuk pemula, yang beralih dari motor cc kecil ke lebih dari 250 cc.. pesen nbsusanto sih jangan berharap tenaga yang buas karena klaimnya juga cukup kecil, tak jauh banget dari 250 cc.. kemahalan atau tidak? itu relatif sih mengingat peraturan pajak juga, soalnya beberapa tahun lalu dengan harga yang sama bisa dapat motor dengan tenaga lebih besar, walau kini motor yang dimaksud juga naik harga.. 🙄

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

12 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*