cs1 pun pindah ke enduro racing

assalamu’alaikum wr. wb..

kini si cs1 alien sudah di jakarta.. menemani wira wiri beberapa waktu ke depan di ibukota.. alasan dikirim sih karena jarang dipake di rumah.. maklum di antara 125cc yang lain dia yang paling boros.. cek ricek catatan ternyata sudah 8 bulan nggak ganti oli meskipun jarak tempuh belum dua ribu kilometer..

cs1 di jalan selo boyolali

padahal sudah dibawa jalan-jalan juga pas di jogja sampe ke jawa tengah.. ya sudah ritual ganti oli pun dilaksanakan.. memang sejak periode sebelumnya si alien sudah tak lagi menggunakan spx1.. kalo ditanya alasannya.. emm.. di jogja waktu itu sudah tembus lebih dari 50 ribu rupiah sebotolnya.. lagipula mau ganti ke oli yang lebih kental saja..

dengan slogan kita untung bangsa untung.. sudah ketebak bukan pake oli apa? yap, seperti tricolore di masa lalu, kini alien menggunakan enduro racing dengan spesifikasi 10W-40.. ganti di si tepat bekasi kena 52 ribu.. yo wis lah yang penting pasti asli dan sudah sekalian digantikan oleh mekanik.. maklum nggak bawa berbagai kunci kalo mau seperti biasa di rumah.. kalo ada kunci mungkin ya belinya di spbu, memang lebih mahal dibanding toko tapi terjamin keasliannya.. bukan mau suudzon, tapi karena segelintir oknum jadi banyak yang kena getahnya..

https://www.instagram.com/p/BIeXMaHDKEK/

tentu saja dengan spesifikasi lebih kental dibanding oli bawaan ya suara mesin lebih alus meski dengan konsekuensi tarikan tak segalak oli encer.. meski begitu, dengan kondisi jalanan yang jarang bisa akselerasi cepat dan melaju kencang, nbsusanto rasakan cukup.. lha kan tanggung banget akselerasi enteng eh di depan ada angkot ngetem.. :mrgreen:

ya namanya juga motor overbore.. sering pindah gir.. pilihannya cuma main di rpm bawah dan di 7 ribu rpm dilema karena ada yang nanggung.. pindah gir dan jalan kalem atau 7 ribu tarik gas lagi dan rasakan sensasinya.. ya tentu saja realistis di pilihan pertama meski sesekali nbsusanto pilih opsi kedua.. geber sampe limiter juga bisa kok di jakarta, meski di gear 3 saja.. 93 kilometer per jam.. bener ya ganti oli nggak bikin limiter berubah.. lhaiyolah! 😆 sensasinya? mungkin karena sudah lama nggak geber cs1 tetep aja menyenangkan.. selalu ngisi asalkan sedikit diajak teriak-teriak.. :mrgreen: top speed? mbuh sih karena medan yang tak memungkinkan, meski 3 digit juga sempat ditembus saat kondisi sepi..

berikutnya adalah kemampuan meredam panas.. kalo di jogja mesti stabil di 3 bar, kecuali kalo pagi di lampu merah pojok beteng kulon pasti naik ke 4 meski setelah itu balik ke 3 lagi.. nah dalam kondisi jalanan padat ibukota, indikator rata-rata di 3 bar saat jalan dan 4 bar jika terhadang kemacetan.. pernah iseng pengen bawa alien ke luar kota.. karang yo kumat.. karawang yang terletak 55-60 kilometer pun dijamah.. tentu saja kondisi jalan tak ramai meski sempit indikator panas stabil di 3 bar.. nah begitu balik ke jakarta.. ndilalah di perbatasan bekasi macetnya ampun.. panjang bener.. mana matahari cukup terik.. akhirnya tembus 5 bar.. memang belum sampai kedip-kedip atau 6 bar sebagai tanda overheat.. tapi panas dari mesin sudah terasa sampe ke kaki.. blaik.. untungnya ya mentok di 5 bar saja..

konsumsi bbm? emang pengaruh banget ya? yang pasti di jakarta ini alien semakin terasa boros, meski kemarin dibawa ke karawang itu hampir 120 kilometer dan alien masih ada sisa seliteran.. 1:40.. nilai yang susah didapat bahkan di jogja.. maklum bawaannya pengen ngebut kalo bawa alien.. meski bbmnya juga pake ron 92 cap kerang sih.. :mrgreen:

https://www.instagram.com/p/BIw5pnWDHXL/

overall nbsusanto sih cukup puas dengan oli enduro racing.. dengan harga yang bersaing sudah dapat oli spek 10w-40 yang enak dibawa jalan di kemacetan maupun luar kota.. apalagi si alien juga sudah hampir 5 taun meskipun jam menggelindingnya masih sangat rendah, apalagi dibanding tricolore.. produk dalam negeri sudah cukup untuk ngladeni mesin 125 cc berpendingin udara berkompresi 10,7:1 turunan nova sonic yang legendaris itu.. ibaratnya buat diajak teriak aja enak apalagi kalo pemakaian lebih motorsiawi.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

15 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*