satmori ke kompleks candi jiwa di karawang

assalamu’alaikum wr. wb..

berbulan-bulan di jakarta dengan lalu lintas yang ehm.. membuat kangen motoran nggak jelas.. berhubung hari sabtu kebetulan sudah dibereskan apa yang harus diselesaikan,ย ba’da subuh pengennya gas.. ya sedikit siang nggak papa asal belum jam berangkat sekolah.. menghindari kemacetan di jakarta dan bekasi untuk cari peninggalan sejarah di karawang.. ๐Ÿ˜€

memang nggak dapat sunrise dari mlethok karena tertutup berbagai hal sepanjang jalanan jakarta-bekasi.. tapi cukup syahdu juga jam 6.30an di sawah pinggir jalan kok warnanya masih menggoda.. seperti biasa, minggir dan jepret dulu.. :mrgreen:

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-153

sekitar jam 8 sampai di parkiran kawasan candi jiwa dan blandongan di batujaya.. alien pun diistirahatkan dan lanjut jalan kaki.. tepat di samping parkiran ada situs Damar.. sepintas tak nampak apa yang ada disitu hanya terpagari oleh seng.. namun ternyata batu bata itulah yang merupakan situs sejarah.. dulunya berupa apa ya?

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-161

langit biru dan pemandangan indah begini.. yakin ra tangi esuk demi menggapainya mblo? ๐Ÿ˜€

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-32

jalan kaki menyusuri pematang sawah yang telah dibeton hingga nampaklah bangunan di tengah sawah dengan papan bertuliskan “Candi Jiwa” yang dikelilingi pagar.. sayangnya angle foto dengan papan nama candi jiwa kurang rapi untuk difoto.. yap karena juntaian kabel penerangan.. atau mungkin kurang eksplorasi sudut jepretan ya?

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-166

pindah spot dari pojokan.. memang satu-satunya cara agar dapat frame utuh ya begini, maklum cuma pake kamera poket dengan lensa paling wide 25 mm.. kebetulan pagi itu bertemu dengan anak-anak sekolah yang dibimbing para guru ke candi ini.. mungkin belajar sejarah ya?

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-175

berjalan ke barat menyusuri pematang sawah lagi.. tenang saja jalannya sudah dibeton kok.. kecuali mau mbablas seperti nbsusanto di sebuah pertigaan pematang.. penasaran dengan sesuatu yang lapang di tengah persawahan.. nah di tengah pagar itu ada batu yang kalo tidak salah namanya Watu Lempeng..

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-7

beralih ke persimpangan pertigaan maka akan ketemu candi blandongan.. pada saat ini candi blandongan masih dikelilingi pagar seng.. namun pada hari biasa terdapat penjaga sehingga pengunjung dapat masuk ke dalam kawasannya..

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-3

yap beginilah candi blandongan.. dikelilingi pagar berupa tali dan tulisan agar pengunjung tidak turun.. terdapat juga tulisan untuk tidak memijak batu karena beberapa batu disana merupakan peninggalan kejayaan masa lalu..

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-13

sik sik itu di barat masih ada yang dipagari seng.. sempet tanya sama pak petani kalo itu ada candi juga.. pematang sawah cukupย ekstrim kalo dilewati meskipun sebenernya pasti menyenangkan seperti masa kecil anak-anak di desa.. mencoba mblusuk dan……. salah kostum harusnya pake celana pendek dan perlu tempat menyimpan sandal.. ๐Ÿ˜† baiklah balik arah saja ke parkiran motor dan mencari jalan yang lebih sesuai dengan kondisi saat itu.. cek peta dan terlihat untuk menuju jalan di barat bisa ke arah selatan kembali ke jalan besar dan belok kanan setelah beberapa ratus meter di dekat masjid.. jalannya kecil..

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-40

lah di ujung kok ada bangunan.. baca plangnya, ternyata ini adalah Situs Telagajaya VIII..

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-41

wakss sudah angka 8.. ada berapa peninggalan sejarah disini? baiklah tanya ke warga lokal cari jalan ke candi yang dipagari seng apakah bisa dikunjungi umum.. beliau pun menunjukkan jalan..

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-47

lah kok ada candi yang bentuknya tak sepenuhnya datar namun terendam air.. wakss.. apa nggak rawan rusak.. yang pasti kondisi saat itu cukup sepi.. hanya ada 1 keluarga bersantai di pinggirannya.. pas mendekat nbsusanto pun akhirnya terjadi obrolan.. ternyata beliau adalah juru rawat kawasan candi disini.. beliau memperkenalkan diri sebagai Mas Embing.. beliau pun menceritakan bahwa ini adalah Candi Serut 1A..

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-79

beliau pun menunjukkan Candi Serut kemudian mengajak ke rumahnya untuk ngobrol sambil ngopi.. baiklah, menikmati suguhan sembari mendengar beliau cerita bahwa di sekitar ini, termasuk Situs Telagajaya terdapat sekitar 57 situs bersejarah.. waksss.. kok uakeh tenan.. beliau pun mengatakan bahwa hingga saat ini memang yang terkenal baru Candi Jiwa dan Candi Blandongan.. untuk yang lain belum banyak dikunjungi.. pun begitu kondisi Candi Serut sebagai contoh yang tergenang air hingga saat ini masih terkendala pompa yang hanya berkapasitas kecil..

candi-jiwa-blandongan-serut-telagajaya-dan-berbagai-situs-lain-di-kawasan-batujaya-dan-sekitarnya-di-karawang-94

memasuki tengah hari pun nbsusanto berpamitan untuk sekadar nengok di kawasan situs batujaya yang seperti pulau-pulau kecil di tengah samudera.. hanya beberapa, kalo semuanya ditelusuri dan didiskusikan mungkin waktu sehari tidaklah cukup.. ya tentang peninggalan siapa, kenapa dibangun.. dan lain-lain..

waktu pun terus berjalan hingga nbsusanto putuskan untuk pulang.. ya, cukup sudah satmori di bulan agustus itu.. jakarta masih lebih dari 50 kilometer.. berikut beberapa dokumentasi lain di kawasan percandian di karawang ini..

ya demikian sedikit cerita motoran sampai karawang.. ternyata benar ada candi yang tak jauh dari jakarta.. memang perlu banyak yang ditingkatkan oleh manajemen disini, seperti diakui pengelola yang juga bercerita akan study banding di kawasan jawa bagian tengah.. masa iya bukti kejayaan masa lalu tak terceritakan dengan baik, setidaknya papan informasi yang cukup lengkap lah.. yang pasti cukup worth it kok dari jakarta main kesini.. ๐Ÿ™‚

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on September 17, 2016, in Obyek Wisata and tagged , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. karawang panas.. bikin males dolan kesana

    Suka

  2. Oh di karawang juga ada peninggalan sejarah macam candi ini juga

    Suka

  3. Eman nggak utuh candinya, tapi sumurnya lumayan tuh buat cuci muka..

    Suka

  4. Aku ya ng krawang sbenere Pak
    tapi rung pernah ng candi jiwa ๐Ÿ˜ฅ

    Suka

  5. Lah..Ora mampir Purwakarta

    Suka

  6. Nggak nyangka di karawang ada candi juga ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    Suka

  7. Gersang tenan ngasi koyo nang Nevada sek nggo uji coba roket nasa…

    Suka

  1. Ping-balik: ke masjid kubah emas dian al mahri di hari ahad | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: