tenang, slot jogja marathon 2019 (seharusnya) masih ada

assalamu’alaikum wr. wb..

gelaran mandiri jogja marathon di tahun 2019 ini akan menjadi perhelatan ketiganya.. rencananya masih seperti tahun lalu, start dan finish di kawasan candi prambanan.. tanggal penyelenggaraan 28 april 2019 yang baru dirilis bulan lalu memang dirasa mepet bagi beberapa pihak, meskipun memang bulan april tahun ini sedang ada pesta demokrasi di indonesia sehingga mengurus perijinan tidaklah mudah.. lalu pendaftarannya kapan? slotnya berapa?

praktis info dari akun medsos mesarace dan mandiri_jogmar yang ditunggu karena di website resmi mandiri jogja marathon 2019 pun baru ada tanggal penyelenggaraannya saja.. jujur nbsusanto sampai mengaktifkan notifikasi postingan instagram dari akun tersebut agar tidak ketinggalan info.. belum juga muncul hingga tiba-tiba pada 28 februari 2019 sekitar jam 8 ada seorang temen share di grup whatsapp bahwa pendaftaran early bird mandiri jogja marathon 2019 telah dibuka!

sambil membuka website laga.co.id, nbsusanto belum menerima notifikasi postingan instagram.. yasudah fokus daftar dulu hingga dinyatakan sukses terdaftar.. eh lha kok notifnya baru muncul.. jebul baru posting juga, langsung geger deh.. banyak yang tidak siap mengingat hari itu kamis malam tak ada pengumuman sebelumnya.. alhamdulillah nbsusanto dan beberapa temen dapat slot early bird hingga sekitar jam 9 an untuk 10K pun sudah waiting list.. tambah rame di instagram.. ada yang belum dapat dan nbsusanto sarankan untuk menunggu jam 10-11 karena waktu pembayaran adalah 2 jam, dan metode pembayaran yang bisa digunakan menggunakan kartu kredit maupun debit mandiri, ya barangkali ada yang gagal bayar..

bener, jam 11 an dia minta bantuan pembayaran karena nggak punya mandiri.. namun ternyata dia dapat slotnya di promo 30%.. setelah pembayaran sukses, nbsusanto cek instagram.. rame lagi.. setelah ngecek ke website laga memang tak sampai semalam sudah waiting list dan bahkan sold out.. infonya, slot harga normal mandiri jogja marathon 2019 dilepas pada 1 maret 2019 siang hari.. jebul jam 11 beneran dibuka.. weh.. mepet jumatan.. dalam 4 hari sampai sekarang 4 maret 2019 jam 12.30an, untuk jarak 5K, 10K dan HM harga normal, slot  mandiri jogja marathon sudah sold out.. untuk FM sudah waiting list..

di website mandiri jogja marathon 2019 tertulis, “Demi kenyamanan dan keamanan peserta, lomba ini hanya dapat diikuti oleh 7,000 pelari saja.” yang mengingatkan pada jakarta city marathon yang menuliskan kuota yang sama namun keterangan pers penundaan menuliskan jumlah 9500 peserta.. menjadi menarik untuk membahas slot tersebut, sekalian mengecek sampai sekarang sudah berapa sih pendaftarnya?

nbsusanto sort ke peserta kategori 5 km kemudian cek halaman terakhir.. tertampil bahwa halaman terakhir adalah 40, sedangkan 1 halaman penuh memuat 25 nama.. dengan 39 halaman full dan halaman 40 berjumlah 7 orang, maka saat ini peserta 5K = 39 x 25 + 7 = 982 orang..

selanjutnya nbsusanto sort ke kategori 10K.. seperti metode sebelumnya di halaman 38 yang merupakan halaman terakhir nbsusanto lihat ada 18 nama.. maka peserta 10K = 37 x 25 + 18 = 943 orang..

di kategori half marathon mandiri jogja marathon 2019, daftar peserta nbsusanto lihat sudah mencapai 27 halaman dengan 7 nama di halaman terakhir.. maka peserta half marathon = 26 x 25 + 7 = 657 orang..

di kategori full marathon ini posisi per 12.30 sudah waiting list, dimana pendaftaran sudah sebanyak kuota yang dibuka namun masih ada yang belum membayar.. artinya peserta masih mungkin bertambah setelah melakukan pembayaran.. sudah 13 halaman dengan 20 nama di halaman terakhir.. peserta full marathon = 12 x 25 + 20 = 320 orang..

terakhir sebagai fungsi pengecekan, nbsusanto sort ke peserta semua kategori.. untuk memastikan hitungannya sudah sesuai atau belum.. halaman terakhir di 117 dengan 2 nama, berarti peserta mandiri jogja marathon 2019 per 4 maret 2019 jam 12.31 berjumlah = 116 x 25 + 2 = 2902 orang.. cocokkan dengan jumlah peserta masing masing kategori 982 + 943 + 657+320 = 2902 orang.. oke sesuai..

nbsusanto tidak berasumsi berapa slot full marathon yang masih dalam posisi waiting list mengingat jumlah per kategori angkanya tidak pada satuan 0 atau 5.. jika melihat data pendaftar sementara, maka masih ada sekitar 4000 slot tersisa di mandiri jogja marathon 2019 per 4 maret 2019 jam 12.31, yang mungkin akan dilepas dengan berbagai metode pendaftaran.. tahun lalu ada slot mandiri fiesta poin, namun jumlahnya tidak banyak.. ada pula yang dijual paketan oleh agen travel, tentu dengan harga yang berbeda.. nbsusanto sendiri tidak tahu jumlahnya.. apalagi untuk sponsor dan lain-lain.. yang pasti, untuk penukaran mandiri fiestapoin ke slot jogja marathon 2019 pada tanggal 22 maret 2019 ini tersedia 300 tiket, dengan rincian 140 slot untuk 5K, 100 slot untuk 10K, 50 slot HM dan 10 slot FM.. :mrgreen:

peserta 5k jogja marathon 2018 yang mendorong stroller diabadikan oleh fotografer @irvanchoki

jadi, tenang saja (seharusnya) masih ada slot mandiri jogja marathon 2019 kok.. yang penting pantengin saja instagram mesarace & mandiri_jogmar, website mandiri jogja marathon 2019 serta website pendaftaran di laga.co.id untuk antisipasi ketinggalan info.. semoga saja segera ada kabar baik bagi para pelari yang ingin berpartisipasi di event ini.. kalau sampai jumlah peserta yang sudah sold out itu berubah, mungkin ada slot yang dilepas entah dengan metode apa.. toh, jakcimar dulu tertulis 7000 slot ternyata katanya ada 9500 pelari kok meski eventnya hingga kini masih belum jelas.. semoga saja mandiri jogja marathon 2019 ini dapat terselenggara dengan baik sehingga banyak pihak yang bahagia! 🙂

*update per 28 Maret 2019 jam 19.00 WIB, peserta jogmar sudah tembus 211 halaman atau hampir mencapai 5275 orang.. kemungkinan belum semua voucher fiestapoin maupun voucher-voucher lain dimasukkan.. untuk penjualan slot secara normal tampaknya sudah ludes tinggal cari giveaway saja atau  paketan sponsor atau undangan.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

10 Komentar

  1. Wah, jadi ikut marathon yg ini mas?

    Kemarin saya sempet ketemu pakdhe yg bela2in terbang ke Jogja cuma buat ikut ini doang, sore habis acara langsung balik ke Lombok lagi hahaha…

    Btw acaranya ini rutin diadakan tiap tahun nggak ya?
    Kok rasa2nya jadi kepingin ikut yang tahun depan hehe

    • rencananya saya ikut yg kategori half.
      mantaaap tapi memang ada beberapa yang begitu. saya juga malemnya langsung kereta ke jakarta lagi karena seninnya masuk. 😀

      tahun ini penyelenggaraan ketiga setelah 2017 dan 2018 lalu kak. sepertinya akan selalu menjadi agenda tahunan. 😀

    • wooo.. lha geneee.. kae digawe artikel ra mas? aku kae sakjane pas balik jogja tp mosok balik sedilit malah lungo ning solo wkwkw..
      yo mmungkin CFD mas wkwkkw.. atau virtual run.. taun wingi ada beberapa virtual run, bebas mlayu nendi sik penting disubmit.. mayan oleh kaos po medali..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*