Liburan usai? segera lakukan perawatan pada motor anda

assalamu’alaikum wr. wb..

momen silaturahmi pada masa lebaran dengan bertemu sanak saudara dan keluarga telah dijalankan sekaligus menghabiskan waktu libur, seperti yang dilakukan oleh Tirta Samudra (23 tahun), warga Jatisari Mijen, Kota Semarang.. karena adanya larangan mudik, maka dirinya bersama dengan saudara dan teman-temannya memilih menghabiskan waktu ke sanak saudara di satu zona.. tentu saja dengan menerapkan aturan protokol kesehatan dari pemerintah.. ”saya silaturahmi ke rumah paman yang ada di Ungaran, terus lanjut ke eyang yang tinggal di Kendal,” jelas Tirta di Yamaha Flagship Shop, di Jalan Pemuda, Semarang sembari menunggu perawatan sepeda motor Yamaha R25 miliknya..

walaupun tidak bisa pulang kampung ke wilayah Jogja, namun bukan berarti dirinya hanya istirahat saja di rumah.. setelah silaturahmi dengan saudara usai, dirinya bersama teman-temannya melakukan perjalanan wisata ke beberapa daerah di Jawa Tengah.. “kemarin ke Dieng lanjut ke Baturaden.. berangkat jam 06.00 WIB, langsung pulang lagi karena tidak boleh menginap.. sampai rumah jam 21.00 WIB.. capek sih, tapi seneng,” jelas Tirta menambahkan..

seusai “menyiksa” Yamaha R25 miliknya menjelajah wilayah Jateng Selatan, kini saatnya melakukan perawatan pada motor kesayangannya.. “untuk perawatan saya selalu melakukannya di bengkel resmi Yamaha dan senantiasa di Yamaha Flaghsip Shop Pemuda Semarang,” jelasnya..

jika kendaraan ingin selalu dalam performa terbaik, perawatan berkala sepeda motor memang seharusnya tidak boleh terlewat.. Hendro Sucipto, Service Advisor Yamaha Flagship Shop Semarang mengatakan bahwa setiap servis sepeda motor ada prosedur yang dilakukan mekanik.. ”kami akan selalu berupaya melayani konsumen dengan maksimal.. sehingga masyarakat bisa puas dan motornya bisa digunakan dengan aman dan nyaman, tanpa gangguan pada salah satu komponennya,” ujar Hendro..

sebagai informasi kepada konsumen, Hendro menjabarkan tahapan yang seharusnya dilakukan mekanik saat menangani kendaraan yang diservis.. setidaknya ada 22 pemeriksaan saat servis dilakukan.. ”khusus untuk sepeda motor injeksi ada tambahan, seperti pemeriksaan sistem injeksi dan mencetak hasilnya, kemudian mengecek indikator Warning Light yang terdapat pada panel indikator,” ungkap Hendro..

Berikut 22 poin prosedur servis Yamaha :

  1. Pemeriksaan suspensi depan dan belakang
  2. Pemeriksaan fungsi kelistrikan
  3. Pemeriksaan gerak bebas kemudi
  4. Pemeriksaan tegangan dan men-charge aki
  5. Pemeriksaan ban depan dan belakang
  6. Penyetelan handle gas
  7. Penyetelan tuas kopling
  8. Pemeriksaan dan penggantian oli mesin
  9. Pemeriksaan roda dan jari-jari
  10. Pemeriksaan kelayakan ban
  11. Pemeriksaan tekanan ban
  12. Pemeriksaan dan penyetelan rantai
  13. Pemeriksaan baut pengikat
  14. Pemeriksaan dan pembersihan saringan udara
  15. Pembersihan karburator jika perlu
  16. Pembersihan filter oli dan diganti jika perlu
  17. Pemeriksaan air radiator
  18. Pemeriksaan busi dan kompresi mesin
  19. Pemeriksaan aliran oli dan peyetelan klep
  20. Pemeriksaan dan penyetelan putaran mesin
  21. Pembersihan saringan CVT (tambahan untuk skutik)
  22. Pemeriksaan oli gear (tambahan untuk skutik)

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*