kenapa memilih nissan grand livina?

assalamu’alaikum wr. wb..

persaingan di kelas low MPV memang sedang hangat-hangatnya..nah nbsusanto berniat mengumpulkan data beberapa pemain di kelas ini berdasar berbagai testimoni.. ya sedikit referensi bagi yang berminat mobil second..kesempatan pertama jatuh ke salah satu pemeran yang mempunyai harga baru tertinggi adalah Nissan Grand Livina..kira-kira kenapa banyak orang memilih grand livina ya?

grand livina

grand livina.. yap sesosok mpv 1500 cc 7-seater FWD dengan kode mesin HR 15 DE yang mempunyai tenaga puncak 109 ps (versi lawas) / 114 ps (versi baru)..

namun, harga grand livina ini cukup menarik jika dilihat dari harga barunya..untuk harga di yogayakarta pada tahun 2014 ini, livina plat AB versi XV manual, tahun 2008, ditawarkan di kisaran 120 jt an.. 2009 di 130 jutaan.. 2010 di 140 jutaan.. 2011 di 150 jutaan.. tentu nego.. ya dibandingkan dengan avanza yang untuk versi 2011nya 125 juta memang lebih mahal livina..

dari berbagai testimoni temen yang make grand livina, cukup banyak yang dapat diceritakan.. antara lain:

– irit.. yap, mesin 1500 cc grand livina ini dikatakan irit untuk sebuah mpv.. dari berbagai tes, didapat konsumsi BBM tidak jarang mencapai 15 km per liter..
– akselerasi nampol enak untuk selap-selip..
– kenyamanan? tidak diragukan.. nbsusanto pernah nebeng grand livina 1,8 hws nyaman pol.. seperti naik sedan.. ngleses alus.. tentu yang 1500 nggak beda jauh..
– ground clearance 185 mm.. memang dibanding low mpv lain seperti avanza, xenia dan ertiga, grand livina ini lebih rendah..namun jika dibandingkan dengan jazz, dari testimoni seorang temen, grand livina lebih pede melewati polisi tidur..
– mesin kencang.. yup, menurut banyak testimoni mesin livina enak diajak ngebut.. berani diadu sama jazz di jalan tol.. pun nggak limbung karena konstruksi bodi yang tidak terlalu tinggi..
– kabin senyap, shock nyaman..
– kemudian:

why livina 2
katanya kaki kaki cukup bandel untuk kelas fwd..

nah, tentunya ada beberapa kekurangan livina menurut beberapa testimoni.. yaitu:

– interior dashboard sangat konservatif (kalo gak mau dibilang ketinggalan)
– baris ke 3 nyamannya untuk anak anak.. orang dewasa kurangt nyaman karena lutut tertekuk.. avxen masih lebih nyaman urusan ini..
– kalo full load nampak grand livina ambles.. -_-
– kemudian karakter FWD nya:

why livina 1
masih enak untuk jalan menanjak, hanya butuh perlakuan khusus

berikut spesifikasi teknis nissan grand livina versi sebelum all new:

 

1.5 XV M/T

Engine
CodeHR15DE
Type4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and CVTC
Displacement(cc)1498
Bore x stroke(mm)78.0 x 78.4
Compression ratio10.5:1
Max. output (PS/rpm)109 / 6000
Max. torque (kg-m/rpm)15.1 / 4400
Fuel systemECCS
TransmissionM/T 5-speed
SteeringRack & pinion with EPS
Suspension
frontMcPherson strut with stabilizer
rearTorsion beam with stabilizer
Brakes
systemStandard
frontVentilated Disc
rearDrums
Length x width x height (mm)4420 x 1690 x 1595
Wheelbase (mm)2600
Ground clearence (mm)185
Curb weight (kg)1185
Min. turning radius (m)5.3 m
Tire size185/65 R15
Body constructionMonocoque
Fuel Tank Capacity52.4 L
Wheel disc15″ Aluminum alloy
GrilleDesign fin w/ grey color finisher
BumperBody color
Door outside handleBlack
Door mirror typeManual, black color
Rear WiperWith
Rear defoggerWith

ada juga sedikit guyon yang pernah diupload di fanspage MOTI namun sedikit nbsusanto ubah lagi:

kenapa memilih nissan grand livina

if you know what i mean.. :mrgreen: just for fun.. 😆

dari yang nbsusanto dapatkan dari beberapa testimoni sedulur koboys, motuba serta lain-lain didapat beberapa hal tersebut.. mungkin ada tambahan atau ada yang perlu diperbaiki? 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

83 Komentar

  1. Mau tanya apakah kalo mesin matic kalo rusak itu sampai 20jt kata teman. Mohon bagi pencerahan. Niatnya si saya mau ambil grand livina ultimate second. & Minta tips kalo membil mobil second apa yg harus di cek terima kasih.

  2. Gan saya punya mobil grand Livina xv at..
    mau tanya dikit ni..
    Kenapa ya mobil saya kok sering banget kuil dan busi nya rusak ?.. Mana harganya mahal lgi..
    Tolong gan beri saya pencerahannya ..

  3. Saya pake GL XV 1.5 Sjk 2010. Trus terang kl disuruh ganti yg ada di otak cm Nissan Teana generasi 2 (second) atau X Trail baru. Intinya sdh gak tertarik ke selain Nissan. Lha wong mobil GL yg 150jt an aja rasa suspensinya sdh eropa banget….ngegeleser…kl kata orang sunda mah (stabil dan ttp nyaman). Gak cape ke badan. Maklum teknologi renault dipake (Renault adlh pemegang saham mayoritas di Nissan). Kmarin turun dr Bandung ke Bogor dapet 1:18 (pake shell v power mix dng super)

  4. Mobil Jepang standar Eropa ya Grand Livina & standard keselamatan emang yang diutamakan dibanding merk lain.. (Setelah melihat & merasakan perbandingan 3 kompetitor)… contoh kecil yang lain lampu kota lupa dimatikan pada saat buka pintu ada peringatan alarm yang berbunyi…. Pokoknya TOP BGT buat Nissan dech….

    • saat buka pintu dan keadaan mesin mobil masih nyala kah? lumayan ya saat berhenti mau keluar dan keadaan gelap sudah berbunyi.. soalnya di mobil lain ada penandanya saat mesin dimatikan dan lampu masih nyala..

  5. Gan,

    ane mau share pengalaman pribadi. kejadianya baru aja, 21-May-2016. ane kecelakaan beruntun di KM 41 Cikampek arah Jakarta. kondisi hujan, ane di lajur 3(paling kanan). mendadak mobil di depan (xenia) berenti (kyknya udah tabrakan duluan), jarak ane udah ga sempet buat ngindarin itu tabarkan.

    jadi pasrah aja ane nyundul itu xenia. ngeri gan..brak. kemudian disusul tiga mobil dibelakang ane (agya, avanza,innova)

    livina ane bonyok depan belakang..setalah ditanya2,ternyata ane posisi di tengah.depan ane,xenia,luxio,fortuner. bemper depan ringsenk, kap mesin ketekuk, pintu susah dibuka krn bodinya keteken. pintu bagasi ga bisa dibuka,bemper lepas.

    alhamdulillah ga ada korban jiwa. disitu keliatan jelas fitur keselamatan-safety belt, ane saranin pake terus ya gan..sangat2 bermanfaat. livina ane 2010, jd belum ada airbagnya.

    tiga mobil dibelakang ane ga bisa jalan semua (agya,avanza,innova). agya ringsek kirinya-kyanyaknya dia banting ke kanan. sementara avanza rusak kanannnya (banting kiri).innova yg paling belakang, bemper mesin rusak sedikit.

    alhmadulillah livina ane msh bisa jalan meskipun babak belur, ane sempet keluar pintu tol Karawang and keluar di pintu tol Kanji karena janjian sama derek asuransi disitu. ajaib bgt ini mobil. kalo agann mau liat potonya bisa japri ane

    dari pengalaman itu, alhmadulillah msih diberi keselamatan and usia. satu lagi, ane ga nyesel pake livina gan..mobil ini aman..meskpun ringsek,msih bisa jalan.cuma ac aja mati (gpp lah, kecelakaan ga ada yg mikirin ac). kabin utuh.,lampu dll, semua berfungsi normal,

    thx, Hardy

    • Allhamdulillah ya ALLOH.. ya Mas Hardy gak ada apa2 ya sukurlah itu yang terpenting Mas.. Nyawa gak bisa diganti dengan uang.
      Seriusan Mas Hardy mobil yang lain innova, avanza, agya gak bisa jalan?? Haduh2.. Kalo bener mantap emang Nissan, Allhamdulillah..
      Masaa sih?? Katanya toyota bandel kuat.. Iyah bandel.. bandelnya kadang suka nyusahin pemiliknya, hehe..
      Kalo Grand Livina udah dari awal2 keluar 2007 ada fitur side impact beam, collapsible steering ,ABS, EBD, BA nya, airbag di tipe tinggi.
      Kalo avanza & innova, dari awal2 keluar sekitar 2003-2005 sudah bahaya limbung melayang di kecepatan tinggi, plat body ya gitu deh mudah penyok, fitur2 yg diatas tadi saya sebut gak ada,kalo gak salah ada nya setelah 2013, setelah toyota sadar pesaing2 nya pada pake, hehe udah jualan laku baru mikirin safety, Imho.

      • Sy mau sharing. Aku btu beli GL SV 2011 manual. Barusan siangnya ttd kontrak. Eh pas mau pulang malem malem sekitar jam 7. Kita lagi pada antri macet kebetulan macet di tengah pertigaan pintu keluar perumahan cukup elit .eh lagi nunggu antrian macet dng tenang.aku sadar tepat sebelah kiri mobil kita dng jarak kurng lebih 1 meter ada avanza putih lagi posisi mau keluar ke arah kanan .aku pikir dia juga lagi antri krn tunggu giliran keluar…eeh tiba tiba dia ngegas dan menabrakan mobilnya ke mobil aku.smpe GL ku goyang di tabrak. Udah nabrak Trus langsung dia cepat cepat banting stir ke kanan dan alhasil kegores deh mobil aku.pikir ku wah peyot deh nih mobil krn udah di tabrak mentah mentah.trus aku turun dri mobil lia ajaib kok biasa yang ketinggal di body cat nya si avanza putih dan ngga bonyok peyot tapi keciill bnget nyaris gak keliatan tapi si avanza putih aku sempet liat pas dia narik stir ke kanan body sebelah kaca lampu kirinya peyot .untung aja. Ngga ancur pintu kedua GL ku padahal udah di bogem mentah sama avanza

    • Iya Mas Hardy betul bgt ada airbag maupun tidak .. seatbelt memang penting kudu dipake dan jangan lupa ber-Doa pada ALLOH sebelum berangkat.

  6. Saya pakai grand livina thn 2010 xv.soal mesin dijalan rata.gak ada imbang nya.paling cuman ditanjakan aja yg kita harus cepat tukar persneling.tp itu wajar
    Krn semua mobil begitu.apalagi yang narik kan roda depan.kan da tau toh.tp klw kenyamanan betul2 nyaman.sy selalu kecepatan 160 bhkan bisa lebih kalau sudah ditol medan…oke salam hangat buat teman penggemaar nissan……

  7. saya pake GL 1.8 ultimate 6 speed. terbukti mobil ini bisa 1:20 di tol dan 1:11 jalanan macet. banyak teman yang pake 1.5 nyesel gak ngambil yg 1.8 karena mobil ini paling enak diajak ngembat ditanjakan curam……

  8. Saya pengguna ANGL 2015, konsumsi BBM-nya 1:7 sampai 1:8 rata2, penggunaan dalam kota Jakarta weekend only (kondisi jarang macet). Test luar kota kondisi lancar ke Bogor, dapat 1:13.

    Sudah cumplain ke Nissan Care, saat dilakukan test drive sama teknisi di tol (kondisi ramai lancar) bisa dapat 1:20, padahal belom diapa2in… 🙁 Saya pikir, apa yang salah dari cara nyopir saya yah? Padahal waktu bawa mobil cc 2000 (Peugeot 405SR), konsumsi BBM bisa dapat 1:8 dalam kota Jakarta tiap hari kondisi macet poll.

    Kira2 ada yang bisa bantu saya untuk info cara injak pedal gas ANGL yang sudah matic pakai CVT dan drive by wire (tidak pakai tali gas lagi). Saya cari2 informasi di internet belom ketemu yang pas. Semoga ada yang bisa membantu.

    • Mgkn saya bisa share sedikit..
      Di MID dipasang realtime fuel consumption
      Tekan gas perlahan2, lalu sesudah sampai kecepatan konstan yg diinginkan, kendurkan pedal gas sedikit (liat MID angkanya akan smakin membesar setelah kendurkan pedal gas)..
      Jaga kecepatan konstan, dan klo sebisa mungkin MID menunjukkan angka di atas 20km/Liter

      • Hari ini sy jalan keluar kota (kondisi tol + jalan luar kota tanjakan curam dan turunan) sepanjang 250km dapat Avg fuel : 14,7km/L.. kena macet parah 2x masing2 1jam dan 1,5jam
        Kondisi di jalan full music dan full AC

  9. saya dari kemaren masih bimbang milih antara avanza dan livina.. terutama dari segi onderdil jika terjadi kerusakan. kata kawan.. di bengkel resmi disini, kalo servis harus semua.. dak bisa satu2 per penyakit saja…

    tapi akhirnya saya pilih livina juga akhirnya..

    • Allhamdulillah, semoga gak salah mbak Sinta pilihannya. Asal mobilny rutin dirawat pasti jadi lebih nyaman dan tetep irit.
      Sy juga pengguna mobil nissan, klo pengalaman saya di bengkel resmi nissan( gak tau kalo bengkel resmi merk lain) bisa kok pilih2 mana yg mau diservis dan mana yg tidak mbak, tinggal kita pintar2 aja ngomong & nego sama Service Advisornya(SA) nya mana yg mau diservis mana yg tidak perlu diservis.

  10. Mas Susanto Review yang bagus banget..
    Grand Livina memang mobilnya nyaman,gesit, lincah dan irit apalagi kalo pake pertamax tambah bertenaga dan irit. serta Nissan itu rasa “nyetirnya” lincah dan responsive walau misal body mobilnya nya besar, remnya juga pakem, sy pernah bandingkan sendiri dengan rem freed atau jazz.
    Jujur sy sudah pernah test drive mobil2 dgn body besar seperti Nissan Elgrand / toyota Alphard, nissan Terrano/ Fortuner/ innova , yang saya rasakan mobil2 nissan menyetirnya lebih enak alias lincah dan enak buat selap selip walau bodynya besar, kerennya Suspensi juga masih masuk taraf nyaman walau lincah. Memang sih setiap merk mobil ada kekurangannya tak terkecuali nissan.
    Tapi overall menurut saya mobil nissan punya value for money yg sgt baik. Lihat saja model Grandlivina yg baru dan lama tidak berubah jauh atau drastis padahal mesinnya sudah berubah new.. sehingga pemilik mobil lama tidak berasa jadul & tidak merasa rendah diri dgn model mobilnya yg sudah dipelihara lama dan tidak buru2 dalam membeli yg baru. GL yg lama pun masih tetep terlihat manis sampe sekarang jika terawat.

    Soal shock belakang ambles, seambles apa sih mobilnya jujur aja.. Sy gak pernah lihat GL amblas belakangnya.. Masih taraf wajar sy rasa,kecuali shocknya sudah mati pasti turun banyak. dan rata2 pemilik Grand livina sangat puas kok sama mobilnya bahkan pakde saya punya 2.
    Dan resiko suspensi empuk ya memang agak sedikit turun kalo muatan full dan berat bgt. Itupun sy rasa gak tiap hari muatan full berat.

    Dan soal ada yg bilang kaki2 Grand livina ringkih/lemah, yg benar saja? tolong jangan black campaign..
    GL ini diciptakan untuk mobil MPV atau mobil keluarga bukan offroader berat atau SUV ladder frame.. Jadi jangan dipake dengan cara kasar atau main hantam sana sini dijalan jelek. Tentu kaki2 nya lebih cepat minta jajan. Mobil2 seperti duo kembar,mobilio,freed, ertiga,apv, kijang innova juga kalo pemakaiannya jorok dan kasar/ tidak eman2..
    Saya yakin juga bakal cepet minta jajan tuh kaki2 nya. Jadi tergantung cara pemakaian kalo soal kaki2 mobil.

    Ada lagi yang bahas Soal “tarikannya” ini mobil.. Ya elah Mobil ini ya mobil keluarga,tujuannya lebih mentingin nyaman dan irit., CVT nya halus, Jangan dibandingkan dgn jazz atau hrv yang mesinnya lebih bertenaga dan body mereka lebih pendek jelas menang mereka,harga pun mahalan mereka. Tapi klo soal muatan lebih banyak,nyaman dan irit sy megang GL krn sy pernah bawa jazz generasi ke dua, suspensinya keras, rem juga lebih pakem GL, bagasi jazz lebih kecil dari GL dan ground clearence lebih rendah sedikit. CVT jazz juga di generasi GD3 banyak kena masalah tuh, silahkan aja browsing.

    Untuk Yth. Mas Susanto dan para pembaca, hati2 dengan black campaign.. Bisa saja orang2 yg mengeluh di dunia maya/ seraya motor itu hanyak sedikit kasus yg terjadi TAPI yang tereskpos sedikit itu seolah2 itu mayoritas begitu?kan belum tentu atau maaf bukan bisa jadi memang ada yang sengaja ingin menjelekkan nissan. Karna nissan ini pabrikan yg baru bangkit di tahun 2000 & sudah jadi terbesar no.6 di dunia dan sedang berkembang terus bisa jadi ancaman pabrikan jepang lainnya.
    Maaf saya kasih contoh misalkan ada media2 asing/barat atau media tertentu ada yang menjelek2an Islam seolah agama teroris. Padahal kalo orang betul2 mau mendalami dan berusaha mencari tau ajaran Islam sesungguhnya dgn hati tulus maka akan menolak bahkan mengecam mentah2 stigma negatif dari media2 tersebut.
    Intinya Hati2 dgn media Lebih baik tes langsung dan rasakan sendiri ke diler kalo mau beli baru atau jika mau beli seken bisa lihat2 langsung mobilnya dan tes langsung kalo bisa ajak kawan biar ada pendapat lain, apapun mobilnya itu.
    Sy pribadi tidak terlalu percaya penuh dengan seraya motor, kenapa?
    Contoh kasus sy pernah browsing soal kualitas oli pertamina fastron, ada hasil goggling di forum SM yg ketemu malah ada obrolan2 mereka yg kesannya menjelekkan atau meragukan produk dalam negri kita tersebut lha testi salah satu anggota mereka.
    Lhaa faktanya saya sendiri pemakai Fastron sudah lama dan Allhamdulillah Puas dgn produk negri kita ini sendiri sebelumnya sy pernah pake oli shell, & sy rasa banyak juga yg beli fastron dan puas dgn produk negri sendiri.

    • makasih mas tambahannya..
      mengenai kepercayaan dengan hasil review, belum tentu yang reviewer rasakan sama dengan yang dirasakan pembaca.. mungkin bagi pembaca, yang penting faktor A.. bagi reviewer yang penting faktor B.. seperti kasus oli tersebut misalnya, oli C di mobil E rasanya enak, tapi belum tentu di mobil F enak, kadang di mobil F lebih cocok oli D.. jadi memang harus cermat dan parameternya sama..

      mengenai media black campaign, saya sendiri beberapa kali memang menemukan, tapi jika memang ada bukti valid ya begitulah adanya..

      mengenai CVT, bener, di jazz GD3 kasus CVT beberapa kali terjadi.. entah faktor CVT yang kurang bagus atau perawatan yang salah, soalnya di beberapa kasus saya baca ada yang salah menggunakan pelumas matic biasa, bukan khusus CVT..

      jazz dengan GL.. berarti tromol GL lebih maknyuss daripada cakram jazz ya mas? soalnya saya belum mencoba GL.. memang bener GC nya GL lebih ramah polisi tidur dibanding jazz.. tapi kalo membandingkan bagasi, yang jadi pertanyaan GL nya dengan kondisi bangku baris ketiga dilipat atau tidak? kalo dilipat, memang sudah seharusnya bagasi livina lebih luas, maklum saja bawaan 3 baris terpakai 2 baris dan bawaan 2 baris tentu berbeda.. seingat saya kalo jok baris ketiga GL tidak dilipat, jazz masih lebih lega.. kalo suspensi memang sasaran honda lebih ke handling, GL lebih ke kenyamanan..
      nah hubungannya dengan suspensi, memang karakternya empuk, tapi bukan saya sendiri yang bilang shock ambles, banyak kawan pengamat otomotif yang mengatakan hal serupa.. mungkin beda di toleransinya ya, tapi jika dibandingkan dengan mobil lain di kelasnya yang juga full muatan, GL full muatan pasti lebih ambles..

      mengenai kaki-kaki memang tergantung pemakaian dan perawatan.. tapi di negeri ini berhubung jalannya beraneka rasa banyak mobil dipaksa kerja keras.. memang dibandingkan dengan FWD lain masih cukup awet, hanya memang pada dasarnya kaki-kaki RWD lebih awet dibanding FWD..

      • Matur suwun sangat Mas Susanto dibalas komenku, hehe.. Iya mas masalah oli yg waktu itu dibahas di SM ,masalh oli Fastron yang ada sisa butiran pasir dalam dasar botolnya. Tapi Allhamdulillah sy tidak pernah ngalamin, malahan yang ada shell saya pernah dapet jg yang seperti itu makanya ,kesimpulan saya berpikir bisa saja tiap merk ada barang gak bagusnya , pikir ku udah baik buruk, Bismillah beli produk dalam negri aja deh pertamina tercinta wekeke..

        Iya Maaf Mas Susanto ,maksudku itu kalo kursi ke 3 GL dilipat yah bagasinya lebih luas dibanding Jazz.. Kalo engga ya besaran jazz.
        Jazz itu mobil bagus kok, menurutku menang di tenaga dan asik juga dikemudikan, cuma karna body nya yg lebar dia buat selap selip agak kurang pede malahan dampak negatif, karna tenaga nya besar kita kadang suka asik bejek gas jadi boros. Haha.. minusnya juga pada suspensi yg agak keras memang Jazz gen 1&2, makanya di gen 3 diperbaiki lebih empuk supaya penumpang dan penonton gak kecewa mas, haha.. Soal CVT, jazz yg baru ini pake CVT gak ya Mas? Pake transmisi earth dreams katanya? blum ketauan bgt jg durabilitynya Jazz yg baru ini.
        Dan ngomongin Soal rem tromol,
        Jangan salah lho Mas Jazz gen 3 ini pake rem tromol lho skrg roda belakangnya , kenapa ya? Hayoo! Hehehe.. Pernah pake freed memang kalo ngerem mobil masih berasa agak nyelonong coba deh mas tanya2 langsung ke pemilik freed.

        Iya sih Mas tiap mobil punya kekurangan termasuk GL, pasti itu,mungkin kalo soal GL amblas bisa diganti shock belakang yg lebih rigid/kaku yg berisi gas nitrogen sperti KYB excel G,dll.. Agak lebih keras tapi mobil juga lebih stabil & antep positifnya.

        Setuju mas, secara rata2 RWD lebih bandel dari FWD. Tapi ya itu kembali ke cara pakai mobilnya, Karna pernah baca jg (skrg sdah di private spertinya grup2 mobil 2 kembar) ada kasus mobil2 dua kembar yg usia blum lama pakai, shock sudah bocor atau kena, atau mungkin kena di bagian tie rod atau ball jointnya. Walau bisa di dklaim kalo mobilnya baru ya tetep aja repooot dan gak enak ehehe, Kembali lagi ke pemakaian klo kasar & jorok pasti lebih cepet minta jajan kaki2 mobilnya, RWD ataupun FWD menurutku ya hehe.. 🙂

        Aku browsing dan baca2, Nissan juga ternyata membuat mobil2 legendaris seperti mobil yg jago offroad :Nissan Patrol dan nissan x-terra mungkin di indonesia gak terlalu terkenal, tapi di timur tengah, australia dan eropa mobil2 itu terkenal nyaman dan jago offroad. Mobil sedannya yg terkenal nyaman Teana/altima/sentra.
        mobilnya yg banyak juara formula drift Nissan Fairlady.
        Yg terakhir mas sudah tau pasti sama Nissan GTR dan skyline GTR, supercar yg value for money yg sering juara balapan super GT500 di jepang. Dgn harga lebih murah dari pada supercar2 eropa tapi bisa mengasapin mereka di trek dan kalo sudah di tuning bisa sampe 1000-2000 hp jadi jagoan balap drag, bisa dilihat di youtube mas.

        • njih mas.. sampai sekarang saya juga pengguna pelumas pertamina kok.. esteem dulu pake prima xp.. megapro sebelum pindah tangan kemarin juga selalu enduro setelah sebelumnya pake shell.. tricolore sudah 3 tahun pake enduro racing dan enduro.. rencananya besok cs1 juga ganti ke enduro racing.. entah kenapa sudah pas.. cuma sekarang terios masih pake shell karena sudah pas, walau fastron juga menarik..

          jazz dari cakram jadi tromol itu alasan utamanya pasti mas, penurunan biaya produksi.. sayangnya harganya malah naik.. begitu pun teknologi earth dream hanya di transmisinya.. seharusnya mengadopsi full mesin earth dream 130hp karena harga yang tak jauh di atasnya sudah ada fiesta ecoboost yang irit dan powerfull.. aneh memang..

          yep mau fwd atau rwd pasti juga ada resiko kaki kaki rusak, hanya saja jika material sama kuat secara teori lebih awet rwd, jika ternyata sama, mungkin material adalah jawabannya mas.. :mrgreen:

          nissan memang mobilnya bagus-bagus.. sampe sekarang suka liat terrano kingsroad lalu lalang di jalanan.. bener bener gagah.. pun begitu xtrail T31 juga boxy sampe sekarang enak dilihat, bahkan dibanding T32 sekalipun.. memang subyektif dalam hal ini..
          skyline legendaris.. dulu awal punya komputer selalu masang wallpaper skyline.. kayaknya asik kalo bisa memilikinya.. 🙄

          fairlady.. selalu jadi perhatian di jalanan.. pun GTR, tunernya memang gila bisa tembus 1000hp! sayang di indonesia tak banyak tempat untuk memuntahkan tenaganya.. 😐

          • Njih Mas Susanto oli produk pertamina bagus kok, gak kalah dgn produk asing. Karna pengalaman sy pribadi di mobil terrano saya, waktu pake oli shell sih cukup bagus hanya pas waktu tune up kan kelihatan tuh kepala2 klep nya untuk setel klep.. Nah itu agak kotor dan meninggalkan sedikit kerak di mesin, beda pengalaman waktu pernah pake fastron yg 20w50, itu bersih dan mengkilat di bagian jeroan valvenya, suara mesin juga halus dan tarikannya jg enteng ya dengan catatan mesin dan karbu nya sehat pasti mobilnya lebih irit dan enak larinya.
            Ya udah jadi saya pikir pake produk Bangsa sendiri ajah tapi skrg fastron 15w50 sintetik force kalo yg shell dulu bukan sintetik,lebih tinggi spek sintetik dong kan. tapi saya bukan sales pertamina lho Mas haha, hanya senang aja ada produk dalam negri yg bagus musti di promo kan hehe..

            Iya Mas Susanto soal Jazz itu mungkin mau ambil untung kali yah dan mereka mikir supaya tetep harga gak ketinggian ada yg musti disunat, ya kenaa bagian mesinnya bukan yg earth dreams. Kalo kualitas material seperti sasis dan cat, dll gak tau deh saya apakah Mobil2 Honda melebihi mobil2 jepun lainnya apakah value for money atau tidak? Balik ke penilain masing2 orang, tapi Honda bagus kok cuma yah itu harga nya cenderung lebih mahal/kurang bersahabat dibanding mobil lain sekelasnya.

            Wuii Mas setuju aku hehe.. Terrano memang desainnya gagah dan gak lekang dimakan zaman, bentuknya gak bosenin walau banyak mobil baru beredar. Terrano yg beredar di indonesia itu kan aslinya desain lama kalo di amerika itu namanya Pathfinder mas, nah yg model seperti diproduksi di Indonesia ini sebenernya model tahun 1989-1995 di amerika,klo di Indonesia kalo gak salah th 1995-2006. Kalo di Amrik sono Nissan Pathfinder masih terus lanjut generasinya berkembang sampe skrg sudah canggih dan jadi saingannya Honda Pilot,cuma gak masuk Indonesia.
            Iya setuju bgt mas karo sampean X-Trail gen 2 juga alias T31 malah tambah gagah klo skrg lihat apalagi model extremer. Hehe Walau model baru keluar, model yang lama gak keliatan jadul. Baik ya Nissan, 😀

            Wuui Skyline sama2 mobil impian kita Mas , hehe.. Semoga bisa punya kelak kita, aaamiiin ya Alloh.
            Skyline dan GTR itu suka menang juga mas di seri balapan mobil sportnya pabrikan jepang namanya super GT, pabrikan jepang lain seperti T dan H kesulitan juga melawannya.
            O ya Coba klo sempet lihat2 mas di youtube banyak GTR yg udah dituning bisa menang adu drag dgn bugatti,ferrari dan lambo yg sudah 2000hp. GTR sebenernya kalo yg standar masih enak dipake harian mas. Karna mobilnya user freindly, gesit tapi tenaganya juga gak buas sulit dikontrol kan ada settingannya di dashboardnya. Aku pernah lihat di tol dari bandung, tuh GTR kencang dan lincah walau di tengah kemacetan dia bisa selap selip trus ngilang deh susah dikejar waktu itu, sy juga naik innova sih ya gimana haha..

    • Saya tinggal diJepang Mas dan yg nomor satu diJepang itu sbnrnya Nissan dulunya… Toyota jd naik ratingnya k nomor 1 krn byk keluarin tipe2 mobil ampe mobil buat kerja yg murah2 itu byk dari toyota yg keluarin makanya masyarakat jd pada ngambil toyota krn byk varian dan harganya murah… juga disamping itu toyota keluarin hybridnya… jd intinya toyota unggul bukan krn soal mesinnya ato apa yg mengungguli nissan tapi krn penjualannya aja yg byk… jelas aja byk krn byk pilihan tipe ma murah… wkwkwk
      Bahkan org Jepang yg bawa mobil toyota tetep aja ngakuin Nissan lbh bagus… Org Jepang pemikiran mereka objektif… kalo bagus ya mereka bilang bagus… org jepang itu jujur sedunia. Gua beli Nissan serena second thn 2004 ke temannya teman atasan pabrik… trus atasan gua kayak waahhh gitu liat serenanya byk feature… jgn liat body biasa2 aja… tuh sensor kiri kanan depan blkng… rumput aja setinggi bumper kalo goyang2 diparkiran gua sensornya bunyi2… kalo smakin dekat dgn objek maka bunyinya semakin cepat repeat gitu. air bag gak usah ditanya…mobil tahun 1980an aja pake airbag disini. trus dimasing2 handle pintunya ada tombol… yg penting kunci mobil dikantongin tinggal pencet tombol buat lock unlock mobil. Kunci mobil kayak kartu gitu… stater gak pake kunci… yg penting kantongin aja lgsg puter stater disetir mobil. remote kunci mobil minta ampun jauhnya… trus udah pake remote stater mobil dari jauh… kalo musim dingin tinggal pencet dari kamar tidur mobilnya nyala sendiri… hangetin mesin ma cabin.
      pemiliknya aja bilang ke atasan saya… “Nissan Soalnya Bro,”… gitu bilangnya…
      Trus kalo soal kejuaraan mobil touring Jepang… kagak usah ditanya… Toyota Supranya jd kayak barang pajangan doang disirkuit. gua sih salut ma driver nya dah ilang saraf malu ngebawain mobil lawas si Toyo disirkuit bersaing ma Skyline dan kawan2… kasian banget liatnya. Skyline ma kawan2 penuhin sirkuit trus lawan2nya yg setara itu Lamborghini ama Ferrari… bener2 Gan… bangga banget bawa Nissan disini… mobil org kaya katanya… soalnya bensinnya kan lumayan gigit drpd edisi2 hybridnya toyota… mo segimana irit sih gan.. yg standard2 juga bg gua dah bersyukur… gak usahlah yg hybrid2 gitu ampe 1:39lah… org gua gaji masih cukup kok…
      jgn lupa gan Skyline GTR kebanggaan Jepang utk saingi mobil2 sport eropa ma Amerika. Dah jadi iconnya mobil sport Jepang. Kalo mesin jgn dilawan Nissannya…
      Ada satu kali perusahaan nama Assay yg mendukung penjualan toyota diJepang karyawannya berkunjung diperusahaan gua… iseng2 ngobrol2… katanya; “kalo bukan krn mereka toyota gak bakal sebesar kayak skrg ini”. Nih org Jepang yg kerja bantu masarin toyota yg ngomong. Org Jepang klo ngomong itu dipertanggungjawabkan. Gak asal ngoceh kosong doang. Dari gaya ngomongnya dia gak pernah ngangkat2 keunggulan toyota… biar kita2 pd make produk toyota. Krn mereka tau Toyota gak ada apa2nya. Sejarahnya pd tau semua kalo toyota cuman beli hak patent mesin besar dari perusahaan Kawasaki apa Daihatsu gua lupa. Ntar gua nanya lagi. Trus mereka ambisius maen beli sana sini kerjasama sana sini buat nama perusahaan mereka doang…. Kapitalisme versi Jepang nih kayak Macintosh aja.
      Sekian tambahannya gan.

  11. Banyak yg milih GL? Ngga juga tuh… Udah cb cari referensi kelemahannya? Cb di cari deh main ke serayamotor.com banyak user gl blak2an.

    Kaki2 emang empuk tp ga awet, biaya ganti mahal.. Dll…

    Tatikan enak? Kata siapa? Justru cvt gl itu lemot abiss, cvt honda lebih advanced krn sudah torque + cvt, ga percaya coba deh test drive jazz, mobilio, hrv atau brv yg pakai transmisi sama persis, kl freed masih konvensional

    • masalah kaki, kayaknya ada merk lain dengan handling superb namun rada keras yang kakinya juga cukup rentan dan biaya mahal.. memang GL bagi driver enthusiast masih kurang di handling.. namun hal itu konsekuensi mobil nyaman dengan harga bukan super mahal bukan?

      masalah tarikan saya sendiri belum mencoba langsung jadi belum bisa komentar, tapi secara umum cvt butuh perlakuan berbeda dengan konvensional memang..

      fyi, saya juga pembaca serayamotor.com, sering baca disana 🙂

    • Tarikannya Grand Livina enak kok mantap cukup bgt buat harian, apalagi kalo mobil dirawat sangat baik rajin tuneup di bengkel resmi tiap 10rb km sudah sepaket sama carbon clean.. Tambah pake rutin pertamax tambah ngacir dan enteng tuh akselerasi mobilnya. Klo sering pake premium yah musti rutin tune up biar bersih ruang pembakaran.

      Masbro Produk2 honda juga banyak yg cacat dan kurangnya mas kalo mau kita buka2 an. Maaf Jazz gen berapa maksudnya mas ? Gen 2 & 3 di indonesia gak pake CVT.. CVT gen satu juga banyak kena masalah. Bahkan CVT honda CRV 2015 di amerika banyak yg kena masalah getaran keras tuh, kasusnya sampe2 masuk tv silahkan aja goggling di youtube juga ada. Honda HRV di indonesia pun awal2 kena banyak masalah kan. Tahun kemaren aja ada recall besar CVT honda di indonesia coba ente googling.
      Blum lagi harga jasa di bengkel resmi honda lebih malah dibanding nissan untuk mobil yg sekelas dan sejenis yah dan untuk job yang sama dan harga spare part ori honda itu mahal2, mobil2 tua honda juga biasanya ada masalah di kelistrikan,rack steer, ecu, ac, dan kaki2.. Kalo gak percaya saya yah silahkan saja cari tau lagi lebih mendalam baik di dunia nyata maupun maya hehe.. Blum lagi masalah recall airbag yang puluhan juta mobil honda di dunia ditarik karna ada masalah airbag yang sampe ada korban jiwanya silahkan lagi anda googling. Makanya masbro kita jangan fanatik buta dan tak perlu terlalu mengagungkan honda dan toyota nanti bisa kecewa, mereka pun banyak kekurangan sebenernya hanya saja sales mereka dan fanboy nya lebih hobi jatohin merk2 lain terutama nissan, sekarang zaman sudah modern kita musti berpikir baik, lebih kritis dan smart.

      • setuju mas…
        jazz pernah ditarik 400ribu unit krn masalah kelistrikan…
        Gua diJepang dah 7thn… gak mao beli namanya honda… terlalu sering masalhnya di power window macet…
        gua pernah pake serena 2000 ampe ancur… tp msh jalan… soalnya gak pernah ganti oli transmisi ma suka teelambat ganti oli ampe 10ribu km… tp justru rusaknya bukan dimesin… tp gua nabrak musang ampe bemper lepas pengaitnya patah dan spatboard sln wheelhouse kecabut trus gak gua benerin jd aer hujan masuk ke kabel2 kelistrikan buat lampu utama melalui wheelhouse… gak tau mngkin korsletting ato apa pokoknya hasil akhir lampu sein gak nyala lagi… pernah bermasalah ma transmisi… mesin idup tp gas kagak jalan… kambuhan…. cmn bentar doang matiin mesin pasang lagi dah sembuh lagi… tp itu jarang banget… terakhir gua pke kagak ada masalah ampe gua buang tu mobil ditempat pembuangan tp gua dpt duit… seharusnya yg buang yg bayar… tp kata org pakistan yg punya recycling itu mereka blg mo ngambil mesinnya doang… gitu critanya… masalah transmisi krn mobil gak pernah ganti oli transmisi lagi udah kelewat batas ampe hampir 40ribu km. tp masih jalan loh… nyaman lagi. Gua ganti mobil krn disini gampang beli mobil baru… secondanya segunung ampe sepulau… byk pilihan trus murah lagi… mending gua beli baru gua pikir drpd ngurus perpanjang surat2 yg baru… biayanya beda2tipis ma bli baru.

    • kalo comment pake konteks Boss..
      critanya disini bandingin ma pesaingnya… bagusan mana… masalah kaki2 tergantung pemakainya… mo kasar ato alus ato medannya juga… yg pasti semua mobil ada kekurangan ma kelebihan… yg objektif aja cara menialinya… lagipula jazz body kecil harga juga tinggi… coba aja diadu jazz loe isi 7org gede2 ditanjakkan ma GL… lemotan siapa… objektif dong pandangannya… harus sejajarkan dgn harga+kebutuhan+plus minus mobil+estetika… krn ada org gak peduli mo nyaman ato apa yg penting kliatannya indah bodynya dimatanya. coba aja loe bedebat ma org2 itu… ada yg gak masalah modelnya yg penting harga jualnya…
      lagian disini kan ngebahas OVERALLnya KESELURUHAN… bukan satu sisi doang nilai bagus buruknya sbg hasil akhir.
      kalo gua jujur ngapain ngambil mobil bencong kayak jazz gitu… mending ambil SUV 5 seat skalian krn gua gua pngn muat banyak jd ambil GL… desain modis brandnya jg terkenal. soal minus2nya masih minimalislah. kalo mao ngomongin masalah duo kembar perasaan paling byk mereka2 itu deh.. bengkel2 penuh sesak ma mereka…
      Ato drpd jazzz mending gua Livina… ada tipe X Gear… coba aja adu ma jazz… blom tentu cooyyy…kita adu balap ma adu tubruk liat aja driver siapa yg babak belur duluan.

  12. memang Grand Livina kita akui keluaran Nissan, namun pengalaman saya naik mobil tsb dgn 7 penumpang didalamnya disitu baru ketauan gak enaknya naik Grand Livina, krn mobil jungking ke belakang sebab suspensi belakang terlalu lemah serta dibawa ke jalan tanjakan dgn 7 penumpang harus ekstra hati2 sebab kurang tenaga dikarenakan tarik roda depan jadinya gak safety, juga kalo jalan pedesaan rada hati2 banget jika muatan 7 penumpang sebab bisa merusak bemper depan dan belakang serta bisa merusak knalpot yg menyentuh tanah, jadi mobil ini kurang direkomendasikan utk mobil keluarga Indonesia.

    • memang suspensi belakang cenderung ambles.. kemudian diakui pula kalo fwd memang rawan mengalami spin jika di tanjakan kurang perhitungan.. namun perlu juga melihat yg lain, mpv sekelasnya kecuali duo astra semua fwd, bahkan mpv kelas atas pun memakai fwd walau berbeda di mesin tentu saja..
      mengenai bemper depan dan belakang alasannya kenapa ya? apa nggasruk sampe kena bemper? memang GL rendah, tp nampaknya masih normal jika penggunaan normal, karena dibandingkan city car, GL masih bisa melalui polisi tidur dengan tenang di kawasan kos dekat UGM yg kurang manusiawi..

  13. iya GL lebih irit dr pada all new avanza, saat sy melancong pakai all new avanza sby – batu kota – malang kota – sby isi bbm kira2 habis premium 250rb.. pakai GL dgn tujuan yg sama irit2 bbm cm isi bbm premium 170rb pp +macet cet yg panjang.
    nyaman, kedap , buat ngebut stabil.. dr pd avanza pas ngebut kecepatan 100 aj rasanya mobil terasa oleng kena terpaan angin kencang. utk soal belakang dgn penumpang yg lebih dr 3bj GL memang harus diimbangi main pengaturan di tekanan angin pd ban depan dan belakang tambah tekanan anginnya ( contoh dpn 30psi – blkang 40psi) biar lebih saat akselerasi.

    berbagi cerita.. semoga bermanfaat

  14. Saya pake ANGL 14, joss banget. nyaman irit surabaya, jogya dieng, ambarawa sby cuman habis 450 ribu. udah naik turun gunung lewat jalan tembusan dieng pemalang yang jalannya hancur juga enjoy aja naiknya. gak berasa capek perjalan 4 hari 3 malam. cuman servis di beresnya mahal, tapi kalo harga sparepart standarlah harusnya.

  15. Ertiga yang saya pakai 3 tahun, kijang inova 2 tahun dan terakhir grand livina, diantara ketiganya setelah beberapa hari mencobanya ternyata grand livina 1500 cc yg saya pergunakan memang sungguh mobil terasa sedan sejati. kedap suara, bantingan berbelok halus, bahan bakar irit sekali, bisa mencapai 1 liter 17-18 km luar kota. kelemahan hanya kursi baris ke tiga yang cocok buat anak anak, layaknya mobil xenia , avansa , kijang dan zuzuki ertiga, benar pendapat teman teman gl memang nyaman dan stabil.

    • memang dibanding mpv 200an juta livina lah yang paling sedan-like.. nyaman dan lumayan irit, walau katanya karena suspensi empuk maka handling di tikungan jadi imbasnya walau tidak parah..
      kalo baris ketiga, nampaknya yg lain masih lebih nyaman untuk orang dewasa..

  16. hanya orang yg beruntung pilih nissan,,,soalnya nissan memuaskan konsumen,,irit dan nyaman sya jg punya gl nyaman bnget keren mewah

  17. Gw punya Toyota kijang buaya KF10 1200cc full std 1981 sdh 34tahun mesin persis corolla dx 1200cc.perawatan sederhana ganti oli doang ikutin km,jarang manasin klw inget gak rutin,jarak tempuh baru 9924km setelah diseting dari NOL lagi mulai tahun 2005.baru sekali nyoba oli S***L 20w50SL minggu pertama lewat jalan non tol PP jkt bogor 100km mobil berasa kurang bertenaga gigi1,2,3 dan main 4 kecepatan gw patok 60km/jam,minggu kedua sedikit tenaga nambah mungsin sdh penyesuaian oli pp jkt bekasi 94km tol dan umum kecepatan gw patok 80km/jam masih enteng main ujung jempol stabil ,wow ternyata BB GPS 77.4km/jam.keiritan BBM bensin rp 7400 beli 50rb =6.75 liter pp 94km =±14km/L apa ga irit,heran gw nyangka padahal 34tahun non Ac beban jalan 3 orang 75+60+45=180Kg + 20Kg barang=200kg.Oli tadi sdh pakai dibulatkan saja 200km liat besi ukur tinggal disetengah wah penguapan apa ga gede.tapi namah 300ml balik ke batas atas F,wow oli sdh menghitam apa sekalian pembersih kerak entah mengapa tapi apa buat tambah irit bbm ,bau asap dari oli ga nyaman lagi pas manasin apa karna bisa bisa diperuntukan bensin dan diesel.blm gas poll ga berani ekplor lebih faktor mesin sdh tua dan bawa keluarga kecuali sendiri berani ekplor tapi belum sempat

  18. Saya belum lama ke Pacitan tepatnya ke pantai Teleng Ria, dengan GL Full Penumpang 6 D dan 3 A, kenyamanan memang luar biasa untuk baris 1 dan 2, untuk PP tidak terasa capek. tapi untuk baris ke 3 memang terasa sempit sekali. tapi sebetulnya bisa diakali dengan jok kedua dimajukan dikit (soale Jok bisa diatur), alhasil kenyamanan baris ketiga bisa lebih terasa. untuk BBM memang luar biasa irit, kebetulan aku pakai pertamax cuma habis 200 rb PP, itupun masih ada sisa. untuk tanjakan saya pikir tidak ada masalah, bahkan untuk naik turun menuju pantai teleng ria, aku selalu pakai gigi 2 dan 3. dan seingat saya tidak pernah pakai gigi 1. GL memang sangat recomended

    • cuma ada rear air vent dan belum double blower yap.. memang banyak dikeluhkan.. pernah baca kalo saat baris pertama dingin normal, baris kedua dan ketiga kepanasan.. saat baris pertama dingin banget, baris kedua normal dan ketiga masih kepanasan.. 🙄

  19. Uda dapet Livina XR 2009 seminggu kemaren bro. Pas bawa pulang emang jos tarikannya bbm’nya juga lumayan irit. tapi pas bawa ke bengkel..jos pisan tarikan dompetnya… 🙁
    emang sih. tongkrongan ama jokian, Livina juara… 🙂

    • wah selamat mas atas mobil barunya.. 😀
      bbm bisa nyampe berapa?
      bawa ke bengkel apa aja yang perlu dibiayai mas?
      memang sih livina mantep juga tarikannya, walau kalo ditanya fun to drive nya, masih belum bisa disandingkan sama duo jepang lain.. 🙄

  20. new avansa,ertiga,mobilio dan grand livina sama sama mobil mpv diantara ketiga nya untuk kenyamanan dan fitur interior saya rekomondasikan grand livina atau mobilio, untuk kesetabilan didalam mengemudi maupun handling saya rekomendasikan grand livina, mobil ini tidak limbung dalam keadaan kecepatan diatas 100 k/h ataupun dibawahya ,memang hanya ground clerence agak rendak dibanding avansa ataupun ertiga,

  21. saya pernah punya ertiga keluaran 2013 dan kalau dirasakan kenyamanan untuk mengendarainya untuk pertama kalinya keduanya hampir tidak ada bedanya dengan ( gl tahun 2010) Setelah beberapa jam kita mengendarainya atau kita bilang mengendarai untuk antar kota atau jangka waktu yang lama baru terasa perbedaanya. Ternyata tingkat kenyamanannya gl tetap stabil dan lebih mantab. Sedangkan ertiga terasa agak ringan dan goncangan body mobil terasa sekali.Kira kira itulah perbedaanya.

  22. saya mencoba ke luar kota dan madiun tujuannya, beberapa kali kami mencoba kijang, xenia dan terakhir mitsubishi kuda, dari beberapa yang saya pergunakan traveling keluar kota, ternya nissan grand livina yang paling nyaman dan irit bahan bakarnya, badan terasa segar saja setelah menempuh perjalanan jauh. Walaupun di isi dengan lima orang.

    • joss banget berarti.. dari mana itu ke madiunnya?
      kalo irit memang paling irit di antara yang lain..
      kalo ada yang duduk di baris ketiga, mungkin akan ada yang sedikit berbeda.. 😉

  23. Kebetulan sy pingin gantiin papanza yg udah uzur, masih bimbang juga sich livina atau ertiga karena belum ngrasain duduk di bangku belakang, karna rencana boil ini mo di pakai utk operasional yg sering di pakai byk penumpang.

    • kalo jok belakang sih belum bisa testimoni juga kang soalnya belum pernah masuk di bangku paling belakang..
      kalo kenyamanan secara umum sih masih livina yang mendekati sedan.. tapi kalo secara kabin dan lebih wani perih nampaknya ertiga..

  24. Saya termasuk yang hampir membeli mobil ini… karena harga bekasnya yang sungguh menggoda. tapi saya urungkan karena kabin kurang lega.
    Saya pernah jajal versi matic 1.8 tarikan agak kurang. Tapi soal Kenyamanan nomer satu termasuk top speed juga rajanya (temen saya jajal bisa lewat 185kpj) . Soal perawatan agak menguras kantong. Kata teman saya yang ganti busi harganya bisa 4 kali lipat busi lain. (Ditempat kerja saya dilantai yg sama ada 3 pemilik livina 🙂 ) .
    Kalau bertubuh beruang terus terang kurang nyaman mobil ini, posisi duduk sebagai penumpang sepertinya agak rendah jadi kaki agak keatas… ngganjel perut coy… 🙂 . Kabin senyap senyaman sedan. AC ga sedingin doubleblower yang lain.
    Data dari tabloid kontan di 2014 penjualannya masih dibawah avanza,mobilio,ertiga,xenia, dan APV. Mobilio benar2 memporak porandakan pasar MPV Indonesia. Hampir semua merk terserap pasarnya

monggo tanggapannya.....