long weekend hindari macet tol jakarta-cikampek dan cirebon-brebes via jalan pantura

assalamu’alaikum wr. wb..

macet, libur panjang dan gerbang tol cikarang utama.. 3 hal yang kerapkali berada dalam 1 kalimat berita ini memang tak bisa dihindari.. penumpukan arus keluar dari jakarta menuju yogyakarta, semarang dan solo melalui pantura jawa tengah maupun bandung selalu terjadi mulai dari dalam kota jakarta hingga ke ruas tol jakarta-cikampek meski pada umumnya setelah percabangan tersebut mulai terurai.. yap, kombinasi padatnya kendaraan dan pasti berhentinya di gerbang tol cikarang utama..

jalur mudik semarang solo yogyakarta via tol cikampek cipali palikanci pejagan pantura (1)

berdasarkan pengalaman perjalanan jakarta-solo di long weekend idul adha lalu, memang benar lebih baik mengkombinasikan jalur tol dan non tol.. lebih baik juga selalu memantau kondisi lalu lintas via google maps dan waze seperti saat dari banyumas menuju jogja kemarin.. nah saat itu jumat janjian untuk berangkat dari jakarta timur jam 7 untuk mengantisipasi macet.. namun yang terjadi adalah mobil temen kena macet di kawasan jalan inspeksi kalimalang, tepatnya sebelum cipinang mall dari jakarta hingga akhirnya baru bisa berangkat jam 10.. memang jalannya sempit apalagi terdapat proyek tol becakayu, nanti jika tol yang menghubungkan bekasi ke kampung melayu melalui cawang ini sudah jadi pasti dapat memecah keramaian di jalur inspeksi kalimalang.. disini dapat dipantau apakah lebih merah lewat pinggir saluran kalimalang atau lewat tol kemudian keluar di jatiwaringin ataupun di bekasi barat sekalian..

nah nbsusanto melalui jalan inspeksi kalimalang dengan santai hingga perempatan pekayon jaya pun nbsusanto memilih lurus lewat jalur arteri.. niat kami saat itu satu, yaitu menghindari gerbang tol cikarang utama.. sudah sesimpel itu saja.. sambil memantau google maps.. terus melalui jalan inspeksi kalimalang hingga dipaksa belok ke utara di salah satu persimpangan.. tak masalah memang menuju jalan pantura..

img_20160912_194009

memang jalur arteri ketemu motor dan hanya tersedia 2 lajur setiap arah, tapi jika banyak orang memilih lewat tol harusnya jalan arteri lebih lengang.. dan benar saja setelah orang orang bekasi berbelok ke arah rumahnya kami bisa melaju stabil di 60-70 di jalur pantura dan hanya terhambat di persimpangan.. lha kok keterusan.. semakin ke timur di gerbang tol yang kalo masuk sudah setelah cikarang utama pun kami masih nyaman di arteri.. hingga akhirnya di kawasan dekat pintu tol karawang timur kami memutuskan untuk masuk ke tol karena belum yakin jalan antara karawang timur hingga simpang jomin dan ragu mau lanjut pantura atau via cipali..

begitu masuk tol, ya bener kecepatan bisa sama di 70 km/jam, tapi kondisi padat dan kurang nyaman.. nggak tau kenapa kepikiran mending di pantura, meskipun ya sudahlah toh sudah pilih masuk tol.. untungnya sih selepas percabangan dengan tol menuju bandung kepadatannya sudah berkurang.. apalagi begitu masuk cipali, kondisi jalanan sudah lengang.. kalo ini sih pilihan yang lebih realistis karena harus diakui pantura antara cikampek dan cirebon memutar cukup jauh.. ya belum tentu selalu begitu apalagi di musim lebaran bisa saja lewat pantura bisa cari jalan tikus..

tol pejagan pemalang dibuka, jalur mudik semarang solo yogyakarta via tol cikampek cipali palikanci pejagan pantura lebih bervariasi (2)

nah berhubung tol masih berujung di brebes timur yang masuk keluarnya lebih sempit dibandingkan jalan utama tentu saja akan terjadi penumpukan.. untuk mengantisipasinya saat kembali dari solo menuju jakarta nbsusanto memilih tetap stay di pantura dan tidak masuk di gerbang tol brebes timur.. di pejagan pun tidak masuk dan di perbatasan jateng-jabar masih di pantura.. simpel, males masuk tol karena di pantura sudah nyaman.. lha ra kudu mbayar kok! :mrgreen: namun akhirnya kami pun memilih masuk tol entah di pintu mana kalo tidak salah sudah di antara ruas kanci-palimanan.. mau lanjut lewat pantura takutnya bingung jalan dan terlalu jauh eman-eman karena tak ada tanda merah di jalan tol.. yup, tak ada penumpukan kendaraan di pintu tol dan di dalam tol pun cukup lengang meski tidak selengang hari biasa..

nah mulai kawasasan cikampek ke barat dan pertemuan dengan tol cipularang mulailah padat.. bahkan macet.. praktis sering terhenti dan kalo mau sedikit lebih cepat main pindah lajur.. di google maps terlihat nampaknya di depan ada kecelakaan.. lha wong tak ada apa-apa saja sudah macet seperti long weekend naik damri dulu.. akhirnya nbsusanto cek maps lagi dan memutuskan untuk keluar tol di pintu karawang timur.. yap perjumpaan dengan tol kami saat itu memang tak lebih barat dari karawang timur.. keluar antri sebentar, sedikit terhambat karena ada beberapa bus yang menurunkan penumpang tak jauh dari pintu tol.. selebihnya lancar seperti saat menuju solo.. pantura dan ujungnya sudah di sisi saluran kalimalang.. dari semarang ba’da maghrib dan subuh sudah masuk jakarta timur.. entah kalo masih bertahan di tol sampainya jam berapa..

gerbang-tol-palimanan

pada akhirnya memang kita tak bisa harus memilih jalan tol, karena jika semua lewat jalan tol pasti penuh.. pun begitu jika semua pilih pantura maka pantura penuh.. lebih baik selalu amati dengan google maps dan waze.. ya memang secara jarak mungkin tol lebih singkat, tapi kalo sedang padat kenapa nggak cari alternatif saja bukan? 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Desember 21, 2016, in Tips & Trik. Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. waktu main ke cirebon cuma jalan ke goa sunyaragi sama ke keraton , kalo kulineran paling ke nasi jamblang sama tahu petis. yg ngangeninnya itu nasi jamblangnya beuhhh itu pepes ayam sama pepes jamur ngangenin banget haha. bagus nih artikelnya , sukses terus ya .
    kalo misalkan butuh info tmpt wisata liat disini aja Info Travelling siapa tau berguna. makasih

    Suka

  2. kalau macet mending cari alternatif lain

    Suka

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: