Publikasi : Analisis Kelayakan Skema KPBU pada Penyelenggaraan Kereta Api Parangtritis – Bandara Yogyakarta International Airport

Assalamu’alaikum wr. wb..

Dalam rangka mendukung pembangunan kawasan selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan konsep “among tani dagang layar”, terdapat rencana pengembangan jaringan kereta api Bandara Yogyakarta International Airport di Kulon Progo – Parangtritis untuk melayani mobilitas, meningkatkan perekonomian, dan mendukung pengembangan wisata. Jalur kereta api Parangtritis – Bandara Yogyakarta International Airport direncanakan sejajar dengan Pantai Selatan Jawa dan Jaringan Jalan Lintas Selatan dengan mempertimbangkan aspek teknis dan finansial menggunakan parameter NPV, IRR, BCR, dan payback period. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kereta Api Parangtritis – Bandara Yogyakarta International Airport sepanjang 33,8 km dengan pendanaan sepenuhnya dari Badan Usaha terindikasi tidak layak secara finansial. Kelayakan finansial didapatkan dengan skenario prasarana dimiliki oleh Pemerintah dengan Badan Usaha sebagai operator. Skema KPBU yang dapat diterapkan adalah Pemerintah selaku regulator berkewajiban untuk mempersiapkan dokumen, rekomendasi, kebijakan, penyediaan lahan, dan pembangunan serta perawatan prasarana, sementara itu Badan Usaha berkewajiban untuk menyiapkan dana dan menyelenggarakan layanan perkeretaapian selama masa konsesi.

link halaman publikasi : https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/766

alhamdulillah publikasi resmi kedua dan lagi-lagi tentang kereta api.. lagi-lagi medianya melalui Prosiding FSTPT.. ya, ini adalah sebagian dari penelitian saat nbsusanto memutuskan untuk sekolah lagi.. mohon maaf karena nbsusanto yakin masih banyak kekurangan dan kesalahan.. semoga bermanfaat.. semoga tetap dapat menulis dan berbagi lagi….

sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*