low beam yamaha R15, nyala yang kiri? memang antimainstream

assalamu’alaikum wr. wb..

kemaren yamaha R15 telah resmi dirilis di jakarta..dengan adanya penampakan fisik, tentu terlihat jelas berbagai fitur yang tersemat padanya..

wpid-wallpaper-yamaha-r15-v2-0-minor-model-change-2014-2.jpg
nyomot dari pertamax7.com

salah satu hal yang menarik adalah bagaimana mode nyala lampu utama dari yamaha R15, mengingat head lamp yang mengadopsi model dual keen eyes, apakah nyala keduanya saat low beam atau nyala satu saja..

nah, kebetulan oleh om iwb pertanyaan itu terjawab di artikelnya disini, yg menunjukkan bahwa saat dalam kondisi lampu dinyalakan secara high beam + passing switch akan menyala kedua bohlam osram @35 watt sehingga total 70 watt..tenang saja, yamaha R15 telah menganut kelistrikan DC.. 😉

wpid-yamaha-r15-indonesia-2.jpg

namun saat lampu dalam kondisi low beam, yang menyala satu lampu di sebelah kiri..

wpid-yamaha-r15-indonesia-3.jpg

cukup berbeda ketika dual keen eyes menyala satu lampu, umumnya yang nyala adalah lampu sebelah kanan.. contohnya ada pada ninja 250 fi, minerva gtr150, minerva vx 150 serta berbagai mode yang menganut dual keen eyes dan lampu yang menyala saat low beam adalah lampu kanan..
nah.. terasa janggal karena yang utama diandalkan adalah sorotan lampu sebelah kanan..apalagi kalo diamati, sorotan lampu kendaraan di indonesia sedikit condong ke sebelah kiri..apakah sorotan lampu R15 ini akan condong mengarah ke kanan?

kemudian, ada sedikit opini saat obrolan dari grup watsap koboys junior tadi :

Screenshot_2014-04-24-11-02-53

 

karena nyala lampu di sebelah kiri, maka saat ngintip mau nyalip mobil nggak keliatan dari spion..memang kalo sudah siap nyalip bisa dengan menyalakan passing beam, tapi apa iya belum pasti kalo depan kosong langsung main dim dan ternyata nggak jadi? yang ada malah bisa mengganggu konsentrasi kendaraan lain..

tapi, pastinya yamaha sudah mempertimbangkan berbagai faktor sebelum merilis posisi lampu yamaha R15 ini..mungkin memang ada yang kurang dengan headlamp kanan yang menyala dibandingkan dengan headlamp kiri..mungkin ada alasan seperti ahm memasang switch klakson dan sein posisinya ditukar..hanya saja memang belum wajar..

*tambahan karena beberapa komentar tentang lampu kiri yang nyala karena di indonesia menggunakan jalur kiri berbeda dengan negara lain yang pake nyala lampu kanan..padahal sebagai contoh jepang sebagai raksasa otomotif yang juga memproduksi berbagai moge dual keen eyes dengan nyala lampu di kanan padahal disana juga mempergunakan jalur kiri seperti referensi dari wikipedia disini..

kembali lagi..berbeda? nggak masalah tentunya 😎

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

28 Komentar

  1. Kl nyala kiri mungkin lebih karena kita pakai lajur kiri,jadi yg lebih di utamakan pencahayaan sebelah kiri…kl soal nyalip nggk kelihatan menurut saya yg harus di rubah kebiasaan rider nya,,kl nyalip ya harusnya nyalain sein kanan (nggk nyaranin lewat kiri saya) di barengin klakson biar yg di salip sama kendaraan lawan arah cepet tanggap sama pergerakan kita.

    • nah itu dia mas..soalnya jepang pake jalur kiri, namun kebanyakan mogenya pake lampu kanan..
      kalo pas nyelip sih iya mas harus ngasih tanda..nah yang diutarain temenku itu sebelum nyelip kan butuh ngintip terlebih dulu..

    • iya ternyata.. haha.. suwun infonya mas.. maklum nggak merhatiin lampu ninja 250.. kalo malam jarang ketemu.. pas bisa lebih dekat dg ninja 250 karbu, lampunya sudah non ori.. :mrgreen:

  2. yg sesuai ama jalan diindonesia ya lampu kiri yg nyala, karna kita jalan sebelah kiri,
    klo kanan yg nyala kayak ninja, klo ngedim nyala sebelah kiri malah orang yg dipinggir jalan yg kena.
    luar negeri jalan sebelah kanan, jadi lampu nyala kanan.
    sama kayak setiran mobil, cuma klo lampu motor emang ga disesuaikan.
    r15 dirakit disini jadi udah disesuaikan ama jalan disini, beda ama motor import.

    • logis sih mas.. berarti lampunya di set lurus ya? soalnya motor ataupun mobil arah cahayanya cenderung ke kiri mau low beam maupun high beam..
      tapi..tigerpicek rakitan lokal dim nya juga di kiri..moge made in japan pun lampu dim di kiri walau pake jalur kiri..nah lho.. 🙄

1 Trackback / Pingback

  1. Pilihan mematikan lampu depan sebelah kanan di motor sport Yamaha Indonesia yang tidak logis dan membahayakan | Mengupas berita soal rider dan motor

monggo tanggapannya.....