berkenalan dengan suzuki satria fu injeksi!

assalamu’alaikum wr. wb..

belakangan dunia otomotif indonesia geger karena lahirnya motor dengan nama lawas namun generasi baru dari pabrikan suzuki.. yap tidak salah lagi, suzuki satria FU injeksi menggantikan satria karburator untuk mempertahankan posisinya sebagai penguasa pasar ayago di negeri ini.. kebetulan kemaren nbsusanto dolan ke bekasi dengan imotorium dapat kesempatan untuk berkenalan dengan motor ini..

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (14)

sebagai penyandang nama besar satria yang sudah eksis dari 10 tahun lalu, dan tentu saja dengan kehadiran mx king dan sonic 150, maka mau tidak mau harus terjadi banyak perubahan pada satria injeksi ini.. nah berikut beberapa detail yang sempat nbsusanto abadikan..

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (22)

yang pertama terlihat adalah terjadi perubahan pada headlamp, menurut nbsusanto untuk satria terbaru ini jauh lebih sedap dipandang dibandingkan dengan satria karbu generasi terakhir.. nah, dengan genre yang sama dengan pesaing barunya, satria tak mau kalah memasang LED sebagai lampu depan.. selanjutnya adalah untuk sisi ban, satria menggunakan ban yang ukurannya masih sama yaitu 70/90.. untuk rem depan menggunakan kaliper bybre seperti yang digunakan oleh bajaj.. yap, keturunan brembo!

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (9)

tampak samping nampak datar tanpa ada tekukan desain yang nyleneh.. memang kesannya jadi polos, tapi terlalu rame juga nggak bagus.. o ya, untuk seri motogp mesin dilabur warna hitam, sedangkan seri blackfire dan lainnya dicat warna emas.. untuk model velg memang khasnya satria ya palang 10.. velg sendiri memang tak bisa dikatakan lebar, untuk depan 1,6 inch dan belakang 1,85 inch.. seperti sebelumnya.. cmiiw.. tapi merknya Enkei! siapa yang nggak kenal merk ini? 😀

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (20)

sementara itu dilihat dari belakang.. err.. kalo boleh jujur taillamp aneh! heran, sama-sama ayago kok buritannya sama-sama fail.. memang sih masalah selera, namun tampaknya banyak yang setuju kalo ada desain yang lebih bagus di generasi sebelumnya.. malah jadi inget suzuki axelo kalo begini.. oya, motor jaman sekarang memang banyak yang menambah lampu kecil untuk menerangi plat nomer ya.. kalo ban belakang sendiri pake 80/90.. sementara itu di rem belakang suzuki memasangkan kaliper merk tokico untuk menjepit cakramnya..

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (7)

beralih ke sisi atas.. stang jepit dengan tangkai rendah khas satria.. dengan lampu yang sudah menganut AHO, dengan tombol yang ada standar berupa electric starter, klakson, saklar sein, saklar lampu dekat-jauh.. jangan lupa ada fitur secure key shutter khas kebanyakan motor jaman sekarang..

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (4)

fitur baru di satria, yap ada bagasinya, mengingatkan pada cs1 saja dengan bagasi di depan.. ukuran bagasi cukup panjang walau tidak lebar dan tidak dalam.. ya setidaknya bisa untuk naruh jas hujan yang harus dilipet rapi banget dan beberapa toolkit, ya tentu daripada nggak ada! :mrgreen:

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (3)

di bagian cluster meter.. yap full digital! mengingatkan pada suzuki fxr walau berbeda.. yang menyenangkan, indikatornya lengkap.. apa yang dimau? speedometer? odometer? fuelmeter? odometer? tripmeter AB? gear indikator? jam? pengingat ganti oli? lampu indikator panas? ada semua! mana bentuknya sudah seperti android saja.. 😆

suzuki new satria fu fi injeksi 2016 (5)

saat dibuka joknya ya begini yang nampak.. nggak ada yang spesial, cuma nampak tangki bensin berkapasitas 4 liter dan aki kering..

nah ini juga yang membedakan dengan satria lawas, dimana untuk versi karburator menggunakan oil cooler dan kapasitas oli mesin 1 liter.. nah untuk satria injeksi dengan perbandingan kompresi 11,5:1 ini menggunakan radiator sebagai pendingin dan kapasitas oli membengkak ke 1,3 liter! ayago jaman sekarang dagelan ya.. satria dan sonic kompresi di atas 11:1.. kemudian butuh lebih dari satu botol oli untuk penggantian berkala.. jadi apa karena bensin irit jadi butuh oli banyak? 😆

suzuki memang melakukan banyak perubahan di ayago terbarunya.. walau basis mesin awalnya dohc overbore seperti versi pendahulunya, tapi selain injeksi ada perubahan sistem pendingin.. headlamp dan speedometer pun ikut tren masa kini.. kelebihannya lain ada pada bagasi yang walau kecil tapi daripada nggak ada.. cuma sayangnya desain lampu belakang kurang pas saja.. kemudian performa gimana? insya Allah nbsusanto coba ceritakan di artikel mendatang karena dapat kesempatan test ride.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

16 Komentar

  1. pertama liat sekilas,malah bagusan versi karbu terakhir deh bodinya,dari lampu ke ekor.yg ini agak gimana gitu.
    aneh juga,beraninya pake lampu belakang kaya gitu ..
    sepertinya kalo mx dibikin ayam jago,satria injeksi ini kelihatan jelek

  2. Bro punya foto fu fi yg warna merah hitam pelek merah & biru putih hitam yg mega gallery gak…????
    Knapa yg dipinjamkan warna livery suzuki saja ya.
    Sayang banget tangki andekan 5 / 6 liter plus kaki2 kek mx king pasti cakep. Sayang tenaga segitu bannya cuacingan.
    Pernah pake Si imut yamaha tiara taun 2001/2002 ganas performanya plus bahaya dijalanan aka NGLEYANG…!!!
    Ngeri lalu lalang di pantura pake kaki cungkring.

    • nggak e mas, cuma ada 1-2 foto aja.. yg selain livery motogp dipajang di booth yang sayangnya kurang memungkinkan dapat foto bagus.. ya seperti booth pada umumnya.. 🙄

      kalo tangki gedhe nanti alasannya orang-orang jadi nggak ramping lagi mesti.. :mrgreen:

      iya sih memang bannya setidaknya naik 1 step, kalo depan 80/80 belakang 100/80 masih proporsional juga..

monggo tanggapannya.....