euforia yamaha R15, sudahkah sesuai ekspektasi? YIMM pun harus cermat

gambar dari http://lovemotobike.com/

assalamu’alaikum wr. wb.. yamaha R15..yap, nama itu cukup memikat dan menarik perhatian berbagai khalayak penggemar otomotif..apalagi website indent R15 di http://www.iwantyamahar15.com/telah resmi dibuka hingga down karena diserbu banyak orang yang penasaran bagaimana R15 indonesia ini..

gambar dari http://lovemotobike.com/
gambar dari http://lovemotobike.com/

satu hal yang menarik, untuk indent ini yamaha r15 dibanderol “hanya” 28 juta rupiah saja.. kenapa “hanya”? jika dibandingkan dengan R15 versi importir umum mencapai kepala 4..begitu pula sang kompetitor honda cbr 150r cbu yang harganya semakin melonjak hingga kini nangkring di atas 40 juta rupiah.. sudah sesuai ekspektasi di harga? untuk saat ini yap benar.. bahkan mungkin dapat melukai perasaan banyak pengguna NVL karena rentang harganya cukup dekat hanya berselisih sekitar 5 juta rupiah..

lalu apakah mampu merebut pasar kompetitor? jawabannya adalah ya..tak bisa dipungkiri lagi, dengan harga CBR 150R cbu yang mencapai 1,5x lipat harga R15, tentunya sudah mampu menggoyang keinginan meminang CBR 150R..apalagi dengan tampilan yang kalo boleh jujur, R15 memang benar-benar sporty..maaf untuk CBR 150R, tapi memang garis keturunan CBR yang selalu dual keen eyes kemudian model CBR 150R FI ini berganti ala VFR memang menurunkan tingkat race look dari CBR sehingga terasa menyimpang dari kebiasaan..apalagi output power yang dihasilkan juga nggak berbeda jauh..beda 1-2 hp di jalanan umum dengan bobot motor yang hampir sama mungkin tidak terlalu terasa..apalagi pengaplikasian gearbox 6 speed R15 ini sudah memenuhi keinginan untuk setidaknya menyamai adanya 6 speed seperti pada CBR 150R..

lalu apakah mampu memakan pasaran NVL? jawabannya walau tidak sepenuhnya, tapi pasti akan memakan porsi New V-ixion Lightning..buktinya sudah banyak yang memodifikasi NVL menjadi full fairing dengan part ori R15 maupun dengan fiber..pastinya dengan adanya R15 ini, banyak yang lebih memilih sekalian beli R15 yang sudah full fairing, 6 speed, alumunium arm serta footstep yang lebih racing look..padahal kalau beli part tersebut tentu butuh budget > 5 juta rupiah..apalagi pengerjaan modifikasi nggak bisa sembarangan, salah-salah malah nggak rapi..kalu R15 kan sudah pasti rapi standar pabrik sekelas yamaha..

gambar dari http://aluvimoto.com/
gambar dari http://aluvimoto.com/

apalagi kalo beruntung dapat R15 special edition..ban battlax (mahal ini :mrgreen: ) ..ecu daytona programmable via android..knalpot sakura..edyan.. 🙄 tapi peluang NVL tetap bertahan tentu masih ada..dengan tampilan simpel modern, NVL tetaplah punya pesona..tidak semua orang suka dengan full fairing..kalo mau dimodifikasi ala streetfighter tentu lebih memilih NVL dibanding R15..margin 5 juta bisa untuk modifikasi..kalo suka aliran naked tapi milih R15 mungkin mengejar gerabox 6 speed nya.. 🙄

belum juga mengenai kenyamanan stang R15 apakah akan senyaman NVL atau lebih nunduk..kalau untuk jarak jauh, tentu stang yang lebih nunduk akan lebih mengakibatkan pegal-pegal..namun hal ini belum diketahui karena nbusanto tentunya belum pernah mencoba langsung yamaha R15 jadi belum bisa bandingin.. :mrgreen: pun lebih cocok dipasang box di NVL dibanding di R15.. 😆 ??????????????????????????????? kemudian mengenai output power..kalau nggak salah memang mengalami penurunan dibanding R15 india..mungkin untuk penyesuaian di Indonesia..lagi-lagi hal tersebut nggak terasa kecuali treknya sangat mendukung..toh output power NVL dan R15 mirip bukan? apalagi menggunakan basis sama dengan 1PA NVL.. tampilan oke..power oke..harga? harga saat ini memang masih 28 juta..tapi ada kemungkinan naik nggak ya tahun ini? ketersediaan gimana? nah ini yang mungkin bisa menghambat..tentu masih terngiang kasus indent yamaha byson yang mencapai berbulan-bulan..bahkan ada yang mencapai 6 bulan..harusnya disini yimm tegas, jika memang kapasitas produksi yimm belum bisa memenuhi permintaan pasar ya dealer diberi regulasi agar tidak memainkan konsumen..kasus kalo beli kredit lebih ceoat dapat barang dibanding jika beli cash masih menghantui..ya wajar saja kalo kredit jatuhnya harga lebih mahal.. 🙄 dealer nakal ini perlu ditertibkan..harus ada regulasi jelas mengenai syarat yang harus dipenuhi oleh calon konsumen yang seragam dari YIMM..apalagi jika kapasitas produksi yimm dapat memenuhi permintaan pasar namun barang masih ditahan di dealer dengan tujuan memainkan harga tersebut.. 😡 kalo kasus indent ini masih berulang hingga terlalu lama, bukan tak mungkin calon konsumen akan berpaling jika nanti AHM pun merilis sport fairing di kisaran harga R15 yang katanya pake basis CB 150R dan sesuai juga dengan harapan banyak calon biker sport fairing di Indonesia.. entah nantinya R15 akan dikira NVL modifikasi atau NVL modifikasi dan blok mesin dicat hitam dikira NVL ya? :mrgreen: monggo bagi yang masih berminat..malam ini menurut om iwb sudah 1270an pengindent R15..lumayan lho kali aja bisa dapet undian R15 special edition..daripada telat kalo emang udah ngebet..mumpung harga masih 28 juta rupiah lho.. :mrgreen: sekian dan terima kasih.. 🙂 wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

24 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*