tentang (event) lari yang semakin mahal, kudu semain selektif

assalamu’alaikum wr. wb..

beberapa tahun belakangan ini memang olahraga lari benar-benar sedang naik daun.. orang yang sedang jogging tak jarang ditemui di jalan, entah jalan raya maupun jalan dalam kampung, pagi maupun sore.. antusiasme masyarakat pun tampak pada pemberlakuan jalan bebas kendaraan, ngetrennya disebut CFD, di berbagai kota.. contoh mudahnya di sudirman-thamrin jakarta maupun summarecon bekasi, yang sudah beberapa kali nbsusanto samperi.. buanyak banget yang sekadar jalan sehat hingga lari..

event lari pun semakin menjamur di berbagai kota.. memang sudah sejak sebelum 2015 ada berbagai event dari brand-brand besar, yang entah kenapa kini tak lagi menyelenggarakan event, namun saat itu masih terpusat di beberapa kota saja.. kini, hampir di setiap kota besar ada event lari, meskipun ada yang level lokal saja.. untuk yang bisa dikatakan event besar karena bertaraf internasional pun tidak sedikit.. di kota-kota besar biasanya ada kategori full marathon, atau setidaknya half marathon.. ibaratnya milih event lari itu tinggal mau lari dimana dan ada duit atau enggak.. tentu kalau kebagian slot.. 😆

membicarakan event lari selain tentang slot yang cepet habis tentu saja tidak lepas dari faktor harga untuk berpartisipasi.. memang berapa sih? nbsusanto tahun ini coba mengamati dan lebih selektif memilih event lari karena eman-eman duite meskipun pengen nyoba yang baru.. berikut beberapa event yang nbsusanto anggap cukup besar serta sudah merilis harganya..

1. Electric Jakarta Marathon 2019

seperti tahun sebelumnya, bisa dikatakan harga slot lari jakarta marathon adalah salah satu yang termahal di indonesia.. dengan paling murah 250 ribu rupiah untuk 5K, untuk kategori 10K langsung melonjak ke 600 ribu.. sementara itu kelas HM dibanderol 750 ribu dan FM di harga 900 ribu.. untuk finisher tee hanya ada untuk kategori FM saja.. meskipun begitu, biasanya jakarta marathon yang rencananya diselenggarakan pada 27 Oktober 2019 ini cukup banyak pesertanya.. memang sensasi lari di ibukota itu berbeda.. apalagi penyelenggaraan 2018 lalu banyak yang bilang ada perbaikan dibandingkan sebelumnya.. kemungkinan besar nbsusanto absen di event ini karena harga promo nya pun masih mahal.. :mrgreen: tips kalau mau dapat harga agak murah, tunggu saja momen kartinian atau 17an taun lalu ada promo..

2. Maybank Bali Marathon 2019

penyelenggaraan bali marathon dari tahun ke tahun cukup meriah.. banyak penghobi lari yang berpartisipasi di event ini selain karena acaranya juga sekalian jalan-jalan wisata di pulau dewata.. selain pelari dalam negeri tentu saja banyak pelari internasional yang ambil bagian.. untuk harga tiket Bali Marathon yang dihelat pada 8 September 2019 sendiri sama dengan jakarta marathon, 10K = 600 ribu, HM = 750 ribu, FM = 900 ribu.. bedanya tak ada kategori 5K disini.. mahal? ya memang.. jujur sih nbsusanto pengen juga dapet slot 10K atau HM, meski finisher tee memang hanya ada di FM.. namun, tahun ini nampaknya absen dulu mengingat untuk ikut bali marathon perlu memikirkan transportasi yang PP kalau terbang sekitar 2 jutaan.. masih ditambah penginepan.. atau ada yang mau mbayarin? transportnya aja nggak papa deh, nanti slot beli sendiri dan penginepan minta tolong temen yang di bali.. :mrgreen:

3. Pocari Sweet Bandung Marathon 2019

salah satu event yang banyak ditunggu oleh penghobi lari.. kemarin early bird 5000 slot habis dalam 30 menit.. 5000 slot normal pun tidak sampai 30 menit sudah ludes.. padahal harga slot bandung marathon 2019 yang dijadwalkan pada 28 Juli 2019 ini tidak bisa dibilang murah lho, meskipun tidak semahal 2 event di atas.. 5K dibanderol 250 ribu, 10K dijual 325 ribu, HM dilepas di 500 ribu dan FM di harga 600 ribu.. menjelang pembukaan early bird di grup ada temen yang bilang kalau komunitasnya berencana ikut dan berangkat bareng dari kota asal.. begitu dibuka dan harga tersebut muncul, langsung pada melipir dan batal ikut.. memang harganya sudah terasa mahal.. nbsusanto awalnya mau daftar antara 10K atau HM.. namun melihat perbedaan harga 10K ke HM 175 ribu tanpa ada finisher tee.. sedangkan HM ke FM beda 100 ribu dapat finisher tee.. yasudah pilih 10K saja.. kepengen sih merasakan HM di kota bandung yang kalau rute tahun lalu lewat jembatan layang pasupati.. sayangnya kok rasanya gimana gitu.. coba di 400 ribu tanpa finisher tee, atau 500 ribu dapat finisher tee.. memang finisher tee untuk FM hanya bagi yang di bawah COT, tapi beda 100 tok kalau yang sudah berkali-kali khatam HM bisa jadi lebih pilih FM.. meski begitu yo tetep habis kok.. :mrgreen:

4. Mandiri Jogja Marathon 2019

sebagai event yang diselenggarakan di semester 1 2019, jogja marathon sempat membuat banyak orang penasaran karena tanggal pelaksanaan dirilis sudah cukup mepet.. apalagi penjualan slot juga sempat geger karena tanpa aba-aba ujug-ujug sudah dibuka saja.. untungnya harga tiket jogja marathon tidak berubah dari tahun lalu dan masih cukup terjangkau.. 5K di harga 150 ribu, 10K dijual 200 ribu, HM dilepas di 350 ribu dan FM dibanderol 500 ribu.. finisher tee ada untuk HM dan FM.. kini slot sudah ludes meski di daftar peserta belum 7000 orang.. bagi yang masih menanti slot bisa mantengin IG jogja marathon saja, atau sering-sering cek di web laga.. khawatirnya seperti yang lalu, ujug-ujug dibuka saja.. di jogja marathon yang diselenggarakan pada 28 April 2019 nanti, insyaallah nbsusanto menuntaskan mission (HM)possible.. 😀

foto oleh @irvanchoki

5. Volcano Run 2019

baru saja selesai diselenggarakan pada 10 Maret 2019 di kawasan museum gunung merapi, gelaran volcano run cukup sukses.. dengan harga 5K di 225 ribu, 10K di 250 ribu serta 21K di 300 ribu menjadi menarik posisi harganya.. untuk 5K nbsusanto rasa kemahalan untuk event di jogja, tapi kalo early bird 175 ribu agak mendingan.. pun begitu 10K masih agak mahal meskipun ternyata slot ludes saat early bird 200 ribu, dimana harga tersebut masih bisa diterima.. sementara untuk kategori HM harganya menarik karena 300 ribu dapat finisher tee, kemudian early bird menjadi 250 ribu rupiah saja yang bisa dikatakan terjangkau.. saat melihat racepack memang sih isinya buanyak banget.. kemarin sebenernya nbsusanto sudah mau daftar 10K volcano run tapi masih wait and see dengan event bulan maret serta rencana pulang jogja.. jebul akhir desember sudah sold out, sisa 5K dan 21K yang sudah mepet juga.. belum berani ambil HM karena elevation gainnya mantap.. semoga tahun depan harganya tidak naik dan bisa partisipasi.. 😆

6. Titan Run 2019

sebuah gelaran lari di kawasan serpong, yang memang kini banyak dipilih sebagai venue.. entah kenapa memang banyak event yang memilih lokasi disana, mungkin lebih bisa memilih rute dibandingkan ibukota ya? dengan waktu 3 Agustus 2019 mengambil momen HUT RI, Titan Run kategorinya sendiri cukup menarik, yaitu 17,8 km, 10 km serta 5 km untuk individual.. namun harga tiketnya sama semua, yaitu 450 ribu rupiah per orang, dengan harga early bird di angka 360 ribu rupiah.. tentu saja kalau 5K nbsusanto bilang mahal banget, meski begitu tiket yang duluan sold out malah 5K lho.. luar biasa memang.. untuk 10K masih terasa cukup mahal meski harga early birdnya setara slot promo jakmar 10K tahun lalu.. kalau early bird 17,8K mungkin masih bisa diterima meski tak ada finisher tee.. ternyata mahal tak jadi penghalang ya? meskipun kalau tidak salah baca nanti dapat makan di area event tersebut.. kalau nbsusanto sendiri kemungkinan besar tidak ikut karena selain mahal juga perlu memikirkan biaya tambahan untuk transportasi dan akomodasi..

7. 80 mins to 10 Run 2019

cukup unik dan menarik.. itulah yang pertama kali terpikir saat melihat promosinya di awal dulu.. 80minsto10 adalah event lari 10 km dengan kualifikasi waktu catatan race sebelumnya.. cut off time 80 menit saja sehingga harus memenuhi syarat dengan finish di race sebelumnya tidak lebih dari 80 menit.. tak ada race pack collection karena akan dikirim ke alamat.. diselenggarakan 28 April 2019 nanti di kawasan tangerang, jujur saja nbsusanto sempat berminat ikut.. namun saat harga diumumkan, nbsusanto mundur teratur.. ya, 400 ribu rupiah untuk 1 slot dengan early bird 352 ribu, belum lagi transportasinya.. yasudah.. eh ndilalah tanggal tersebut barengan dengan jogmar.. oya, tak ada race tee, hanya ada finisher tee bagi yang finish sebelum COT.. bagi yang tertantang dan nggak mikir duit, event ini cukup menarik karena bisa kebut-kebutan larinya..

8. Borobudur Marathon 2019 (coming soon)

detail registrasi, termasuk harga slot, belum dibuka untuk event borobudur marathon yang dijadwalkan pada 17 November 2019.. tahun lalu slot borobudur marathon seharga 200 ribu untuk 10K, 350 ribu untuk HM serta 500 ribu untuk FM.. tentu saja jika tidak ada kenaikan harga akan menarik banyak peminat mengingat keseruan event ini 2018 lalu.. oya, finisher tee hanya untuk FM saja.. pengen ambil HM tapi tanpa finisher tee.. tunggu promo saja deh.. :mrgreen:

9. BNI UI Half Marathon 2019 (coming soon)

diselenggarakan pada 7 Juli 2019 kelak, sebagai gambaran tiket ui half marathon tahun lalu 21K seharga 400 ribu dengan finisher tee, 10K dibanderol 300 ribu dan 5K dilepas 250 ribu.. tentu saja kalau seperti tahun lalu ambil HM cukup worth it.. 10K sedikit terasa mahal.. 5K memang terasa agak berat namun sekarang di sekitar ibukota memang tidak murah lagi.. tahun lalu nggak ikut karena di event sebelah.. tahun ini belum tau gimana, soalnya ada pertimbangan akomodasi juga.. :mrgreen:

10. Milo Jakarta International 10K 2019 (coming soon)

jadwal milo jakarta international 10K seperti pada tahun lalu berbarengan dengan ui half marathon pada 7 Juli 2019 update terakhir milo jakarta international 10K dijadwalkan pada 14 Juli 2019.. sampai saat ini belum ada info harga slot untuk milo jakarta international 10K 2019.. sebagai gambaran tahun lalu tiket seharga 150 ribu rupiah untuk 10K dan 100 ribu untuk 5K dengan penyelenggaraan yang menarik.. semoga tidak naik.. tapi belum tau join enggak.. kalau tidak salah pendaftaran mulai dibuka 12 April 2019.. :mrgreen:

event-event lari sebenernya masih banyak banget.. event-event di atas hanya sebagai gambaran event yang nbsusanto pernah ikuti, pengen ikuti maupun yang sering seliweran di instagram sehingga menarik untuk dibahas.. bukan berarti yang lain ada yang kurang, mungkin saja nbsusanto yang kurang banyak cari referensi..  toh pemilihan ikut event lari cukup subyektif yang mana balik ke masing-masing pribadi.. punya duit dan waktu lebih yo bebaaaas.. monggo jika mau membahas event lain lagi dan diskusi di kolom komentar.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb,,

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. ikut yang bisa saja mas, artinya dekat dan mudah dijangkau, tidak perlu harus naik pesawat dll 🙂
    bagiku yang dekat itu, jakareta atau Jogja, selain itu lebih baik olah raga di sekitar rumah saja 🙂