sepedaan ke ekowisata mangrove di baros, bantul

assalamu’alaikum wr. wb..

sepedaan di pagi hari memang menyenangkan.. padahal dulunya saat masih SMP setiap pagi mesti sepedaan walau cuma 4 km ke sekolah.. lah semenjak SMA dan kuliah yang berjarak 25 km dari rumah ya rutinitas itu tak bisa diteruskan.. bahkan saat weekend pun tak selalu bisa.. nah, beberapa waktu lalu sukses ngomporin adek yang masih selo nunggu jadwal kuliah.. pinjem 2 sepeda ke tetangga karena sepeda di rumah kurang layak untuk keluar dusun.. 🙄

ekowisata mangrove baros kretek bantul (1)

berbekal pernah beberapa kali ke sekitar kretek, tercetus keinginan untuk menuju kawasan konservasi mangrove di pesisir selatan bantul.. niatnya sih ba’da subuh langsung cuss biar bisa nyanres di baros.. tapi nyatanya..

ekowisata mangrove baros kretek bantul (88)

menyang kawanen mblo! padahal sudah bangun pagi.. walhasil mataharinya keburu berangkat duluan, gagal menjemputnya di tempat tujuan deh! 😆

ekowisata mangrove baros kretek bantul (85)

heleh rapopo.. walau langit timur sedikit berawan, di sisi lain biru banget.. suasana koyo ngene arep turu meneh? eman-eman mblo! :mrgreen:

ekowisata mangrove baros kretek bantul (61)

akhirnya sampai juga di kawasan konservasi mangrove ini.. lumayan juga sih jalannya, cuma sekitar 10 km saja dari rumah, walau masuk lewat pemukiman dan sawah, plangnya informatif bagi yang belum pernah.. 😀

ekowisata mangrove baros kretek bantul (2)

di parkiran motor terdapat sebuah peta pencadangan kawasan konservasi taman pesisir mangrove kabupaten bantul yang berisi pembagian zona di sekitar baros ini.. apik juga kalo mau dijadikan kawasan terpadu.. maklum biasanya pengembangan kawasan kurang ada koordinasi berbagai pihak terkait, jadinya kesannya semrawut.. kalo terintegrasi kan selain memudahkan bagi pengunjung, pengelolaan jadi lebih tertata dengan berbagai pembagian kewajiban dan haknya..

ekowisata mangrove baros kretek bantul (7)

lanjut susur jalan kecil di sekitar tumbuhan mangrove.. ditemani hangatnya mentari pagi.. 😎

ekowisata mangrove baros kretek bantul (31)

nyepeda terus sampe ujung daratan.. yap, sisi selatan dusun baros adalah muara sungai opak.. yap, terletak di seberang pantai depok yang terkenal itu..

ekowisata mangrove baros kretek bantul (37)

bertemu dengan seorang bapak yang sedang angon bebek.. beliau gapyak banget.. ngobrol ngalor ngidul dengan beliau mengenai bebek piaraannya, tentang kawasan baros hingga cerita beliau di saat masih usia sekolah.. yap, kehangatan orang pedesaan itu memang benar adanya.. entah berapa lama yang kami habiskan untuk sekadar duduk dan mendengar beliau bercerita.. hingga agak siang kami pun pamitan..

ekowisata mangrove baros kretek bantul (50)

bukan untuk langsung pulang, hanya mencoba untuk ke sisi lain kawasan konservasi mangrove di baros ini..

ekowisata mangrove baros kretek bantul (49)

di salah satu sudutnya terdapat plang bertuliskan hutan mangrove berguna untuk mengurangi resiko tsunami yang memang menurut ahli ada potensi terjadi di laut selatan pulau jawa jika ada gempa yang memicunya..

ekowisata mangrove baros kretek bantul (65)

jangan gumunan melihat foto seperti di atas.. makanya ke kebun.. makanya ke sawah.. makanya ke sungai.. jangan cuma ngetrap-ngetrip hanya karena liat foto orang saja.. ini masih bersih dan semoga tetep bersih.. 🙄

ekowisata mangrove baros kretek bantul (67)

apik? memang.. apalagi bersih dari sampah.. seperti di film-film? dari dulu banyak sungai kecil begini, lengkap dengan jembatan bambunya.. bedanya, dulu kamera masih mahal dan belum bisa edit langsung, apalagi diupload di berbagai website/sosmed.. paling foto dicetak, dibingkai dan digantung di dinding..

ekowisata mangrove baros kretek bantul (75)

mendekat ke air lagi.. yep sisi barat dari muara.. khas tumbuhan pantainya.. aktivitasnya juga nggak beda jauh, orang mencari ikan.. 🙂

berikut foto-foto lain dari kawasan konservasi mangrove di baros, tirtohargo, kretek, bantul:

overall, kawasan ekowisata mangrove baros ini nbsusanto bilang asyik dikunjungi.. kalo ditanya kenapa, alasannya simpel, masih alami dan belum ramai.. efeknya apa? bersih, nyaman dan tentu saja masih segar di lokasi maupun di jalan menuju lokasi.. hal yang membuat salut adalah dengan alam yang menarik, warga lokal pun obrolannya sangat hangat, lah opo iyo mertamu kok nggak berinteraksi dengan pemilik rumah? 🙂

koordinat lokasi kawasan mangrove baros tirtohargo kretek bantul

oiya, koordinat kawasan mangrove baros menurut sygic ada di S 8.00951 dan E 110.28347..

biasanya nbsusanto upload skrinsut koordinat di awal, kali ini di bawah saja, biar orang yang mau kesini ya memang bukan cuma traveller dadakan yang kurang bisa menghargai keadaan alam maupun sosial lokasi tujuan, memang mereka yang ingin kesini untuk mengambil hanya gambar, meninggalkan hanya jejak tapak kaki dan membunuh hanya waktu.. mari sama-sama dijaga titipan generasi mendatang ini.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Oktober 11, 2015, in Dolan, Obyek Wisata and tagged , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. suwon mbud infone haha ..
    kapan2 guwes rene..
    mayan ngo agenda nek pas selo wkwk

    Suka

  2. jalur sepeda itu bisa dilewati motor enggak ya? hihihi…ga kebayang kalau motornya nyangkut di lumpur hihihi

    Suka

  3. Kadang rodo was-was nek publish tempat wisata sing isih apik mas,wedine nek njur booming terus okeh turis alay moro…daerah emg oleh pendapatan tapi rusak alam e.

    Suka

    • iyo mas serba salah.. seko sisi pengelola biasane yo pro dipublish.. cuma pendatang e sik ra toto mas.. sik kudune dibenahi mentale cen bukan sekadar keuntungan, bukan sekadar eksis.. tapi bagaimana caranya ben iso lestari.. salahsatu sik menurutku iso dadi solusi ki jalan akses e rasah diapikke, ben sik wani perih tenan sik iso tekan kono mas..

      Suka

      • Haha ide bagus mas,tapi pengelola biasane yo masa bodo je..kudune gawe aturan,buang sampah opo vandal langsung dendo 50.000. Niru pantai pulang syawal kae lho,resik dadine.
        Saiki nek gawe artikel dolan screenshot lokasi di sekek ngisor waelah 🙂

        Suka

        • biasane aturan dalam bentuk tulisan ngono wis enek mas.. sayange yo balik meneh, masih dalam bentuk tulisan tok..
          semenjak pulang syawal terkenal aku rung tau ndono meneh mas mulakno ra enek gambaran.. :mrgreen: tapi nek pengelolaan e apik yo patut ditiru.. 😀

          Suka

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: