Cara Perpanjang SKCK Online, di Polres Cuma 10 Menit

assalamu’alaikum wr. wb..

belakangan ini ada beberapa berkas yang perlu diurus karena memang habis masa berlakunya.. kali ini gantian SKCK milik dek bojo yang perlu diperpanjang.. melihat antrian SKCK yang mengular di Polres, kami pun mencoba untuk mencari bagaimana cara perpanjang SKCK dengan mengurangi risiko ketemu banyak orang dalam durasi lama namun tetap legal..

nbsusanto sempat menanyakan pada seorang kerabat.. beliau menyarankan agar melalui Polsek dulu untuk meminta rekomendasi menuju Polres.. prosedur standar sih memang.. lalu bertanya pada seorang teman yang baru saja mengurus SKCK, dia menyarankan untuk daftar online saja kalau sudah punya rumus sidik jari SKCK..

memang sistem online pada SKCK ini tetap harus datang ke Polres untuk pengumpulan berkas, membayar, dan mengambil SKCK baru.. tidak seperti SIM yang bisa full online.. namun katanya waktu yang dibutuhkan saat di Polres ini jauh lebih cepat daripada cara konvensional.. baiklah..

nbsusanto pun menuju laman SKCK Online Polri.. terdapat form pendaftaran pada bagian kanan atas.. tinggal diklik saja maka akan muncul isian yang perlu diisi serta keterangan dokumen yang diperlukan.. dokumen yang diperlukan untuk melengkapi cara perpanjang SKCK online adalah sebagai berikut:
1. fotokopi KTP / dokumen identitas lain
2. fotokopi Kartu Keluarga
3. fotokopi akta kelahiran
4. fotokopi rumus sidik jari / SKCK lama
5. pas foto 4×6 background merah 6 lembar

baca : Cara Membuat SKCK Dari Dusun Sampai Polres

pada cara pembayaran terdapat pilihan menggunakan Virtual Account BRI maupun tunai di loket.. karena nbsusanto maupun dek bojo tidak punya rekening BRI dan males kalau kena biaya admin, kami memilih tunai di loket.. apalagi berdasar pengalaman teman, menggunakan VA tersebut kadang cuma muter-muter saja..

selanjutnya lakukan pengisian pada form SKCK Online Polri, terutama yang wajib diisi.. memang isiannya cukup banyak dan mendetail sehingga butuh meluangkan waktu.. semua data ditanyakan, di antaranya adalah pendidikan, anggota keluarga (suami/istri, anak, bapak, ibu, saudara), ciri fisik, dan lain-lain..

setelah semua berkas lengkap, maka akan ada bukti Registrasi Permohonan SKCK Online yang perlu dicetak dan dibawa ke Polres.. pada bukti tersebut terdapat informasi tentang waktu operasional kantor pengurusan.. ternyata memang tidak dibatasi dengan detail kapan harus datang.. tergantung waktu yang dimiliki menyesuaikan jam operasional..

keesokan harinya dek bojo datang ke Polres Bantul dengan membawa berkas yang dibutuhkan, termasuk bukti registrasi.. menyerahkan dokumen dan melakukan pembayaran.. tidak perlu menulis lagi.. tinggal menunggu SKCK jadi saja.. itupun tidak lebih dari 10 menit, semua proses sudah selesai.. wow!

untuk waktu total pengurusan mungkin tidak berbeda jauh antara offline dan online.. bedanya, dengan menerapkan cara perpanjang SKCK online, waktu yang diperlukan untuk berada di Polres bisa diminimalkan.. apalagi semua bisa dilakukan dengan smartphone, lalu tinggal print dan fotokopi..

alhamdulillah prosesnya cepat dan tidak ribet.. mungkin ke depannya akan lebih baik kalau less paper apabila belum bisa sepenuhnya paperless.. apalagi terkait dengan KTP yang katanya elektronik dan berchip.. 😁

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

2 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*