baru setahun, fuelpump honda cb150r macet dan harus ganti baru

assalamu’alaikum wr. wb..

kemaren siang sampe di kampus buka watsap ada temen tanya posisi..setelah dijawab baru sampe kampus, langsung dia telpon..dia minta dijemput di ahass jalan monjali karena motor cb150r nya mendadak macet dan nggak bisa dinyalakan..nbsusanto pun meluncur kesana dan mendapati si cb150r sedang ditangani mekanik..

honda cb 150 r

berhubung ada keperluan di kampus, si streetfire temen, cb150r pertama yang nbsusanto jajal dulu, pun ditinggal..nah, si temen menceritakan kalo dalam sehari tersebut 2 kali motornya macet..yang pertama saat sampai di jalan magelang..saat distater, cb150r itu masih mau nyala..nah, selanjutnya saat melaju di jalan monjali, si cb150r mati lagi..kali ini dicoba dinyalakan berkali-kali pun nggak nyala..akhirnya dia pun menuntun cb150r ke ahass yang untungnya dekat..

skipskip..siangnya pun mendatangi ahass tersebut dengan perkiraan cb150r sudah selesai diservis..

fuel pump honda cb 150r macet (1)

dan ternyata…

fuel pump honda cb 150r macet (4)

mekanik menyatakan bahwa fuelpump macet dan harus ganti baru.. 😮

mekanik juga mengatakan hal ini kemungkinan terjadi karena tangki bensin kemasukan air..

fuel pump honda cb 150r macet (11)

berikut kotoran di tangki bensin saat dipindah ke botol air mineral:

fuel pump honda cb 150r macet (10)

hmm..mungkin saja kotoran bikin macet..air masuk dari tutup tangki njendol? memang sih belum pernah kuras tangki, tapi masih 13000 km lho..jadi inget pas tangki megapro bocor juga kotor dalemannya..

konsultasi ke mekanik..bisa klaim garansi kalo administrasi seperti riwayat servis beres..atau kalo pun misal nggak memenuhi syarat, ganti baru paling nggak 500 ribu rupiah..langsung si temen balik ke kontrakan dan mengambil buku servis serta fotokopi ktp dan stnk..

balik ke ahass tadi..pengecekan buku riwayat servis..si temen ini servisnya sesuai aturan, tapi ndilalah kok ada 1 form yang terlewatkan..padahal sebenernya juga belum melewati batas km maupun bulan dimana form tersebut terlewatkan saat dulu servis..ahass tersebut tidak berani meneruskan klaim garansi, namun si temen mencoba memperjuangkan karena memang belum melewati batas..akhirnya ahass tersebut menyarankan temen untuk ke astra jombor..langsung menuju astra jombor dan konsultasi dengan kepala mekanik..setelah pengecekan buku servis dan diskusi riwayat servis, kepala mekanik tersebut memutuskan bahwa klaim garansi bisa dilakukan karena memang sudah memenuhi persyaratan administrasi..

akhirnya balik lagi ke ahass dimana cb 150r ini masih nongkrong..kemudian ahass monjali menghubungi ahass jombor untuk mengonfirmasi hingga akhirnya klaim garansi diterima..memang adanya sedikit masalah administrasi memungkinkan untuk ditolak..

ahass pun menerbitkan surat tanda terima motor untuk klaim garansi dengan perkiraan barang datang paling cepat 2 minggu dan kemungkinan sekitar 1 bulanan..ya berarti motor nggak bisa dipakai dan menginap di ahass hingga barang indent datang..

fuel pump honda cb 150r macet (7)

hmm..baru setaun kok fuelpump sudah macet ya? ah untunglah bisa diklaim..kalo memang masih garansi, kenapa tidak? hak konsumen..toh asal konsumen memenuhi syarat, pengajuan klaim dapat diterima.. 😀 nah apalagi kalo produsen juga menyelidiki kasus ini penyebabnya apa untuk revisi dan evaluasi ke depannya.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

78 Komentar

  1. Motor cb 150R thun 2014 klo di sela nyala tpi di gas suka mati..nanya ke ahass kata mekanik harus ganti fuelpump..apkah pnyebab nya gan apa krna isi bhan bkar sering telat apa gmna mohon info nya

  2. ternyata honda memang banyak masalah di FI nya ya?
    megapro FI saya fuel pumpnya juga harus diganti, bisa diklaim tapi perlu waktu 3 minggu kalo ada barang jika tidak ada maka tunggu selamanya. hanya 18 bulan motor saya sudah ada tanda brebet, kalo digas mati. dan sekarang mati total nunggu fuel pumpnya diganti. harga, saya cari tuh barang belum dapat.
    saya selalu isi pertamax atau pertamax plus yg sekarang pertamax turbo. diperiksa tanki bensin bersi tidak ada kotoran dan air. tapi kenapa fuel pump rusak?

    sangat kecewa.

  3. Gan mohon sarx motor ane cb 150r kluaran 2012 klu digas lgsung mati n ane bw ke bengkel honda ktx pompa bensinx hrus di ganti n ane ganti pas kemarin ane ambil sh dr bengkel bagus uda normal tp gitu nyapai rnh n ane mau pake kok masih terjadi kyak pertama tiap digas mati padahal pompa bensinx baru di ganti jd kira2 apanya ya gan….

  4. Sama broo.aku beli CB150R kluaran 01-2013
    awalnya suara mesin klothok2..teratasi dg claim ..nginap lebih 20hari+ accunya malah mati , trus baru tadi siang mogok,dituntun ke AHASS,rusak pompanya,lumayan pompa 456rb,..+ ongkos 30rb…

    • berarti sama dgn mtr sy keluaran 2013 tapi penyakit nya dah banyak,kadang pas hendle kopling di tkn mau masuk gigi selanjut nya kok suka mati haduuh kacau nih.kok produk Honda yg ini bnyk kendala nya yA.

  5. Cb150R & Sonic 150R, bunyi klotok² kyk helicopter???, klaim bolak balik nda direwes blas am ahass. CAPEK!!!, mending cb dlu aj mlh sdh teruji kualitas japan asli

    • Ane september tadi beli all new cb 150 r warna hitam ..Ecu Ane ganti BRT dual band knalpot racing yoshimura cuma itu yg ane ganti bisa melesat 138 km/j bahkan sampai 12000 rpm suara mesin malah halus kalau vixion 11000 rpm aja suara mesin kasar banget.

  6. Ana make udh CB150R 14.250 KM aman2 aja tuh gan
    mungkin kesalahan pemakaian gan
    saran sih, kalo mandiin si motor jangan di siram pas di tutup tangkinya, cukup disemprot halus aja… 🙂
    jangan pake premium juga gan coz masih ada kandungan airnya yang menyebabkan karat pada tangki.

    • makanya ini kasuistik gan.. bukan berarti semua kena, tapi bisa jadi pembelajaran yang lain agar tidak mengalami masalah yang sama.. 🙂
      oya, makasih sarannya gan.. memang lebih bagus jangan disiram di tutup tangki dan pakai pertamax.. tapi berhubung kalo hujan tetep rawan kemasukan air, sebaiknya memang kuras tangki berkala.. 🙂

  7. wah, gawat nih honda, iya sering kasus mega pro yang kemasukan air.
    tapi itu mega pro dulu, nah sekarang aku punya mega pro Fi, yang baru tuh.
    tadinya mau beli yamaha, tapi ayah mintanya honda. yaudah beli nih mtr.
    sekarang motor itu ayahku yang make, karena saking ketakutannya, aku bikin sendiri jas hujan buat tanki, ya dari jas hujan bekas, 😀 ada karetnya juga buat ngiket. biar ga kemasukan air, nyuci juga ditutup pelastik, kalo nyeteam si abangnya suka jengkel dibawelin jangan disemprot tankinya 😀 hehe.. bahan bakar selalu pertamax, kadang dioplos premium kalo lagi ga ada uang :D. mudah mudahan awet 🙂
    aku pake supra fi th 2006, injeksi lawas 😀 awetnya ga nahan, jarang ada kendala, selagi ngerawatnya bener. katanya injeksi jadul khususnya supra. itu built up. jadi beda sama injeksi sekarang yang katanya rentan…

    • wahahaha mantep mas cara ngakali biar nggak kemasukan airnya.. 😆
      always pertamax ya jelas lebih enak mengingat perbandingan kompresinya 9,5:1 😀
      yang pasti supra injeksi 2006 masih penuh dengan sensor macem-macem, asal perawatannya telaten mestinya sensitivitas sensor tetep bagus.. tapi kalo injeksi yang lebih baru, ini setauku lho ya, ada beberapa sensor yang dikurangi, kesannya mungkin downgrade bagi pengguna yang bisa merawat, namun bagi pengguna yang kurang telaten merawatnya, memang lebih baik tak perlu banyak sensor agar sensornya nggak gampang rusak akibat nggak dirawat.. 🙄
      bytheway, supra 125 gen awal itu memang bandel dan dibanding supra penerusnya masih mantepan gen awal.. 😀

  8. iya…ini pun suami saya alami..kmrn tiba2 motor nya mati…dan maslahnya sama pump bensinnya kemasukan air…padahal tuh motor baru setahun…sedikit kecewa sama Honda…karna br kali ini kita memiliki motor Honda..sebelmnya selalu Yamaha…

  9. ane baru alamin ni kejadian yg model begini sekarang…!! motor dah 2 hri di tanagan mekanik honda.. tp blm ada hasil juga,, emg alat ini gk bisa di servis ulang ya tlg tanggpannya..

  10. salam honda,,
    saya bkerja di salah satu bengkel honda di daerah kulon progo,, sbagai mekanik,,
    saya mendapatkan kesulittan masalah di beberapa unit cb150r milik konsumen,,
    @cb150r pada saat masuk gigi 1 pada angkatan pertama mo jalan pelan terasa ndut,, nduttan,,
    analisa saya apakah benar itu pada koplingnya,,,
    @bagian mana yg harus dibenah iw,,??
    mohon petunjuknya,dan langkah yg harus dilakukan,,
    jika mengklaim kasian konsumen menunggu begitu lama,,, trimakasih,,

      • salam satu hati..kami dari ahas ponorogo mau tnya broo soal beat fi kilometer6800,kalau tarikan60-80kayak ada yg narik nyendat tp kalau udah 80keatas itu lancar..apa bro ya padahal ruang v beelt dah saya bersih kan. mohon solusinya triims..

  11. ikut prihatin bro….
    ada hikmah dari kasus ini :
    1. beli motor itu mbok ya selektif, jaman internet bro. jangan apa kata bokap saja, apalagi anak kuliahan. dari awal si Cibi itu kan banyak masalah,,,eh malah di beli.
    2. jgn juga terpancing iklan,,contoh bisa tembus 151 km/jam, turunan moto GP, dan bisa irit 70 km/ltr. apa kalo ga sesuai iklan kita bisa claim ke pabrikan.?
    3. harus sabar, karena spart part juga indent, sementara nebeng dulu.
    4. boleh fanatik merek, tapi jangan fanatik buta….

  12. tlat bcani…..bisa juga bukan dri air bro….klo kotor item biasanya kwalitas bahan bakarnya yg dibli tdk bgus….maaf cb ane tdk ad masalah tu walau kena air….ujan ujanan mulu ane tinggal dikota hujan bogor…slama ini tdk ad masalah…..

    • ada beberapa faktor memang.. cuma yang sudah jadi rahasia umum selain karena kualitas bbm yg kadang nggak bagus juga karena air masuk ke tangki.. soalnya megapro nya bapakku dulu tau-tau tangkinya bocor.. -_____-

    • ndilalah begini kang :
      – motor baru keluar setahun, masih banyak yang perlu diperbaiki ke depan
      – kompetitor dalam posisi unggul sementara ini diciptakan untuk merebut tahta
      – kompetitor sudah mengalami masa revisi
      – persebaran info sekarang sangat cepat
      tapi dari semua itu, desain tangki sport honda memang perlu diperbaiki karena kasus kotornya tangki sudah jamak terjadi..bahkan tangki bocor juga bukan rahasia lagi..

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Fuelpump CB150R Macet & Wajib Ganti: Ini Penyebabnya! | ulidblog.com
  2. Hati-hati Dampak Penggunaan Octan Booster Pada Mesin | Mas Bro Biker

monggo tanggapannya.....