fakta di balik drag race CB150R vs NVL by KARs TV, menjawab berbagai analisis dan dugaan konspirasi di dalamnya

assalamu’alaikum wr. wb..

KARs TV beberapa waktu lalu merilis video drag race antara 2 motor 150 cc andalan 2 pabrikan jepang, yaitu Honda CB150R versus Yamaha New V-ixion Lightning di youtube serta dishare di berbagai blog maupun forum. berdasarkan pengamatan nbsusanto, terjadi beberapa diskusi yang menarik mengenai duel tersebut.

image

mari kita simak videonya lebih dahulu:

video drag tersebut menampilkan 6x running dengan hasil seri. NVL 3, CB150R 3. nah, banyak yg mengira ini adalah hasil konspirasi agar tidak terjadi gontok gontokan. apakah begitu? geregetan juga pengen membeberkan beberapa fakta shooting kemaren. sekaligus menjawab beberapa keraguan dari komentator di channel KARs TVpertamax7, motogokil, lovemotobike, ardiantoyugo, blog lain serta di berbagai forum.

faktanya adalah:

– rider adalah titanigo man vs the dick. level keduanya cukup berimbang. motor 150 cc bukanlah hal asing bagi mereka. bisa dikatakan kemampuannya bukan sekadar nekat dan asal tarik gas. untuk bobot memang titanigo man sedikit lebih ringan dari the dick, yaitu titanigo man 61 kg dan the dick 65 kg. namun sudah ada swap rider dan hasilnya selalu 2-1 untuk titanigo man pada 2 motor yang ada. clear?

– sebelum 6x running yang direkam oleh kru KARs, memang titanigo dan the dick sempat latihan dengan motor cb maupun nvl, namun start tanpa juru start sehingga memang nggak berbarengan. saat start dan semua kru siap, hanya ada 6 running yang keduanya dalam posisi start bersamaan dengan ditandai oleh the fatz sebagai juru start yang akhirnya dirender dan diupload. jujur saja, kru pun mengetahui skor akhir running setelah memutar ulang video karena pada saat running hasilnya beda tipis saat melewati finish siapa yang menang. sempat menjadi pembahasan akan ditambah atau dikurangi karena ternyata hasilnya seri. namun urung dilakukan karena kondisi mungkin akan tak sama lagi.

– kondisi motor sama sama standar. jarak dari yogya, kediaman kedua motor, hingga ke lintasan adalah sejauh lebih dari 25 km sehingga kondisi sama sama sudah panas dan ready to race. bensin yang digunakan sama-sama premium. saat start nvl beberapa kali mengalami wheelie. sebelum running cb sempat berjibaku dengan pasir di sekitar lintasan karena ulah the dick dan titanigo man.

– di trek yang sama, nbsusanto yang kemampuannya masih seadanya, mencatatkan top speed 129 kpj dengan cb150r dan 125 kpj dengan nvl. dengan asumsi penyimpangan speedometer kedua motor berbeda, seperti pengecekan yang sudah dilakukan beberapa blogger, jujur nbsusanto belum mengecek sendiri, yaitu bacaan di speedometer NVL lebih rendah dibanding bacaan di speedometer CB150R, diperkirakan kecepatan realnya sama. jadi anggapan trek 700 meter hanya gear 3 atau 4? monggo dikroscek saja apakah pada gear 4 kedua motor sanggup mencapai kecepatan tersebut. kenapa hanya 700 meter? agar ada space untuk melakukan pengereman sehingga tidak masuk ke pasir yang dapat membahayakan the dick maupun titanigo man.

jadi, dimanakah konspirasinya? justru kalo nggak semua race ditampilkan oleh KARs tv malah ada konspirasi. begitu pula jika ditambah race lagi malah tidak apa adanya.

mungkin ada masukan lain untuk KARs TV? kamera on board yang dipasang pada motor? jujur saja kemaren sudah ada action cam yang sudah coba dipasang dan untuk jalan kru saat persiapan, namun masih goyang dan sempat terlepas dari tempelan dengan 3M di tangki dan dikhawatirkan mengganggu konsentrasi titanigo maupun the dick sehingga diputuskan batal dipasang. PR nya memang mencari posisi yang tepat serta gimana cara masang action cam agar nggak goyang dan nggak mudah lepas tanpa mengganggu konsentrasi rider.

masukan lain mungkin? saran dan kritik yang membangun insya Allah akan membuat KARs TV lebih baik ke depannya. apalagi kalo ada yang mau donasi peralatan shooting. 😀

sekian dan terima kasih. 🙂 wassalamu’alaikum wr. wb. Posted from WordPress for Android

Advertisements

monggo tanggapannya.....

    • kalo ada jalan yang sepi dan aman sih mungkin untuk di tes..masalahnya memang nyari jalan yang “isolated” susah.. :mrgreen:
      setidaknya sudah 120+ lah walau belum top speed.. 🙂

  1. wkwkwk di grup fb juga pada bilang konspirasi bang 😀 katanya biar gak pada berantem lah inilah itulah. banyak yg bilang ngasepin rider lain lah dijalan hehe malah ada yg nyamain sama quick count capres muehehe

  2. ngoahahahaaaa…masih panjang ya? 😆
    kalo kacamata saia pribadi sih, sependapat sama hasil imbangnya, meski jarang nunggang nvl, kalo cibi, ya segitu itu kemampuannya..catet, kondisi setandar CMIIW
    yang jelas, salut pol sama kru karstv, yang udah eksplore beberapa motor standar pabrikan, yang saia yakin, apa adanya…apa yang didapat, ya itu yang disajikan 😉

    • ya wajar mas masih banyak yang menyanggah dan mempertanyakan.. udah ada jawaban pun kalo belum yang dimau yang menang masih aja.. :mrgreen:
      sip maturnuwun.. insya Allah tetep obyektif.. 😀

  3. sip, waiting for your next project,
    nih para komentator daripada brisik mnding cariin kenalan yg punya motor2 sekaligus CP dari owner motor ini (minta juga kesediannya untuk meminjamkan):
    all new cbr 150 lokal, old slim cbr , old cbr 150 cbu, old vixi bulet dan ov runcing, nvl. dan r 15, bagus klw ada fu lokal dan new FU. all stock ,.
    buat dikasi ke gua wkwkw,
    bukan ding, buat dikomparasi.
    wkwkkw lebar treknya memadai gak yah,
    supaya kars tv nambah terus karyanya

  4. Ping-balik: Adu Drag NVL vs CB150R Versi KARs TV Perlu Diulang , Mengapa ? | motorgoodness

    • kalo ada yang mau support full tank pertamax dengan sebelumnya premium dikeluarkan ya monggo saja.. tentu dengan tambahan akomodasi untuk masuk ke area serta konsumsi kru.. itupun hasilnya insya Allah tetep akan obyektif.. 🙂

  5. menurutku sih apa yg dibuat kars tv ini menarik. usaha yg patut diapresiasi. ada ketidakpuasan? semata karena tuntutan ego komentator. bagiku ini sudah mewakili salah satu tes performa motor. dan yg lebih perlu ditonjolkan adalah pesan moralnya. bukan lg buat kenceng2an dijalan raya, namun jika ingin kebut2an pakailah batasan supaya menjamin keamanan dan keselamatan warga sekitar… joss tenan… masyarakat lebih butuh pesan2 penyadaran gini daripada sekedar adu cepat.
    salut buat kars tv atas kreativitasnya… tetep maju, ketidaksempurnaan itu wajar, yang penting usahanya.

    dua jempol buat kalian (y) (y)

    • matur nuwun mas.. sebenernya salah satu tujuan kars ya itu menunjukkan fakta yg ada dengan tetap memperhatikan sekeliling termasuk keamanan dan keselamatan dari kru maupun masyarakat umum.. 😀

  6. jarak 700 m sudah cuukup jauh loh
    ragu motor cb,vixi sekarang tembus 130 gear 3/4

    sentul aja kalau gak salah +-900 m straight nya dah panjang tuh .

    • nah.. setuju komentar ini.. 🙂
      nambahin lagi ah, kalo ada orang yang bandingin sentul kok bisa speed lebih tinggi karena dari tikungan terakhir masih gantung gas.. kalo dari posisi diam 0 kpj ya nggak beda jauh hasilnya termasuk zona aman pengereman.. 😀

    • liat dijalan mana to?? fu kalo kentut baunya gimana?? bisa bikin lo pingsan kali liatnya di mimpi

      hare gene mah fu engine standar jarang seruntulan kalo dijalan

    • Masih aja ada yang geblek pakai ngambil contoh dijalanan… Aku pake jupimeloners pernah overtaking nsr sp sambil selip kopling Broo… Wong nsrnya lagi nyante di 60an kpj…

      *mikir… :gayacaklontong:

      • aku bisa kalo niat overtake Honda Magna V4 750cc pake supra.. sayangnya, suara merdu magna terlalu sayang untuk dilewatkan.. tapi akhirnya keselip juga di lampu merah.. :mrgreen:

    • kalo di jalan itu matic yang berkuasa browww masih gak percaya….. misal nieh. loe naik ninja aja yang katanya paling kenceng sejagad raya… lo kentutin matic………. lah depan lu matic lagi….. piye…….. lo lewatin lagi tu matic……. udah 1 km. eh nongol depan lo matic lagi gkgkgkgkkg kalo masih jiwa muda memang susah di ajak mikir yang waras…….. ah sudahlah sak karepmu…… pecicilan yo kamu yang ngrasain ndiri ntar kalo dah nyium aspal gkgkgkgkgk

  7. Lihat dibanner blog Trimomok ada Tv ini lho. Jangan-jangan ini konspirasinya buat imbangin SOHC pujaannya. padahal aslinya kalah telak sama DOHC.

  8. Potensi engine Cibie DOHC belum keluar semua tuh, sementara trek sudah habis. Lain kali klo buat tes dipikirkan lintasan panjang. Ini test dagelan ngasal. Klo serius bisa geger hasilnya SOHC kalah telak.

    • kok bisa dagelan ngasal? kalo dianggep dagelan mah untuk hiburan dan senyum atau ketawa.. 😆
      potensi engine standar saat trek panjang mas? maklum cuma ada trek yang bener bener lega sepanjang ini.. 🙄
      mungkin ada masukan lintasan panjang yang akses terbatas sehingga nggak membahayakan maupun mengganggu orang lain di sekitaran jogja mas? masukan agar KARs nanti bisa coba shooting disana.. 🙂

    • mas mas maem dulu sana ,, judul nya aja drag aka DRAG cb150r vs new vixion,jarak pendek
      nick doang riderman,, tp gk tau lintasan drag itu yg begimane. maximal lintasan drag resmi itu pada umum nya 201m——–402m. lah ini udh 700m masih kurang????
      kecuali judul nya adu top speed cb150r vs new vixion silahkan cari lintasan yg 5km yg aman sekalian . baca baik2 di atas tuh kru KARs TV udh ada yg test top speed keduanya
      cb150r 129km/jam new vixion 125km/jam,, di blog manapun penyimpangan speedometer new vixion lebih rendah di banding cb150r. nanti kejadian test top speed hasil, DOHC bisa di jejerin SOHC apa gk kebakaran sampean………. kondisi engine motor sama2 standart pabrik. monggo di kunyah2 sopo ngerti ada yg mau nambahin.
      jgn terlihat FBH nya lahhh wkkwkwkwkkwkwkwkwk

    • masukan bagus mas.. namun hambatannya di kondisi saat ini belum ada racelogic milik KARs TV maupun pinjeman dari siapapun.. kalopun ada racelogic nya pasti sudah dites pake racelogic mas.. semoga ke depannya bisa pake racelogic dan run beberapa kali pengujian agar valid.. 😀
      memang secara mesin bisa dikatakan seimbang.. rider menentukan.. 😀

          • Btw videonya tambah lama makin keren
            Maju terus kars tv
            Usul aja nih, sesekali bikin video testride tapi yg kaya model luar negeri
            Maksudnya ngetesnya gak cuma disatu tempat, tapi jarak jauh biar sesuai dengan kondisi jalan umumnya

            • masih perlu belajar dengan masukan ini mas..
              jadi semacam touring sekaligus tes kendaraan tersebut? diterima mas masukannya.. ini juga sudah ada beberapa ide dari kawan-kawan namun belum semua dapat terealisasikan.. semoga ke depannya bisa memenuhi ekspektasi maju yang diharapkan dari semua kawan yang mendukung KARs.. 😀
              matur nuwun masukannya.. 😀

      • ada hp android kan ?
        tinggal download apps sejenis racelogic, namanya racechrono..
        ntar jg ketauan hasilnya..
        bukan hambatan lg donks 😉

        • pengalaman pake beberapa aplikasi untuk cek kecepatan di android, butuh dipanteng lebih dari sedetik agar display nya (mungkin) sesuai.. kalo sebagai penunjuk posisi saja masih sangat bisa diandalkan.. maklum mencoba di android 1 juta an.. pun akurasi android sekitar 15 m an saat nunjuk lokasi.. 😳
          anyway besok boleh juga dicoba siapa tau aplikasinya joss sehingga akurasinya mencapai 1 digit meter.. 😀

  9. Reblogged this on Ardiantoyugo and commented:
    Bagi yang masih penasaran tentang apa yang terjadi pada battle New Vixion Lightning VS CB 150R, berikut ini sudah ada paparannya secara gamblang… Silahkan saza simak dan dibaca, jangan cuman jas jos apalagi komen konspirasi Wahyudi eh Yahudi :mrgreen:

    • aditan? editan atau audit? lah ini kan test real.. bukan imajiner.. ada bukti.. kondisi rider sama sama siap.. sama-sama standar.. tentu nggak menggunakan jalan umum yang rawan membahayakan orang lain.. 🙂
      kurang real? nonton real madrid aja kalo mau.. :mrgreen:

  10. Nice aekaligus membantah dugaan dan asumsi2 yang sekilas berat namun sebenarnya dangkal baik soal mesin panas dingin maupun jarak dan banyak hal lain

    • nah setuju kang.. soalnya yang nggak trima itu mengutarakan pengalamannya di jalan raya.. padahal kan belum tentu motor pabrikan sebelah yang diselipnya emang mau ngladenin adu kecepatan.. :mrgreen:

      • ane udah lihat, dan…mantab banggets hasil kreatipitasnyah….maknyosss!
        nb: asal usul, klo misal action cam ditaruh di helm aja gimana? pake tali strap/ elastic, ato mungkin bisa pake tali rafia…:)

        • sip suwun.. 😀
          joss masukannya.. belum sempet riset ke situ mas.. rencana ke depan mau aku coba pake untuk di jalan biasa dulu gimana hasilnya sekadar ngrekam perjalanan.. riset terakhir harus gendong tas soalnya.. :mrgreen:
          yang pasti kemaren cuma ngandalin action cam murah sama 3M ternyata belum ketemu tempat masang di motor yang nggak ganggu.. 😀