mencoba oli repsol moto 4t super 20w-50 di supra x 125

assalamu’alaikum wr. wb..

tricolore yang merupakan salah satu anggota dari generasi pertama supra x 125 ini sudah beberapa lama menggunakan pelumas pertamina enduro setelah sebelumnya menggunakan enduro racing.. Β memang tak bisa dipungkiri, dengan odometer yang sudah melebihi 100 rb kilometer, penggunaan oli kental bukan merupakan suatu hal janggal.. namun, pengen juga nyoba oli kental lain selain enduro.. akhirnya pas dolan ke warungDOHC, diputuskan untuk nyobain oli keluaran pabrikan spanyol.. yap, si orange repsol..

curug sigembor dan kuncung mas (19)

repsol yang dipilih juga oli standar saja.. maklum untuk bebek ini.. cukup repsol moto 4t super dengan viskositas 20w-50 dengan kemasan botol 800 ml.. harganya pun nggak beda jauh dari enduro, masih di sekitar 3x.000 saja.. sebenernya pengen dapat impresinya saja, kalo enak ya dilanjut pake repsol, kalo kurang sreg ya dicoba sekali lagi sebelum memutuskan balik ke enduro.. toh,pelumas itu cocok-cocokan.. belum tentu dirasa nyaman walau tipe dan usia motor sama..

oli pelumas repsol moto 4t super 20w-50 di bebek supra x 125 (1)

yap, oli repsol moto super ini tentunya sudah diuji bukan hanya melewati medan harian saja.. tercatat perjalanan ke arah luar kota dengan medan tanjakan juga dilalui.. kalo nggak salah, pas ke karangkobar, ke girimulyo serta ke candi ijo masih pake oli ini.. jadi setidaknya bisa dikatakan nggak cuma tes di perkotaan..

yang dirasakan dari oli repsol ini adalah saat idle mesin cukup halus.. khas oli kental dimana biasanya memang mampu mengisi longgarnya celah mesin yang sudah berumur.. πŸ™„

untuk penggunaan normal harian kombinasi jalur padat dan lumayan lengang melewati tengah sawah, oli repsol ini cukup mumpuni.. memang akselerasi nggak semenonjok oli 10w-40.. ya beda kelas.. untuk cruising juga lumayan.. saat rpm diajak agak tinggi, nggak cepet minta pindah gear kalo dibandingkan enduro..

namun, saat diajak untuk jalanan menanjak, rasa-rasanya pas pake oli repsol ini kok kurang ngisi tenaganya.. dibandingkan dengan enduro, perlu perlakuan yang lebih jika diajak menanjak, padahal karakter supra x 125 pada dasarnya perlu perlakuan lebih, jadi memang harus lebih tepat perpaduan gas serta posisi gearnya.. bisa dibilang, nbsusanto merasa lebih enak nanjak dengan enduro..

kemudian saat di tap.. oli yang tersisa masih lumayan banyak, walau memang baut tap oli tricolore sudah rada-rada nggak pas, menunjukkan bahwa penguapan yang terjadi tidaklah banyak..

oli pelumas repsol moto 4t super 20w-50 di bebek supra x 125 (2)

overall, oli dengan sertifikasi API-SJ dan JASO-MA ini kalo nbsusanto bilang malah karakternya lebih mirip dengan oli yang lebih encer dari 20w-50.. tentu dengan kelebihan dan kelemahannya.. dengan harga di bawah 40 ribu, jika medan yang dilalui lebih banyak jalan datar, oli ini sudah cukup enak.. tapi berhubung nbsusanto kalo riding nggak cuma di jalan datar, nbsusanto pun kembali ke oli sebelumnya.. lebih terasa kalo nyoba sendiri memang, walau lebih baik jangan ganti-ganti merk dan spek oli nya.. πŸ™‚

sekian dan terima kasih.. πŸ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

25 Komentar

    • oo kok gear 3 nya cuma di 60-80 mas? soalnya pengalaman gear 3 jalan 80 gampang pake berbagai macam oli mas.. atau emang nggak dipaksakan biar mesin tetep awet? soalnya kecuali komuter dalam kota, tenaganya supra keluar kalo pindah gear jangan kecepetan dan nggak telat.. :mrgreen:

  1. Saya pake federal double x yg 20w-50 cukup puas,cman klo pake oli ini gear 3 mentok 65kpj,pake enduro gear 3 mentok 60kpj,paling enak castrol active 20w-50 yg api SG mentok 80kpj. Klo supreme xx tetep enak dipake lebih dari 2rb km,klo oli enduro walaupun yg kentel kasar bgt 200km udh aku ganti,klo castrol enak cman sampe 1,5rb km

  2. mending pake mesran super SAE 20-50 API SG, oli senior paling tok cer. mbah nya para oli.oli jawara, oli nya para leluhur,terbukti kualitasnya.

monggo tanggapannya.....