cerita lari electric jakarta marathon 2018, gagal nempel pacer 1.00

assalamu’alaikum wr. wb..

the jakarta marathon.. sebuah gelaran lari tahunan di ibukota yang pada 2018 ini telah memasuki gelaran keenam.. jujur, nbsusanto juga tidak tahu akan event tersebut hingga ditutupnya pendaftaran untuk penyelenggaraan kelima di tahun lalu.. pengen join nggak bisa.. akhirnya ditekadkan tahun 2018 bisa ikut di jarak 10 km saja.. masih sama dengan event-event sebelumnya..

melihat harga pendaftarannya cukup bikin ciut.. HTM electric jakarta marathon 2018 untuk 10K sebesar 600 ribu rupiah.. ya, setengah juta lebih harga yang harus dibayarkan.. di event lain, uang segitu sudah cukup untuk Half Marathon, bahkan Full Marathon.. kepikiran untuk 5K yang 250 ribu, sempet daftar sih daftar, tapi tetep saja ada yang nanggung jadinya nggak dibayar.. eh ndilalah di bulan april pasca Jogja Marathon ada promo kartini sehingga diskon sekitar 40%.. ngobrol sama temen-temen, akhirnya mantep untuk daftar meskipun 360 ribu masih saja terasa mahal.. kalo temen bilang sih, daripada nggak daftar nanti jadi nyesel.. ๐Ÿ˜†

pasca pendaftaran, nbsusanto baru baca tentang bagaimana jakarta marathon 2017 yang cukup banyak sorotan, meskipun utamanya di HM dan FM.. apalagi rute juga belum dipastikan saat mendaftar itu karena kemungkinan bukan di monas lagi race centralnya.. namun pas ngobrol dengan mas jarwadi yang ikut FM tahun lalu, dia bilang untuk 10K bagus kok.. toh waktunya masih lama.. bisa lah latihan untuk memperbaiki catatan waktu metro tv heritage run dan milo jakarta international lalu..

pada pertengahan 2018 terdengar bahwa kini disponsori oleh PLN, bukan lagi bank mandiri sehingga namanya menjadi electric jakarta marathon.. rute sendiri akan mengambil start dan finish di area GBK.. tagline nya pun menjadi “energi optimisme”.. kemudian mulai muncul gambaran race tee dan medali finisher.. bahkan kemudian ada postingan tim dari IAAF dan AIMS sedang mengukur rute FM, sehingga rute baru ini pun certified by AIMS dan IAAF.. seiring dengan itu, harapan untuk penyelenggaraan yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya pun bermunculan dari banyak pelari, meskipun sebagian masih menyangsikannya..

hari racepack collection electric jakarta marathon pun tiba.. nbsusanto datang pada hari pertama di sore hari.. alhamdulillah cukup lengang dan tidak ada antrian.. namun saat diberikan, nbsusanto sempat bingung.. yang bener ini tasnya cuma plastik bening bukan berupa transparent race bag seperti di gambar yang pernah diposting di instagram? 360 ribu rupiah lho mosok diplastiki.. memangnya belanja di warung po.. ๐Ÿ˜† kalau dari isinya sendiri sih sebenarnya lumayan.. race tee buatan brooks dengan model tanpa lengan, bib dengan mylaps timing chip, produk sponsor saripati ayam brands, tali sepatu kiwi, shampo wardah, berbungkus-bungkus salonpas serta berbagai brosur..

dan 28 oktober 2018 pun datang.. nbsusanto bersama temen-temen kantor berangkat sekitar setengah 4.. asumsinya adalah agar tidak terhalang start full marathon yang jadwalnya jam 4.30, dan bisa subuh di tempat yang layak.. selain itu tentu saja biar nggak susah dapat tempat parkir.. cari jalan yang muter muter karena khawatir kalau keluar pintu tol semanggi, daerah gatsu sudah ditutup.. jebul belum.. seselesainya sholat subuh jebul full marathon sudah start.. ya kami subuhnya telat beberapa menit sih.. berarti mereka harus tepat waktu..

sambil menunggu diijinkan masuk, nbsusanto sempatkan pemanasan terlebih dahulu agar tidak cedera.. banyak sih yang melakukan gerakan pemanasan ringan.. eh ndilalah ada yang bagi-bagi running belt bertuliskan optik seiss.. saat itu nbsusanto memang telah memakai hasil minjem temen, namun rejeki memang nggak kemana.. lumayan nggak harus beli dalam beberapa bulan ke depan.. hehehehe.. setelah FM dan HM dilepas, nbsusanto bersama para pelari 10K pun masuk ke race central.. saat itu nbsusanto merasa tenggorokan kering dan mencari air mineral, tapi yang tersedia hanya pocari sweat.. menimbang-nimbang daripada nggak ada sama sekali, nbsusanto teguk meskipun tidak se membasahi air mineral.. setelah itu bergabung dengan seribuan pelari lain menuju garis start..

tepat jam 5.30 pelari 10K dilepaskan dari garis start.. target nbsusanto saat itu jelas, nempel pacer 1 jam agar dapat PB, sebelumnya di sekitar 1:02:36.. wani nekat mengingat pernah 7 km di kecepatan 6 km per menit.. cuma memang ini lebih panjang.. jadi harus disesuaikan.. nah di garis start ini harus bisa menjaga agar tidak terlalu kencang tapi tidak terlalu lambat juga agar tidak tertinggal jauh.. pacer 1.15 dan 1.10 sudah terlewati.. perlahan mendekati pacer 1 jam dan selepas tanda kilometer pertama kemudian naik flyover nbsusanto sudah berada tak jauh di belakangnya.. terus terkontrol dan mepet hingga water station 1 di sekitar 2,5-3 km nbsusanto mengamati garmin kok kecepatannya sedikit lebih lambat dibanding pace 6.. terjadilah kesalahan yang cukup fatal, nbsusanto mulai meninggalkan mereka dan ngikut kecepatan gps..

suasana pasca hujan dimana aspal belum sepenuhnya kering cukup syahdu.. nbsusanto masih berada di kecepatan antara 5:45 sampai dengan 6:10 menit per kilometer dan di WS 2 sekitar km 5, nbsusanto mengambil minuman yang disodorkan.. sebenernya di set rencana awal nggak ada tapi karena mulut memang butuh air mineral bukan hanya pocari sweat, nbsusanto minum sambil berlari.. mungkin ini kesalahan berikutnya, meskipun kecepatan masih terjaga.. tercatat beberapa detik lewat dari 30 menit saat garmin bergetar menunjukkan km 5.. jalur dari gatsu pun berbelok memasuki arah keluar jakarta lurusannya rasuna said.. memutar dan saat di sisi barat, nbsusanto masih melihat pacer 1 jam di seberang jalan.. kemudian kembali ke jalan gatot subroto, ada seorang pelari wanita kelas half marathon yang nyelip.. wedyan tenan.. ๐Ÿ˜†

di sekitar km 7-8 akhirnya kekhawatiran itu terjadi.. suara pacer 1 jam perlahan mendekat, lalu jejer, lalu mereka sudah di depan nbsusanto.. dengan mudahnya tanpa nbsusanto bisa menempel kembali.. dilihat dari grafik, pace nbsusanto sudah lebih lambat dari 6:15 menit per kilometer.. kesalahan terlalu push di awal ya mungkin.. diajak nambah kenceng sudah susah.. ditambah entah kenapa jersey terasa basah oleh keringat dan mengurangi kenyamanan.. ketemu waterstation, nbsusanto langsung mengambil air mineral, namun tidak diminum, hanya untuk diguyurkan di kepala agar tidak kepanasan.. cuacanya sebenernya enak tapi memang menghindari heat stroke karena HR sudah di zona 5, di atas 175 bpm..

selanjutnya nbsusanto jaga kecepatan agar tidak semakin ngedrop.. jangan lebih lambat dari 7 menit per kilometer.. pada saat bertemu dengan jalur 5K, rasanya padat banget karena saat start beda 15 menit saja tentu ketemunya dengan banyak orang di pace sekitar 8.. oiya, tepat di ujung semanggi itu pula nbsusanto sempat melihat seorang pelari tergeletak dikerubungi pelari lain serta tim medis, setelahnya ada kabar duka seorang pelari meninggal di jakarta marathon.. itu mungkin ya?

selain stamina yang memang sudah terkuras ditambah jalanan yang dipenuhi pelari 5K, 10K serta pelari HM yang mulai mendekati finish, apalagi jalanan gatsu mulai agak ramai.. sebenernya lalu lintas cukup steril sih karena jalanan sudah dibagi 2, mungkin pas ketemu dengan jalan keluar kantor atau gang saja.. belok ke arah jalan pemuda, nbsusanto masih mencoba untuk berlari walau diselip beberapa pelari lain.. setelahnya masuk ke gate arah finish dan sedikit menambah kecepatan dengan tenaga yang tersisa.. masuk ke garis finish dan di garmin tercatat 1:02:46 dengan jarak 10,17 km.. kalau secara catatan 10K sudah PB soalnya pas liat strava pelari lain jaraknya juga rata-rata melebihi 10 km.. cuma kalo lihat di mylaps 1:02:43 sih chip time nya dengan statement 10 km.. memang sih yang sertifikasi AIMS dan IAAF untuk FM jadi 10K nya embuh..ย lumayan sih rencana setidaknya 63 menit sudah tercapai.. semoga ke depannya bisa sub 60.. ๐Ÿ˜†

terlihat antrian untuk mendapakan refreshment pertama berupa pocari sweat dingin.. nbsusanto tentu tak mau melewatkannya karena memang cukup haus.. sayangnya pengaturan disini berantakan.. meja penuangan pocari terlalu jauh dengan jalur sehingga peserta harus menunggu.. itupun sudah menunggu disini, eh ternyata yang disodorin disitu.. walah.. untungnya kemudian kebagian dan jalan menuju area refreshment lain serta medali.. disini sangat lancar dan didapat pisang, jambu, sebotol pocari sweat, saripati ayam, dan soyjoy.. lalu nbsusanto melihat meja air mineral, langsung disikat deh.. lebih dari 2 gelas dalam waktu singkat.. ditambah ada yang nawarin soyjoy hangat keluar dari oven.. sampe ngambil beberapa kali.. jebul kelaperan.. hehehe.. :mrgreen: ๐Ÿ˜†

overall, untuk jarak 10K, electric jakarta marathon 2018 ini penyelenggaraannya cukup bagus.. lumayan steril meskipun kadang bertemu dengan mereka yang keluar masuk area perkantoran pinggir gatsu.. water station cukup banyak.. start tepat waktu.. jersey lumayan apik meski cepet basah dan agak lambat kering.. refreshment cukup melimpah, tapi perlu lebih sigap untuk petugasnya, setidaknya penempatan meja.. kalau dari pre race, yang mengecewakan tentu saja race bag nya.. kok bisa berbeda dengan gambar gitu lho? mbok lain kali jangan begitu.. kan eman jadi tercoreng.. oiya sama harganya itu lho.. wkwkwk.. makanya banyak yang sekalian HM atau bahkan FM.. mana yang ada jersey finisher FM saja.. :mrgreen:

berikut catatan menurut garmin dan strava lab flybys..

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....