perbedaan supra 125 2005-2007 dan supra 125 2007-2012

Supra X 125, bebek dari pabrikan sayap mengepak yang telah mengaspal di jalanan Indonesia selama kurang lebih 7 tahun..tentu saja, Β selama masa itu telah terjadi beberapa kali refreshment, mulai dari stripping hingga perubahan bodi..kali ini akan dibahas perbedaan Supra 125 tahun 2005-2007 dan Supra 125 tahun 2007-sekarang..pada tahun 2007, AHM melakukan penyegaran dengan mendiscontinue Supra berkode NF 125 SD/SC dan menggantinya NF 125 TD/TR dengan harga turun..gambar atas adalah SC sementara gambar bawah adalah TR..

DSC06377

hal yang pertama tampak jika dilihat dari depan adalah pada headlampnya..dimana NF 125 SD dan SC menganut single headlamp 35 watt, sementara itu NF 125 TD dan TR menggunakan double headlamp @18 watt..hasilnya?inilah penuturan dari seorang sedulur koboys, “HSX 125 pertama lampu head lamp 35wat… tapi uniknya di depan lampu dikasih lensa biar terang lebih fokus… nah ning HSX 125 baru yang adopsi 2 lampu…. fitur lensa ini dikorupsi….

berikutnya pada sisi pewarnaan mesin, dimana NF 125 SD/SC cenderung ke arah warna metal, sementara NF 125 TD/TR menggunakan warna hitam..menurut beberapa sumber, warna hitam lebih hemat biaya walau terkesan sporty juga..

hal berikutnya adalah pada bagian lampu belakang, dimana pada NF 125 SD/SC terdapat pemantul cahaya yang cukup bermanfaat jika lampu belakang mati dengan posisi terletak di bawah lampu, sementara itu pada NF 125 TD/TR pemantul cahaya terletak pada kaca lampu belakang..efek bentuk pun berbeda..

berikutnya adalah pada bagian knalpot..terjadi perubahan yang cukup signifikan disini, dimana NF 125 SD/SC menggunakan bentuk yang sama dengan milik Karisma series yang terkesan kalem..sementara itu NF 125 TD/TR memakai knalpot menyerupai punya Nova Sonic..lebih terkesan sporty memang..

selanjutnya pada bagian peranti rem belakang..pada seri NF 125 SD/SC masih berupa rem tromol..sementara itu pada NF 125 TR sudah cakram belakang dan NF 125 TD tetap tromol..

hal terakhir, ini yang cukup menggelitik, hanya saja kali ini didapat dari buku pedoman pemilik..mungkin ini yang sedikit bisa menjawab kenapa harga barunya juga turun..jika diperhatikan, perbandingan kompresi dari Supra X 125 berubah..pada seri NF 125 SD maupun SC mempunyai perbandingan kompresi 9,3:1 sedangkan pada seri NF 125 TD dan TR telah diturunkan menjadi 9,0:1..nbs juga dapet ilmu dari bro yang komentar disinikompresi turun=part2 menjadi lebih ringan bebannya. Part yang nggak terlalu kuat=pengurangan biaya produksi.” oooo..ternyata begitu to?pantes..

ngomongin tarikannya juga sedikit lebih galak SC dibanding TR..ibu juga bilang kalo bensin si TR sedikit lebih boros dari si SC..lhoooo?ternyata sejauh itu juga to efek harga turun?walau jujur, TR terlihat meruncing dan cenderung sporty dan SC lebih membulat dan cenderung elegan..

biarpun berbeda, tak peduli supra lawas, supra baru maupun motor lain, tetep harus saling menjaga brotherhood di jalanan maupun di luar jalanan..saling menghormati dan sopan.. salam satu aspal.. πŸ˜€

Advertisements

174 Komentar

  1. Permisi agan agan sekalian.. semoga trit ini masih dihuni para suhu.. hehe..
    Begini gan.. supra fit 2004 ane (gen awal) pengen ganti total pake mesin Supra X 125 (gen awal).. apakah engine mounting nya cocok/sama?? Artinya apakah tuh mesin hsx tinggal pnp rangka sufit??
    Dengan alasan.. pertama.. ane suka karakter dan daya tahan mesin hsx.. kedua. untuk body.. ane lebih suka sufit.. lebih simple dan manis bagi ane.
    Maksud ane begini.. ane beli 1 unit sepeda motor hsx bodong.. nanti mau ane mix ke sufit ane.. mesin, karbu, CDI, dkk dipindah ke rangka sufit.
    Minta pencerahan dan sarannya.
    Terima kasih

  2. Gan.. kalo supra fit 2004 (gen awal) total ganti mesin pake Supra X 125 (gen awal) apakah engine mounting nya cocok?
    ane suka karakter dan daya tahan hsx (gen awal) tp urusan body lebih suka sufit (gen awal) lebih simple dan manis bagi ane.
    Rencana ane begini.. ane mau beli hsx bodong (lengkap 1 unit sepeda motor) lalu ane mix tuh mesin, karbu, CDI, dkk pake hsx.. nempel di rangka sufit ane.. untuk baju.. jelas nanti dibalut body sufit ane..
    Mohon pencerahannya
    Terima kasih

  3. mungkin knalpot TR buat ngejar putaran atas, tpi akselerasinya jadi agak kurang.
    mirip dengan revo100, dan suprafit. tarikan awalnya enak suprafit, tpi putaran atasnya enak revo100, beda tipis sih cuma 5kpj aja ngaruhnya πŸ˜€

    tpi memang sih kalo denger suara mesin lebih halus suprax125 keluaran awal. lebih halus.

    • tapi putaran atasnya juga manteban yang keluaran awal.. yang pasti sih rombakan di bentuk dan mungkin sebagai cost efficiency juga sih.. mengingat harga awal generasi kedua di bawah generasi pertama..

  4. asap hitam itu cuma stelan karbu yg keborosan, spuyer2 aus, atau filter udara sudah kotor.
    bisa juga mesin terlalu sering betot gas memakai gigi berat.

    kalau ring piston, seal klep muncul asap putih kebiru-biruan ketika dibetot mendadak.
    dan kalau piston sudah kena baik tidak digas, maupun digas muncul asap putih kebiru-biruan.

  5. Motor gua supra thun 2005 gan slama saya punya cuma satu yg sering rewel yaitu saringan bensin ataupun otomatis, kenapa ya gan bgi2 d0ng sulusinya

  6. memang beda, supra x 125 gen 1 milik saudara kalau di ajak jalan 100 km/h lebih minim getaran alias suara mesin halus, beda sama punya ane supra x 125 gen 2 (2013) 80 km/h ke 100 km/h getaran mesin terasa, baru mulai 110 km/h keatas mulai dikit halus. speed 120 km/h masih bisa. cuma sayangnya dari awal beli tiap pindah gigi hampir mendekati pedoman di speedometer (misal gigi 1 sampai 30 km/h, gigi 2 sampai 55 km/h) pasti suara klep terdengar keras. kalau dibikin halus, tarikaannya jadi berat. jadi bingung. padahal suara mesin halus, yang bikin jengkel suara klepnya.

  7. Supra 125 ku tahun 2006, 84000km, kok cuma mentok 90km/j yo ? Padahal gas belum habis, kalo gas ditambah gak ngaruh. Inget waktu masih baru tak genjot sampai 120km/j , gas belum habis . Kira kira apanya yang harus di otak atik supaya bisa kembali ke performen semula . Nuwun

  8. Punyaku bro supra x 125 msh enak di bawa, tapi akhir” ini kenalpot a waktu di geber keluarin asap itam, dan kampas rem a cepet haus, mesin msh oke, cuma begetar kap” motor.

  9. Ane punya cuma Supra X NF100D tahun 2000
    sampai sekarang syukurlah masih bisa 100 km/h
    Selama hampir 16 tahun ini, shoe / kanvas rem cakram depan hanya pernah ganti 2 kali,
    bulb / balon lampu utama depan dan belakang baru ganti 1 kali setelah hampir 16 tahun,
    per suspensi belakang keduanya baru ganti 1 kali,
    chain dan sprocket set baru ganti 2 kali,
    yang setahun dua kali diganti hanya brake shoe / kanvas rem belakang yang drum / tromol.
    bagian dalam mesin masih original.
    Seminggu sekali dua kali dipakai jarak jauh, hampir setiap hari motor digunakan.
    Seminggu sekali isi bensin Premium full, kadang lebih dari seminggu.
    Masih sayang menggantinya dengan Honda Supra GTR 150 yang sementara gencar
    dipromosikan πŸ˜€

    • wah awet banget.. jarang pake rem depan ya? kalo boleh tau kilometernya berapa? kalo saya malah yg boros kampas depan, belakang awet.. soalnya kalo ngerem dominan depan..
      rantai kalo perawatannya bener bisa sampe 50 ribu km kok.. kemaren saya ganti setelah 40 ribu lebih, itu aja ban belakang naik 1 step selama sekitar 20 ribu km an..
      sayang deh kalo naik ke GTR, saya nggak yakin senyaman supra 100 dan 125 gen 1-2.. πŸ™‚

      • Kilometernya tercantum 423350 tetapi satu waktu pernah putus tali kilometernya dua kali, dan agak lama baru saia gantikan.
        Saia kalau mengerem dominan belakang πŸ˜€

        • pernah balik ke nol? kalo yg item kilometer, yg putih hektometer jadi 42335,0 km.. asumsi seminggu isi penuh setangki sekitar 3,7×50 km jadi sehari jalan 25-30 km.. setahun sekitar 10 rb km.. 16 tahun berarti 160 rb km.. muter sekali ya.. part lumayan awet berarti bukan.. jujur eman sih diganti yg baru kecuali memang motor capek dan butuh yg lebih sehat.. πŸ˜€

          • Pernah jalan tanpa tali kilometer ( dua kali ) agak lama,
            kilometernya rasanya pernah balik kembali ke nol.
            Part nya lumayan awet ^_^
            Hanya ini sadel joknya yang original mulai sobek saia mau cari yang original
            tidak ada lagi di sini ( Makassar )

  10. Min footstep ama knalpot supra x 125 tahun 2007-20012 bisa ga dipasang ke supra x 125 tahun 2005??
    Tolong pencerahanya,soalnya mau ganti tapi takut ga bisa dipasang!!

  11. Mau tanyak min
    Klo supra x 125 cw th 2007 model 1 lampu dipasangin body supra model batman kira2 bisa msk gak ya ?

  12. yang gak enak dari Supra tuh cover belakang & batok udah gak rapet, berisik, kropyak2, sekilas kelihatan rapet, mungkin pengait plastiknya sudah keropos

  13. saya juga punya motor suprax125 th 2005 memang terasa beda belum lama sih baru sekitar 1 bulanan second tp memang enak dipakenya biasanya saya grand 91 gitu

  14. Misi mas… mohon pentunjuknya mas.. saya punya supra x 125 tahun 2005, saya pengen ganti batok lampu depan serta sayap supra x 125 2007 – 2012,. ya pengen ubah gaya seperti supra x 125 2007 – 2012 apa bisa y mas.?? takutnya ntar ga bisa. tkhs mas.

  15. Ane pnya versi 2008 wktu beli wlaupun second lama ngendap d gudang blm prnh bongkar…nyaman d ajak gaul jg ckckckck…sllu ONE HEART daahhh

  16. Ane punya supra x 125 tr 2005,,
    Memang mantap gan kalo dalam hal tarikan di high speed..
    Waktu itu ane lagi di pantura keadaan sepi gaspuol sampe 130 kpj.. sampe heran sendiri gw.. takut piston meleduk

  17. Ane punya supra x 125 tr 2005,,
    Memang mantap gan kalo dalam hal tarikan di high speed..
    Waktu itu ane lagi di pantura keadaan sepi gaspuol sampe 130 kpj.. sampe heran sendiri gw

  18. mau tanya dong. motorku supra NF 100 D tahun 2002.. dalam 3 tahun ini.. hampir tiap tahun turun mesin.. turun mesin yang pertama Memang kesalahan saya karena lupa ganti oli.. tahun kedua ternyata si bengkel tidak benar memasang alat alatnya(lupa nama alatnya) yang mengakibatkan harus turun mesin lagi, nah tahun ini olinya bocor terus, sudah diakali sama bengkel masih tetap bocor, dan mesinnya juga bau ga enak, ditambah sempat mati dijalan sampai 3 kali, kata orang baik yang sedang lewat kemudia menolong saya sih busi/gusi yang harus diganti.. dan motor saya juga ketika ditarik > 60kpj bergetar, kira kira motor saya masih bisa dipakai jarak jauh tidak? mohon bantu saya soalnya saya wanita yang kurang mengerti masalah mesin motor
    terima kasih

    • turun mesin memang jadi salah satu momok pengguna kendaraan, kecuali kalo bengkel yang dipilih memang mampu..

      mengenai oli bocor, bocornya dari mana, bisa dari seal atau baut tutup oli yang sudah “dol”.. masalah seal bisa karena umurnya dan bisa juga karena pemasangan (balik lagi dengan pengerjaan turun mesin)..

      mengenai busi.. ganti saja, harganya hanya belasan ribu.. wajarnya busi ganti per 10 rb km..

      bergetar banyak faktor, bisa karena faktor mounting mesin atau dari mesinnya sendiri..

      lebih baik pilih bengkel yang memang punya reputasi di kota anda mbak, mungkin bisa konsultasi dengan saudara atau teman pria yang hobi motor mengenai pemilihan bengkel..

      • kira kira ada saran untuk bengkel yang bagus dan harga standar untuk service motor di daerah kota tangerang?

        dan untuk kekuatan motor itu sendiri apakah masih bisa dipakai jarak jauh? mengingat umurnya yang sudah tua?

        • kalo di kota tangerang aku nggak tau mbak.. kalo pun misalnya ahass, pilih ahass pusat tangerang, biasanya mekaniknya lebih bisa dipercaya dibanding ahass yg lebih kecil..
          umur kilometernya sendiri sudah mencapai berapa mbak? kalo sudah diservis hingga kondisi fit nampaknya tidak masalah untuk jarak jauh..

    • lemot bandingannya sama apa dulu? sesama supra? banyak hal yg pengaruh seperti karbu kotor, filter udara kotor, setelan klep terlalu halus, rantai molor, karet angkatan habis masa pakai..

  19. Kalo mesin dingin ngebul tapi kalo mesin dah panas kebulnya ilang,ada kruskan apa ya kira2 dlm mesin mtr sya,mtorku supra x 125 th 2005

  20. pernah waktu mau pulang ke sby naek supra 125 tr taon 2010 posisi tegap tembus 120/j gas blm pol (waktu itu didaerah jombang) tp waktu sampe di bypas krian, gas pol kok jadi 112/j ya? Sebelumnya sempet langsung narik gas tinggi pada kcepatan 80/j sampe gas pol brenti di 112/j. Knapa ya?

  21. saya punya Supra 125 th 2006 type NF125DD yg sdh double disc tapi masih jeruji..body black silver striping kuning…dijalanan jarang ada. apa limited edision kali ya. tarikan awal emang berat dikit tp klo sdh gg 234 kuenceng..masih nyampe 120 kpj.
    cuma skrg aku ganti gear blakang punya supra fit 36 mata..tarikan enteng enak buat nanjak tp klo buat ngebut cm nyampe 100kpj , kenapa supra fit yg cm 100 cc ukuran gear n rantainya lebih lebar dan tebal, sdg Supra 125 malah lbh kecil dan tipis..bukanya cc makin besar gearset makin besar pula. atau gimana..?

    • nggak harus seperti itu mas.. ukuran gear mempengaruhi tarikan dan top speed.. semakin besar tarikan enteng top speed ketahan, semakin kecil tarikan berat top speed yahud.. jadi cc nggak pengaruh.. malah cs1 yg 125 cc pake 42.. πŸ™‚

  22. supra thn 20005 mmg napasnya panjang dan kenceng. .aku dh coba punya temen mbakku..namun sekarang aku ambil yg supra thn 2010 ke atas. .tp tetep ok jg lah. gigi 2 aja sampai 70km..beneran..aku wae yoo gedeg gedeg..kok..dan nsx bentuk lebih enak dan sporty..bravo supra 125 cw carbu..no inject..hehe

  23. supraX 125 emang mantep bro.
    ane pernah nyoba yg temen tahun 2005, tenaganya kerasa di tarika awal, & atas. kalo tarikan menengahnya memang rada ngempos.

    tpi begitu dah kecepatan 90kpj ++ rasanya ni motor cepet naiknya ke 110kpj.

  24. wah, saya juga punya supra X 125 2005 beli second.. πŸ˜€
    meh nanya, nek oil standard e menurut buku panduan kentele sepiro yo?

  25. mohon pencerahan dari agan-agan… motorku supra x 125 taun 2005, ganti ring seher doang karena knalpot dah ngebul parah, ( setelah dibongkar ternyata memang ring olinya udah lengket sama piston) ga pake coulter alias mesin tetep std tapi pake ring seher os 125 saya gerinda biar dapet gap 0,25… wal hasil setelah dirakit mesin hidup sebentar lalu mati…. dengan gejala karburator banjir… bensin ngucur dari slang pembuangan. saya ganti blimbingnya n businya juga, masih tetap begitu ….. adakah agan-agan yg punya solusi…? thnx b4

  26. Punya 125 yg ==> NF 125 SD smpai skr masih mak nyus, naik ke pegunungan ngacir pdhal boncengan plus tas carrier lho. Prnah tukeran pakai sm motor adik (type TD), nggak ah..!!

    • jupiz sampe generasi burhan emang mantep. tapi sorry to say, kalo njz mengalami penurunan. kayaknya z1 sih balik joss lagi.
      cuma nggak dibahas di artikel ini karena pembahasannya lebih fokus ke beda nya supra 125. mau mbahas bedanya yg lain soalnya nggak tiap hari megang. πŸ™‚

    • jupiterZ 110 juga mantep cuma, nafasnya itu loh, kalo dan 80kpj ++ serasa teriak-teriak, tapi kalo nanjak joss dah.

      terus jupiterZ yg pling mantep itu versi paling awal, rasanya beda dengan yg burhan. ternyata eh ternyata versi awal pake stang jepit, burhan pake stang model biasa. & rasanya ada perbedaan di handling & mesin.

  27. Sepeda saya supra x 125 sc kalo misal’nya saya ingin mengganti bodi depan sama knalpot supra x 125 tr bisa gak?
    Langsung ganti apa nambah’in yang lain?
    Makasih.

  28. supra 125 lama 2005-2007 piston dilapisi teflon… kalo dibuka piston ada lapisan item… nah di supra 125 generasi 2007 ke atas down grade ke piston biasa yang tanpa lapisan teflon

    • waah..mantep..analisis yang sampai ke daleman mesin..pengetahuan baru..matur nuwun.. πŸ™‚
      trus kalo misalnya beli piston sekarang, udah nggak ada yang berlapis teflon lagi ya? waah..

  29. wah supra x kencang ya bro…motor 150cc ane aja gigi 3 cuma 85kpj on speedo digital…lah supra gigi 3 bisa 105 kpj….mantap!!!!!

  30. Saya punya keluaran 2005 (NF125SD) sering pake Pertamax, klo pake Premium rasa-nya kemrosak kasar ga karuan dan paling banter BBM 1:40-45, klo Pertamax bisa 1:50-55 di medan yang sama (Pantura). Baru ngeh klo ternyata kompresi 9,3:1 πŸ˜€ πŸ˜€

  31. pantesan supra lawas kenceng banget, ternyata kompresinya beda dgn yang 2007 keatas,supraku 2009 pernah nguber supra125 lawas tapi cuma nguntit dibelakangnya aja nggak nyalip2,padahal kecepatan 110kpj…

  32. Tull.. agan2, pnyQ Supri X 125D th 2005, sanggup tembus 135 kph (versi speedo). Caranya ganti knalpot pake yang versi duo mata + hilangkan limiternya, gigi 1 tembus 60kph_ gigi 2 bisa 100kph, gigi 3 bisa 120kph dan gigi 4 mentok 135kph. Yang penting tahan telinga saja sama dompet buat beli pertamax. Bener2 gak disangka gan.

    • 1:120?tonjo tenan.. 😯
      kalo supra narik gas dan shftingnya pas emang bisa diajak kenceng mas..tapi kalo dari awal udah nggak pas ya cuma biasa wae.. :mrgreen:
      kalo gearnya emang panjang banget..cukup nyaman lah.. 8)
      wah..itu body cerewet kadang gara-gara pas dibongkar di beres, masangnya nggak bener..asang kepasang tok..makanya aku males servis yg pake bongkar bodi mas.. 😈
      pernah baca tulisan njenengan itu..emang nyesek mas kalo udah dibawa orang lain perawatannya beda..makanya si supra ini aku eman-eman.. πŸ˜€

      • iya mas.. tapi habis itu lama2 ngedrop di angka 1:100an. 😳
        waktu itu pas lagi buru2 darurat mas.. jadi ngegasnya asal betot terus juga indikator oper gigi dari teriakan body. πŸ˜†
        kalo dulu nggak tau tu, awalnya yg heboh cuma batok lampu aja. tapi lama2 merembet ke smua body sampe2 semua dikasih double tape busa.. πŸ‘Ώ

  33. Dirumah ane ada 2 juga, yg 1 2006 and yg 1 2009

    yg 2009 tarikan lebih mantep, gigi 3 bisa 118 kpj tp nggak stabil di kecepatan tinggi,
    yg 2006 tarikan awal jelek, baru ketika masuk gigi 2 kerasa tarikannya yg mantep and gigi 3 cuma ampe 105 kpj, eee nyatanya gigi 4 ampe 118 kpj tetep stabil

    Ane kira stabilitas menang keluaran lawas, tp tarikan awal menang yg baru, tp untuk yg lawas tarikan awal bisa diakali tanpa dioprek, tp triknya masih rahasia

  34. pernah punya yang taun 2006 emang tarikan jos n suara mesin lebih alus…tapi kualitas plastik body bagusan yang generasi akhir…2007 sd. tahun ini…
    yang keluaran awal bahannya getas…n kurang kuat…

    • wah kalo pada dasarnya NF 125 series memang keliatan agak berisi (kurang ramping :mrgreen: ), solusinya modifikasi bodi..untuk gesitnya, mungkin bisa memodifikasi mesin, atau untuk mengejar tarikan awal, bisa dengan mengganti gear belakang dengan yang matanya lebih banyak.. *kalo nggak salah, standar NF 125 (karisma, supra) itu 35 mata, mungkin bisa diganti dengan gear Revo yg 37 mata..tapi konsekuensinya speedometer jadi lebih ngaco.. πŸ™‚

  35. info yang bermanfaat bos.. pantesan motor mertua ane dikampung lebih mantep drpd motor ane..
    padahal motor ane udah pake busi iridium. pake oli lumayan.. tetep kalah ama motor mertua yang masih standard.. πŸ™

  36. Supra 125 milik Bro, tipe yang SD/SC atua TD/TR?
    Kalau part diturunkan dan kualitas logam crank shaft, connecting rod, piston, piston ring, plus bearing-bearing nya juga disesuaikan dengan turunnya kompresi, berarti konsumen Supra 125 tipe SD/SC kudu waspada kalau beli spare part.
    Walaupun part milik TD/TR bisa pas terpasang di tipe SD/SC, konsumen harus ngotot tidak mau kalau diberi part TD/TR.
    Bisa cepat aus lagi karena tidak kuat dengan kompresi yang lebih tinggi.

    • yang SC bro..emang saya juga kalo pas ngganti part mastiin juga bengkelnya mudheng beda SD/SC dengan TD/TR nggak..biasanya juga cari-cari kode part nya kok bro..
      makasih sarannya bro.. πŸ˜€

  37. Pakai yang baru aja, New Supra X 125 Helm in. Kompresinya dah dinaikin jadi 9,3:1, tenaga juga jauh lebih besar.

    • Supra baru??? yg gambot helm-in bagasi 19liter itu dah ane adu dijln masih tetep kencengan punya ane yg 2005 top speed 120kpj, kasian deh ke-gedean body jd kurang dinamis aj geraknya tuh supra 125(ma’af) bajakan alias helm-in h h h

  38. pantesan …prnah punya yg kluaran 2005 tarikan’y mantep tembus 125kpj on speedo, trus nyobain punya tmen th 2008 lah kok berat tarikane …tp kmaren nyobain kirana125 pny paman trnyata malah enteng bro

    • kalo top speed kayaknya nggak beda jauh sih mas..tapi tarikannya memang beda..supra double headlamp nggak seganas supra single headlamp pas dicoba shifting cara over-rev..

      • gak nyentak untuk standar supra atau dibanding motor lain kang?kalo untuk standar supra, mungkin waktunya untuk servis lengkap (semacam setel klep dll), kalo mau juga bisa pake oli enduro racing..mungkin juga bisa dengan pembersihan ruang bakar yang mungkin kotor.. πŸ™‚

    • syg nya warna bodynya supra x 125 yg 2007-skrg gk ada yg silvernya se-exclusive silver yg 2005 gb nya yg diatas itu.. trus hrganya lebih mwahal ane beli yg 2005 cuma 13,35jt, kok yg setipe skrg velg jari2 harganya 14,55jt en anehnya kok cuma beda 1jt sma yg racing pdhal bedanya kan bnyk bgt yaitu disc brake belakang dan velg racingnya, hrusnya yg CW tuh jauh lebih murah dunk ya sekitaran 1,5jt bru harga masuk akal

monggo tanggapannya.....