melia sehat sejahtera, iming iming "membantu orang tua" kok caranya gini ya?

assalamu’alaikum wr. wb..

beberapa waktu yang lalu nbsusanto ketemu dengan teman.. ngalor ngidul hingga dia menceritakan bahwa hari sebelumnya dia diajak oleh seorang temennya untuk mengantar beli sesuatu.. ternyata malah diajak mampir ke suatu tempat dan bertemu beberapa orang yang menurut teman nbsusanto, mereka ini aneh.. ngobrol kesana-kemari, dan si temen itu diajak untuk bergabung dengan Melia Sehat Sejahtera..

form pendaftaran melia sehat sejahtera

kalimat yang digunakan untuk iming-iming pun cukup makjleb bagi kalangan mahasiswa, “kamu nggak mau bantu meringankan beban orang tua?” singkat dan akan membuat orang berpikir..

nah, kemudian diajak untuk bergabung dengan Melia Sehat Sejahtera.. diberikan form seperti foto di atas.. tertulis bahwa biaya pendaftaran adalah Rp 30.000,- dan harus membeli suatu produk (kalo tidak salah propolis seperti tertulis di atas) seharga Rp 605.000,- per buahnya.. jadi minimal untuk bergabung haruslah bermodal Rp 635.000,- untuk 1 lot.. untuk lebih dari 1 produk, tinggal kalikan saja jumlahnya dengan harga Rp 630.000,-..

yang menggelitik, si pengajak itu juga menawarkan solusi pada teman nbsusanto tersebut jika tidak punya uang.. solusinya adalah menggadaikan laptop.. mahasiswa yang banyak berurusan dengan laptop kok laptopnya digadaikan? terus kalo mau mengerjakan tugas gimana? jika ditanya orang tua kemana laptopnya nanti jawab apa? masa berbohong? jika ngapa-ngapain harus ngrental komputer atau minjem temen apa nggak keluar duit banyak, menyita waktu dan ada perasaan nggak enak ke temen? namun temennya temen nbsusanto itu menggadaikan laptopnya karena untuk join di MSS lebih dari 1 barang.. 😮

solusi yang lain adalah menggadaikan ijazah.. pengajak tersebut mengatakan mengetahui tempat penggadaian ijazah.. hah? ijazah dihargai berapa? sampe ijazah pun dianggap solusi untuk dapat uang instan..

si pengajak bercerita bahwa dulu sempat kekurangan uang saat kuliah dan dengan join MSS ini katanya bisa mencukupi.. benarkah?

yang pasti keliatan sih adanya skema penjaringan member (member get member).. ya logis kalo founder maupun leader yang telah join sejak lama mendapat pemasukan banyak dari member yang bergabung setelahnya.. namun bagi member yang daftar belakangan, jika sudah tidak ada yang minat mendaftar untuk berada di downline nya dia hanya mengandalkan penjualan propolis eceran.. dari hasil browsing, nbsusanto juga menemukan harga grosir di tingkat leader untuk produk propolis lumayan lebih rendah dibanding di tingkat member paling bawah, dimana member paling bawah berdagang propolis dari yang dibelinya dari upline seharga Rp 605.000,- untuk 7 botol dan dijual Rp 110.000,- per botol..

disini poin yang nbsusanto tekankan bukanlah bagaimana sistem bisa balik modal dan apapun internalnya.. tapi kenapa caranya harus dengan bergerombol untuk menjaring member dan mengajak dengan cara menggadaikan apa yang dipunyai jika sedang tidak ada uang? kenapa harus seekstrim gadai laptop atau gadai ijazah? ujung-ujungnya gimana cara mengakali saat orang tua menanyakan keberadaan laptopnya.. ya kalo bisa balik sih oke saja.. kalo tidak? malah membebani ortu bukan.. 😐

mungkin sedikit referensi tentang melia sehat sejahtera:

http://www.kaskus.co.id/thread/52019c093dcb17ac3a000000/kelakuan-mlm-melia-sehat-sejahtera-update/

atau mengenai sistem yang hampir sama karena menonjol di penjaringan membernya dibanding produknya:

http://roda2blog.com/2013/11/17/kenapa-vsi-disebut-money-game-with-update/

beberapa tahun yang lalu nbsusanto juga pernah di sms serta ditelpon seorang teman untuk bergabung di suatu pertemuan yang menjurus ke MLM juga.. ya bijaksana saja lah dalam mendengar ajakan bahkan dari seorang teman..

mungkin ada dari pembaca yang mempunyai pengalaman dengan MSS ini? entah sebagai member aktif, mantan member, mantan calon member dan lain-lain monggo silakan berbagi secara jujur agar memberi pencerahan.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

monggo tanggapannya.....

  1. Hehehehe maap nih ya.. Ane critaa bentar nih.. Kemaren ane kejadian juga di ajak temen. Ngajaknya ngopi, tumben gt ngechat biasanya gtw sama sekali nih anak chat ane.. Nah ane bales gbs soalnya sibuk ada job… Nah tdi malem dia chat lagi sibuk nggak ane jawab nih nggak knapa… Dia bilang mau ngajak bisnis… Trus ane jawab bisnis yg di post ya… Soalnya sebelumnya dia post bisnis ini dan aku sudah tau bisnis ini…. Dia jawab iya, emang kamu dah tau bisnis ini. Ane jawab udah soalnya sebelumnya ane pernah diajak temen dijelasin ksana kemari dan pada akhirnya ane nggk minat. Nah semalem dia ngajak ketemuan ya ane jawab monggo silahkan.. Lah tdi pagi ane chat dia crita2 masalah bisnis itu trus ane bilang itu bisnis sistemnya MLM. Dan lucunya dia gtw noh MLM kayak gimana yg penting kerjaan diluar sana sulit mending bisnis ini.. Ane dah mikir nih anak udah kecuci bener otaknya… Awalnya ngajak2 ane trus tdi dia bilang kamu gak usah gabung. Banyak bacot tinggal gabung aja kok repot… La ane mbatin nih orang ngajak gni amat yak ternyata. .. Hahahahaha

    Maap ane sudah paham dunia MLM soalnya keluarga ane udah pernah ketipu MLM dari kakaknya bapak sampe adeknya bapak jadi maap nih ye.. Mending wirausaha dah atau freelance dah… Dari pada MLM… atau nggak daftar kasir indomaret aja…. Beres

  2. Gue mantan membernya nih, MANTAN yaa berarti udh keluar hahahah.. mua cerita dikit aja, kalo menurut gue perusahaannya emg bener kok gak nipu, kalo ada seminar2 besar, kadang pak sukur nababan juga ikut mengisi.. gue sih blm sempet ketemu beliau soalnya kalo ga salah 2 bulan doang we join mss.. menurut we yg kalo kasus tipu2 itu tergantung oknumnya (orgnya) masing2, kayak uplinenya curang atau engga, jgn salain perusahaan yang menipu.. dan dia melia itu, istilahnya ga memperkaya yg join duluan kok☺️ siapa yang berkerja lebih sering, dan keras, rajin cari downline baru, yaa dia yg banyak duit duluan, jd adil gitu sih.. kenapa gue keluar? Ada beberapa hal yg gak gua suka dri mereka.. pertama gue gaksuka cara berfikiran bbrp dri mereka yg kayak membanggakan mss itu kayak udh pekerjaan yg paling top dah, bahkan ad bbrp oknum yang keliatannya kayak merendahkan pekerjaan yg lain.. dan saya itu masih pelajar SMA,trs kalo misalnya gabisa ikut homesharing, atau prospek atau ikut seminar karna alasan ada tugas kelompok, atau apalah, kadang malah suka dijawabnya “pentingan melia” dih emg idup gua di melia doang, ongkos gua abis bolak balik homesharing.. gue kan orgnya suka bgt nyindir dengan perlahan kalo gak nyaman ama sekitar wkwk, trs prnh debat juga ama upline, karna dia ngerasa kalo melia tuh udh top abis lah, trs diimingin bahagiain ortu blablabla caranya dari sini, trs gue bilang emg jalannya cuma satu? Jalannya banyak kale.. dan waktu gue memutuskan untuk keluar karna bnr2 mau fokus belajar aja, malh dibilang “iyalah lo mau keluar, keluarga lo kan, berkecukupan, beda sama gua yg harus usaha kerja keras dulu di melia” LAHHH?!!! Jd bawa2 ekonomi keluarga?! Emang yg namanya berjuang di melia doang?! Trs gue bilang kalo gue berjuang juga, belajar juga, sama kayak dia, cuma beda jalan.. gua bilang aja manusia itu dikasi banyak pilihan jalan, yg nentuin jalan saya, saya sendiri, bukan ada. Jd anda ga berhak bilang saya ga berjuang blablabla:) maaf ni panjang bgt wkwkwk, soalnya gueee udh lama mendem gini, keseel bgttttttttttt huft

  3. Tman yg b*ngs*t yg ngajak seperti ini gua merasa ketipu merasa nyesel sdah gabumg uang hilang saja orang tua pun tau dak saya slalu kek di benci ama ortu.. Fuck lahh…

  4. Gua pernah ni dan sempet jadi member. Hbis 3jt,
    Kalau gak salah itu dapat 7 paket (produk propolis+melia) dengan iming2 bakal dapet bonus di awal (lupa berapa) dengan min ngambil 5/7 paket di awal daftar katanya biar kakinya seimbang. Awalnya gua gak punya rekening sendiri kan akhirnya diburu2 buka rekening katanya biar bonusnya cpt di trf. Ehh gua tunggu2 trnyata bonus gk dpt katanya salah nempatin kakinya , jadi gak seimbang kan berat sebelah dan itu gak bisa . Dr situ gua ngarasa tertipu. Tiap hari di ajakin seminar2 melulu sempet di suruh bolos kuliah demi seminar biar cpt dpt member katanya. Di bisnis ini gua ngarasa gak ada kkluargaannya samsek . Itu gua rasain pas gua ikut seminar untuk trakhir kalinya, mereka cm mikirin keuntungan pribadi.
    Awal daftar juga sm kyak yg lain di sruh gadain laptop . tp gua gk mau dan akhirnya pke uang bulanan gua selama bbrapa bulan .
    Panjang klo di ceritain. Menurut gua gak logis sih ini bisnis . NyeseeelNyeseeel pke bgt gak tau knapa dulu gua bisa kena

  5. Gua juga udh tau apa yg namany 5 pilar, bonus2nya, trus kemudian kiat2 suksesnya, ampe kebagian akhirny yaitu Formulir, “yang paling mahal formulirnya loh” gua suka bisnisny, tpi gua gk suka sistemnya, ngajak org dengan tipu2, yg tdiny hanya di ajak main, bukan mau bisnis, apa lu gila ya ??? Enak aja jalan2 trus tau2 di selipin bisnis, mending klo cepet balik modal, belum tentu org yg lu ajak itu mau join, lumrah, liat kondisi lingkungan broo makany. Modal nya jutaan broo, tpi belum tentu org punya, trus blm tentu org bisa balikin modal secepat kilat. Masih ada toh bisnis yg modalnya kurang dri 1 jt, masih ada bisnis yg modalny kurang dri 500K.
    Tpi penghasilan pasif income ny bisa lebih dri 2 juta perhari silahkan anda pilih
    Sekarang gua tanya kok LEADER2 YANG LAMANYA gak ada yang berangkat Haji sih ??? Malah di banyakin mobil, harta and yg lain. Trus gua mau tanya, Aset itu bermanfaat gak ?? Barokah gak ???

    Nahh Salam DAHSYATTT kata anak *** mah

  6. Aku juga sempat diajakin oleh temen,,, dibawa ke suatu lokasi, disitu dijelaskan tentang bisnis Melia itu. Siapa sih yg gk tergiur dengan penghasilan 95.000 perhari? Apalagi untuk ukuran mahasiswa. Jadi tanpa mikir ini itu aku langsung daftar di hari itu juga, ambil sebuah paket. Udah panjar 300k sih. Mak w gatau juga. Merasa jahat juga w bohongi Mak. Alhasil karena denger sana sini, yg katanya itu penipuan,senior w juga banyak nasehatin, w tanya tu Ama temen. Bisa gak itu tu dibatalin aja? Males sih ngelunasin sisanya. Mending buat jajan aja. Jawaban temen pada saat itu tak bisa, w harus lunasin dulu yg pertama baru boleh berenti. Aelah, yaudah la disitu aku mikir yaudah deh ikhlasin aja tu 300k sekalian sedekah dan pelajaran untuk tidak segampang itu percaya dengan bisnis” yg belum memastikan. Walhasil langsung ke kejadian gak enak nya aja ya, w ditanyai kenapa cancel Melia ini itu. Ya mau gamau harus jujur,, w denger dari senior katanya itu Melia begini begono. Asli disitu w gak sadar suaraku direkam buset dah. Ni apaan coba. Disitu merasa khawatir. Etsah ni rekaman buat apaan coba. Malah selanjutnya pihak dari Melia itu liatin bukti kalo udah banyak orang” masuk penjara karena itu. Aku otomatis tegang dong ya. Terus aku jelasin, aku kan gak menjelek jelekkan Melia, aku hanya dengar kata orang dan takut kejadian buruk menimpaku .

  7. Kemarin diajak tmn, saya kan maba, trus diajak kenalan sama temen, trus dia bilang nanti kan ada jam kosong main ke kosan dong. eh pas di kosan malah di prospek melia melia segala. awalnya ane mager dengerin nyam tapi namanya baru kenal kan ngga enak langsung mutusin pembicaraan, alhasil gue dengerin sampe abis, trus bodohnya gue smpt tertarik dengan iming iming banggain orang tua lah, ngga ngerepotin orang tau lah, untung aja gue lagi ngga megang duit cuman ada 30rb, trus dia bilang bisa di tabung di gue kok kata dia, gue di suruh tabung aja setengah nya 15rb, yaudah tuh gua tabung trus dia bilang ngga bawa formulir nya, di suruh nulis di kertas nama telepon dll, udah dari itu dia balik, gua pun searching apaan sih melia pengen tau lbh lanjut gitu ceritanya, eh nyasar ke sini jadi tercurahkan pikiran gue. gpp dah gua iklas 15rb . untung blm gabung 7paket LOL

  8. Ya kalo aku sih tergantung orang yg ngajak sama yg diajak, aku diajakin gabung perlu waktu berbulan2 buat mahamin sistem bisnisnya sambil aku perhatiin member2 yg lainnya. Kalian harusnya paham, kalo mau sukses ya usaha. Dikira bisnis kaya gini baru masuk beberapa hari atau bulan lgsg omset jutaan? Wkwk dasar halu. Disini juga ga rugi kok, bisa balik modal dari produk yg kita jual kalo kalian gamau ngejalanin sistemya yg memperluas jaringan (member get member). Yg penting niat baik, niat buat bantu orang lain, jgn cuma ngejar omset omset dan omset! Selama caranya halal kenapa engga diusahain? MLM itu ngga salah, pekerjaan mana si yg sekarang ngga butuh orang? Jadi saran aku, jangan mudah kepengaruh sm yg sukanya jelek2in kaya gini dan jangan mudah kepengaruh sm yg keliatannya indah2 dibayangin aja. Inget! Semua itu butuh proses dan usaha!

  9. Iyya Kk Kk alhamdulillah sy sudah searching sana sini merasa terbantu sy juga baru banget dpt kejadian yang sama namun bersyukur sy blm keluar uang sepeserpun. Mulanya curiga di ajak main sma temen dan benar sy di ajak seminar² ngalor ngidul bikin pusing ga jls, sejak awalpun memang di hati sudah ada yang mengganjal. Terimakasih kk kk atas sharingnya dan sy merasa terbantu sekali

  10. Gw tadi siang diajak teman gw buat gabung di pt melia sehat sejahtera, dari pagi dia chat gw katanya ada bisnis, gw ikutin la dia ke tempat kakak tingkat gw di universitas gw, trus gw di ceritain dari awal sampe akhir dengan iming iming sukses mudah dan ngebantu ortu, alhamdulillah gw sedikit tau dengan bisnis kayak gini bisa disebut bisnis Lingkaran setan (kalo mau modal balik harus nyari member baru) contohla (qnet/hora umum), jadi mahalan gw banyak tanya ke kakak itu seperti kenapa masih ngontrak ? Hpnya kok bukan iphone ? Udh kebeli mobil ?
    Kakaknya jawab dengan tidak logis dan kalo ditanya pendapatan jawabnya alhamdullilah cukup.
    Pas selesai dijelasin dari awal ampe akhir gw disuruh daftar, gw bilang gak berminat kak sama gak ada uang, gw bersyukur otak gw gak kemakan ama iming iming mereka.

    Dan buat teman gw kalo baca ini lu itu bangsat.
    Gua gk tau lu udh kehipnotis atau gimana tapi cara lu menghalalkan segala cara sampe mau nipu teman buat bisnis lingkaran setan ini fuck la

  11. halo, saya juga kemarin diajak gituan (bilangnya mau maen malah diajak ke seminar mrk) alhasil saya marah cepet2 pulang. kalo saya balik lagi ke pendapat masing2 jangan dipaksain rasanya ada yg ganjel mending gausah daripada kenapa2

  12. Saya juga pernah di iming iming teman untuk ikut MSS ini. Sampe pelatih saya ikut juga, entah paket yang berapa. Ternyata pelatih Saya itu ngajak saya dan teman2 yg lain agar join juga. Tapi kami gak mau, karena ortu kami melarangnya dan tidak masuk akal. Alhasil pelatih saya pada akhirnya tidak mendapat apa2 . Dan teman kami yang anggota lama dari MSS itu hilang dari peradaban secara tiba2. Sekian pengalaman kami.. Semoga kita gak mudah termakan rayuan iming2 uang dan yg banyak yaa

  13. Saya bingung nih baru aja diajakin temen.. ya gitudeh sama apa yg dirasain kalian” yg pada komentar, yg saya bingung saya jalanin atau saya tolak aja ya mohon dong jalan keluarnya. Saya takut nanti kedepannya gimana” aja gitu. Cuma yg ngejelasin dan yg ngebuktiin bahwa dia bener” dapet hasilnya ya saya kaget sampe dia kasih unjuk websitenya sampe penghasilan” perharinya, paspor dia mau keluar negeri besok dan sampe bawa” kepingan emas gitu dan umurnya baru 16th. Saya pribadi masih 19th. Fikir saya awalnya masa gua kalah sih sama anak umur 16th yg penghasilannya 3jt/blnnya. Terus saya harus gimana nih 🙁 minta solusi yaaa terimakasih 🙂

  14. Iya sama gan, gw wktu itu nyari kerja di grup loker jumpa lowongan freelance eh pas disuruh datang mlm rupanya, udah gtu pas ada yg pidato treak-treak “dahsyat”…. Dan yaah gw disuruh gadai laptop kesayangan gw, dalam hati gw “yee si bangst asu”

  15. Wkwkw iyha” sama kak persis dg yg lu sampein.
    W kmarin kena korbanya,jauh” dri malang trs ke Sidoarjo gataunya ada d surabaya hadehh.
    Dan dg adanya coment” d atas w 100% jadi ga tertarik “belas coeg” makasih infonya

  16. saya juga di iming-imingi teman untuk join bisnis… lalu diajak ke sebuah seminar yang teryata bisnis melia sehat sejahtera… waktu mereka presentasi sungguh membuat orang tergiur untuk gabung dengan bisnis tersebut dan boom.. saya pun tertarik untuk beberap[a menit.. tapi setelah menit berlalu mah.. mulai perhatikan penampilan orang yang presentasi.. katanya bisnisnya dapat duit gede tapi kok kucel gitulah.. selain itu, disuruh mengajak orang untuk join juga? berarti mengajak terus bahkan disuruh pinjam bank kalau gak ada duit.. wkwk sungguh ironis.. untungnya saya cari tau dulu semua kebenaran dari bisnis ini lewat inernet dan korban-korban yang lain.. selama masa mencari tau.. para leader bahkan temen saya yang sudah join gencar untuk membujuk saya buat join.. 7 paket yang harganya 7jt lebih… untung saja gak join. Gak masuk akal kalau sampai gadai barang/pinjam bank dan temen hanya untuk ini.. ya kalau dapat korban dibawah kita? kalau gak ada ya rugi kita.. mending buat jualan uangnya.. Dan kakak saya sendiri menjadi korbannya., Saya harap kalian tidak tergiur dengan bisnis ini kecuali kalian siap memakan orang lain untuk kepentingan anda 🙂

    ebuset panjang bener. Ini cuma uneg-uneg aja sih

  17. Sama gua, anjirrr bet ktnya mau belajar ttg enterpreneur, dan gua itu anak manajemen kbtulan bgt krn w pngen nambah ilmu nya dan jg lg pngen ada usaha syp tau dgn kls itu gua jadi smngat buat bkin usaha. Pantesan org ini cht2 gua trs, dan gua ga enakan nge janji org. Tiba2 waktu gua ada, gua pun mengiyakan ajakan org ini ktnya mau ada kelas entrepreneur sampe2 gua bawa buku. Eh sampe di sana, gua di kerumutin org2 yg di organisasi itu melia, njirr gua di boongin trnyta gua disuruh gabung, pengen ngakak pas gua di jelasin, gua gigit bibir gua biar ga ktawa. Ni org kok lincah bgt ngomongnya, bnci bgt pdhl gua ga trtarik sama sekali tapi di paksa mendengarkan. And then, krn gua lg ga punya uang, mereka suruh gua ngejual barang2 gua buat gabung tuh melia, wkwkw dan dia blg sebaik2nya org adalah yg brmanfaat bgi org lain? Ktnya bisnis ini smpe kiamat? Lah ogeb bgt, malas gua bkin dosa udah tau itu bisnis haram. Lgian gua ga gila2 duit sgala buat hal yg ga berfaedah.pfttt

  18. sama saya juga gitu.tiba² diajak temen buat ikut seminar padahal niatnya mau pergi maen eh akhirnya ga jadi .mungkin temen saya udah kecuci otaknya saya kasian nanti dia ditipu

  19. Perusahaan emang ga salah apa2,tapi yg ngajak itu salah. :)) Padahal temen sendiri loh,dia ngajak saya buat ke kafe makanan Korea,toh saya semangat dong. Eh tau2nya malah saya dibawa ke suatu tempat buat ngumpul eh diajak gabung buat bisnis. Pdhl saya ga ada niat buat ikut bisnis:) lain kali caranya jangan gini dong,namanya sih penipuan.

  20. Sma gua juga ,, gua kasih duit receh aja 50tbu trus abis itu gua alesan di suruh pulang ortu,, aman deh ga kena jebakan batman wkwkwkw

  21. Anak gue 3 thn gabung boro-2 hasilkan uang mlh tabungannya ludes, skrng dia udah ga mau tau lg sama melia sejahtera atau propolis , ini bisnis cuma jual janji sama mimpi…

  22. Alhamdulillah, gua udah 1 tahun jadi member udah ngerasain bonus setiap hari, hanya dengan ESN setiap hari, konsisten, dan yakin sekarang punya lebih dari 40 member, udah trip singapore, malaysia, hongkong, dan thailand. Juga bayar spp sekolah sendiri. Dan beliin ibu gua cincin emas 5 gram.

    Sebenernya, kalo lu nangkepnya bener orang yang ngajak juga ga salah caranya, dia ngasih solusi begitu supaya lu ada ide biar dapet uang buat bayar modalnya, toh lu juga laptop yang beli orang tua lu kan? Sekolah juga dibiayain orang tua kan?

    Nah, apa salahnya lu jual barang “pemberian” ortu lu, untuk nanti dikembalikan (membahagiakan) orang tua lu?

    Jangan liat apa yang kita keluarin, tapi liat apa yang nanti kita dapetin.

    Gua join jadi member sampe jual hp, pas ditanya bilangnya hilang, dan yaa diomelin, dicaci maki, tapi gua diem aja ga ngelawan, toh kalo ngelawan orang tua dosa kan?

    Gua bukannya ngajarin lu ya, tapi Melia itu berlian kalo lu tau itu.
    Kenapa gua bilang gitu?
    Pertama, perusahaan udah berdiri selama 16 tahun, dari tahun 2003-sekarang. Kalo misalnya nih bisnis abal-abal kenapa masih berdiri sampe sekarang?

    Kedua, pemiliknya orang indonesia asli, anggota dpr-ri udah 3 periode. Kalo beliau nipu, nuntutnya gampang.

    Ketiga, Udah banyak anak muda yang sukses berkat Melia.

    Keempat, oh iya kebetulan yang ngajak gua juga sama nih kayak lu, gua baru kenal, pas smk tiba tiba gua di ajak bisnis, dan emang bener, rezeki bisa datang dari mana aja dan kapan aja.

    Peace.

  23. Aku pun hampir kejebak sama sekali kaya yg diceritakan untung otak saya jalan kalo soal bisnis Alhamdulillah ga kena masuk situ deh

  24. Aku pernah ikut seminarnya tapi sampai sekarang masih belum ikut.
    Hmm… Kemarin itu aku baru paham uangnya dari mana. Menurutku ini bukan money game. Dana itu dari uang sponsor dan iklan yg sdh disediakan oleh perusahaan. Setiap perusahaankan pasti menganggarkan dana iklan perbulan seperti iklan di tv dan spanduk or banner. Iklan di Tv kan pasti mengeluarkan dana banyak utk dipromosikan di tv bisa mencapai 2M dan lebih. Nah Mss ini anggaran promosinya dialihkan ke member yang Menjualkan produk tersebut. Jadi dibayar nya menggunakan anggaran dana sponsor dan iklan.
    Kalau yang membuat artikel ini g terima atau pernah dibohongi bisa kok dilaporkan ke polisi dan pemilik Mss ini yaitu Ir. Sukur Nababan anggota DPR-RI yang sekarang masih menjabat jg bisa dilaporkan.
    Terimakasih.

  25. Elo yg anjing bro lo ada penolakan sekali dari temen lo udah nyerah aja dasar cemen PENGECUT dasar keturunan pekerja yg cuma bisa bertahan hidup FUCK

  26. Dasar orang2 bodoh udah tau modal 1 kali dan di wariskan dan kerjanya tugasnya cuma ngundang 2 teman gak disuruh ngejual produk, paham ?Kallo masih gak paham berarti otak2 lo pada cetek!

  27. Gimana cara jual produknya ?
    Mohon bantuannya ya aku mau ngembaliin modalku. Udah ku jual ke konsumen tapi susah yang minat, ke apotik juga susah. Padahal aku mau bayar uang kosan . Mohon bantuan dan pencerahannya

  28. kalo kata guamah caranya dah yang salah…..inituh kalo menurut gua kayak marketing biasa ajaaa….dan ga kayak gtu

  29. Alhamdulillah dpet pencerahan… Gua bru aja nih d ajak,,, tpi gua bilang pikir2 dulu dah.. wkwkkwkw gua sbenernya heran, ngjaknya maksa… Trus pke motivasi2 gitu, kya brainwash… Yg lebih heran lagi… Yg ngjak itu tau2 jdi seolah2 akrab bngeet ama gua… Pdahal itu cuma temen yg baru gua kenal