melia sehat sejahtera, iming iming "membantu orang tua" kok caranya gini ya?

assalamu’alaikum wr. wb..

beberapa waktu yang lalu nbsusanto ketemu dengan teman.. ngalor ngidul hingga dia menceritakan bahwa hari sebelumnya dia diajak oleh seorang temennya untuk mengantar beli sesuatu.. ternyata malah diajak mampir ke suatu tempat dan bertemu beberapa orang yang menurut teman nbsusanto, mereka ini aneh.. ngobrol kesana-kemari, dan si temen itu diajak untuk bergabung dengan Melia Sehat Sejahtera..

form pendaftaran melia sehat sejahtera

kalimat yang digunakan untuk iming-iming pun cukup makjleb bagi kalangan mahasiswa, “kamu nggak mau bantu meringankan beban orang tua?” singkat dan akan membuat orang berpikir..

nah, kemudian diajak untuk bergabung dengan Melia Sehat Sejahtera.. diberikan form seperti foto di atas.. tertulis bahwa biaya pendaftaran adalah Rp 30.000,- dan harus membeli suatu produk (kalo tidak salah propolis seperti tertulis di atas) seharga Rp 605.000,- per buahnya.. jadi minimal untuk bergabung haruslah bermodal Rp 635.000,- untuk 1 lot.. untuk lebih dari 1 produk, tinggal kalikan saja jumlahnya dengan harga Rp 630.000,-..

yang menggelitik, si pengajak itu juga menawarkan solusi pada teman nbsusanto tersebut jika tidak punya uang.. solusinya adalah menggadaikan laptop.. mahasiswa yang banyak berurusan dengan laptop kok laptopnya digadaikan? terus kalo mau mengerjakan tugas gimana? jika ditanya orang tua kemana laptopnya nanti jawab apa? masa berbohong? jika ngapa-ngapain harus ngrental komputer atau minjem temen apa nggak keluar duit banyak, menyita waktu dan ada perasaan nggak enak ke temen? namun temennya temen nbsusanto itu menggadaikan laptopnya karena untuk join di MSS lebih dari 1 barang.. 😮

solusi yang lain adalah menggadaikan ijazah.. pengajak tersebut mengatakan mengetahui tempat penggadaian ijazah.. hah? ijazah dihargai berapa? sampe ijazah pun dianggap solusi untuk dapat uang instan..

si pengajak bercerita bahwa dulu sempat kekurangan uang saat kuliah dan dengan join MSS ini katanya bisa mencukupi.. benarkah?

yang pasti keliatan sih adanya skema penjaringan member (member get member).. ya logis kalo founder maupun leader yang telah join sejak lama mendapat pemasukan banyak dari member yang bergabung setelahnya.. namun bagi member yang daftar belakangan, jika sudah tidak ada yang minat mendaftar untuk berada di downline nya dia hanya mengandalkan penjualan propolis eceran.. dari hasil browsing, nbsusanto juga menemukan harga grosir di tingkat leader untuk produk propolis lumayan lebih rendah dibanding di tingkat member paling bawah, dimana member paling bawah berdagang propolis dari yang dibelinya dari upline seharga Rp 605.000,- untuk 7 botol dan dijual Rp 110.000,- per botol..

disini poin yang nbsusanto tekankan bukanlah bagaimana sistem bisa balik modal dan apapun internalnya.. tapi kenapa caranya harus dengan bergerombol untuk menjaring member dan mengajak dengan cara menggadaikan apa yang dipunyai jika sedang tidak ada uang? kenapa harus seekstrim gadai laptop atau gadai ijazah? ujung-ujungnya gimana cara mengakali saat orang tua menanyakan keberadaan laptopnya.. ya kalo bisa balik sih oke saja.. kalo tidak? malah membebani ortu bukan.. 😐

mungkin sedikit referensi tentang melia sehat sejahtera:

http://www.kaskus.co.id/thread/52019c093dcb17ac3a000000/kelakuan-mlm-melia-sehat-sejahtera-update/

atau mengenai sistem yang hampir sama karena menonjol di penjaringan membernya dibanding produknya:

http://roda2blog.com/2013/11/17/kenapa-vsi-disebut-money-game-with-update/

beberapa tahun yang lalu nbsusanto juga pernah di sms serta ditelpon seorang teman untuk bergabung di suatu pertemuan yang menjurus ke MLM juga.. ya bijaksana saja lah dalam mendengar ajakan bahkan dari seorang teman..

mungkin ada dari pembaca yang mempunyai pengalaman dengan MSS ini? entah sebagai member aktif, mantan member, mantan calon member dan lain-lain monggo silakan berbagi secara jujur agar memberi pencerahan.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

189 Komentar

  1. Mending kamu cuma 75rb,, adik aku yatim piatu dia kelas 2 smk kmaren di suru jual hp nya dan bayar 1,1jt,, tanpa pikir panjang dia nurut aja,, sedih nya itu hp baru nya baru 1 bulan gw beliin buat dia belajar online gara”di tegor guru nya karna gak pernah blajar on line, dan skrang karna rayuan bisnis itu hp dia melayang dan modal. Gak kmbali,, sedih bngt rasanya, mau di minta blik uang nya/hp nya gak bisa ktny

  2. Keponakan saya ikut jdi member MSS , trus kemarin seminar di bandung pdahal lagi keadaan Corona . Trus katanya yang ngasih materi ada orang DPR . Emang ga mikirin dampak Corona gitu ? Sama keponakan saya gabung bayar 1jt , jadi walaupun ga ngajak orang katanya bakalan masih dapet untung . Bener ga sih?

  3. Lu nya aja gk ngapa²in gimna ada hasil.. skrang gua tanya ada gk kerjaan di luaran sana yang gk di kerjain dapat hasil?contohnya aja nih lu punya toko kalo tokonya gk lu buka dapat hasil gk?pikir logis bro pemahaman lu itu masih rendah.

  4. Lah d sni jlas²nya mbanya blang blom ngapangapain. Ya gimna mau ada hasil wlaupun udh join 6 blan atau bhkan 1 thun klo ga ngelakuin sperti yg d arahin ya mna bisa ada hasil, lucu kenanya mau ada hasil tpi ga brusaha. Sma aja kita berdoa trus mnta rezeki tpi ga brusaha bkerja, ya ga mungkin kan itu uang tiba² muncul d kasur..

  5. Wah bener ga bisa balik uang formulirnya? Saya baru aja ngalamin persis kayak cerita lu bro, rencananya mau gw minta balik tuh uangnya

  6. iya ya.. kenapa bukan produknya gitu yang di promosikan. aku sudah gabung di mss hampir 6 bulan. dan sampe sekarang belom dpat apa apa. bahkan produknya pun belum sampe ke tanganku. aku emang belom ngapangapain sih. ga pernah ngajakin orang.

  7. Gak usah aja ikut bro,dimana mana tak ada yang sukses rame rame,logis aja,kok dua gak kenal elo mau ngajakin sukses,keluarga nya banyak lagi yang harus di sukses in haha,ups,kadang keluarga sendiri aja kalo udah sukses lupa,wkwkw
    Itung aja org sukses di dunia bro,eh,keluarga nya kalaupun sukses,pasti beda jalan haha,kalau sama jalan nya,berarti anak buah hahha
    Ingat kata pepatah inggris bro,no freelunch,tak ada makan siang yang gratis

  8. Sorry ya mass, jangan anda salahkan PT bersangkutan, tiap tiap orang berbeda. Temen lu dpt yang apes mo d gimana in. Inget aja,Orang yang sukses adalah orang yang mau berusaha. Mereka bakal berfikir keras untuk sukses sesuai harapannya. Kalo temen mu cuma daftar doang di jalanin kagak ya gimana mau sukses?

    • disini poin yang nbsusanto tekankan bukanlah bagaimana sistem bisa balik modal dan apapun internalnya.. tapi kenapa caranya harus dengan bergerombol untuk menjaring member dan mengajak dengan cara menggadaikan apa yang dipunyai jika sedang tidak ada uang? kenapa harus seekstrim gadai laptop atau gadai ijazah? ujung-ujungnya gimana cara mengakali saat orang tua menanyakan keberadaan laptopnya..

  9. Klo menurut saya sih gak merasa tertipu,
    krna tujuan saya membeli produknya yaitu propolis,soal bisnis ga terlalu dipikirkan.
    Contoh saya beli rokok diwarung,tp rokoknya ga dikasihkan ke saya ,nah brrti sy ditipu oleh sipemilik warung itu.. Kira” bnr gak ya gan..?

    • disini poin yang nbsusanto tekankan bukanlah bagaimana sistem bisa balik modal dan apapun internalnya.. tapi kenapa caranya harus dengan bergerombol untuk menjaring member dan mengajak dengan cara menggadaikan apa yang dipunyai jika sedang tidak ada uang? kenapa harus seekstrim gadai laptop atau gadai ijazah? ujung-ujungnya gimana cara mengakali saat orang tua menanyakan keberadaan laptopnya..

  10. Bismillah, Apakah MSS ini sama dengan MLM gan?kalau memang mirip maka ini termasuk Kedalam “GHARAR”, dan bagi yang belum tau apa itu “GHARAR” silahkan di shareching saja karena pembahasan “GHARAR” ini sangatlah panjang gan karena kalau dijalasin secara singkat itu bisa² gak paham aja gitu, lebih baik kalau ingin tau lebih detailnya silahkan di sharching saja, intinya kalau “GHARAR” adalah sesuatu hal yang dapat merugikan salah satu pihak karena “NABI SAW itu MENGHARAMKAN YANG NAMANYA GHARAR”. Sedikit penjelasan dari ana kalau ingin pengen tau lebih jelasnya silahkan cek di youtube pembahasan “HUKUM BISNIS MLM(Multi Level Marketing)”, dan carilah ustad yang paham mengenai sunnah seperti pembahasan dari ust.Khalid Basalamah, ust.dr.erwandi tarmizi dan juga ustad² sunnah lainnya. Sekian dari ana semoga dapat bermanfaat ana bukan promosi tapi ana ingin mengajak sahabat² islam buat mengerti tentang sunnah sesuai syariat islam. Kalau ada kata² ana yang salah atau menyinggung salah satu pihak mohon di maafkan karena islam mengajarkan kita untuk saling memaafkan dan saling mengingatkan sesama umat muslim lainnya, Sekian Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  11. Assalamualaikum Saya Member melia dan saya mengakui bahwa melia memang bisnis bagus dan aman saya baru join 5 bulan tp penghasilan saya alhamdulillah sdh lumayan besar,memang skrng saya belum kaya tp Mohon maaf seetlah saya gabung disini saya tdk pernah merasakan yg namanya tidak punya uang,

  12. Prospeknya sampah leadernya pun sampah gua ngakak aja motifasi kaya gitu cuma diktrinin anak orang apa ngga takut dosa apa ya gua akan cari siapapun lu leadernya gua udh gabung biar gua bisa tau doang sistem doktrin mereka aja hahaha

  13. Slamet belum gabung mss… gabung aja hrs keluar modal segitu… dipikir2 keluar duit segitu modar aku gk makan sebulan… malah disuruh gadaikan barang… ngawur dikiranya ane gk butuh apa… wooo nguawur…

  14. Tadi malem gw datang ke perkumpulan gerombolannya karna di ajak temen , 10% karna ga enak sama temen 90% iseng pengen tau rasanya di prospek, gw sengaja datang bawa mobil dan terlihat punya uang supaya ninggalin kesan gw ga butuh butuh banget sama bisnis itu biar setelahnya ga di kejar kejar terus. Walaupun emng keuangan lagi seret gw di prospek kaya lagi nonton lenong wkwk satu ngejelasin sambil kasih video yang lainnya di belakang kaya orang goblok penonton bayaran setiap di jelasin yang keren pada teriak “wahhh gila keren” “wahh coba tuh artis aja ikut” “wah bisa beli mobil” gw disitu senyum senyum sendiri nahan ketawa wkwk selama 1jam nontonin video ga mutu terus anjing, sampe udah gedek gua cabut aja alasan mau jemput pacar gw berharap tuh orang orang lebih jago buat prospek calon member mereka dan tadinya gw udah niat buat debat sama mereka tapi ternyata cara prospeknya sampah semua wkwkwk

  15. Perusahaannya gak salah. Yang salah tuh oknum yang cuman ngasih iming2 hidup lebih baik tanpa memberikan penjelasan yang pasti kepada new member. Mau bisnis apapun itu, klo gak dijalanin secara istiqomah yah gak berkembang….

  16. Sy jg punya tmn bisni di mss dia tiap temen diajakin semua ,smpe ada yg ikut gabung ada yng baru diajak langsung mundur. Dan pada akhirnya tibatiba sya diajak tapi sya tdk gubris karna udah tau dia bisnis apa dan gimna, dan cara dia nawarin bisnis tuh terkesan pemaksaan dan sampe beberapa kali ngajak pdhl saya tolak dengan alesan lgi fokus kuliah. Dan sampe detik kemaren dia tuh masih ttp nawarin di semua sosmed sya dia ngecht kan lamalama gedeg juga. Dan sya gasuka etika mereka yang suka merendahkan kerjaan orang lain sampe ngurusin suksenya orng lain seperti kesanya sukses tuh harus ngikut bisnis itu. Gedeg lamalama ditawarin mulu diblok kontaknya itu temen sebernya gamau smpe jelek juga sama tmn cmn dianya gatau diri udh tau orng gamau ngikut ttp ditawarin suka bingung apa gacape nawarinnawarin gtu pdhl orngnya udh nolak.

  17. Pertanyaan nya, bagaimana kalo orang yang lu ajak engga bisa bawa orang lagi? Apa ente ngga kasihan bro sama korban, Melia itu menurutku emang bagus sih, tapi lebih bagus lagi ngga ikut wkwk

  18. Produknya di apotek mana yg available? Sy mau beli kok ngga nemu produknya di apotek manapun…
    Sakit hati sy. Mau pake melia propolis kali aja bisa
    Hehe

  19. Pernah sih diajak join sama teman SMA dulu
    Tapi saya udah ngga ‘sreg’ sama cara ngomong member disana. Maksa, logisnya omongan tu 50:50, kedenger songong, dan kurang menghargai usaha saya buat “nabung”. Buat mereka nabung sedikit sedikit tu dah ga level. Ya paham sih maksudnya.
    Saya dipameri buku tabungan yg hasilnya dah sekian juta dengan waktu ‘nabung’ hanya sekitar 6 bulan.
    Dari situ sy mikir kalau (maaf) bisnisnya ngga sehat. Yasudah, jauh-jauh lah saya dari lingkungan (maaf lagi) toxic begitu 🙁

  20. Kalo di semarang MLM udah di cap sangat buruk. Tmn gue org medan ketipu 13jt sampe2 boongin emak bpknya yg ada di medan, setau ortunya tmn gue (panggil aja abang) si abang tu anteng di pndok, ehtau nya tergiur bisnis MLM (tapi bukan MSS). Dan duit 13jt itu melayang gitu aja tanpa ada bekas. Awalnya sih dikasi liat mobil sport, rumah mewah, dll.. Ehtaunya tu mobil sport mobil rentalan.
    Menurut gue sih ini nipu gak nipu yaa, nipunya tu yaitu tadi mobil rentalan krna ini gue dnger langsung dari si korban. Dan gak nipunya emg bener si dikasi produk tapikan yeee gilaaa mahal beneeeer ampe 10jt.
    Lah pinter bener tuh org yg ngajak join bisnis MLM, ngiming2 naikin haji ortu lah, punya mobil sport lah, rumah mewah, dll. Santri mana si yg kaga tergiur kalo dnger kata NAIKIN HAJI ORTU duhh gua juga mau kale bosss

    Sekian, Terimakasih.
    Salam Santri Demak

  21. Ngomong ny om d jaga, akhlak nya tak d pakai.. .
    Temen saya juga nawarin, post uang trus mnerus, trus saya blg klo saya udh tau system nya, trus kata nya MSS itu halal krn di naungin seorang habib juga, saya sampe mikirmikir ,pdhal dia sahabat trbaik saya dr jaman smk, kok bs gini k saya…

    Trus kata nya bntar lg dia mau jln2 k luar negeri ,y saya biasa saja ,pas saya tanya knp uang ny g buat umroh in ortu aj, dia g bs jawab…

  22. gua juga sempet di ajak Kaka kelas ikut beginian.. awalnya gua bingung dia hanya ngajakin gua ikut projek periklanan, nah gua kira projek periklanan tuh kaya selebgram gitu gua jadi model nya buat ngiklanin tuh projek Hahahahahah.. eh pas nyampe sana otak gua dicuci abis2an. Bahkan gua malah disuruh jual aset2 yg gua punya seperti komputer , alat recording yang gue punya, tapi gua kasih mikir2. Gua susah2 payah ngunpulin beli alat recording, masa gua jual semua demi ini bisnis yang gua ragu akan keberhasilan gue,, eh tapi sii pengajak itu tetep ngasih motivasi terusss ga berhenti2 anjir Ampe gua cape dengernyaaaaaaa…pengen pulang.. Bodohnya gua tergiur dan gua disuruh ambil formulir seharga 75rb.. nah akhirnya entah kenapa gua malah ambil tuh formulir dan sisa dompettt gua pun ada 80rb… Nah sisa goceng buat ongkos balik hehehehe… Nah pas sampe rumah gua jelasin semua ke ortu gua.. eh untungnya ortu gua udah pada pengalaman soal itu.. awalnya gua bantah ortu gua dan ngebela2in tuh bisnis .. akhirnya gua dikasih nasehat terus sampai gua sadar orang tua gua bilang kalao gua itu masih bocah masih labil, masih gampang tergiur iming2 sana sini, trus mereka bilang kalau kamu gabisa jalaninnya kamu bakal gagal 100%.. apalagi kamu masih anak sekolah, modalnya malah hasil jual2 aset, aduh yang ada asetmu hilang tapi uang tak dapat:(… Dstu gua sadar dan gua minta balik tuh uang 75rb guee.. eh gabisa katanya.. ah sial… Rugi gua.. yaudahlah gua anggap aja bayar seminar wkwk…mending kehilangan uang 75rb daripada gua kehilangan uang berjuta juta wkwk.. sekian pengalaman gue.. TRIms:)

  23. Ini cerita saya, Yang saya tahu mlm itu baik jika dijalankan dengan cara yang baik.
    Saya bukan mantan member MSS, tapi saya mantan member PayTren. Yang saya tahu tentang MLM (Multi Level Marketing) ini sekarang banyak yg menyalahgunakan, contohnya aja di bisnis ini, MSS punya produk tapi membernya hanya fokus mencari member baru. Dan yang saya benci cara mereka mengajak untuk menjadi member, iming iming lah. Saya salut juga sama mereka yg bisa mencuci otak.
    Akhir tahun 2019 saya dan mantan calon istri saya berencana mau menikah, kita punya tabungan bersama dari hasil kerja ya bukan dari MSS. Mantan calon istri saya pada bulan april 2019 bergabung di MSS tanpa sepengetahuan saya dan uang tabungan buat nikah pun dipake, saya jelas gatau itu bisnis apa karena dia merahasiakannya. Hari hari dia makin sibuk seminar lah, prospek lah sampe gaada waktu buat kontekan sama saya. Jelas saya curiga, ada apa sih kok dia jd kaya gitu!, Dia sampe gaada waktu, gak ngasih waktu buat ngobrol di telpon pun gaada, wa ga di bales. Sampai suatu malam saya bisa telponan sama dia dan berceritalah tentang bisnis MSS, Baru saya tau bahwa dia ikut bisnis MSS, sebelumnya saya udah tahu semua MLM itu iming iming nya menggiurkan. Dan kemudian saya bertanya bagaimana dengan hubungan saya dan dia yang mau melaksanakan pernikahan? Jawaban dia simple “Saya sudah tidak memikirkan cinta, saya mau membantu orang tua saya dulu”.. saya sudah jelaskan tapi yg namanya orang sudah berambisi mencari harta ya susah, sampe sampe dia menjelekan pekerjaan saya! Dia ngajak2 saya untuk gabung tapi saya ngga mau. Beberapa bulan kemudian tepatnya bulan september 2019 saya kuliah di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, setelah lama ngga ada kabar dia nongol dengan Story Whatsapp Merendahkan Saya dengan kata kata “Buat apa kuliah? Lulus nyari kerja!, Mending ikut bisnis MSS!” Dan saya hanya tersenyum aja. Now, alhamdulillah saya sudah punya calon istri, dia mantan saya pas SMK sih hhe, walau skrg saya sedang kuliah niat ingin menikah dan membahagiakan seseorang itu tidak pernah pudar. Maaf ya sedikit curhat hehe

    Terimakasih

  24. saya setuju dengan pernyataan anda, memang orang ketika disebutkan angka, apalagi harta, akan mudah untuk terpengaruh, maka dari itu kita juga harus selektif dan terus berusaha agar bisa sukses. saya mau menyarankan bisnis lain yaitu Eco racing , di eco racing kita tidak dipaksa untuk bergabung silahkan gali informasi sedalam dalamnya apabila tertarik dan berminat silahkan bergabung lagi pula manfaat dari produk nya bisa kita rasakan sendiri dan sangat cocok untuk pemakaian sehari hari bagi yang memiliki kendaraan yaitusebagai penghemat bensin , menambah octan , lagi pula produknya Organic , sehingga gas buang nya menjadi ramah lingkungan.

  25. saya juga mau sharing cerita, kejadiannya udah hampir 2 tahun yang lalu pas masa masa SMK kelas 2 saya udah terjebak di MSS tapi saya berhasil menyelamatkan laptop. Pas di hari H saya diajak temen katanya ada yang mau ketemu, ternyata malah di motivasi dan ujung ujung nya diajak join disitu saya nolak dan saya tanya secara kritis namun entah mengapa tetap terayu dengan ajakannya hari itu saya disuruh pulang bawa laptop untuk digadaikan. disitu teman saya juga membantu disitu saya seperti percaya gittu. nah intinya saya didesak pulang ambil laptop ditemenani sama member MSS abis itu proses registrasi. setelah registrasi saya pulang dan pas pulang saya langsung cari di website bahwa MSS ini memiliki banyak topik yang negatif, lalu saya mengabari teman saya untuk tidak jadi. dan saya disuruh ikut seminar besoknya, tapi saya tetep kekeh untuk keluar , setelah mengikuti kemauannya saya yaitu ikut seminar abis itu saya ketemu sama leader nya untuk di motivasi tapi saya tetep kekeh untuk keluar. karena produknya tidak sesuai dengan saya, karena SUSAH mencari segmentasi dan target buat orang yang mengerti dengan produk tersebut. Alhasil kebesokann hari nya saya disuruh ketemu lagi, setelah ketemu saya meminta untuk laptop saya kembali namun dia bilang di usahain biar balik. setelah itu temenn saya dateng yang ngajak gabung ke mss buat ngebantu saya , yaitu dengan cara meminjam kan laptop miliknya sembari nunggu laptop saya balik. disitu saya sepakat , saya kira 3 hari laptop saya balik ternyata 7 bulanan lebih baru balik laptop saya.
    Saya tidak mau melanjutkan bisnis tersebut karena tidak yakin dan produknya susah dipasarkan , dan cara nya pun salah masa harus membohongi orang tua benar yang dikatakan oleh penulis blog ini di iming iming kan dan disangkutpautkan dengan orangtua.
    dengan kejadian tersebut sekrang saya lebih berhati hati untuk gabung bisnis, sekarang saya lebih menggali informasi dari bisnis tersebut sekira nya Eco Racing ini lah pilihan yang tepat buat saya karena produknya berbeda dengan MSS, karena Eco racing bisa dipakai buat kegiatan sehari hari yaitu untuk kendaraan motor dan mobil. Di jual pun masih tetap menguntungkan, sekiranya bisnis ini tidak sama dengan MSS tidak ada yang dirugikan sama sekali karena sesuai dengan visi misi perusahannya , saya bergabung dengan Eco racing tidak hari itu langsung gabung saya menggali informasi seminggu saya tanya -tanya dulu saya cari di internet tonton video di youtube mengenai bisnis ini dan ngeliat Legalitas dari bisnis ini. Disisi lain bisnis ini enak nya tidak ada pemaksaan dan menggadaikan barang. lagipula eco racing ini ada website dan aplikasi untuk android , yang sudah member dapat diakses dengan memasukkan ID dan PASSword ,apabila teman teman disini ingin tahu mengenai produk nya bisa tanyakan ke saya, terimakasih

  26. Gimana caranya keluar? Soalnya aku mau keluar mereka bilang ngak bisa keluar dari member bisanya hanya menjadi member tidak aktif. Mohon pencerahannya, alasanku sama kayak kamu

  27. Gimana caranya keluar? Aku pengen keluar tapi mereka bilang ngak ada yang bisa keluar kalau udah jadi member, bisanya jadi member yang ngak aktif aja. Alasan kita mau keluar sama loh, aku ngak merasa nyaman

  28. Hehehehe maap nih ya.. Ane critaa bentar nih.. Kemaren ane kejadian juga di ajak temen. Ngajaknya ngopi, tumben gt ngechat biasanya gtw sama sekali nih anak chat ane.. Nah ane bales gbs soalnya sibuk ada job… Nah tdi malem dia chat lagi sibuk nggak ane jawab nih nggak knapa… Dia bilang mau ngajak bisnis… Trus ane jawab bisnis yg di post ya… Soalnya sebelumnya dia post bisnis ini dan aku sudah tau bisnis ini…. Dia jawab iya, emang kamu dah tau bisnis ini. Ane jawab udah soalnya sebelumnya ane pernah diajak temen dijelasin ksana kemari dan pada akhirnya ane nggk minat. Nah semalem dia ngajak ketemuan ya ane jawab monggo silahkan.. Lah tdi pagi ane chat dia crita2 masalah bisnis itu trus ane bilang itu bisnis sistemnya MLM. Dan lucunya dia gtw noh MLM kayak gimana yg penting kerjaan diluar sana sulit mending bisnis ini.. Ane dah mikir nih anak udah kecuci bener otaknya… Awalnya ngajak2 ane trus tdi dia bilang kamu gak usah gabung. Banyak bacot tinggal gabung aja kok repot… La ane mbatin nih orang ngajak gni amat yak ternyata. .. Hahahahaha

    Maap ane sudah paham dunia MLM soalnya keluarga ane udah pernah ketipu MLM dari kakaknya bapak sampe adeknya bapak jadi maap nih ye.. Mending wirausaha dah atau freelance dah… Dari pada MLM… atau nggak daftar kasir indomaret aja…. Beres

  29. Gue mantan membernya nih, MANTAN yaa berarti udh keluar hahahah.. mua cerita dikit aja, kalo menurut gue perusahaannya emg bener kok gak nipu, kalo ada seminar2 besar, kadang pak sukur nababan juga ikut mengisi.. gue sih blm sempet ketemu beliau soalnya kalo ga salah 2 bulan doang we join mss.. menurut we yg kalo kasus tipu2 itu tergantung oknumnya (orgnya) masing2, kayak uplinenya curang atau engga, jgn salain perusahaan yang menipu.. dan dia melia itu, istilahnya ga memperkaya yg join duluan kok☺️ siapa yang berkerja lebih sering, dan keras, rajin cari downline baru, yaa dia yg banyak duit duluan, jd adil gitu sih.. kenapa gue keluar? Ada beberapa hal yg gak gua suka dri mereka.. pertama gue gaksuka cara berfikiran bbrp dri mereka yg kayak membanggakan mss itu kayak udh pekerjaan yg paling top dah, bahkan ad bbrp oknum yang keliatannya kayak merendahkan pekerjaan yg lain.. dan saya itu masih pelajar SMA,trs kalo misalnya gabisa ikut homesharing, atau prospek atau ikut seminar karna alasan ada tugas kelompok, atau apalah, kadang malah suka dijawabnya “pentingan melia” dih emg idup gua di melia doang, ongkos gua abis bolak balik homesharing.. gue kan orgnya suka bgt nyindir dengan perlahan kalo gak nyaman ama sekitar wkwk, trs prnh debat juga ama upline, karna dia ngerasa kalo melia tuh udh top abis lah, trs diimingin bahagiain ortu blablabla caranya dari sini, trs gue bilang emg jalannya cuma satu? Jalannya banyak kale.. dan waktu gue memutuskan untuk keluar karna bnr2 mau fokus belajar aja, malh dibilang “iyalah lo mau keluar, keluarga lo kan, berkecukupan, beda sama gua yg harus usaha kerja keras dulu di melia” LAHHH?!!! Jd bawa2 ekonomi keluarga?! Emang yg namanya berjuang di melia doang?! Trs gue bilang kalo gue berjuang juga, belajar juga, sama kayak dia, cuma beda jalan.. gua bilang aja manusia itu dikasi banyak pilihan jalan, yg nentuin jalan saya, saya sendiri, bukan ada. Jd anda ga berhak bilang saya ga berjuang blablabla:) maaf ni panjang bgt wkwkwk, soalnya gueee udh lama mendem gini, keseel bgttttttttttt huft

  30. Tman yg b*ngs*t yg ngajak seperti ini gua merasa ketipu merasa nyesel sdah gabumg uang hilang saja orang tua pun tau dak saya slalu kek di benci ama ortu.. Fuck lahh…

  31. Gua pernah ni dan sempet jadi member. Hbis 3jt,
    Kalau gak salah itu dapat 7 paket (produk propolis+melia) dengan iming2 bakal dapet bonus di awal (lupa berapa) dengan min ngambil 5/7 paket di awal daftar katanya biar kakinya seimbang. Awalnya gua gak punya rekening sendiri kan akhirnya diburu2 buka rekening katanya biar bonusnya cpt di trf. Ehh gua tunggu2 trnyata bonus gk dpt katanya salah nempatin kakinya , jadi gak seimbang kan berat sebelah dan itu gak bisa . Dr situ gua ngarasa tertipu. Tiap hari di ajakin seminar2 melulu sempet di suruh bolos kuliah demi seminar biar cpt dpt member katanya. Di bisnis ini gua ngarasa gak ada kkluargaannya samsek . Itu gua rasain pas gua ikut seminar untuk trakhir kalinya, mereka cm mikirin keuntungan pribadi.
    Awal daftar juga sm kyak yg lain di sruh gadain laptop . tp gua gk mau dan akhirnya pke uang bulanan gua selama bbrapa bulan .
    Panjang klo di ceritain. Menurut gua gak logis sih ini bisnis . NyeseeelNyeseeel pke bgt gak tau knapa dulu gua bisa kena

  32. Gua juga udh tau apa yg namany 5 pilar, bonus2nya, trus kemudian kiat2 suksesnya, ampe kebagian akhirny yaitu Formulir, “yang paling mahal formulirnya loh” gua suka bisnisny, tpi gua gk suka sistemnya, ngajak org dengan tipu2, yg tdiny hanya di ajak main, bukan mau bisnis, apa lu gila ya ??? Enak aja jalan2 trus tau2 di selipin bisnis, mending klo cepet balik modal, belum tentu org yg lu ajak itu mau join, lumrah, liat kondisi lingkungan broo makany. Modal nya jutaan broo, tpi belum tentu org punya, trus blm tentu org bisa balikin modal secepat kilat. Masih ada toh bisnis yg modalnya kurang dri 1 jt, masih ada bisnis yg modalny kurang dri 500K.
    Tpi penghasilan pasif income ny bisa lebih dri 2 juta perhari silahkan anda pilih
    Sekarang gua tanya kok LEADER2 YANG LAMANYA gak ada yang berangkat Haji sih ??? Malah di banyakin mobil, harta and yg lain. Trus gua mau tanya, Aset itu bermanfaat gak ?? Barokah gak ???

    Nahh Salam DAHSYATTT kata anak *** mah

  33. Aku juga sempat diajakin oleh temen,,, dibawa ke suatu lokasi, disitu dijelaskan tentang bisnis Melia itu. Siapa sih yg gk tergiur dengan penghasilan 95.000 perhari? Apalagi untuk ukuran mahasiswa. Jadi tanpa mikir ini itu aku langsung daftar di hari itu juga, ambil sebuah paket. Udah panjar 300k sih. Mak w gatau juga. Merasa jahat juga w bohongi Mak. Alhasil karena denger sana sini, yg katanya itu penipuan,senior w juga banyak nasehatin, w tanya tu Ama temen. Bisa gak itu tu dibatalin aja? Males sih ngelunasin sisanya. Mending buat jajan aja. Jawaban temen pada saat itu tak bisa, w harus lunasin dulu yg pertama baru boleh berenti. Aelah, yaudah la disitu aku mikir yaudah deh ikhlasin aja tu 300k sekalian sedekah dan pelajaran untuk tidak segampang itu percaya dengan bisnis” yg belum memastikan. Walhasil langsung ke kejadian gak enak nya aja ya, w ditanyai kenapa cancel Melia ini itu. Ya mau gamau harus jujur,, w denger dari senior katanya itu Melia begini begono. Asli disitu w gak sadar suaraku direkam buset dah. Ni apaan coba. Disitu merasa khawatir. Etsah ni rekaman buat apaan coba. Malah selanjutnya pihak dari Melia itu liatin bukti kalo udah banyak orang” masuk penjara karena itu. Aku otomatis tegang dong ya. Terus aku jelasin, aku kan gak menjelek jelekkan Melia, aku hanya dengar kata orang dan takut kejadian buruk menimpaku .

  34. Kemarin diajak tmn, saya kan maba, trus diajak kenalan sama temen, trus dia bilang nanti kan ada jam kosong main ke kosan dong. eh pas di kosan malah di prospek melia melia segala. awalnya ane mager dengerin nyam tapi namanya baru kenal kan ngga enak langsung mutusin pembicaraan, alhasil gue dengerin sampe abis, trus bodohnya gue smpt tertarik dengan iming iming banggain orang tua lah, ngga ngerepotin orang tau lah, untung aja gue lagi ngga megang duit cuman ada 30rb, trus dia bilang bisa di tabung di gue kok kata dia, gue di suruh tabung aja setengah nya 15rb, yaudah tuh gua tabung trus dia bilang ngga bawa formulir nya, di suruh nulis di kertas nama telepon dll, udah dari itu dia balik, gua pun searching apaan sih melia pengen tau lbh lanjut gitu ceritanya, eh nyasar ke sini jadi tercurahkan pikiran gue. gpp dah gua iklas 15rb . untung blm gabung 7paket LOL

  35. Ya kalo aku sih tergantung orang yg ngajak sama yg diajak, aku diajakin gabung perlu waktu berbulan2 buat mahamin sistem bisnisnya sambil aku perhatiin member2 yg lainnya. Kalian harusnya paham, kalo mau sukses ya usaha. Dikira bisnis kaya gini baru masuk beberapa hari atau bulan lgsg omset jutaan? Wkwk dasar halu. Disini juga ga rugi kok, bisa balik modal dari produk yg kita jual kalo kalian gamau ngejalanin sistemya yg memperluas jaringan (member get member). Yg penting niat baik, niat buat bantu orang lain, jgn cuma ngejar omset omset dan omset! Selama caranya halal kenapa engga diusahain? MLM itu ngga salah, pekerjaan mana si yg sekarang ngga butuh orang? Jadi saran aku, jangan mudah kepengaruh sm yg sukanya jelek2in kaya gini dan jangan mudah kepengaruh sm yg keliatannya indah2 dibayangin aja. Inget! Semua itu butuh proses dan usaha!

  36. Iyya Kk Kk alhamdulillah sy sudah searching sana sini merasa terbantu sy juga baru banget dpt kejadian yang sama namun bersyukur sy blm keluar uang sepeserpun. Mulanya curiga di ajak main sma temen dan benar sy di ajak seminar² ngalor ngidul bikin pusing ga jls, sejak awalpun memang di hati sudah ada yang mengganjal. Terimakasih kk kk atas sharingnya dan sy merasa terbantu sekali

  37. Gw tadi siang diajak teman gw buat gabung di pt melia sehat sejahtera, dari pagi dia chat gw katanya ada bisnis, gw ikutin la dia ke tempat kakak tingkat gw di universitas gw, trus gw di ceritain dari awal sampe akhir dengan iming iming sukses mudah dan ngebantu ortu, alhamdulillah gw sedikit tau dengan bisnis kayak gini bisa disebut bisnis Lingkaran setan (kalo mau modal balik harus nyari member baru) contohla (qnet/hora umum), jadi mahalan gw banyak tanya ke kakak itu seperti kenapa masih ngontrak ? Hpnya kok bukan iphone ? Udh kebeli mobil ?
    Kakaknya jawab dengan tidak logis dan kalo ditanya pendapatan jawabnya alhamdullilah cukup.
    Pas selesai dijelasin dari awal ampe akhir gw disuruh daftar, gw bilang gak berminat kak sama gak ada uang, gw bersyukur otak gw gak kemakan ama iming iming mereka.

    Dan buat teman gw kalo baca ini lu itu bangsat.
    Gua gk tau lu udh kehipnotis atau gimana tapi cara lu menghalalkan segala cara sampe mau nipu teman buat bisnis lingkaran setan ini fuck la

  38. halo, saya juga kemarin diajak gituan (bilangnya mau maen malah diajak ke seminar mrk) alhasil saya marah cepet2 pulang. kalo saya balik lagi ke pendapat masing2 jangan dipaksain rasanya ada yg ganjel mending gausah daripada kenapa2

  39. Saya juga pernah di iming iming teman untuk ikut MSS ini. Sampe pelatih saya ikut juga, entah paket yang berapa. Ternyata pelatih Saya itu ngajak saya dan teman2 yg lain agar join juga. Tapi kami gak mau, karena ortu kami melarangnya dan tidak masuk akal. Alhasil pelatih saya pada akhirnya tidak mendapat apa2 . Dan teman kami yang anggota lama dari MSS itu hilang dari peradaban secara tiba2. Sekian pengalaman kami.. Semoga kita gak mudah termakan rayuan iming2 uang dan yg banyak yaa

  40. Saya bingung nih baru aja diajakin temen.. ya gitudeh sama apa yg dirasain kalian” yg pada komentar, yg saya bingung saya jalanin atau saya tolak aja ya mohon dong jalan keluarnya. Saya takut nanti kedepannya gimana” aja gitu. Cuma yg ngejelasin dan yg ngebuktiin bahwa dia bener” dapet hasilnya ya saya kaget sampe dia kasih unjuk websitenya sampe penghasilan” perharinya, paspor dia mau keluar negeri besok dan sampe bawa” kepingan emas gitu dan umurnya baru 16th. Saya pribadi masih 19th. Fikir saya awalnya masa gua kalah sih sama anak umur 16th yg penghasilannya 3jt/blnnya. Terus saya harus gimana nih 🙁 minta solusi yaaa terimakasih 🙂

  41. Iya sama gan, gw wktu itu nyari kerja di grup loker jumpa lowongan freelance eh pas disuruh datang mlm rupanya, udah gtu pas ada yg pidato treak-treak “dahsyat”…. Dan yaah gw disuruh gadai laptop kesayangan gw, dalam hati gw “yee si bangst asu”

  42. Wkwkw iyha” sama kak persis dg yg lu sampein.
    W kmarin kena korbanya,jauh” dri malang trs ke Sidoarjo gataunya ada d surabaya hadehh.
    Dan dg adanya coment” d atas w 100% jadi ga tertarik “belas coeg” makasih infonya

  43. saya juga di iming-imingi teman untuk join bisnis… lalu diajak ke sebuah seminar yang teryata bisnis melia sehat sejahtera… waktu mereka presentasi sungguh membuat orang tergiur untuk gabung dengan bisnis tersebut dan boom.. saya pun tertarik untuk beberap[a menit.. tapi setelah menit berlalu mah.. mulai perhatikan penampilan orang yang presentasi.. katanya bisnisnya dapat duit gede tapi kok kucel gitulah.. selain itu, disuruh mengajak orang untuk join juga? berarti mengajak terus bahkan disuruh pinjam bank kalau gak ada duit.. wkwk sungguh ironis.. untungnya saya cari tau dulu semua kebenaran dari bisnis ini lewat inernet dan korban-korban yang lain.. selama masa mencari tau.. para leader bahkan temen saya yang sudah join gencar untuk membujuk saya buat join.. 7 paket yang harganya 7jt lebih… untung saja gak join. Gak masuk akal kalau sampai gadai barang/pinjam bank dan temen hanya untuk ini.. ya kalau dapat korban dibawah kita? kalau gak ada ya rugi kita.. mending buat jualan uangnya.. Dan kakak saya sendiri menjadi korbannya., Saya harap kalian tidak tergiur dengan bisnis ini kecuali kalian siap memakan orang lain untuk kepentingan anda 🙂

    ebuset panjang bener. Ini cuma uneg-uneg aja sih

  44. Sama gua, anjirrr bet ktnya mau belajar ttg enterpreneur, dan gua itu anak manajemen kbtulan bgt krn w pngen nambah ilmu nya dan jg lg pngen ada usaha syp tau dgn kls itu gua jadi smngat buat bkin usaha. Pantesan org ini cht2 gua trs, dan gua ga enakan nge janji org. Tiba2 waktu gua ada, gua pun mengiyakan ajakan org ini ktnya mau ada kelas entrepreneur sampe2 gua bawa buku. Eh sampe di sana, gua di kerumutin org2 yg di organisasi itu melia, njirr gua di boongin trnyta gua disuruh gabung, pengen ngakak pas gua di jelasin, gua gigit bibir gua biar ga ktawa. Ni org kok lincah bgt ngomongnya, bnci bgt pdhl gua ga trtarik sama sekali tapi di paksa mendengarkan. And then, krn gua lg ga punya uang, mereka suruh gua ngejual barang2 gua buat gabung tuh melia, wkwkw dan dia blg sebaik2nya org adalah yg brmanfaat bgi org lain? Ktnya bisnis ini smpe kiamat? Lah ogeb bgt, malas gua bkin dosa udah tau itu bisnis haram. Lgian gua ga gila2 duit sgala buat hal yg ga berfaedah.pfttt

  45. sama saya juga gitu.tiba² diajak temen buat ikut seminar padahal niatnya mau pergi maen eh akhirnya ga jadi .mungkin temen saya udah kecuci otaknya saya kasian nanti dia ditipu

  46. Perusahaan emang ga salah apa2,tapi yg ngajak itu salah. :)) Padahal temen sendiri loh,dia ngajak saya buat ke kafe makanan Korea,toh saya semangat dong. Eh tau2nya malah saya dibawa ke suatu tempat buat ngumpul eh diajak gabung buat bisnis. Pdhl saya ga ada niat buat ikut bisnis:) lain kali caranya jangan gini dong,namanya sih penipuan.

  47. Sma gua juga ,, gua kasih duit receh aja 50tbu trus abis itu gua alesan di suruh pulang ortu,, aman deh ga kena jebakan batman wkwkwkw

  48. Anak gue 3 thn gabung boro-2 hasilkan uang mlh tabungannya ludes, skrng dia udah ga mau tau lg sama melia sejahtera atau propolis , ini bisnis cuma jual janji sama mimpi…

  49. Alhamdulillah, gua udah 1 tahun jadi member udah ngerasain bonus setiap hari, hanya dengan ESN setiap hari, konsisten, dan yakin sekarang punya lebih dari 40 member, udah trip singapore, malaysia, hongkong, dan thailand. Juga bayar spp sekolah sendiri. Dan beliin ibu gua cincin emas 5 gram.

    Sebenernya, kalo lu nangkepnya bener orang yang ngajak juga ga salah caranya, dia ngasih solusi begitu supaya lu ada ide biar dapet uang buat bayar modalnya, toh lu juga laptop yang beli orang tua lu kan? Sekolah juga dibiayain orang tua kan?

    Nah, apa salahnya lu jual barang “pemberian” ortu lu, untuk nanti dikembalikan (membahagiakan) orang tua lu?

    Jangan liat apa yang kita keluarin, tapi liat apa yang nanti kita dapetin.

    Gua join jadi member sampe jual hp, pas ditanya bilangnya hilang, dan yaa diomelin, dicaci maki, tapi gua diem aja ga ngelawan, toh kalo ngelawan orang tua dosa kan?

    Gua bukannya ngajarin lu ya, tapi Melia itu berlian kalo lu tau itu.
    Kenapa gua bilang gitu?
    Pertama, perusahaan udah berdiri selama 16 tahun, dari tahun 2003-sekarang. Kalo misalnya nih bisnis abal-abal kenapa masih berdiri sampe sekarang?

    Kedua, pemiliknya orang indonesia asli, anggota dpr-ri udah 3 periode. Kalo beliau nipu, nuntutnya gampang.

    Ketiga, Udah banyak anak muda yang sukses berkat Melia.

    Keempat, oh iya kebetulan yang ngajak gua juga sama nih kayak lu, gua baru kenal, pas smk tiba tiba gua di ajak bisnis, dan emang bener, rezeki bisa datang dari mana aja dan kapan aja.

    Peace.

  50. Aku pun hampir kejebak sama sekali kaya yg diceritakan untung otak saya jalan kalo soal bisnis Alhamdulillah ga kena masuk situ deh

  51. Aku pernah ikut seminarnya tapi sampai sekarang masih belum ikut.
    Hmm… Kemarin itu aku baru paham uangnya dari mana. Menurutku ini bukan money game. Dana itu dari uang sponsor dan iklan yg sdh disediakan oleh perusahaan. Setiap perusahaankan pasti menganggarkan dana iklan perbulan seperti iklan di tv dan spanduk or banner. Iklan di Tv kan pasti mengeluarkan dana banyak utk dipromosikan di tv bisa mencapai 2M dan lebih. Nah Mss ini anggaran promosinya dialihkan ke member yang Menjualkan produk tersebut. Jadi dibayar nya menggunakan anggaran dana sponsor dan iklan.
    Kalau yang membuat artikel ini g terima atau pernah dibohongi bisa kok dilaporkan ke polisi dan pemilik Mss ini yaitu Ir. Sukur Nababan anggota DPR-RI yang sekarang masih menjabat jg bisa dilaporkan.
    Terimakasih.

  52. Elo yg anjing bro lo ada penolakan sekali dari temen lo udah nyerah aja dasar cemen PENGECUT dasar keturunan pekerja yg cuma bisa bertahan hidup FUCK

  53. Dasar orang2 bodoh udah tau modal 1 kali dan di wariskan dan kerjanya tugasnya cuma ngundang 2 teman gak disuruh ngejual produk, paham ?Kallo masih gak paham berarti otak2 lo pada cetek!

  54. Gimana cara jual produknya ?
    Mohon bantuannya ya aku mau ngembaliin modalku. Udah ku jual ke konsumen tapi susah yang minat, ke apotik juga susah. Padahal aku mau bayar uang kosan . Mohon bantuan dan pencerahannya

  55. Alhamdulillah dpet pencerahan… Gua bru aja nih d ajak,,, tpi gua bilang pikir2 dulu dah.. wkwkkwkw gua sbenernya heran, ngjaknya maksa… Trus pke motivasi2 gitu, kya brainwash… Yg lebih heran lagi… Yg ngjak itu tau2 jdi seolah2 akrab bngeet ama gua… Pdahal itu cuma temen yg baru gua kenal

  56. Gue juga pernah ditawarin join mss, dan emang bener leader dan membernya nyuruh jual emas, gadai bpkb lah, gadai laptop, dsb banda yg dipunya..
    Dan parahnya gue sering liat mereka prospek orang baru dan meskipun gak dibolehin sama orangtuanya mereka malah bilang jangan bilang sama orangtua..
    Gue juga emang pengen nyobain produknya si yg katanya obat berbagai macam penyakit, soalnya nyokap gue kan sering pusing gitu dan pelanggan Setianya bodrek, gua sebagai anaknya gamau dong liat nyokap minumin si bodrek itu pastilah ada efek sampingnya, dan gua cobalah nyuruh nyokap minum propolis tapi tak kunjung membaik lalu berpaling ke si bodrek lg dan sempat tergiur sama omongan manisnya leadernya..
    Sampai akhirnya gua joinlah mss abis gajian..
    (Dan tanpa bilang ke orangtua, gua join MLM) berdosalah gua
    Terus gua nyesel ikut join mss,
    Dan kaya ada rasa gak ikhlas gitu

    Gue sebenernya pernah ngajak temen2 gua buat prospek , nah ujung2nya juga sama suruh menggadaikan barang, jual menjual bandanya,Minjem duit, dan kalo ada yg terlanjur ngomong ke orangtua ya disuruh ngumpet2 dari orangtua.. Si leader bilang kek gitu lg..
    Tapi apalah daya gua gak tega kalo sampe mereka ngegadai barang2nya (kalo ketebus, kalo kebayar kalo kaga) dan bohongin orangtuanya (gak kuat nanggung dosanya hanya demi uangnya) dosa sendiri aja berat nanggungnya
    Lumayan 3jt lebih lenyap begitu saja..
    Mungkin karna ngumpet2 dari orangtua kali yaa, jadi kek gini deh
    Restu orangtua itu penting..
    Dan bagi penikmat uang teman semoga uangnya berkah ya, sampe dimana kuat bawa uangnya,dosanya.. Dari aku yg tak ikhlas

  57. Gue juga pernah diajakin join mss, tapi masa disuruh jual emas, gadai barang, sampai bpkb motor dsb buat join..
    Parah sih..
    Terus mereka bilang gak usah bilang sama orangtua.. (Ya jelas kebanyakan orang kalo ngomong ke orangtua gak bakalan boleh)
    Karna emang gue pengen nyobain propolisnya kan katanya menyembuhkan berbagai macam penyakit, nyokap kan sering pusing dan pelanggan setianya bodrek gue sebagai anak gamau lah ya ngeliat
    nyokap konsumsi bodrek mulu secara pasti ada
    efek sampingnya dan tergiur pula dengan omongan manis leadernya pas gajian gue ikut join.. Tanpa sepengetahuan nyokap
    Tapi gue nyesel..nyokap gak keliatan lebih baik tetep jadi pelanggan setianya bodrek walaupun
    udah gua kasih obat berbagai penyakit itu
    Dan lumayan uang 3jt kurang lebih lenyap gitu aja..
    Sebenernya gue juga udah coba ngajakin temen2 buat join biar gue punya penghasilan dari uang temen2 gue , tapi apa daya gue engga tega kalo nyuruh2 mereka gadai menggadai, atau jual menjual
    Karna gua faham kapasitas mereka dan gue gak mau buat mereka bohongin orangtuanya (gak mau nanggung dosanya demi uangnya) nanggung dosa sendiri aja kayanya Berat
    Dan akhirnya gua pulang dengan tangan hampa dan meninggalkan MLM tersebut diiringi dengan rasa yg tak ikhlas dan menyesal sudah join mss, maka dari itu gue mendoakan untuk para penikmat uang teman semoga uangnya berkah yaa, bisa ngebawa uangnya, kuat nanggung dosanya..Jeritan hati yg tak ikhlas

  58. emang bisnis ini lagi booming lagi dan skrg yg di incar pelajar dengan motif dpt uang sehari 200rb ga masuk akal… untung kmrn keluarga saya langsung ketauan mau ikut join bisnis ga jls ky gini…

  59. Hahaha iya caranya maksa, malah gue diceramahi, jadi terpengaruh dah, semacam brainwash gitu, untung ngga rugi banyak, syukur dah semoga ga ada lagi yang dimanfaatin kayak gue lagi

  60. bisnis palsu,saya telah membuktikan sendiri bahwa bisnis melia adl bisnis bodong,masak nawarin bisnis tpi nada bicaranya, nada nyuruh buat gabung,orang sakit malah dimanfaatin,anak2 sd,smp,sma jga banyak yg di baptis sama mereka,saya gabung ke pt.melia hanya ingin tau saja ,apakah bisnis beneran atau boongan,eh ternyata emang bisnis bodong,malah uang sya cuman dikembaliin sekitar 30% dri uang pendaftaran setelah sya mau keluar

  61. Simple aja, klau emang butuh product nya. Ya di beli aja buat di konsumsi. Dan emang sdh terbukti bagus kok. Nah klau mau buat usaha, anggap aja kt mau dagang di melia. Modal nya berapa cm 605 rb. Modal yg sangat kecil buat usaha. Terus kt keluarin uang nya, kt ngk rugi. Karena dpt product nya. Berarti uang kt sdh kembali dlm bentuk product.jd klau nipu nipu nya di mana :). Kecuali product ngk dikasih. Tuh baru nipu. Nah product nya terserah, mau di konsumsi atau mau di jual lg. Bicara untuk usaha dgn modal 605 sy bil. Modal yg sangat relatif kecil. Kok bs? Ya nm nya aja orang mau usaha pasti butuh modal. Orang susah yg tinggal di gang sempit aja. Mau usaha ya hrs kluar modal 3 – 5 jt buat beli per 1 gerobak bakso. Klau 3 gerobak berapa tuh modal nya he he he Blm kompor, panci, daging dll nya. Ini cm 605 bro perpaketnya. Terus di jualan setahun tapi bakso nya ngk laku. Sdh setahun ngk ada perkembangan juga. Akhir nya berhenti dagang bakso nya. Gerobak nya di jual. Paling cm laku 500rb – 1 jt.i Ruginya berapa tuh. Itu jg klau laku gerobak ya. Blm dorong2 gerobak selama 1 tahun :). Biasa aja dan ngk teriak kena tipu tu he he he… Jd 605 dpt product propolis. Bs di konsumsi sm bs dijual dan ngk pake dorong gerobak. Sy rasa pantas untuk dicoba. Dan klau mau dikerjakan. Lakukan dgn cara yg benar, tdk merugikan orang lain dan tidak dgn menghalalkan dgn berbagai macam cara. Klau mau mengerjakan melia ya lakukan dgn cara yg benar. Tp klau ngk mau, ya jln kan usaha yg lain nya aja. Atau jual bakso jg boleh, tp lakukan dgn cara yg benar jg. Jgn pake pengawet, borax, formalin atau pake daging tikus. Ya ngk bener tuh.

    • sampai disuruh gimana caranya buat beli sampai menghalalkan segala cara itu lho yang salah.. silakan simak paragraf artikel saya ini :

      disini poin yang nbsusanto tekankan bukanlah bagaimana sistem bisa balik modal dan apapun internalnya.. tapi kenapa caranya harus dengan bergerombol untuk menjaring member dan mengajak dengan cara menggadaikan apa yang dipunyai jika sedang tidak ada uang? kenapa harus seekstrim gadai laptop atau gadai ijazah? ujung-ujungnya gimana cara mengakali saat orang tua menanyakan keberadaan laptopnya.. ya kalo bisa balik sih oke saja.. kalo tidak? malah membebani ortu bukan..

  62. Menurut pendapat pribadi sih MLM tu haram aja karena orang yang posisinya paling bawah hanya sebagai konsumen murni tanpa dapat apa2 kan … dan setiap dia beli produk yang dapat untung poin / bonus pasti si upline… prinsipnya downline terbawah akan termotivasi untuk cari korban lain yang bisa menguntungkan dia … jadi yg haram / ga bener tu sistemnya seandainya membernya orientasinya uang, tp kalau ikut member tujuannya buat beli produk untuk kesehatan mungkin tidak haram selama barang yg dijual bukan barang haram.
    Prinsipnya kalo cara dapat duitnya nyusahin orang ya duitnya haram

  63. Gue jga di ajakin temen masuk ms* tpi gue gk minat dan di maksa terus, gue dongkol banget sama dia karena pernah bilang “ya udah kalo gak mau sukses” gra” gue tolak terus padahal siapa yg gk pengen sukses, emg sukses harus lewat ms*?? haha, semua pun pasti pengen sukes, gue iseng tanya ke temen” sekelas ternyata mrka jga di tawarin dengan cara sedikit memaksa yg bikin temen temen pada dongkol juga, klo ditanya bisnis apa pasti selalu ngajak ketemuan, padahal gue udh tau itu mss, liat dri update statusnya motivasi terus, bahkan dia pernah update status di 2016 “2016 GET R15+honda CRV” hahaha, tpi ampe sekarang 2017 ternyata belum dapat motornya apalagi mobilnya, dan ternyara motornya pun masih sama old cb150 :v malah kalah sama gue yg udh dapet all new cbr 150 r tanpa ikut ms* :V hahaha, alhamdulillah.

    Dan yang paling aneh saat gue tanya kenapa lo gk keluar di pabrik tempat lu kerja jika di ms* sangat menjanjikan 500-1 jt perhari dan bikin usaha di rumah, apa gak enak kerja terus di orang? dan dia malah bilang k gue “gue orang nya suka cari pengalaman jadi gk mungkin gue keluar dri pabrik” :V hahah, klo 500 rebu perhari mah udh lebih dari cukup kali gaji di pabrik di daerah bekasi 3 jutaan perbulan, di meli* 500 rebu sehari X 30 hari total 15 juta, bayangin nohh :V hahaha

  64. Bro,Bra gue baru aja dari seminarnya si MSS nih. Gue cuma mau bilang disini pada ngeklaim kalo melia tipu tipu karena suruh boong ama ortu,pinjem sana sini demi ikut member melia atau jual sesuatu. Kalo dari yg gue denger di seminar ya mereka itu ga nyuruh loh cuma menyarankan,kalo emang mau sukses apapun ada caranya,jgn bilang gapunya duit mulu,ya gue pikir masuk akal.Mereka ga ada nyuruh kita buat ngelakuin semua itu inget ya hanya menyarankan saja,ya kalo ga berkenan ya gausah selesai kan? Tp cerita lo lo disini ada masuk akalnya juga,emang bisnis ini kan nyari orang gitu ye kalo menurut gue pribadi agak susah,mengingat gue yang ga begitu bisa nyari temen nih.Nah udah jelas banget intinya disini kalo lo mau sukses ya kerja nyari orang,kalo lo diem aja mau dapet apaan pada?walaupun lo udah pada keluar duit ber juta juta.Semua ga ada yg instan bro,kalo maunya lo abis gabung member ambil paket 7,terus lo nyantai dirumah ga ngapa-ngapain tp mau dapet duit miliaran wkwkwk lo mending ke mbah aja deh biar digandain duitnye. Dan satu lagi soal semacam tutor kali ye yg katanya mau bantu buat sukses tp tibatiba ilang gitu aja,nah ini juga yg bikin gue goyah untungnya gue pas seminar td malem langsung cek google alhamdulillah belom keluar duit apapun kecuali ongkos ojek. Gue ga ngeraguin MSS sumpah,tp gue ngeraguin para tutor yg ga bertanggung jawab. Gue tergiur gabung ke melia sehat sejahtera karena udah ada bukti nyata kalo mereka para generasi muda bisa sukses.Tp gue juga ragu buat gabung di mss karena udah ada bukti nyata juga kalo banyak banget orang yang kecewa sama bisnis ini.

  65. Tapi kayaknya yang komen disini member or non member kayaknya agak berlebihan gitu yaa… Yang non member ngomongnya agak kasar hanya mengikuti suhu anti MSS… yang member juga ngomongnya berlebihan pke MSS setinggi terbang di langit lah, hello gua juga member kallee… Yang member tolong dong jangan alay begitu, pengen nunjukin loyalitas cuman terlalu berlebihan…. Well walaupun sukses tetep gak boleh norak dong gan/sis

  66. share saja….saya sempet gabung karena terlena dengan bujuk rayu…7 paket bro (waktu itu sepaket 700 rb)…setelah nyadar, gimana cara buat balikin modal (bener2 jualan ga pake tipu)…setelah modal dah balik, saya ga teruskan itu MLM…permainanya udah ga sehat….nurut pendapat saya, MLM nya ga salah, dan produk memang bagus (sudah terbukti di saya)…member nakal (yg pengen cepet dapat hasil; baca: kaya mendadak) yang bikin jelek nama nih MLM

  67. aku ingin berbagi untuk semua yg baca. aku salah satu KORBAN MELIA SEHAT SEJAHTERA. tsk, bangsat penipu tuh si MSS.
    aku di tawarin bisnis MSS sama temen kuliah aku waktu masa ospek. dia awalnya ngajak main ke BTC. kiran mau main have fun gitohh. eh malah di prospek sama leader2 dia.
    iming2 mau sukses di usia muda kagak? mau ngebantu orang tua? mau bayar kuliah sendiri? bangsat! ya pastilah gue mau. emang siapa sih yang kagak mau sukses sama ngebantu orang tua? terus tuh leader bangsat bilang balik modal tuh gampang. segampang membalikkan telapak tangan. jiahh bahasanya. nyatanya tai.
    susah beuhh ngundang temen buat jadi prospekkan, apa lagi buat dia gabung. bukannya gabung, temen2 gue malah ngejauhin gue.
    singkatnya, gue ngerjain MSS selama delapan bulan. yg gue dapet apa? NOL BESAR ANJING.

  68. Ini bukan salah MELIA SEHAT SEJAHTERA,, ini salah anda sendiri, bila anda gk yakin gk usah gabung, komunitas kami gk pernah maksa untuk gabung,, itu dari kemauan seseorang dan niat seseorang untuk merubah hidup, mungkin anda gak sabar karna gk dpat bonus, makanya anda nyerah, kalo orang yg keinginnan nya bonus, pasti akan nyerah dan melecehkan nama melia, itu bukan salah melia, itu salah anda sendiri, kalo orang paham dengan melia, biar gak dapat bonus, dia pasti bertahan dan menyayangi melia..,

  69. Tolong tutup ini,,,
    MSS Adalah komunitas yg terbaik di negara ini, tolong jangan jelek”kan komunitas ini,, Kami komunitas yg membantu masyarakat yg menengah ke bawah, untuk hidup seseorang bisa berubah lebih baik…

  70. waduh banyak banget komentarnya ya ? Barusan d prospek ma temen sendiri…kagak mempan untungnya…dah tau mss kayak gimana. kalo bisa menghasilkan uang banyak koq masih idup miskin ? #tanyakenapa thanks ts dah share

  71. nyesel ane pernah ikutan melia MLM , leader nya banyak yg gk bener.. bangsatt.. pikirannnya duit doang, gak peduli nipu itu harammapa kagak..
    terutama orang yang nama nya MUHAMMAD APRIJAL di jakarta.. hati hati ketipu sama bacot tuh orang

  72. emang kelakuan leader melia aranjing bangsatt..
    ini sekalian ane mau cerita ttg pgalaman ane gabung di MLM melia, ane dulu pernah gabung gan, ane ambil 7 paket, duh kalo di ceritain mah nyesel bangett ngett ngett.. pengen nampol muka nya ampe benjutt tuh leader anjing…
    tapi kalo pglman ane ini bisa jadi pemikiran jernih buat yg lain supaya mikir2 dulu deh sblum gabung di MLM melia, ane ikhlas share pglaman yg buat ane ini musibah ktn keawaman ane..
    cerita nya gini, ane liat di FB akun cewek nama nya Hanna alhabsyi, (dulu, skrg gk tahu stlah ane udah gak ikutan akun itu ganti nama ape kagak ). dia share ttg nawarin usaha freelance gt deh.. ane yg awam banget sama MLM gk tahu apa itu MLM. apa itu melia.. ane coba inbok sm tuh cewek, ane nanya itu usaha apaan.. dia ngasi jwaban yg bikin org tuh pnasaran, sigkat nya dia ngajak ktmuan di loji karawang, ternyata dsana sdh ada leader nya si bangsatt nama nya MUHAMMAD AFRIZAL dari jakarta, ane samperin tahu nya ane di prospek d sana..
    maklum lah ane yg tadinya kepengen buka usaha lagi bingung2 nya nyari usaha sampingan eh ktemu dan di tawarin gituan.. ngomong juta juta… modal sekian hasil juta juta.. ane yg awam ini ya tadinya gak percaya, tapi kpgen nyoba.. sigkat nya ane gabung 7 lot/paket..
    ane di kasi tugas sama si bangsatt Aprijal, leader sialan.. supaya bawa undangan, tawarin usaha..
    setelah ane nawar2in usaha kok temen temen ane pd gak mau.. kbnykan udah pd tahu apa itu melia dan seperti apa org2 nya.. kbnykan pd nolak, terus ane tanya sama si anjing lider aprijal ini, lalu dia kasi tahu cara ngomong nya bahwa kalo nawarin ke org jangan singgung melia atau MLM. jadi cukup dg nawarin usaha kalo mau ikut k tmpt prospekan.. gt kata nya.. ane yg masih baru blm faham apa apa ya mngut aja,. gak nyadar kalo sbnrnya itu muslihatin org.. sialan..
    sminggu 2 minggu kok blum dapet pengikut juga, padahal udah nawar2in k tmn, bahkan ada yg benci k ane gara2 di tawarin usaha gtuan.. lama lama ane kefikir juga soal google, ane buka dan baca baca ter nyata emang udah banyak org yg ketipu sama orang2 melia ini.. cuman ane nya aja yg kebegoan bner2 .. knpa baru buka google stlah gabung.. emang harus apess kali..
    saat itu saya pgen berhenti tapi bingung juga belum dapet pengikut, sayang ama modal ane 7 lot.. akhir nya ada juga tmen ane yg mau gabung 2 orang..tmn yg pertama gabung 1 lot yg satu nya lagi gabung 3 lot..
    yg 3 lot baru gabung esok nya udah ngibritt.. kagak nongol lagi, di omelin sama istri nya jangan ikutan kayak gtuan..
    sisa 1 orang doang, sama kayak ane, susah cari pengikut,.. eee llidder si bangsatt aprijal ini malah nyuruh tmen ane nambah lot 2 lagi, crita nya tmn ane kan kagak ada duitt.. si anjing Aprijal ini nyuruh gadein BPKB mtor, tp karena tmen ane di larang sm istri nya akhir nya si anjing aPrijal ini nghasudd ane pake BPKB satria ane buat pinjaman, minjem deh ke koperasi 3jt dg masa angsuran 3 bulan di cicil Rp. 1.245.000 buat nambah paket,. ternyata yg di daftarin cuma sepaket doang sisa nya di pake sama si anjing Aprijal ini.. duh begoooo begoo.. kenpa waktu itu ane kasi BPKB.. angsuran di bulan pertama udah agak susah macet macet.. angsuran kedua kagak bayar, ane yg talangin sampe angsuran ke 3 ane juga yg bayarin .. secara kan itu jaminan BPKB motor ane..
    sampe sekarang tuh orang kabur si bangsatt anjing yang nama nya Muhammad aprijal..
    nama nya bagus kelakuan nipu orang.. skrang tuh orang lagi saya incer2 … ketemu sekali aja gua seret ke polisi.. ANJING…

  73. Anak saya br saja telp kesaya dia brd wonogiri dan saya ada dilampung. Dia mohon kpd saya dikirimi uang 20 juta karena ingin gabung dgn mms. Namun saya tdk tanggapi.krna yg namanya mlm itu banyak.tipu dayanya.

  74. buat anom yang asal ngomong saya tegaskan di MELIA SEHAT SEJAHTERA it gk ada uang haram jngn asal berbicara tnpa ada bukti itu poin yang pertama. . yang ke-2 di MELIA SEHAT SEJAHTERA tidak ada unsur pemaksaan jadi klo ada member yang mau gabung lalu dia berbohong kepada orang tua it salah siapa??? dan setiap leader pasti akan menanyakan kepada member baru “apa jika kamu gabung di MELIA SEHAT SEJAHTERA kamu akan ceritakan ini kepada orang tua kalian dan para leader pun selalu menyarankan untuk menceritakan nya kepada orang tua”. .
    inti nya di MELIA SEHAT SEJAHTERA setiap orang yang ingin gabung tidak ada unsur pemaksaan itu semua murni dari diri sendiri yang tergerak hati nya ingin merubah hidup yang lebih baik. .

    • fuck you!! tadi gua di suruh bohong supaya diam” ambil duit tabungan gua sendiri tanpa se pengetahuan orang tua gua. Lo bilang itu kgak maksa turus itu apa?? terus di bilang nya lagi kalo bisa jangan kasi tau orang tua, apa itu bukan pemaksaan? bisa lo jelasin tentang ini?

  75. NGOMONG NGOMONG KLO SUDH MERASA BENAR LAPORKAN SAJA…ITU YANG SALAH PT MELIA ATAU OKNUM MEMBERNYA…YANG PASTI SAYA AKUI BENAR KO MENGENAI BONUS YG RUMUSKAN DAN BENR JUGA KO YG GAGAL KARNA TIDAK MAU MELAKUKAN TUGAS DAN TANGGUNG JAWABNYA…. DILUARAN PUN SAMA KERJA SEBULAN KLO MASUKNYA 2 MINGGU TANPA ALASAN KHAN BISA DIPECAT DAN GIMA MAU DAPAT GAJI…MELIA SEUMUR HIDUP,,DAH GABUNG G JALAN GIMANA MAU DAPAT HASIL..USAHA DI LUARAN KLO GAGAL MAU NYOBA LAGI ,,MAU G MAU KELUARIN MODAL LAGI….KITA SEMUA SAMA MANUSIA,,BKN MALAIKAT BUKAN DEWA……. KLO PEDULI AMA SESAMA ACTION BUKAN HANYA TEORI SAJA…. KHAN PERLU BUKTI JUGA.. KLO MERASA INI BISNIS PENIPUAN ,,YA LAPORKAN….. KLO G BERNI LAPOR,,BERARTI YG BOHONG YG MENYEBAR ISU INI…JGN KTA SI A DAN KATA SI B,,,TP BUKTIKANLAH ….SIMPLE AJA MAS…TRIMAKASIH

    • kalo simpel kenapa harus capslock semua?

      masalah penipuan monggo lho anda yang bilang, tapi kalo pemaksaannya apa bisa dilaporkan? hayoo.. coba dibaca lagi saya nggak bahas penipuannya lho, tapi cara penjaringannya.. 😀

      • Mohon mf, yg disebutkan pemaksaan itu yg mna ?
        Mlm itu yg sy tw adlh sistym rayuan, klo mmng itu pmaksaan silahkan dilaporkan ke pihak yg bereajib

          • Kalo bukan pemaksaan ngapain bgt tuh org yg mau prospek gue sampe ngintilin ke kamar buat ngambil ktp, mana maksa2 buat ke atm lg ngambil duit. Gue nih mahasiswa woyy seada2nya duit gue gak sampe 2 paket propolis. Gak ngasih waktu untuk pikir2 lagii, alhasil gue ikutin aja apa maunya dengan ngasih duit 50 rb. Dan habisnya gue nyesel bgt mana itu basecamp ada di bwh kosan gue lg. Gimana yang sampe kena 7 pakett yaaa -_—

  76. pt melia benar secra legalitas dan kualitas dr produknya… soal gabung atau tidaknya itu hak setiap orang..dan progam yg digagas pt melia adalah ESN,EXELLENT SUPORT SYSTEM.. GAMPANG SAJA KLO MAU MENJELEKAN SANGAT MUDAH DAN KLO MERASA DIRUGIKAN LAPORKAN SAJA KEPADA PIHAK BERWAJIB YAITU KEPOLISIAN… PE MELIA TRANSPARAN DALAM HAL APAPUN…KITA MEMILIKI AKAL DAN PIKIRAN BISA MENENTUKAN LAYAK TIDAKNYA YG DITAWARKAN…KLO BICARA OKNUM ,,DIMANA AJA ADA…YANG PENTING KITANYA….

  77. eh gua bru seminggu yg lalu ikut tuh pt.melia ,,,, gua rasa itu sesat dahh masa naik haji pke uang hasil nipu? apa halal?
    trus kllo nipu ortuu gitu apa ga mkir dosa?
    gua ksh tau yaa gan jan ikut dehh itu sesat,,,,walaupun kita susah tp ga harus bohon ke ortu,,betul ga?
    kta ny presiden ikut?
    bukti ny cuma fidio,,,klo perllu president nya suruh hadir jugaa,,,bru nma ny buktiii,,,bnr“ penipu dan sesat melia melia…

    by; arif irawan

  78. ya ne gan… saya jg bru aj jg dtwari MLM it..awalny emg ane yg sgt trtarik liat DP tmn ane yg isiny fto duit mulu’ jd lah ane jnjian ktmu dtmptny.. kgetlah trnyata bsnis MLM bhkan ane jg dksh masukan utk htg tmen klo g puny uang..krna psti blik modal. jujur ane sgt mnjga yg nmany hutang.ane tkt gbs bayar kn dbwa mati tuh klo hutang ngeri deh… jd ane dtawari ambil yg 15 lot lmyan tuh skitar 9,1jt… untung ane pkiran jrnih bnyk doa n yg psti g bwa duit bnyk²… dh ane tolak ane blg ane ragu tp ttp dpksa ikut training dlu lah 175rb tp ane gmw…

    ok thanks gan gtu aj sharingny mga jd pmbljaran bwt kta smua..

  79. Sebenarnya semua itu kembali kepada pribadi masing-masing..
    Dunia bisnis tidak ada yang instant gan. ‘Meringanka beban orang tua’, why not?
    Tidak mau berbohong? Katakan secara jujur saja.
    Tidak mendapat restu orang tua? Yakinkan mereka bahwa kamu ingin belajar mandiri, ingin belajar bagaimana caranya mencari uang sendiri.

    Kesuksesan? Itu dari pribadi anda masing-masing. Seberapa giat anda dalam menjalankan usaha anda, seberapa serius anda.

    Jika anda hanya berleha-leha, berpangku tangan, tak melakukan apapun dan hanya berharap pada orang lain, percayalah bahkan hingga kematian menjemputmu tak akan pernah kau temukan kesuksesan itu..

  80. Kalo ditanya mau ngeringanin beban orang tua ya ane mau banget gan, tapi kalo diisuruh bohong dulu ya buat apa? 😀
    leader melia tu ngajaknya maksa secara halus, mereka sengaja mendekati emosional seseorang menggunakan kata “orang tua”. aku bicara ini karna aku juga pernah dibohongin teman sendiri, tadinya diajak ke kampus ternama di jogja, ga taunya malah menghadiri acara kagak jelas.
    selesai acara ane dipaksa buat dengerin ocehan leader2 tu, “asal dari mana?” “kamu anak keberapa?”
    “berapa saudara?”
    “udah kerja apa masih kuliah?”
    “kamu mau ga bergabung dengan melia?”
    “kamu percaya ga sama melia?”
    “kamu ga rugi masuk ke melia kok dek :/ ”
    “kamu ga mau umur 23 dah jadi milioner?”
    “lihat tadi kak nadya (leader) dari umur 18thun sekarang umur 23 sudah bisa beli mobil sendiri”
    “kamu ga pengen ngeringanin beban orang tua?”
    “kamu ga pengen kayak kak nadya kan (katanya ortu nadya meninggal pas dia semester 2)??”
    “udah isi aja formulirnya dulu”
    “besok kalau ga ada waktu biar kami yang k kos adek”
    “ga akan menyesal adek ikut melia, melia berbeda dari tianchi, oriflame, prusahaan2 lain”
    “adek ga mau beli mobil sendiri?”
    “gimana? adek mau bergabung?”

    REJEKI ga kemana, jadi jangan takut buat berusaha tanpa harus membohongi ortu. mencari jalan pintas ga selamanya mulus, ya kalau jalan pintasnya ga buntu, kalau buntu? otomatis balik lagi donk. Kalau mau bergabung melia ya silahkan, saya ga rugi juga 😀 ane cuma mau ngingatin doank kok. peace buat member melia 😀

  81. Lbh baik nabung di 3i duit dpt bonus meningkat.
    Gak jual2 brgloh cm ajak nabung bs dpt “gaji” jutaan/bln. Real sdh diawasin OJK.
    Info hub Jose 081210369289
    Pin 20c4a037

  82. hanya orang bego dan anjing bangsat yang betah komenan di web ni…pantes warga indonesia makin miskin dan tolol…hahahaha web anjing

  83. saya masih sma. diajakin ikutan. orang yang mengajak saya ikutan bilang pada awalnya dia mendapatkan modal yang 600k itu dari maling. tapi hasilnya dia sukses. lah dari awal ngasilin duit dari cara yang haram kok malah bangga ki piye tha.

  84. Kebetulan orang terdekat saya ada yang kayak gitu. dan dia sampe jual laptop, motor bahkan minjem sama temennya cuma buat multi level bahkan sampe boongin ortu. saya juga sempet diajak tapi ortu ga ngijinin akhirnya ga ikut..

  85. Sebagai member mms sy merasa tdk d rugikan ato d Bohongi. Klo kita mau belajar dr yg sukses dgn cara yg bnar insya allah hasil nyata bs d rasakan

  86. Anda yg mengatakan MSS jelek, berarti anda paling goblok sejagat ini, presiden terpilih pun gabung, apalagi anda yg masi goblok malah melecehkan….hhhhhh lucu sama org goblok

  87. sama saya juga, awalnya saya kira msuk beginian buat kita tambah teman ama penghasilan dan katanya bisa belajar public speaking. eh ternyata kita di ajarin boong sama ortu bahkan ngutang sana sini. setelah beberapa hari sya ikut. sya jadi ngerasa berdosa sama ortu. mengikhlaskan semua uang saya saat itu adalah hal yang bisa saya lakukan saat ini

  88. saya siswa SMA yg terjerat MSS, saya kira MSS dapat membantu saya, tp ternyata hanya memakan uang dan waktu saya, bujuk rayunya sama persis spt diatas. saya menyesal sekali.
    tolong bantu saya agar saya dpt keluar dr MSS tsb.

  89. podho wae koyo MLM mas,member yg ketipu nyari orang buat di tipu trz nyuruh orang yg udh dia tipu itu buat nipu orang lain lagi…hahaha

  90. podho wae koyo MLM mas,member yg ketipu nyari orang buat di tipu trz nyuruh orang yg ketipu itu buat nipu orang lain lagi…hahaha

monggo tanggapannya.....