curug nangka taman nasional halimun bogor, sebuah pelarian di hari sabtu

assalamu’alaikum wr. wb..

sudah berbulan-bulan di jakarta.. ya beginilah.. sudah merasakan jalan padat, lampu merah yang tidak diindahkan dan berbagai hal lain.. di awal sih masih antusias jalan-jalan ke monas, tapi seiring waktu semakin males, mending tiduran di kos saja, lha bisa-bisa bukan refreshing malah tambah misuh-misuh.. :mrgreen: hingga akhirnya seorang konco dolan ke bromo yang kebetulan kerja di jakarta selo dan ngajak dolan nyari curug ke bogor.. mbuh nendi pokoke gas luar kota wae! ๐Ÿ˜Ž

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (7)

pemandangan yang entah sudah berapa lama tak dinikmati.. pandangan mata yang bebas dari gedung tinggi.. jalur luar kota dan main sein kanan-kiri seperti dulu.. tentu saja biar lengkap ada acara kesasar.. hahahaha.. lha awalnya kita juga belum menentukan dimana tujuan akhirnya, yg penting ngarah bogor dulu.. trus mblusuk mbuh mengikuti petunjuk di peta kok ndilalah malah jalannya ilang.. ya sudah mampir makan dulu dan tanya-tanya curug terdekat.. dijawablah curug nangka.. :mrgreen:

tiket curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor

tuh gambar di atas beberapa tiket masuk kawasan taman nasional gunung halimun salak dimana curug nangka ini ada, belum semua, masih ada tiket masuk motor 10 ribu rupiah yg ilang entah kemana.. pokoknya 2 orang total kena 45 atau 50 ribu termasuk parkir kalo nggak salah.. mahal ya? pas ke taman nasional bromo tengger semeru dan taman nasional baluran nggak sampai segitu habisnyaย lho.. entahlah atau karena hari libur? perasaan ke dua taman lain juga di hari sabtu.. cuma mikir positif, semoga bagus jadi keluar 20an ribu nggak sia-sia deh.. apalagi tertulis di kawasan ini menerus curug nangka, curug daun dan curug kawung..

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (15)

hijaunya hutan.. akhirnya sampe juga.. lepas helm dan memulai jalan kaki.. jebul enek munyuk.. seperti di grojogan sewu tawangmangu.. hmm.. nampaknya akan menyenangkan.. lanjutย jalan lagi..

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (12)

jebul lokasi ini untuk kemah juga.. mungkin mirip kaliurang ya.. ah ternyata sudah lama nggak ke kaliurang, apalagi mblusuk-mblusuk.. padahal dulu jaman sma juga kemahnya di kaliurang.. kayaknya asyik juga besok jalan-jalan bawa tricolore atau alien ke kaliurang.. husss malah ngelantur tekan ndi-ndi.. :mrgreen:

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (18)

air.. berarti jalan naik ini kalo mau ke air terjunnya.. oke mari kita cari dulu.. berhubung terlihat sepi maka awalnya nbsusanto lewat jalur darat.. yo mosok lewat banyu? ๐Ÿ™„

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (22)

ha itu terlihat air terjunnya.. yap itulah curug nangka.. siksik.. tapi.. itu gimana maen airnya? kok nggak ada jalannya? padahal banyak suara manusia di bawah.. jangan-jangan………………

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (103)

ha kok tenan.. kudu lewat kali.. oke lah nggulung celana saja, memang harus siap basah kecuali pake celana pendek.. kakehane.. ekspektasiku awale ra koyo ngene ndes.. tapi malah nyenengke.. apalagi airnya bening dan rasane anyep.. ๐Ÿ˜Ž

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (82)

finally air terjun! hahahaa ternyata cukup tinggi juga meskipun tidak setinggi curug sidoharjo, tapi bentuk-bentuk batuannya rada-rada miriplah.. nah disini batunya cukup banyak dan air cukup menggenang.. nggak rame banget dan nggak sepi banget karena untuk foto full air terjun rada sulit.. yang pasti si temen sudah nggak tahan dan akhirnya nyebur.. nbsusanto sih nggak ikutan cukup menikmati cipratan air alaminya saja..ย masih banyak curug lain.. mentas kemudian jalan lagi.. tentu saja dengan kanan kiri hijau hutan di pegunungan ini..

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (118)

weh kok apik.. jadi inget dengan lava bantal di sleman yg didolani 2015 lalu.. mungkin ini obyek geologi yang menarik banget untuk dipelajari.. untuk itu nbsusanto foto dan kirim ke adek yang memang sedang menimba ilmu di jurusan teknik geologi.. seperti biasa pisuh-pisuhan.. :mrgreen:

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (123)

mungkinkah ini yang disebut curug daun? tak ada info lebih lanjut sih memang.. yang pasti disini cukup banyak orang.. ya sudah konsep foto malah jadi berubah, kalo biasanya bersih dari kebocoran manusia, ini gimana caranya biar orang-orang tak terganggu oleh pendokumentasian yang nbsusanto lakukan.. ๐Ÿ˜€

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (137)

ha kok ada walang di bebatuan.. ya sudah sambil nunggu temen yang sedang ngurusi hapenya jepret-jepret saja dengan sony w570 tentu saja.. hanya dengan mengubah white balance menjadi cloudy dan setelan lain otomatis.. memang nggak deket-deket banget sih.. namanya juga cuma iseng.. :mrgreen:

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (191)

kalo tanah yang kupijak ini tidak nyata, lewat jalan mana aku harus menemuimu? aseek.. kata-kata sakti ardiantoyugo memang selalu pas kalo mblusuk ra jelas ngeneki.. :mrgreen:

curug nangka taman nasional gunung halimun salak bogor (181)

inilah ujungnya.. curug kawung.. tinggi dan memang sudah ada akses untuk naik lagi.. disini pun dimanfaatkan oleh banyak anak muda untuk ciblon.. selain itu ada warung sekadar jualan minuman dan makanan kalo tidak sempet bawa bekal maupun kecapekan jalan.. maklum saja cukup jauh sih dari parkiran, apalagi konturnya pun menanjak.. ya itung-itung buat olahraga.. :mrgreen:

ah sudah lebih dari jam 3 sore.. mending persiapan balik ke jakarta biar nggak kemaleman di jalan kecil.. nah berikut galeri dokumentasi di kawasan curug nangka taman nasional gunung halimun salak..

ehm.. meskipun inceran awal bukan tempatย ini, namun curug nangka lumayan apik dan menyejukkan mata.. apalagi jika penat dengan keseharian di jakarta.. benar, bogor adalah salah satu tujuan utama pelarian orang jakarta, entah itu ke puncak atau ke berbagai curug yang memang banyak di bogor.. apalagi airnya bening dan anyep nyenengke.. ya walaupun kalo boleh jujur per orang lebih dari 20 ribu rupiah agak gimana gitu.. ๐Ÿ™„

sekian dan terima kasih.. ๐Ÿ™‚

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Juli 30, 2016, in Obyek Wisata and tagged . Bookmark the permalink. 25 Komentar.

  1. Koordinat e endi mas….haha. Eh larang banget yo 20 ewu,tapi rata-rata wisata alam jabar cen larang mas.

    Suka

    • waa iki bogor meh digoleki tenan hahaaha..
      lali aku cek koordinate hehehe.. tur golek taman nasional gn halimun, lokasine ning lor e.. yakin ketemu nek sampeyan mas.. :mrgreen:
      cen rata rata semono po mas? duh rodo ra cocok ro prinsip dolanku hahaha..
      panggon sik rekomended ngendi meneh mas?

      Suka

      • Jiahaha wis kerep krungu mas,tapi rodo wegah le nggoleki. Iyo mas cen rata-rata ngasih tiket berlapis uwis ngono kadang parkir kudu mbayar meneh,tibane yo larang contone nang Gunung Pancar parkir motor 10ewu…kamfreto

        Suka

      • Monggo njelajah kawasan Gunung Bunder mas di jamin syahdu,tapi mlebune lewat Gunung Salak Endah wae yo mas dalane luwih alus tur ora okeh pungli…nek ora Situ Gunung Sukabumi,jossss sekalian camping mas

        Suka

        • gunung bunder? oke mas catet.. kui kiro-kiro seko jakarta pirang jam perjalanan motoran yo.. anggep ae normal dengan sedikit kesasar hehehehe..
          nek sukabumi nek PP yo mikir.. camping menarik.. cen akeh sik do ngecamp mas?

          Suka

          • S 6.57511ยฐ E 106.66059ยฐ
            mlebune liwat jalan Kapten Dasuki Bakri mas lurus terus ,menyang subuh joss paling 3 jam….curug e okeh soale,termasuk curug seribu ndadak trekking lumayan adoh ๐Ÿ˜€

            Suka

  2. Lhaaaa kok apik yoo ~

    Suka

  3. Asik banget itu suasananya, sungainya masih bersih, air terjunnya juga oke banget, bisa tuh dipake bertapa guna mendapat wangsit

    Suka

  4. larange… nggo madang angkringan warek…

    Suka

  5. Wahaha curug nangka…..mampir ke tnghs enak tu mas. Jadi kangen bogor ๐Ÿ˜‚

    Suka

    • sama sekali tanpa tau kawasan itu mbak.. makanya sedapetnya doang.. jadi penasaran tempat lain di bogor.. ๐Ÿ˜€

      Suka

      • Wahaha. Asik mas bogor. Kalo saya masih d bogor saya ajak tur deh wkwk. Tp wisatany kebanyakan curug. Banyak bgt curugnya. Tiap kecamatan ada curug kali hahaha.

        Suka

        • wakss boleh dong mbak direkomendasiin mana aja yg layak didolani? soalnya kadang liat di internet keren, pas sampe nggak sesuai ekspektasi hahaha..
          kemaren incerannya curug yg tingkat itu..

          Suka

          • Curug mas kebanyakan. Mas coba search gunung bunder. d area gunung bunder banyak curug. aku pernah ke curug cigamea Curug cigamea bagus mas. Terus curug yg di sentul tuh mas. Bagus” juga.

            Mas suka liat situs-situs sejarah gak? Kalo suka ada situs cibalay. Terus ada gunung munara mas. Buat light hiking sama gunung batu jonggol. Abis dr gunung munara bisa mampir ke danau quarry. Danau yg instagram-able

            Mas coba ke cariu deh, daerah jonggol. Ajib” juga disana mas. Ga boong. Curug country terutama. Itu keren banget. Cariu letakny d jonggol.

            Mas kepo aja blogku wkwk. Bukan promosi, tp beberapa ada yg udh kudatengin. Syp tau bisa jadi referensi haha

            Suka

            • wah lengkap banget mbak! boleh nih saya catet siapa tau nanti sempet setidaknya dolan ke beberapa tempat.. situs sejarah yang udah lama nggak dikunjungi.. obyek air semacam danau atau waduk juga lama nggak mampir.. :mrgreen:
              oke mbak, maturnuwun referensinya.. ๐Ÿ˜€

              Suka

  6. ngadhem yo… ngadhem…

    Suka

  1. Ping-balik: ke masjid kubah emas dian al mahri di hari ahad | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: