kesampaian naik argo lawu dari jakarta gambir ke yogyakarta tugu

assalamu’alaikum wr. wb..

kereta api argo lawu.. sebuah kereta eksekutif berlabel argo yang mengarungi perjalanan jakarta gambir hingga solo balapan lewat daop V dengan jadwal berseberangan dengan argo dwipangga.. sudah dari tahun lalu penasaran dengan kereta ini, kok ya ndilalah kesampaian di masa mudik lebaran kemarin..

mudik dengan kereta api eksekutif argo lawu jakarta gambir cirebon purwokerto kutoarjo yogyakarta tugu solo balapan (18)

kalo ditanya kena berapa, alhamdulillah dapat tiket cancel-an tanggal 30 juni 2016 dengan harga normal untuk argo lawu reguler, yap 380 ribu rupiah.. kalo yang tanggal 1 juli sudah 540 ribu, sama dengan tiket argo lawu fakultatif yang berangkat lebih malam.. musim mudik memang gila-gilaan..

ya namanya tiket yang penting ada, dapatnya di kereta 8 dengan kursi nomor 2C.. pemberangkatan jam 20.15 dan menurut jadwal akan tiba di stasiun tugu yogyakarta saat sahur yaitu pada pukul 03.45.. tapi nbsusanto cari aman saja nyiapin bawa makan sahur sekalian daripada kereta telat dan harus beli makanan di kereta kan mahal.. :mrgreen:

mudik dengan kereta api eksekutif argo lawu jakarta gambir cirebon purwokerto kutoarjo yogyakarta tugu solo balapan (15)

sampai di stasiun gambir sekitar setengah delapan lebih sedikit dan boarding.. ada sedikit cerita karena tiket entah dimana.. sore itu buru-buru ke gambir untuk mengurusnya, ndilalah ternyata pemegang tiket fisik pun tetep harus print kertas boarding pass untuk check in, sistem baru yang sudah mulai diterapkan di beberapa stasiun.. kalo tau begitu kan bisa tetep sante dan nggak usah wira-wiri ke gambir.. lhawong tiket boarding bisa diprint 10 menit sebelumnya.. ealah.. 🙄

langsung naik ke lantai 3 di sisi barat.. yap kereta api argo lawu tersedia di jalur 3.. tak usah lama-lama karena sudah jam 20.00 nbsusanto pun langsung naik ke dalam kereta nomor 8.. sayangnya seperti di gambar pertama dengan livery kesepakatan airlines atau yang biasa dikenal dengan selendang pecut, bukan lagi livery ombak khas argo, ternyata argo lawu belum menggunakan rangkaian set k1 0 16 yang fenomenal itu.. selidik punya selidik ternyata rangkaian kereta terbaru masih digunakan oleh argo lawu fakultatif..

mudik dengan kereta api eksekutif argo lawu jakarta gambir cirebon purwokerto kutoarjo yogyakarta tugu solo balapan (10)

beginilah interior kereta api argo lawu yang setelah nbsusanto baca menggunakan trainset K1 0 08.. menggunakan gorden dan mengingatkan pada taksaka, meskipun berbeda pada kursi dan warna gorden.. kalo K1 0 16 sendiri kalo nggak salah tidak lagi menggunakan gorden kain dan penutupnya seperti menutup jendela pesawat..

mudik dengan kereta api eksekutif argo lawu jakarta gambir cirebon purwokerto kutoarjo yogyakarta tugu solo balapan (5)

dibalut dengan cover jok.. relatif lebih mudah dibersihkan dibandingkan kursi kain.. yang pasti sih kursinya empuk dan tentu saja tersedia bantal selimut khas kereta eksekutif.. kemudian nbsusanto pun berekspektasi tinggi pada rangkaian kereta api dengan kapasitas 50 tempat duduk per kereta ini tentunya.. :mrgreen:

maklum newbie di kereta eksekutif.. baru tau kalo ternyata ada meja lipat kecil yang disembunyikan di sandaran lengan pinggir.. pun pengatur reclining seat tombol di sisi dalam, sedikit berbeda dengan taksaka yang pengatur recling berada di ujung sandaran lengan.. 🙄

selain itu sandaran kaki juga lebih layak dibanding taksaka.. bisa dipakai 2 mode.. oya sebenernya di 2C nggak ada sandaran kaki, lha wong di depannya lowong karena kursi baris 1 cuma ada 3.. tapi di purwokerto nbsusanto pindah ke kursi sebelah karena penumpang di 2D turun disana.. kebetulan pas kaki pegel banget.. 🙄

jam 20.15 kereta pun berjalan pelan meninggalkan stasiun gambir.. namanya juga kereta eksekutif saat mulai berjalan tentu sentakannya halus.. entah kurang mendengarkan atau memang tak ada perkenalan kru kereta dan rangkaian perjalanan.. yang pasti sih memang sepanjang jalan sistem audio di kereta mengalami trouble dan pengumuman kurang jelas tersampaikan..

perjalanan sempat terhenti di salah satu stasiun krl entah untuk apa.. menunggu atau bagaimana.. nbsusanto pun mikir kalo kelas argo aja sampe berhenti gimana dengan kereta lain.. apa bakal tepat waktu.. cukup lama sih sebelum kereta melaju kembali di jalur pantura sebelum berbelok ke arah jalur selatan di cirebon.. nah saat kereta melaju kencang ini ada hal yang kurang nyaman, yap goyangannya sangat terasa dan suaranya cukup berisik.. padahal di jalur yang sama saat naik taksaka dulu tak separah ini.. bahkan di salah satu tempat nggak tau pasti dimana karena sempet merem, pas melek melihat kereta 7 di depan seakan berbeda tinggi saat berguncang tersebut.. shock dan kepikiran kalo kereta sampai lepas dari rangkaian meskipun itu hal yang hampir mustahil terjadi..

mudik dengan kereta api eksekutif argo lawu jakarta gambir cirebon purwokerto kutoarjo yogyakarta tugu solo balapan (6)

kereta ini berhenti di stasiun cirebon, purwokerto, kutoarjo, yogyakarta tugu, klaten dan solo balapan.. nah saat kereta melakukan pengereman itu rasanya nggak smooth dan kasar banget.. heran.. ini kebetulan kereta 8 yang ra kalap atau gimana.. kalo tingkat kedinginan AC sendiri sih nbsusanto bilang cukup, pake jaket dan selimut nggak kedinginan.. apalagi saat pindah di dekat jendela.. saat itu nbsusanto amati tidak ada petugas yang mengingatkan/membangunkan penumpang yang akan turun di stasiun di tengah perjalanan.. 🙄

nah sesampainya di stasiun purwokerto ada yang bertanya ke kru yang kebetulan melintas untuk menanyakan keterlambatan kereta dan dikatakan telat 30 menit, nbsusanto pun cek ke Gapeka di wikipedia dan memang benar.. nbsusanto pun sekalian makan sahur saja karena daripada pas enak-enak makan sudah sampai kan tanggung.. eh kok ya ndilalah kereta api masuk stasiun tugu, berhenti dan saat nbsusanto keluar dari kereta menunjukkan jam 04.29.. weh kelas argo telat 44 menit.. gimana dengan lainnya? kok ya ndilalah karena masih ada urusan di jogja sampe terang bisa melihat argo lawu fakultatif k1 0 16 yang harusnya berhenti di stasiun tugu jam 05.07 melintas setelah stasiun lempuyangan lebih dari jam 6 pagi.. sansoyo telat akeh jebul.. 🙄

mudik dengan kereta api eksekutif argo lawu jakarta gambir cirebon purwokerto kutoarjo yogyakarta tugu solo balapan (1)

alhamdulillah bisa pulang di waktu mudik dengan perjalanan yang lancar meskipun mengalami keterlambatan, bisa dimaklumi sih pengaturan saat musim mudik memang lebih membutuhkan kerja keras karena kereta yang melintas lebih banyak dibanding hari biasa dengan dioperasikannya kereta tambahan.. pun akhirnya kesampaian naik argo lawu.. hanya sayangnya mungkin karena ekspektasi awal terlalu tinggi ya jadi ada beberapa catatan naik argo lawu ini.. ya bisa dimaklumi sih kelas eksekutif argo dan satwa bisa saja bertukar rangkaian jadi kenyamanan tak selalu argo lebih baik, hanya saja kalo waktu pasti menang argo.. mungkin besok kalo argo lawu reguler sudah pake k1 0 16 mungkin nbsusanto baru pengen naik argo lawu lagi.. kalo masih dengan rangkaian lawas nbsusanto masih lebih memilih kereta lain yang lebih murah.. masih penasaran dengan beberapa kereta lain.. :mrgreen:

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Juli 25, 2016, in Catatan Perjalanan, Transportasi Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 20 Komentar.

  1. Salah satu kereta argo yg belum pernah sya naiki.. Mudah2an suatu saat kesampaian..

    Oh ya saran buat teman2 yg ingin naik KA eksekutif tapi terkendala budget, bisa dicoba nanti kalau pas ada tiket promo..soalnya sya jga gitu.. Wkwkwk

    Suka

  2. lama ga naek kereta eksekutif hehe
    hmm tiket agro lawu hampir sama seperti tiket pesawat..duh..
    sebenarnya pengen coba juga kapan2 kalau ada rejeki lebih

    Suka

    • iya mas tiket pesawat weekdays malah kadang lebih murah dibanding kereta eksekutif.. apalagi gajayana gambir-tugu, tembus 430 ribu.. tapi gimana ya, naik kereta ada cerita sendiri.. seperti alasan kenapa naik bis kalo ke surabaya dibanding kereta/pesawat.. :mrgreen:
      coba aja mas siapa tau dapat rangkaian baru yang berwifi.. 😀

      Suka

  3. Joos mas. Iki gerbong ekse sing lawas yo berati? Pingin ngrasake gerbong ekse sing anyar ketoke apik nek aku delok youtube. Haha. Gelem tak racuni ga masbud? Jajal googling en teclast x80hd.ning Jakartanotebook ana sing ngedol haha

    Suka

    • hooh.. padahal aku berekspektasi nek ra k16 yo livery argo sik koyo ombak kae hahaha..
      nek sik k16 ki cen apik nov makane aku pengen hahahaa.. enek wifi ne sisan.. suk lah kapan kapan jajal argo bromo anggrek sik genah nganggo kui hahahaa..

      tablet ya iku? spek e sih dewo.. tp gegedhen nggo aku.. redmi 3 wis cukup yen mlebu resmi hahha..

      Suka

      • Woalah ana wifine? Lha kok mantep banget. Regone kacek adoh ga mas karo ekse liyane?kui wifine nyambung internet e pye yo?gunake kartu gsm ngono kali yo wkwk

        Iyooo tapi kui tablet e dual os mas android karo WINDOWS10, tak ulangi WINDOWS10. Kui os windows e desktop haha, iso go ngerun file exe. Meh kyo laptop ngono mas ketoke, ana hdmi ne barang. Nek arep go presentasi or garap sesuatu sing dadakan ning transportasi umum kan penak. Tinggal tuku keyboard bluetooth. Dan kui regone ga masuk akal, gur 1.1 jutaan wkwk

        Suka

        • jarene ngono nov.. embuh selalu konek ra.. nek ra gsm mungkin kerjasama ro tlkm mungkin.. regone tetep nov.. ming yo bejo-bejonan oleh k16 kui.. sik jelas ABA sik enek hahaha..

          nek ngono aku kelingan dosen sik mbiyen nggo tab windows nov hahaha.. tapi nek 1,1 ki ra masuk akal tenan hahaha.. intel sisan.. lumayan kui kerjo ning dalan penak.. bener keyboard bluetooth toh wis OTG juga.. tuku nov gek review! hahaha

          Suka

          • Insya allah mas, nek ana rejeki aku pingin tumbas. Lumayan nek go presentasi kan ga perlu gowo laptop haha. Mengko nek ana barang e tak review ne.

            Eh.. tapi aku ga duwe blog dink wkwk
            Nek ngge pemula enake gunake opp yo mas? Blogger? Apa wordpress?

            Suka

            • halah.. cocok nggo koe kok pancen nov.. menurutku kui apik cuma aku rung ngroso butuh sih hahaha..
              balik selera masing-masing nov.. blogspot menang iso dicustom, nek di tangan yg salah dadine alay tp nek koe aku yakin iso lah ngutak atik kode hahaha..
              wordpress menang simpel.. opo opo wis tersedia.. kekurangane raiso insert script macem macem..
              tur blogspot iso iseng daftar adsense, sopo reti approve meski jik .blogspot.com.. lumayan nggo sangu meski ke cair per $100.. nek wordpress kudu digawe .com nek pengen daftar wordads, tapi belakangan iki rate iklane cilik, do ambles ming 10%an seko semula hahaha..

              Suka

  4. Naik kereta itu lebih nyaman daripada naik bus

    Suka

    • kalo yang eksekutif memang nyaman tapi mahal.. kereta ekonomi harganya setara dengan bis kelas eksekutif yg juga menawarkan kenyamanan..
      tapi kalo ketepatan waktu jelas pilih kereta..
      kalo jalur jakarta-jogja memang pilih kereta sih.. 😀

      Suka

  5. waaaah kereta apinyaa rapi gitu yaa dalemnya ga kayak dibayanganku selama ini, orang desak desakan kayak yg dinaikin suporter bola itu hahah.. pengen nyoba juga

    Suka

  6. aku belum pernah naik kereta dari gambir seringnya dari senen mulu

    Suka

  1. Ping-balik: test ride yamaha MT25, naked sport yang menggoda | kankkunk - blognya nbsusanto

  2. Ping-balik: dari jogja ke jakarta bersama k1 0 16 argo dwipangga | kankkunk - blognya nbsusanto

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: