terbang arus balik bersama citilink dari solo ke jakarta

assalamu’alaikum wr. wb..

ke jakarta.. aku.. kan kembaliii.. begitulah sepenggal lagu dari koesplus.. memang beda sih soalnya jakarta bukan rumah.. tapi memang harus siklusnya kesana.. begitupun di arus balik lalu, cari tiket dari jogja ke jakarta susahnya ampun deh.. kereta sudah pasti ludes, bus pun yang reguler dikabarkan sudah habis.. trauma dengan bis tambahan abal-abal, iseng lah cek traveloka.. cari penerbangan jakarta dari jogja.. itupun yang harga di bawah 1 juta ludes semua, yang sisa tinggal satu koma itupun transit.. iki opooooooo..

arus balik bersama citilink solo jakarta berlatar langit biru (7)

iseng deh cari penerbangan hari selasa ataupun rabu dari bandara adisumarmo solo ke semua bandara di jakarta entah halim perdana kusuma ataupun soekarno hatta.. ndilalah kok nemu untuk rabu pagi jam 08.45 dari solo dan kebetulan pula mendarat di halim jam 10.00, yang lebih dekat dengan tujuan akhir di jakarta.. pesawat citilink dengan harga 950 ribu rupiah.. mahal memang, tapi dari dulu ngecek citilink ke halim untuk peak season memang segitu.. booking dulu baru mikir, untungnya ada saudara di solo.. kontak dan beliau bersedia menanpung dari selasa malem dan nganter ke bandara paginya.. okelah cek cara bayar.. rada ribet sih harus pake atm karena traveloka pake bank permata.. mana atm di deket rumah terbatas pula.. untungnya ada dan segera terbit e-tiketnya.. :mrgreen:

arus balik bersama citilink solo jakarta berlatar langit biru (24)

selasa malem sampe di solo iseng buka web check in biar nggak keburu-buru berangkatnya.. eh bisa, ya sudah incer kursi mepet jendela seperti biasa kalo naik kendaraan umum.. alasannya simpel, biar bisa liat pemandangan di samping dan nggak bosen selama di jalan.. 🙄 tanya tanya ke koboys junior yang biasa naik pesawat, dimana spot paling nyaman dan bisa melihat pemandangan dengan apik.. disarankan sih 3-4 nomer seteah emergency exit.. ambil deh di 17F.. 😀

arus balik bersama citilink solo jakarta berlatar langit biru (70)

jam 6.45 sudah sampai di adisumarmo.. nunggu sebentar sambil ngobrol dengan saudara, sekitar 7.15 nbsusanto pun berpamitan untuk masuk ruang tunggu.. menunggu jam boarding sambil foto-foto dan wifian.. setelah tiba waktunya langsung masuk pesawat melalui garbarata.. nah karena memang nggak hafal jenis pesawat baru tau pas duduk dan baca petunjuk .. citilink soc ke hlp menggunakan armada Airbus A320-200.. syukurlah posisi kaki cukup lega.. reclining seat pun berfungsi normal.. apalagi nggak bawa bagasi cuma bawa ransel dan tas slempang, cepet deh urusannya.. masukin ransel ke bagasi kabin dan tas kecil tetap dibawa duduk langsung pasang sabuk pengaman dan tentu saja siapkan kamera sony w570 untuk jepret jepret.. :mrgreen:

arus balik bersama citilink solo jakarta berlatar langit biru (35)

pesawat keluar dari area parkir tepat jam 08.45 dan pesawat pun jalan ke timur untuk mengambil ancang ancang sebelum tinggal landas ke arah barat.. cukup menyenangkan karena pesawat naik dengan diiringi cuaca cukup cerah.. kok ya ndilalah di sisi barat pesawat agak berbelok ke kanan iseng liat ke bawah ada penampakan waduk cengklik boyolali dan jalan tol semarang-solo.. wakss apik.. 😀

cuaca pagi itu sangat menyenangkan.. langit biru dan di beberapa tempat berawan.. syukurlah pesawat tak harus melintas menembus awan sehingga tak ada goncangan.. tentu saja terus melongok ke jendela dan kamera posisi standby.. penerbangan pagi hari memang menyenangkan.. terlihat gunung di sisi kanan pesawat.. entah gunung apa, nbsusanto sih mengiranya gunung lawu.. kemudian terlihat pemandangan garis pantai.. berarti memang sudah mengarah ke barat.. terlihat pula garis berkelok-kelok.. yap, sungai besar.. entah sungai apa itu.. pemandangannya syahdu! 😎

oya, citilink ini saat manuver lumayan berasa.. meski nbsusanto bilang normal saja.. namanya juga berbelok.. apalagi bukan pesawat besar.. 🙄

arus balik bersama citilink solo jakarta berlatar langit biru (103)

kemudian terasa kok pesawat berbelok lagi.. pas diperhatikan kayaknya sudah lewat.. muter satu putaran.. apalagi terlihat sudah banyak rumah.. berarti mau mendarat ini.. jadi teringat pas landing di adisucipto beberapa waktu lalu pesawat sempat beberapa kali berputar.. hingga akhirnya nampaklah slab proyek jalan tol layang bekasi-cawang-kampung melayu atau yang akrab disebut tol becakayu.. yakin hampir mendarat karena halim perdana kusuma hanya terpisah oleh jalan tol jakarta cikampek dari becakayu..

arus balik bersama citilink solo jakarta berlatar langit biru (1)

benar saja.. mendarat dan menyentuh aspal dengan mulus di hlp jam 10.. jam 10.10 sudah berjalan keluar dari pesawat.. tak ada garbarata disini.. mirip dengan kondisi bandara adisucipto jogja.. bandara yang digunakan bergantian untuk komersial maupun militer..

ya memang kalo dibandingkan hari biasa memang penerbangan saat arus balik ini terasa cukup mahal, bisa 2x lipat dari penerbangan normal di hari biasa.. tapi mengingat kondisi dan ketersediaan tiket, berkaca pada awal tahun lalu setelah libur panjang maupun arus mudik 1 juli 2016 yang nbsusanto pantau dari jauh hari dimana harga tiket citilink halim memang segitu ya nbsusanto pikir memang begitu adanya.. mau gimana lagi bukan.. toh pesawat cukup nyaman meski dengan menyandang low cost carrier kudu merogoh kocek lumayan dalam.. semua juga mahal.. lhawong tiket kereta bisa naik hampir 50% dan bus bisa naik sampai 100%.. 🙂

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Posted on Agustus 18, 2016, in Catatan Perjalanan, Transportasi Umum and tagged . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. Wah tumben ga naek telolet bud…akeh duite ki mas Budi telolet 😂😂😂 http://www.otofery.com/2016/08/menanti-kehadiran-versi-naked-dari-all.html?m=0

    Suka

  2. sekali seru ya naik pesawat solo jakarta dlu pake kereta mulu kak

    Suka

  3. Welok borjuis…
    A320-23x yo… Apek 21x…

    Suka

  4. alternatif baru nih, kalo jogja nggak ada cari yg via solo 😂😂,,

    btw jakarta-jogja kok ada yg transit, transit dimana ya ?

    Suka

    • cen do ngono saiki strategine kang.. pernah moco kang dipo kae numpak pesawat seko suroboyo medhun solo soale jogja kelarangen.. :mrgreen:

      transit surabaya.. dadi pesawat ngetan njug ngulon.. 😐

      Suka

monggo tanggapannya.. :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: